cover
Contact Name
Muzakir
Contact Email
muzakirwoyla@utu.ac.id
Phone
+6282165076974
Journal Mail Official
jbksm@utu.ac.id
Editorial Address
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen
Published by Universitas Teuku Umar
ISSN : 26142147     EISSN : 26571544     DOI : https://doi.org/10.35308/jbkan
Core Subject : Economy,
E-Jurnal Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen [E-ISSN 2657-1544] adalah jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan online enam bulan sekali. E-Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dan menyalurkan minat berbagi dan penyebaran ilmu pengetahuan bagi para sarjana, mahasiswa, praktisi, dan pengamat sains dalam Manajemen. E-Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen menerima hasil studi dan artikel penelitian yang belum dipublikasikan di media lain. E-Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen diterbitkan oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN" : 12 Documents clear
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERKULIAHAN DARING SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN Nabila Hilmy Zhafira; Yenny Ertika; Chairiyaton Chairiyaton
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 1 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i1.1981

Abstract

Perkuliahan online atau yang biasa disebut daring merupakan salah satu bentuk pemanfaatan internet yang dapat meningkatkan peran mahasiswa dalam proses pembelajaran. Analisis deskriptif pada penelitian ini mengkaji persepsi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas TeukuUmar mengenai model pembelajaran daring terkait pemanfaatan media, gaya belajar, dan jenis komunikasi tertentu yang digemari mahasiswa untuk membantu mereka menghasilkan output yang lebihbaik dari kegiatan belajar mengajar secara daring. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 165 mahasiswa FakultasEkonomi Universitas Teuku Umar yang telah terlibat dalam pembelajaran daring selama masa karantina Covid-19. Hasilnya didapatkan bahwa media pembelajaran daring yang paling digemari ialah whatsapp dan Google Classroom. Sebesar 53% dar imahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar sudahmengenal berbagai media pembelajaran daring tersebut sebelum perkuliahan daring dimulai. Selain itu, pola komunikasi yang paling diminati oleh mahasiswa ialah pola semi dua arah. Diperlukan adanya penelitian lebih lanjut terhadap penelitian pembelajaran daring dengan berbasis masalah, kolaboratif, dan model lainnya.
PENGARUH KOMPENSASI DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KEPERAWATAN PADA RUMAH SAKIT UMUM WULAN WINDY Muhammad Yalzamul Insan; Damrus Damrus
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 1 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i1.1323

Abstract

Setiap aktivitas Rumah Sakit untuk mencapai kualitas pelayanan tegantung kepada kinerja perawat. Manajemen rumah sakit harus mengevaluasi kinerja perawat dalam menciptakan persaingan di rumah sakit. Kinerja perawat merupakan salah satu cara rumah sakit dalam mencapai tujuan dan membantu masyarakat dengan menyediakan pelayanan yang mumpuni. Faktor yang mempengaruhi kinerja perawat secara langsung adalah kompensasi dan stress kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh kompensasi dan stress kerja terhadap kinerja perawat pada Rumah Sakit Wulan Windy. Populasi penelitian pada Rumah Sakit Wulan Windy adalah 43 perawat dan keseluruhan populasi menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik sampling yang digunakan adalah metode saturation sampling. Data penelitian didapatkan dengan menggunakan kuesioner, studi dokumenter, dan wawancara. Analisis linear berganda digunakan dalam menganalisa data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi secara passial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perawat. Stress kerja secara pasial memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja perawat. Kompensasi dan stress kerja secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perawat.Kata Kunci: Kompensasi, Stres Kerja, Kinerja Perawat,
APAKAH BENAR VARIABEL MAKROEKONOMI MEMILIKI KAUSALITAS DENGAN MINYAK SAWIT (PENDEKATAN PAIRWISE GRANGER CAUSALITY TEST DAN WALD TEST) Syahril Syahril; Irmayani Irmayani
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 1 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i1.1895

