cover
Contact Name
Rini Intansari Meilani
Contact Email
intanmusthafa@upi.edu
Phone
+628121988394
Journal Mail Official
jpmanper@upi.edu
Editorial Address
This journal publishes research results on topics related to the teaching and learning of Office Management Education and other relevant fields of study, especially those carried out in the contexts of Vocational High Schools, higher education institutions, and workplaces. Major topics covered in this journal include the teaching and learning of office management, archives management, quality management systems, office communications, human resources management, information systems management, and education organizations behavior.
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper)
ISSN : 26865491     EISSN : 26564734     DOI : https://doi.org/10.17509/jpm
Core Subject : Education, Social,
This journal publishes research results on topics related to the teaching and learning of Office Management Education and other relevant fields of study, especially those carried out in the contexts of Vocational High Schools, higher education institutions, and workplaces. Major topics covered in this journal include the teaching and learning of office management, archives management, quality management systems, office communications, human resources management, information systems management, and education organizations behavior.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022" : 9 Documents clear
PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Putriyani, Fenny; Wahyuningsih, Liana; Muharam, Agus; Mustikaati, Wina
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v7i1.41712

Abstract

Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor eksternal dan internal. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar adalah keterampilan pengelolaan kelas. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk membuktikan bahwa keterampilan guru dalam pengelolaan kelas berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif, yang bersifat studi literatur. Dari hasil penelitian melalui kajian literatur, yang sudah dilakukan terlihat bahwa adanya korelasi antara keterampilan guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa. Pengelolaan kelas yang baik, menyebabkan terciptanya suasana kelas yang kondusif sehingga mendukung kegiatan belajar-mengajar yang efektif dan efisien dan dapat meningkatkan prestasi siswa, meningkatkan kegiatan pembelajaran, dan menerapkan pendekatan belajar yang kreatif, inovatif, dan variatif. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru dalam pengelolaan kelas berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, sehingga guru sebaiknya meningkatkan keterampilannya dalam pengelolaan kelas. Keterampilan pengelolaan kelas dapat ditingkatkan dengan dua cara yaitu belajar dan dari pengalaman
PENGELOLAAN KELAS DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 Rahmania, Aisyah
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v7i1.41732

Abstract

Manajemen kelas merupakan faktor yang sangat penting dalam upaya menyukseskan kegiatan belajar mengajar. Dalam hal ini, guru mengupayakan agar lingkungan belajar tetap kondusif selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan usaha-usaha dalam manajemen atau pengelolaan kelas guna menjaga bahkan meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran siswa Sekolah Dasar di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menggunakan jurnal, artikel dan beberapa buku yang berkaitan dengan manajemen kelas. Dari beberapa sumber tersebut  maka dapat diketahui bahwasannya metode pembelajaran daring merupakan opsi alternatif yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemi saat ini. Guru, peserta didik, wali murid dan fasilitas merupakan faktor yang dapat mempengaruhi keefektifan manajemen atau pengelolaan kelas. Indikator keberhasilan pengelolaan kelas sendiri antara lain: 1) Terciptanya lingkungan belajar yang kondusif, tertib, disiplin dan bergairah; 2) Adanya hubungan yang baik antara siswa dan guru maupun guru dan siswa secara interpersonal. Penggunaan platform digital yang bervariasi dan bantuan kuota internet dari pemerintah dapat membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran daring pada saat pandemi.
OTOMATISASI PEKERJAAN GURU BERBASIS AUTOCRAT: MODEL PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BERDASARKAN PENDEKATAN KONEKTIVISME Filianti, Filianti; Yuniarsih, Tjutju; Meilani, Rini Intansari
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v7i1.42604

