cover
Contact Name
Sumliyah
Contact Email
sumliyah@umc.ac.id
Phone
+6285659748716
Journal Mail Official
zakiyyah@umc.ac.id
Editorial Address
Jl. Fatahillah, Watubelah, Kec. Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45611
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Integral : Pendidikan Matematika
ISSN : 20864590     EISSN : 27147541     DOI : https://doi.org/10.32534/jnr
Core Subject : Education,
INTEGRAL: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai isu-isu pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang Pendidikan Matematika dengan lingkup: Desain Pembelajaran Matematika Pengembangan Bahan Ajar ataupun Model Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas Media Pembelajaran Matematika Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran Matematika Alat Peraga Pembelajaran Matematika Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Evaluasi Pembelajaran Matematika Kurikulum Pendidikan Matematika Teori Belajar Matematika Sejarah dan Filsafat Matematika Analisis Penerapan Model/Pendekatan/Metode/Strategi Pembelajaran Media Pembelajaran berbasis IT Lesson Study Pembelajaran Matematika.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 02 (2019): INTEGRAL" : 6 Documents clear
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU MATEMATIKA UNTUK MENGINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA Syifa Fizri Fauziah; Muhammad Ali Misri; Hendri Handoko
Integral : Pendidikan Matematika Vol 10 No 02 (2019): INTEGRAL
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.778 KB)

Abstract

Abstract This research is an experimental research. The population in this study were all seventh grade studens of SMPN 2 Pabedilan, Cirebon Regency, academic year 2018/2019 even semester. The sampling technique in this study was simple random sampling. The sample used is class VII-C. The instruments used were test instruments in the form of descriptions test and non-test instruments in the form of questionnaires and observations. Based on the results of the study, the students’ response to the use of mathematical card media in learning from the three indicators of 18.18% had a very good response category and 81.82 had a good response category. Hypothesis test result from the use of mathematical card media on students’ ability to comprehend mathematical concepts and self efficacy with linear regression test produce significance values (2-tailed) <a (0.05) so that H0 is rejected and has a positive correlation with the ability to understand mathemtical concept and self efficacy of student. Keywords: Learning media, math cards, ability to understand mathematical concepts, self efficacy Abstrak Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 2 Pabedilan, Kabupaten Cirebon, tahun akademik 2018/2019 semester genap. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII-C. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa tes uraian dan instrumen non tes berupa angket dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, respon siswa terhadap penggunaan media kartu matematika dalam belajar dari tiga indikator 18,18% memiliki kategori respon yang sangat baik dan 81,82 memiliki kategori respon yang baik. Hasil uji hipotesis dari penggunaan media kartu matematika terhadap kemampuan siswa memahami konsep matematika dan self efficacy dengan uji regresi linier menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) <a (0,05) sehingga H0 ditolak dan memiliki korelasi positif dengan kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemandirian diri siswa. Kata kunci: Media pembelajaran, kartu matematika, kemampuan pemahaman konsep matematika, self efficacy
ANALISIS WAYS OF THINKING (WOT) DAN WAYS OF UNDERSTANDING (WOU) PADA BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VII MATERI BILANGAN Fitri Aida Sari; Inggrid Marlissa; Jarnawi Afgani Dahlan
Integral : Pendidikan Matematika Vol 10 No 02 (2019): INTEGRAL
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract The purpose of this study is to present an analysis of whether Ways of Thinking (WoT) and Ways of Understanding (WoU) are facilitated in mathematics textbooks for Class VII Middle School Numbers. This type of research is a qualitative descriptive study in which researchers describe the facts and actual conditions about Ways of Thinking (WoT) and Ways of Understanding (WoU) in the textbook. The results of this study showed that the books analyzed had facilitated Ways of Thinking (WoT) and Ways of Understanding (WoU). Keywords: Ways of Thinking (WoT), Ways of Understanding (WoU), Mathematics Textbooks Abstrak Tujuan penelitian ini untuk menyajikan analisis apakah Ways of Thinking (WoT) dan Ways of Understanding (WoU) difasilitasi pada buku teks pelajaran matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana peneliti menggambarkan fakta dan keadaan sebenarnya tentang Ways of Thinking (WoT) dan Ways of Understanding (WoU) pada buku teks tersebut. Hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa buku yang dianalisis sudah memfasilitasi Ways of Thinking (WoT) dan Ways of Understanding (WoU).
MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM TRANSFORMASI MELALUI PENERAPAN MODEL ECIPROCAL TEACHING Yuni Susanto
Integral : Pendidikan Matematika Vol 10 No 02 (2019): INTEGRAL
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT This research is a classroom action research with the objective to identify student development in concept comprehension of the subject of transformation as the application implications of reciprocal teaching model. Reciprocal teaching is a learning model that requires students to focus on four parts of activities in understanding the core material of the subject which are (1) question generating, (2) clarifying, (3) predicting, and (4) summarizing. These four activities of subject comprehension are conducted through LKS (Lembar Kerja Siswa). The subject of the research includes 32 students of XI Sciene 4 Class of SMA Negeri 2 Kota Cirebon year of 2019/2020. The implementation of this class action research is performed in three sequences of cycle with each sequence duration of 60 learning hours (6x45 minutes) of transformation subject. The instruments of this research is concept comprehension test (TPK). In the end of the cycle I, the average grade of TPK is 76,9 which is below the minimum criteria (KKM) of the third semester in SMAN 2 Kota Cirebon which is 78, and there are 15 students out of 32 students whose TPK grade is below the minimum criteria. In cycle II, action improvement is proceeded as an upgrade based on cycle I which is a change in the number of student in one group from 2 students to 4 students. This improvement results in an increase of average grade of TPK becoming 79,6, and a decrease of number of student with TPK grades under the minimum criteria becoming 12 students out of 32 students. Action improvement is also performed in cycle III as an upgrade based on cycle II by making more prediction phase on reciprocal LKS. This action improvement results in an increase of average grade of TPK becoming 83,3 and a decrease of number of student with TPK grades under the minimum criteria becoming 4 students out of 32 students. This result points out that the action proceeded in cycle III succeeds in minimizing the number of student with TPK grades under the minimum criteria into 12,5% which is under 15%; indicator of maximum number of student with TPK grade under the minimum criteria. This research concludes that the implementation of reciprocal teaching model has succeeded in improving student concept comprehension of the subject material of transformation. Keywords : comprehension, transformation, reciprocal teaching ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa dalam pokok bahasan transformasi sebagai akibat penerapan model reciprocal teaching. Reciprocal teaching adalah model pembelajaran yang menfokuskan siswa pada empat kegiatan memahami materi inti pokok bahasan. yaitu (1) question generating (membuat pertanyaan), (2) clarifying (menjelaskan), (3) predicting (memprediksi),dan (4) summarizing (merangkum). Empat kegiatan memahamai materi ini dipandu melalui lembar kerja siswa (LKS). Subjek penelitian ini adalah 32 orang siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak tiga siklus, yang masing-masing siklus dilakukan selama 6 jam pelajaran (6x45 menit), pada pokok bahasan transformasi. Instrumen peneliian ini adalah tes pemahamn konsep (TPK). Pada akhlir siklus I, rata-rata TPK adalah 76,9, masih berada di bawah nilai KKM SMA Negeri 2 Cirebon semester 3 yaitu 78, dan terdapat 15 siswa dari 32 siswa yang masih memiliki nilai TPK di bawah KKM. Pada siklus II dilakukan perbaikan tindakan sebagai hasil refleksi siklus I, berupa penguabahan jumlah siswa dalam satu kelompok dari 2 orang menjadi 4 orang. Hasilnya, pada TPK 2 terjadi peningkatan rata-rata menjadi 79,6, dan penurunan banyaknya siswa yang di bawah KKM menjadi 12 orang dari 32. Begitu pula pada siklsu III, dilakukan perbaikan tindakan sebagai hasil refeleksi siklus II, yaitu dengan cara menyempurnakan lembar kerja siswa reciprocal teaching pada fase perediksi di lipat gandakan menjadi dua kali dari jumlah prediksi pada LKS siklus I dan II, hasilnya adalah pada TPK 3 telah terjadi peningkatan rata-rata menjadi 83,3 dan telah terjadi penurunan banyaknya siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 4 dari 32 orang. Berdasarkan hasil ini, maka tindakan pada siklus III telah berhasil menurunkan banyaknya siswa yang di bawah KKM adalah menjadi 12,5%, berada di bawah 15% yang menjadi indicator jumlah maksimal siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. Dengan demikian, penggunaan model reciprocal teaching telah berhasil meningkatkan pemahaman konsep siswa pada transformasi. Kata-kata kunci: pemahaman, transformasi, reciprocal teaching
ENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KECERDASAN LOGIKA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA A Maulana; Suryadi Suryadi
Integral : Pendidikan Matematika Vol 10 No 02 (2019): INTEGRAL