Abstract

Kajian ini bermaksud  untuk melihat kausalitas bivariat dan kausalitas multivariat volume ekspor minyak sawit Indonesia, volume ekspor minyak sawit Malaysia, harga minyak mentah dunia, harga minyak kedelai, kurs dan harga minyak sawit dunia. Jenis data dalam kajian ini adalah data skunder (bulanan periode Januari 2008-Desember 2017), yang diperoleh dari Laporan BPS, FAO, WTO dan  BI. Untuk menjawab masalah dalam penelitian ini dengan menggunakan model VECM dengan pendekatan Pairwise Granger Causality Test dan Wald Test untuk melihat hubungan antar variabel.  Hasil uji kausalitas bivariat membuktikan adanya hubungan kausalitas satu arah antara volatilitas harga minyak mentah sawit dunia  dengan volume  ekspor minyak mentah sawit Malaysia dan harga minyak mentah, kemudian volatilitas minyak mentah sawit dunia dengan kurs rupiah terhadap dollar USA. Kemudian hasil uji Kausalitas Multivariat menjelaskan bahwa adanya hubungan kausalitas dua arah antara volatitas harga minyak mentah sawit dunia dengan volume ekspor minyak mentah sawit Indonesia dan harga minyak kedelai dunia.  Hasil penelitian ini menjadikan sebagai rumusan kebijakan dalam menjaga kestabilan harga minyak sawit dunia dan bagaimana pengembangan usaha perkebunan dan  industri turunan kelapa sawit.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN ECERAN (Retail Marketing Mix) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA INDOMARET LUENG BATA BANDA ACEH Cut Devi Maulidasari; Damrus Damrus
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 1 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i1.1983

Abstract

Indomaret Minimarket is a supermarket in the city of Banda Aceh. The presence of a minimarket can provide convenience for the public to get the goods offered. Goods offered by minimarkets to consumers in general are daily necessities. Many consumers prefer to shop at Indomaret not only because of its convenient location and affordable price, but because the community is satisfied with the services of Indomaret employees. The purpose of this study was to determine the effect of retail marketing mix on consumer purchasing decisions on the Lueng Bata Indomaret Banda Aceh Minimarket. This research was conducted at IndomaretLueng Bata Minimarket in Banda Aceh and the object of this study is the relationship between consumer purchasing decisions related to the retail marketing mix including products, prices, atmosphere of store outlets, location and promotion of Minimarket. Sampling was carried out using 50 accidental sampling techniques. The measuring instrument used is using multiple linear regression. The results of the study produced the following equation: Y = 2.031 + 0.294X1 + 0.450X2 + 0.237X3 + 0.249X4 + 0.237X5. The correlation coefficient (R) of 0.684 or 68.4% illustrates that the retail marketing mix includes product, price, store atmosphere, location and promotion are closely related to the level of Banda Aceh's IndomaretLueng Bata Consumer Purchase Decision Banda Aceh. 0.583 or 58.3% indicates the level of Consumer Purchase Decision of IndomaretLueng Bata Banda Aceh because of the retail marketing mix including products, prices, store atmosphere, location, and promotions. It means that 41.7% of the level of Consumer Purchase Decision of Indomaret Minimarket Lueng Bata Banda Aceh is explained by other variables not examined
PENGARUH EKUITAS MEREK DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK LAPTOP ACER (STUDI KASUS PADA TOKO JOHAN FOTO & KOMPUTER KOTA BIMA) runiaty runiaty; Muhajirin Muhajirin
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 1 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i1.1841

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh ekuitas merek dan citra merek terhadap loyalitas konsumen (studi kasus pada Toko Johan foto dan komputer Kota Bima) baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif, dengan sampel 96 responden dengan menggunakan rumus cochran. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling karena jumlah populasi yang tidak diketahui pasti jumlahnya (Unknown Population). Instrumen peneitian menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Teknik pengumpulan data dengan cara kusioner, wawancara dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, regresi berganda, korelasi berganda, uji asumsi klasik, uji t (parsial) dan uji F (simultan). Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa ekuitas merek memiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan citra merek tidak mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen. Selanjutnya ekuitas merek dan citra merek mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen
Analisis Variabel Komitmen Organisasi, Iklim Kerja, Kepuasan Kerja dan Etos Kerja yang Memengaruhi Kinerja Pegawai Didit Darmawan
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 1 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i1.1510

