cover
Contact Name
Rudi Ritonga
Contact Email
rudi_ritonga@trilogi.ac.id
Phone
+6285265868613
Journal Mail Official
-
Editorial Address
JL. TMP. Kalibata No. 1 Jakarta Selatan
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP)
Published by Universitas Trilogi
ISSN : -     EISSN : 26147491     DOI : https://doi.org/10.31326/jmp-ikp
Core Subject : Education,
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT ILMU KEGURUAN DAN PENDIDIKAN terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan September berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian danpengabdian kepada masyarakat.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)" : 8 Documents clear
PEMBERDAYAAN TPQ MELALUI KEGIATAN BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM BELAJAR DI TPQ MIFTAHU HUDA DESA BANJARSARI Imroatul Fadlillah; Iwan Marwan
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v4i2.1034

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah aktivitas penting yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Pendidikan bukan hanya aktifitas yang diselenggarakan disekolah, lebih dari itu pendidikan merupakan sebuah aktivitas yang juga di laksanakan di luar sekolah seperti pendidikan di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Dalam pelaksanaan pendidikan seringkali di hadapkan dengan masalah yang dapat menyebabkan sulit tercapainya tujuan pendidikan. Salah satunya yaitu motivasi dalam pendidikan, penerapan metode pembelajaran yang kurang dapat mendorong motivasi siswa akan membuat pembelajaran menjadi tidak efektif dan tujuan pendidikan tidak tercapai sepenuhnya. Dengan pemberian metode pembelajaran BCM (Bermain, Ceita, Menyani) yang sesuai dengan karakteristik peserta didik masih anak-anak dan dukungan dari pendidik akan dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk belajar. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta pemahaman tentang cara meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode BCM (Bermain,Cerita, Menyanyi) di TPQ. Metode yang digunakan yaitu metode PAR (Participatory Action Research) dengan terjun dan terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan di TPQ. Setelah dilaksanakanya kegiatan BCM (Bermain,Cerita,Menyanyi) diperoleh perubahan motivasi siswa yang meningkat dalam belajar dan menghafal di TPQ Miftahul Huda
SOSIALISASI PENGUATAN KELEMBAGAAN BUM DESA DI KABUPATEN JEMBER Puji Handayati; Tomy Rizky Izzalqurny; Nurus Shobah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v4i2.1035

Abstract

Tujuan kegiatan ini, yaitu untuk membentuk kelembagaan BUM Desa di Kabupaten Jember agar lebih kuat agar bisa memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode sosialisasi terkait penguatan kelembagaan BUM Desa yang diselenggarakan oleh tim pengabdian Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Kegiatan ini dilakukan pada Bulan hari Minggu 6 Juni 2021 dengan melakukan sosialisasi kepada pengurus BUM Desa di Lokasi BUM Desa Semboro dan hari Rabu 9 Juni 2021 pada Pendamping Desa di Daerah Tempurejo. Hasil kegiatan ini dihadiri oleh 58 orang peserta dari puluhan BUM Desa di Kabupaten Jember. Berkas yang perlu untuk dilengkapi antaralain berita acara dari bumdes, peraturan desa tentang pendirian bumdes, peraturan bersama tentang BUM Desa bersama apabila memang BUM Desa yang ada adalah BUM Desa bersama, AD ART dan rencana program. Pada kegiatan ini ditutup dengan tanggapan dari peserta yang menantikan adanya sosialialisasi lanjutan dalam prakteknya membua rencana kerja. Kegiatan lanjutan sosialisasi dengan Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) di Kabupaten Jember. Pihak PDP sangat mendukung dan menginginkan ada agenda lanjutan dengan melakukan pilot project kepada beberapa BUM Desa untuk membuat berkas berkas yang dibutuhkan dalam persyaratan sesuai dengan Permendesa No.3 tahun 2021.
EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH DI BANTARAN SUNGAI KELURAHAN BENUA ANYAR Wisnu Subroto; Melisa Prawitasari
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v4i2.1037