Abstract

In addition to having an obligation to teach students in the classroom, teachers also has obligation to carry out administrative tasks to involve students outside the classroom. If implemented using conventional methods, this will complicate the effectiveness of the teacher's work. The purpose of this study is to develop a connectivity-based education and training model related to the automation of teacher work in the digital era through the use of the Autocrat Add-on in Google Sheets. The development of the model began by conducting a needs analysis of 59 teacher respondents from various parts of Indonesia to review the technical problems being faced, the need for problem-solving solutions, an initial understanding of the work support tools of the Autocrat Add-on and the expected output from the use of the Autocrat Add-on. The findings in this study can be used as a basis for carrying out teacher professional development activities in the digital era, especially related to the automation of teachers' work through the use of Ad-on Autocrats in order to make their work more efficient and effective.
PENGARUH TEACHING FACTORY DAN LEADERSHIP TERHADAP KINERJA CIVITAS AKADEMIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Alhamidi, Lubban Anwari
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v7i1.41644

Abstract

Abstract The purpose of this study was to determine the level of effectiveness of the implementation of the Teaching Factory and leadership program on the performance of the academic community at several vocational high schools in Cibinong, Bogor Regency. This study uses a quantitative method using a simple regression method with SPSS 25.00 as a tool. The sample of this study was 40 samples consisting of teachers, principals, vice principals, students, at SMK Cibinong 1 PGRI Cibinong and SMK Plus Pelita Nusantara Cibinong.Based on the hypothesis test, the results obtained simultaneously, namely Leadership has a significant effect on the performance of the academic community. Meanwhile, Teaching Factory has a weak effect on the performance of the academic community. Management of SMK-SMK in Cibinong should focus more on variables that have a positive effect on performance. For the academic community of SMK-SMK in Cibinong, especially in SMK Cibinong 1 PGRI Cibinong and SMK Plus Pelita Nusantara Cibinong, it is hoped that they can carry out teaching factory activities by carrying out various DI/DU programs that have been prepared by the government for SMKs in Indonesia so that the vocational academic community in particular teachers and students at SMK Cibinong 1 PGRI Cibinong and SMK Plus Pelita Nusantara Cibinong can understand well what the industry needs. Not only that, leadership by doing new ideas in producing and managing SMK business. So that the teaching factory and leadership can provide a good continuity of increasing student learning achievement at these educational institutions. Abstrak Tujuan  penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat efektivitas penerapan program Teaching Factory dan leadership terhadap kinerja civitas akademik beberapa sekolah menengah kejuruan di Cibinong, Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan metode regresi sederhana dengan alat bantu SPSS 25.00. Sampel dari penelitian ini sejumlah 40 sampel yang terdiri dari Guru, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Siswa, di SMK Cibinong 1 PGRI Cibinong dan SMK Plus Pelita Nusantara Cibinong.Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil secara simultan yaitu Leadership berpengaruh signifikan terhadap kinerja civitas akademik. Sedangkan Teaching Factory berpengaruh secara lemah terhadap kinerja civitas akademik  Manajemen SMK-SMK di Cibinong harus lebih fokus pada variabel yang berpengaruh positif terhadap kinerja. Bagi civitas akademik SMK-SMK di Cibinong khususnya di SMK Cibinong 1 PGRI Cibinong dan SMK Plus Pelita Nusantara Cibinong diharapkan dapat melakukan kegiatan teaching factory dengan melakukan berbagai program DI/DU yang telah disusun oleh pemerintah terhadap SMK-SMK di Indonesia agar civitas akademik SMK khususnya guru dan siswa di SMK Cibinong 1 PGRI Cibinong dan SMK Plus Pelita Nusantara Cibinong dapat memahami dengan baik apa yang dibutuhkan oleh industri. Tidak hanya itu, leadership dengan melakukan ide-ide baru dalam memproduksi dan mengelola usaha SMK. Sehingga teaching factory dan leadership dapat memberikan kelangsungan yang baik terhadap meningkatnya prestasi belajar siswa pada lembaga pendidikan tersebut.
PERANCANGAN MODEL PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SOSIAL DALAM PENINGKATAN KUALITAS KOMUNIKASI ORGANISASI STDI BANDUNG Rachman, Rizki Maulana; Yuniarsih, Tjutju; Meilani, Rini Intansari
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v7i1.42611