Abstract

Abstract. The most important and foremost asset for an organization is employees. Employees' work has an important role in supporting the success of all organizational goals. Work results or job performance in an organization must be realized through the completion of tasks properly. In addition to leadership, variables such as organizational commitment, work climate, job satisfaction and work ethic have a role in the formation of the performance of an employee who works in an organization. Based on previous studies, these variables proved to have a role in the formation of job performance. This study aims to test this with the object of research in organizations in the form of Village Unit Cooperatives. The sampling technique in this study was the simple random sampling method. The population in this study were all employees of KUD Minatani District of Brondong, so a sample of 50 respondents was used. The results showed organizational commitment, work climate, job satisfaction and work ethic have a significant or partially significant effect on the performance of KUD Minatani employees in Brondong District.Keywords: organizational commitment, work climate, job satisfaction, work ethic, job performance   Abstrak. Aset terpenting dan paling utama bagi sebuah organisasi adalah para pegawai. Hasil kerja pegawai berperan penting untuk menunjang keberhasilan berjalannya semua tujuan organisasi. Hasil kerja atau kinerja pegawai di sebuah organisasi harus diwujudkan melalui penyelesaian tugas dengan baik dan benar. Selain kepemimpinan, variabel-variabel seperti komitmen organisasi, iklim kerja, kepuasan kerja dan etos kerja memiliki peran terhadap terbentuknya kinerja seorang pegawai yang bekerja di sebuah organisasi. Berdasarkan studi sebelumnya variabel-variabel tersebut terbukti memiliki peran terhadap pembentukan kinerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hal tersebut dengan objek penelitian di organisasi berupa Koperasi Unit Desa. Teknik pengambilan sampel di penelitian ini dengan metode simple random sampling. Populasi di penelitian ini adalah semua pegawai KUD Minatani Kecamatan Brondong maka digunakan sampel sebanyak 50 responden. Hasil penelitian menunjukan komitmen organisasi, iklim kerja, kepuasan kerja dan etos kerja memiliki pengaruh secara parsial maupun secara simultan yang signifikan terhadap kinerja pegawai KUD Minatani Kecamatan Brondong.Kata-kata kunci: komitmen organisasi, iklim kerja, kepuasan kerja, etos kerja, kinerja pegawai
IMPLEMENTASI CSR PT. LCI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT LHOKNGA-LEUPUNG DALAM TINJAUAN MAṢLAḤAH Eka Nurlina; Rusdi Rusdi
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 1 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i1.1997

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) is the corporate social responsibility towards the environment and the communities where the company runs its business activities. CSR activities was undertaken to realize the benefit for the community, not only to meet legal obligations but also to be able to provide the value of empowerment or improving quality of life. This review article about Implementation Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Lafarge Cement Indonesia in Community Empowerment Lhoknga-Leupung in Reviews Maṣlaḥah. The results showed that PT. LCI has been conducting CSR activities in several programs namely education programs, economic development, socio-religious and health sector. As for the conformity with the concept Maṣlaḥah, researchers use the modification of the CSR pyramid Carrol and the Pyramid Maṣlaḥah. When viewed in terms of the program and achievement objectives are appropriate, but not yet in accordance with the concept Maṣlaḥah, by advancing the Al-Ḍharuriyyah, then continued with al-Ḥajjiyyah and lastly is Al-Tahṣiniyyah. Similarly, if assessed in terms of the implementation of the program, there are still problems such as less targeted, lack of transparency in the reporting of CSR programs and there is an element of RIBA in the development of economic expansion.Corporate Social Responsibility (CSR) is the corporate social responsibility of the environment and the community where the company conducts its business activities. PT. LCI as a foreign company that conducts business activities in ACEH precisely in Lhoknga has been running CSR activities since the year 2009. CSR activities are done to create the benefits for the community, not only to fulfill the legal obligation, but with the CSR program is able to provide the value of empowerment or improvement of the quality of life of society. This article is about the implementation of corporate social responsibility (CSR) PT. Lafarge Cement Indonesia in empowering the community Lhoknga-Leupung in the review Maṣlaḥah.Keywords: CSR, Community Empowerment, Maṣlaḥah, PT. LCI
ENTREPRENEURIAL LEADERSHIP, SELF EFFICACY, INOVASI DAN MODAL SOSIAL DALAM BERWIRAUSAHA DI SEKTOR EKONOMI KREATIF Mirdha Fahlevi SI; Yusnaidi yusnaidi
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 1 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i1.1986