Abstract

Pengabdian ini dilaksanakan selama tiga hari secara luring dan daring pada tanggal 2-4 Juni 2021. Tujuan kegiatan ini meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan bagi masyarkat yang tinggal di bantaran sungai Kelurahan Banua Anyar. Metode pelaksanaan pengabdian menggunakan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah pemahaman masyarakat meningkat dalam mengelola sampah dengan baik dan benar, masyarakat memahami betul dampak yang akan terjadi apabila sampah terus menurus dibuang ke sungai. Kata kunci: Pendidikan, Pengelolaan Sampah, Rumah Tepi Sungai.
PEMANTAUAN PERTUMBUHAN DAN PEMBERIAN VITAMIN A PADA ANAK BERSAMA KADER POSYANDU Amelia Vinayastri Khairunnisa; Khairunnisa Khairunnisa
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v4i2.1032

Abstract

Balita mengalami pertumbuhan badan yang cepat, sehingga mereka membutuhkan zat-zat gizi yang cukup untuk setiap kilo berat badannya. Apabila kebutuhan anak tidak tercukupi, maka akan menghambat pertumbuhannya. Hambatan yang terjadi dikarenakan anak jarang ditimbang berat badannya secara rutin untuk mengetahui kenaikan yang optimal. Hambatan lain juga terjadi karena orang tua kurang memperhatikan ukuran lingkar kepala, lingkar lengan dan tinggi badan anak yang pada dasarnya sangat berpengaruh bagi pertumbuhan anak. Kegiatan Abdimas ini bertujuan untuk  melakukan pemantauan pertumbuhan anak. Tujuan khusus kegiatan ini yaitu melakukan pemantauan pertumbuhan anak agar tidak timbul masalah pertumbuhan. Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi, dan pemantauan. Sosialisasi dilakukan dengan tujuan memperkenalkan apa itu pemantauan pertumbuhan dan tujuan dilakukannya pemantauan pertumbuhan anak. Hasil kegiatan dirasa berhasil dengan baik karena telah mengetahui pertumbuhan anak dan setelah dilakukan pengukuran, anak-anak masih dalam kategori tumbuh yang normal
PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI FASTSTONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH Yulia Utami; Desi Vinsensia; Awaludin Fitra; Oktavia Tumangger
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v4i2.1038

Abstract

Melaksanakan Kegiatan pengabdian masyarakat bagi dosen merupakan salah satu tugas sebagai pelaksanaan Tridarma perguruan tinggi termasuk pelaksanaan pengabdian ini adalah suatu upaya STMIK Pelita Nusantara Medan agar terlaksananya Tridarma perguruan tinggi untuk memberikan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat. Pada pengabdian ini dilakukan pada Sekolah SMP Negeri 2 Satu Atap STM Hilir yang mengambil tema Penerapan Google Classroom dengan Menggunakan Aplikasi FastStone sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh yang bertujuan memberikan bekal kemampuan dan pengetahuan dalam hal pengajaran dan pembelajaran online. Mitra telah menggunakan Google Clasroom dalam pembelajaran online hanya saja sekedar menguplod materi dan tugas yang diberikan kepada siswa. Hal inilah yang melatarbelakangi pelaksanaan Pengabdian yang berjudul Penerapan Google Classroom dengan Menggunakan Aplikasi FastStone sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah SMP Negeri 2 Satu Atap STM Hilir dengan metode ceramah, diskusi dan praktikum langsung. Melalui kegiatan ini, diharapkan ketrampilan dan pemahaman guru meningkat terkait penggunaan aplikasi dalam pembelajaran online.
PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BAGI UMKM PERUSAHAAN DAGANG DI KOTA JAYAPURA Entis Sutisna; Yana Ermawati; Entar Sutisman; Suratini Suratini; Mohammad Aldrin Akbar; Muhamad Ridhwansyah Pasolo; Laode Marihi; Ade Kurniawan
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v4i2.1033

Abstract

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan penguatan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, terkait peningkatan kemampuan dalam menyajikan laporan keuangan yang akuntabel. Metode yang digunakan adalah praktek penyusunan laporan keuangan, dan tanya jawab selama berlangsungnya kegiatan. Kegiatan ini juga menghadirkan beberapa narasumber baik dari Program Studi Akuntansi FEB Universitas Yapis Papua, Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan serta dari Badan Usaha Milik Daerah Kota Jayapura.
PELATIHAN PEMBUATAN SOAL DAN PENILAIAN DARING BAGI GURU SMP DAN SMA DI DESA LEMBO KABUPATEN KONAWE UTARA Tandri Patih; Muhammad Syarwa Sangila; La Boy; Masdin Masdin; Abdul Kadir; Halistin Halistin; Dina Nurhalizah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v4i2.1047