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT The research objectives are; 1) to determine the effect of learning independence on mathematics learning achievement. 2) to determine the effect of logical intelligence on mathematics learning achievement. 3) to find out simultaneously the effect of learning independence and intelligence of students on mathematics learning achievement. 4) to find out the correlation between learning independence and student logic intelligence on Mathematics learning achievement. The method used is descriptive verification method with ex post facto and survey approaches. The instrument used was a questionnaire that was distributed to students. The results of the study are; 1) there is an influence of learning independence on Mathematics learning achievement.2) there is an influence of students' logic intelligence on Mathematics learning achievement.3) there is an influence of learning independence and intelligence of student logic on Mathematics learning achievement. 4) there is a correlation between learning independence and student logic intelligence on Mathematics learning achievement. Keywords: learning independence, logical intelligence,learning achievement of Mathematics ABSTRAK Tujuan penelitian adalah; 1) untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. 2) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logika terhadap prestasi belajar Matematika. 3) untuk mengetahui secara simultan pengaruh kemandirian belajar dan kecerdasaan logika siswa terhadap prestasi belajar Matematika. 4) untuk mengetahui korelasi antara kemandirian belajar dan kecerdasan logika siswa terhadap prestasi belajar Matematika. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner yang dibagikan kepada siswa. Hasil penelitian adalah; 1) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Matematika.2) terdapat pengaruh kecerdasan logika siswa terhadap prestasi belajar Matematika.3) terdapat pengaruh kemandirian belajar dan kecerdasaan logika siswa terhadap prestasi belajar Matematika. 4) terdapat korelasi antara kemandirian belajar dan kecerdasan logika siswa terhadap prestasi belajar Matematika. Kata kunci: Kemandirian Belajar, Kecerdasan logika, Prestasi Belajar Matematika.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN SELF CONCEPT MATEMATIS SISWA SMA Retno Widiasari; Rifqi Hidayat; Desy Lusiyana
Integral : Pendidikan Matematika Vol 10 No 02 (2019): INTEGRAL
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya self concept matematis siswa SMA dalam pembelajaran matematika. Siswa yang terlihat tidak percaya diri pada saat pembelajaran matematika merupakan salah satu gejala rendahnya self concept yang dimiliki siswa. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat memberikan stimulus yang akan menciptakan interaksi dalam pembelajaran sehingga siswa lebih percaya diri dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat memberikan stimulus pada siswanya yaitu model pembelajaran missouri mathematics project. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan self concept matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan missouri mathematics project dengan siswa yang pembelajarannya secara konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, penelitain kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan nonequivalent control grup design. Populasinya adalah siswa kelas XII IPS SMAN 1 Jamblang tahun pelajaran 2019/2020, sampel penelitian melibatkan 28 siswa kelas XII IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas XII IPS 4 sebagai kelas kontrol dengan sampel diperoleh menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala self concept matematis. Penelitian ini menggunakan uji Independent Sampel T-Test yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat data (uji normalitas dan uji homogenitas). Jika data tidak berdistribusi normal akan dilakukan uji nonparametric yaitu uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa self concept matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran missouri mathematics project lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya secara konvensional dengan rata-rata angket akhir sebesar 76,68 dan rata-rata nilai n-gain sebesar 0,4264. Kata Kunci : missouri mathematics project, Self Concept matematis ABSTRACT This research is motivated by the low mathematical self-concept of high school students in learning mathematics. Students who look insecure when learning mathematics is one of the symptoms of the lack of self concept students have. The use of appropriate learning models can provide a stimulus that will create interactions in learning so students are more confident in learning activities. One learning model that can provide stimulus to students is the missouri mathematics project learning model. This study aims to examine the improvement of mathematical self concept between students whose learning uses the missouri