Abstract

Entrepreneurial leadership dan self efficacy dipandang sebagai faktor utama yang mendorong individu untuk berwirausaha. Dua faktor ini akan mendorong individu untuk berinovasi dalam menciptakan peluang usaha. Inovasi adalah hal yang mutlak diperlukan dalam kewirausahaan. Inovasi mengolah berbagai sumber daya baru untuk menghasilkan nilai tambah. Faktor modal sosial juga sangat menentukan keberhasilan kewirausahaan, karena iklim dan dukungan lingkungan sekitar sangat menentukan kesuksesan kewirausahaan.Saat ini, adanya kecenderungan anak muda berwirausaha di sektor ekonomi kreatif. Hadirnya berbagai produk baru di sektor ini tidak terlepas dari peran tangan pemuda kreatif dalam melakukan eksplorasi peluang usaha baru yang mampu menghasilkan produk dan jasa yang bersaing di pasar global. Kehadiran berbagai barang dan jasa baru di era saat ini telah memberi dinamika baru terhadap ketersediaan barang dan jasa di sektor ekonomi kreatif.Kata Kunci : Entrepreneurial Leadership, selft efficacy, Bisnis, inovasi, ekonomi kreatif
PENGARUH GREEN MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI AMDK ADES (Studi Pada Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan ADES di Indonesia) Meilyna Rachmawaty; Imanuddin Hasbi
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 1 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i1.1893

Abstract

Polusi plastik telah menjadi perhatian para pecinta lingkungan hidup karena merupakan merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang sedang dihadapi oleh masyarakat. Salah satu sampah plastik yang menyebabkan meningkatnya jumlah timbunan sampah berasal dari botol air minum dalam kemasan (AMDK). Hal tersebut membuat banyak masyarakat khawatir, sehingga menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Maka dari itu timbulah fenomena baru dalam dunia pemasaran yaitu berupa konsep green marketing. Salah satu perusahaan AMDK yang menerapkan konsep green marketing adalah AMDK Ades dengan kampanye peduli lingkungan mereka yang berslogan “Pilih, Minum, dan Remukkan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green marketing dan brand image terhadap minat beli AMDK Ades di Indonesia.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Sedangkan alat analisis yang digunakan dengan bantuan SPSS versi 20. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Analisis Regresi Berganda.Hasil dari analisis regresi linier berganda dapat disimpulkan bahwa Green Marketing (X1), dan Brand Image (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Y) AMDK ADES di Indonesia baik secara parsial maupun simultan dengan pengaruh total sebesar 57,2% sedangkan 42,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Green Marketing, Brand Image, Minat Beli
Literatur Review : Produk etis sebagai faktor yang mempengaruhi sikap dan dampaknya pada perilaku konsumen Ivon Jalil; Amsal Irmalis; Muzakir Muzakir; Yayuk Eko Wahyuningsih; Leli Putri Ansari
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 4, No 1 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v4i1.1999

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana ethical fashion, fast fashion, slow fashion, attitude dan prilaku konsumen terhadap produk hijau. Karena seperti kita ketahui produk etis sangat diminati akhir-akhir ini sebagai bukti dari meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kelangsungan lingkungan dan keadilan sosial. Industri fashion yang berkembang pesat selama beberapa dasawarsa menyimpan dua cerita yang berbeda. Sisi kelam tentang rusaknya tatanan lingkungan dan hancurnya sistem yang berkeadilan terhadap hak pekerja. Cerita baiknya  adalah kesejahteraan yang adil merata dan pelestarian lingkungan. Kedua sisi ini telah mempengaruhi sikap seseorang dalam berprilaku. Dari hasil validitas dan reliabilitas  terlihat bahwa nilai yang tertinggi diperoleh dari fashion yang etis dari pada sweatshop hal tersebut efek dari faktor kesadaran manusia untuk kelangsungan hidup yang lebih baik dimasa depan

Page 1 of 2 | Total Record : 12