Abstract

Komunikasi organisasi merupakan bagian penting dalam unsur pergerakan roda suatu organisasi yang melibatkan sumber daya manusia dalam menggerakannya. Institusi pendidikan seni dan desain merupakan salah satu contoh organisasi yang memiliki keunikan dalam membangun komunikasi organisasi karena di dalamnya terdapat para seniman yang memiliki karakter dalam berorganisasi. Perancangan model pendekatan konstruktivisme sosial menjadi cara untuk mengimplementasikan ilmu pedagogik yang dapat memberikan dampak pada peningkatan kualitas komunikasi organisasi pada institusi pendidikan seni dan desain yaitu STDI Bandung dengan sumber daya manusia yang memiliki gaya sendiri dalam berkomunikasi organisasi. Metode penelitian yang dipergunakan adalah dengan melakukan analisis kontekstual dan kondisi komunikasi organisasi yang terjadi di lingkungan STDI Bandung yang dimulai dengan pendistribusian kuesioner dan analisis masalah serta merancang model pendekatan konstruktivisme sosial yang sesuai dengan analisis tersebut. Penelitian ini dapat menunjukkan betapa pentingnya ilmu pedagogik melalui pendekatan konstruktivisme sosial dapat meningkatkan kualitas komunikasi organisasi di kalangan para seniman yang memiliki keunikan dalam berkomunikasi.
Januari 2022 Matter, Front
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v7i1.40855

Abstract

UPAYA MENGATASI KEJENUHAN PEMBELAJARAN SISWA PADA MASA PENDEMI Ulfa, Chofifa Rosyiana
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v7i1.35418

Abstract

AbstrakPenutupan sementara lembaga pendidikan sebagai upaya menahan penyebaran pendem covid-19 di seluruh dunia berdampak pada jutaan pelajar, tidak kecuali di Indonesia. Gangguan dalam proses pembelajar langsung antara siswa dan guru dan pembatalan penilaian pembelajar berdampak pada psikologis anak didik dan menurunnya kualitas keterampilan siswa. Beban adalah tanggung jawab semua elemen pendidikan, khususnya negara dalam fasilitasi kontinuitas sekolah untuk semua pengajaran mendukung pembelajaran jarak jauh. Bagaimana seharusnya Indonesia merencanakan, mempersiapkan dan mengatasi pemulihan Covid untuk mengurangi hilangnya dunia pendidikan di masa depan.ABSTRACTThe temporary closure of educational institutions as an effort to contain the spread of the COVID-19 pandemic worldwide has an impact on millions of students, not least in indonesia. Disturbances in the direct learning process between students and teachers and cancellation of student and the decline in the quality of students’ skills. The burden is the responsibility of all elements of education, especially the state in facilitating scool continuity for all teaching supporting distance learning. How should indonesia plan, prepare and deal with the Covid recovery to reduce the loss of education in the future.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MEMBANTU SISWA DALAM BERPIKIR KRITIS Rineksiane, Natadadya Puspa
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v7i1.43124

Abstract

Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning diterapkan dalam rangka membantu siswa untuk dapat berfikir kritis terhadap masalah yang ada. Project Based Learning ini berpusat pada pembelajaran yang menghadapkan peserta didik terhadap suatu permasalahan secara berkolaborasi yang mana permasalahan tersebut tidak berstruktur, sehinngga memberikan tantangan tersendiri bagi peserta didik Dalam penerapannya dikelas, siswa dituntuk untuk aktif dan tanggap terhadap masalah yang diberikan. Dengan adanya pembelajaran PBL siswa akan selalu termotivasi untuk terus belajar dan mengasah sofskillnya dalam proses pemecahan masalah. Penerapan metode ini tidak terlepas dari dampak positif dan negatif. Dampak positif yang ditimbulkan adalah membuat siswa berproses lebih baik dan membuat siswa dapat belajar untuk selalu berfikir secara kritis dalam menghadapi suatu permasalahan. Sedangkan dampak buruknya yang timbul secara umum yaitu penerapan metode ini memerlukan biaya yang besar untuk keperluan alat peraga serta waktu yang lama untuk penyiapan konsep hingga perealisasiannya.
Januari 2022 Back Matter
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v7i1.40833

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 9