mathematics project and students who learn conventionally. The method used in this study is a quantitative method, a quasi-experimental research study using a non-equivalent control group design. The population is students of class XII IPS SMAN 1 Jamblang in the academic year 2019/2020, the study sample involved 28 students of class XII IPS 2 as an experimental class and 28 students of class XII IPS 4 as a control class with samples obtained using purposive sampling techniques. The instrument used in this study is a mathematical self concept scale. This study uses the Independent Sample T-Test which was previously subjected to a data prerequisite test (normality test and homogeneity test). If the data is not normally distributed, a nonparametric test will be carried out, namely the Mann Whitney U test. Based on the results of the study, it shows that the mathematical self concept of students learning using the missouri mathematics project learning model is better than students learning conventionally with an average questionnaire of 76.68 and the average n-gain value of 0.4264. Keyword(s): Missouri Mathematics Project, Self Concept Mathematis
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGH ORDER THINKING PADA SISWA SMP Ajeng Setiasih; Desy Lusiyana; Sumliyah sumliyah
Integral : Pendidikan Matematika Vol 10 No 02 (2019): INTEGRAL
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is motivated by the low ability of students to think high in learning. The purpose of this study was to determine the improvement of high-level thinking skills of students who learned using the Project Based Learning model with conventional learning. This research is a quasi-experimental study. The research design used is Nonequivalent Control Group Design and Purposive Sampling sampling technique. The population is a class VIII student of SMPN 1 Tengah Tani Cirebon Regency Academic Year 2018/ 2019. The research sample involved eighth grade students, namely 35 class VIII B students as the experimental class and 35 class VIII C students as the control class. Based on the results of the Shapiro-Wilk normality test the pretest, posttest and N-Gain values ??were normally distributed and the results of the Levene’s Test homogeneity test the pretest, posttest and N-Gain scores were homogeneous. Then the mean posttest difference test using the Independent Sample t-Test Test produces sig values. (2-tailed) 0,000 <0,05, meaning that H0 is rejected. Furthermore, the N-Gain mean difference test with the Independent Sample t-Test was obtained the sig value. (1-tailed) <0.05, ie H0 is rejected. Whereas based on the results of the questionnaire scale using Mann Whitney U-Test produces Asymp values. Sig (2-tailed) 0,000 <0,05, ie H0 is rejected. The results showed that: (1) high order thinking students who learned using the Project Based Learning (PjBL) model were better than students who conventional learning; (2) the improvement of high-order thinking skills of students whose learning uses the Project Based Learning (PjBL) model is better than students who learn conventionally; (3) the response of students whose learning uses the Project Based Learning model is better than the students who learn conventionally. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang pembelajarannya menggunakan model Project Based Learning dengan pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Control Group Design dan teknik pengambilan sampelnya Sampling Purposive. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Tengah Tani Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Sampel penelitian melibatkan siswa kelas VIII yaitu 35 siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji normalitas Shapiro-Wilk nilai pretes, postes dan N-Gain berdistribusi normal serta hasil uji homogenitas Levene’s Test nilai pretes, postes dan N-Gain bervariansi homogen. Kemudian uji perbedaan rerata postes mengunakan Uji Independent Sample t-Test menghasilkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 0,05, artinya H0 ditolak. Selanjutnya uji perbedaan rerata N-Gain dengan Uji Independent Sample t-Test diperoleh nilai sig. (1-tailed) 0,05, yaitu H0 ditolak. Sedangkan berdasarkan hasil skala angket menggunakan Mann Whitney U-Test menghasilkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, yaitu H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking) siswa yang pembelajarannya menggunakan model Project Based Learning (PjBL) lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya secara konvensional; (2) peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking) siswa yang pembelajarannya menggunakan model Project Based Learning (PjBL) lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya secara konvensional; (3) respon siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Project Based Learning lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya secara konvensional

Page 1 of 1 | Total Record : 6