Abstract

Sebagai seorang pendidik, guru berkewajiban untuk meningkatkan kualitas dari proses pembelajaran, yang kemudian berdampak pada peningkatan kemampuan peserta didiknya. Sehingga, guru dituntut untuk terus mengembangkan kompetensi yang dimilikinya, salah satunya yaitu kompetensi profesionalisme. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi guru SMP dan SMA di Desa Lembo Kabupaten Konawe Utara melalui pelatihan pembuatan soal dan penilaian secara daring (dalam jaringan). Di era digitalisasi saat ini pemanfaatan teknologi informasi (IT) diberbagai sektor/bidang menjadi begitu intens, tidak terkecuali dibidang Pendidikan. Lembaga Pendidikan dituntut untuk dapat melaksanakan proses pembelajaran hingga proses penilaian dengan memanfaatkan teknologi informasi. Terutama dalam menghadapi kondisi pandemi, yang menuntut dilaksanakannya proses pembelajaran dan penilaian secara daring. Kegiatan PKM ini dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini yaitu pelatihan, pendampingan, dan diskusi. Pelatihan dilaksanakan dengan memberikan informasi mengenai pembuatan soal dan penilaian secara daring. Materi yang disampaikan mencakup kebijakan pelaksanaan penilaian daring sebelum dan selama pandemi serta pembuatan soal dan penilaian daring menggunakan google form. Hasil yang dicapai dalam Kegiatan PKM ini, yaitu: 1) meningkatnya pengetahuan dan pemahaman guru tentang pemanfaatan google form sebagai media dalam melaksanakan penilaian secara daring; 2) meningkatnya motivasi guru dalam mengembangkan kompetensi pedadogiknya. Hasil PKM ini juga memperlihatkan tingkat kepuasan yang baik dari guru-guru peserta pelatihan, dengan persentase sangat puas sebesar 70% dan puas sebesar 30%.
PENINGKATAN KESADARAN MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA MELALUI PENDEKATAN HYPNOTEACHING (Media Dongeng Berbasis Daur Ulang Sampah) Rudi Ritonga; Oki Kurniawan
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v4i2.1078

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbentuk boneka jari dengan karakter yang menarik dari bahan daur ulang sampah untuk meningkatkan kesadaran siswa Sekolah Dasar membuang sampah pada tempatnya menggunakan pendekatan hypnoteaching dengan metode mendongeng. Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbentuk boneka jari dan mengetahui keefektifan menggunakan pendekatan hypnoteaching dengan metode mendongeng proses penelitian pengembangan mengikuti proses yang terdiri dari: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji pemakaian produk, (9) revisi produk. Subjek uji coba pada penelitian ini ialah siswa kelas III SDN Ciasihan 02 Kec. Pamijahan, Kab. Bogor Prov. Jawa Barat yang berjumlah 28 siswa dengan rincian: 9 siswa untuk di uji coba skala kecil dan 28 siswa untuk uji coba pemakaian skala besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) telah menghasilkan media pembelajaran berbentuk boneka jari berbasis daur ulang sampah, (2) produk telah di uji validasi oleh beberapa ahli yaitu: ahli desain, ahli bahasa, ahli materi dan ahli pembelajaran dan menghasilkan media pembelajaran berbentuk boneka jari nilai 92.00% berkategori sangat layak dan efektif untuk digunakan siswa kelas III Sekolah Dasar, (3) uji coba produk terhadap 9 siswa mendapatkan nilai 92.89% dengan berkategori sangat layak dan efektif, (4) uji pemakaian produk bersama 29 siswa juga mendapatkan nilai 89.72% dengan berkategori sangat layak dan efektif di aplikasikan kepada siswa saat pembelajaran di kelas dan bisa menambah minat belajar kepada siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 8