cover
Contact Name
Faisal Mahmuddin
Contact Email
f.mahmuddin@gmail.com
Phone
+6285256472414
Journal Mail Official
jpe@unhas.ac.id
Editorial Address
Gedung Center of Technology (COT), Lantai 1 Kampus Fakultas Teknik Jalan Poros Malino km. 6 Bontomarannu, Gowa, Sulawesi Selatan
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Penelitian Enjiniring Fakultas Teknik Unhas
Published by Universitas Hasanuddin
ISSN : 14116243     EISSN : 26854104     DOI : https://doi.org/10.25042/jpe
Core Subject : Engineering,
Jurnal Penelitian Enjiniring (JPE) merupakan media publikasi ilmiah untuk hasil-hasil inovasi terkini dalam bidang kajian dan rekayasa ilmu pengetahuan dan teknologi keteknikan. JPE diterbitkan dalam dua bahasa dunia (bi-lingual), yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Berbagai bidang ilmu yang sangat popular, menarik dan spesifik dalam rumpun ilmu keteknikan seperti Teknik Arsitektur dan Pengembangan Wilayah Kota; Teknik Elektro dan Informatika; Teknik Geologi dan Pertambangan; Teknik Mesin dan Industri; Teknik Perkapalan dan Ilmu Kelautan; serta Teknik Sipil dan Lingkungan merupakan disiplin ilmu-disiplin ilmu yang menjadi topik utama dan konsen publikasi JPE. Selain itu bidang-bidang lain yang relevan termasuk diantaranya kajian sosio-ekonomi, kajian aspek keamanan (security) dan kajian aspek kesehatan yang terkait dengan bidang-bidang kajian utama diatas dapat pula diterima manuskrip ilmiahnya untuk dievaluasi nilai orijinalitas, kebaharuan dan kualitasnya oleh Tim Evaluator Ahli. Mulai tahun 2016, JPE-UNHAS terbit secara periodik sebanyak 2 kali dalam setahun, yakni edisi Mei dan edisi November.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 24 No 2 (2020)" : 13 Documents clear
Analisis Efektifitas Reduksi Limpasan dengan Underdrain Box Storage Magfirah Malkab; Rita Tahir Lopa; Bambang Bakri
Jurnal Penelitian Enjiniring Vol 24 No 2 (2020)
Publisher : Center of Techonolgy (COT), Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25042/jpe.112020.01

Abstract

Penelitian ini membahas mengenaisuatu model saluran drainase sebagai salah satu solusi penanganan masalah genangan yang sering terjadi pada kampus Universitas Muhammadiyah Makassar. Dimana pada bagian dasar drainase diberi lubang-lubang yang disusun seri sepanjang saluran sebagai fungsi untuk mengisi ruang penampungan (box storage) di bawahnya yang dapat dihubungkan langsung ke tanah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dimensi saluran yang dapar meningkatkan volume tampungan dan mengurangi limpasan air hujan serta menganalisis efektivitas penerapan underdrain box storage dalam meningkatkan volume tampungan dan mereduksi volume limpasan. Penelitian ini membutuhkan pemetaan wilayah aliran yang datang ke drainase yang ditinjau dan juga data curah hujan untuk memprediksi debit rencana dengan periode ulang 20 tahun.Metode yang digunakan dalam perhitungan debit banjir puncak adalah HSS Nakayasu . Kemudian untuk perhitungan debit banjir rencana digunakan metode Rasional. Selanjutnya, perhitungan intensitas curah hujan menggunakan metode Mononobe. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan adanya ruang penampungan di bawah saluran drainase, volume tampungan drainase meningkat dari 14,80% menjadi 57,97% sehingga dapat mengurangi volume air yang melimpas di permukaan dari 85,20 % menjadi 42,03 %. Kata Kunci : UnderdrainBox Storage, Tampungan, Limpasan ABSTRACT This study discusses a drainage channel model as a solution to the inundation problem that often occurs on the campus of the Muhammadiyah University of Makassar. Where at the bottom of the drainage, holes are arranged in series along the channel as a function to fill the storage space below which can be connected directly to the ground. The purpose of this research is to analyze the dimensions of the canal which can increase the storage volume and reduce rainwater runoff and to analyze the effectiveness of the application of underdrain box storage in increasing the storage volume and reducing the volume of runoff. This research requires mapping the flow area that comes to the drainage under review and also rainfall data to predict the planned discharge with a return period of 20 years. The method used in calculating the peak flood discharge is HSS Nakayasu. Then for the calculation of the flood discharge plan used the Rational method. Furthermore, the calculation of rainfall intensity uses the Mononobe method. The results of the analysis show that with the presence of a storage space under the drainage channel, the volume of the drainage reservoir increases from 14.80% to 57.97% so as to reduce the volume of water overtopping on the surface from 85.20% to 42.03%. Keyword: Underdrain Box Storage, Storage, Runoff
Prioritas Peningkatan Status Jalan Provinsi Papua Barat di Wilayah Kabupaten Manokwari Delina Delina; Sakti Adji Adisasmita; Asad Abdurrahman
Jurnal Penelitian Enjiniring Vol 24 No 2 (2020)
Publisher : Center of Techonolgy (COT), Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25042/jpe.112020.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalis faktor – faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan peningkatan status jalan menjadi status jalan Provinsi Papua Barat dan menentukan urutan prioritas peningkatan status jalan provinsi di ruas jalan Kabupaten Manokwari. Faktor-faktor yang menjadi kriteria peningkatan status jalan adalah analisis Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang jalan, analisis potensi wilayah dan analisis administratif. Penentuan prioritas peningkatan status jalan provinsi di ruas jalan Kabupaten Manokwari adalah dengan metode AHP dengan menggunakan alat bantu software Expert Choise. Responden berjumlah 20 orang yang terdiri dari instansi pemerintah yaitu, Bappeda, Dinas PUPR Provinsi Papua Barat, Dinas PUPR Kabupaten Manokwari, Akademisi, Anggota Legislatif, Tokoh Masyarakat/Adat, Konsultan. Penelitian ini menghasilkan prioritas secara berurutan yaitu ruas jalan Sowi IV (Marampa) – Perkantoran Gubernur (26,6 %), ruas jalan Pertanian Wosi Dalam – Lembah Hijau – Ingramui – Pami (22,7 %), ruas jalan Poros SP9 – SP11 (20,7%), ruas jalan Waramui – Wasirawi – Batas Kabupaten Pegunungan Arfak (15,1%) Ruas Jalan Persawahan VII Aimasi - Jalur V SP3 - Jalan Kg. Karenu II - Jln. Kompleks Inyomusi Kg. Karenu I (15,0%).
Analisis Pemindahan Ruang Awak Kapal dari Geladak Kendaraan ke Geladak Bangunan Atas terhadap Stabilitas Kapal Ferry Ro-Ro Mushawwir Razak; Syamsul Asri; Daeng Paroks
Jurnal Penelitian Enjiniring Vol 24 No 2 (2020)
Publisher : Center of Techonolgy (COT), Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25042/jpe.112020.02

Abstract

Abstrak Pemindahan ruangan ABK dari geladak kendaraan ke bangunan atas dilakukan dengan pertimbangan efisiensi peangkutan dengan dilakukan pemindahan tersebut akan menambah jumlah kendaran yang bisa diangkut, akan tetapi dengan penambahan tersebut justru akan memberikan pengaruh terhadap stabilitas kapal utama titik berat, penambahan berat dan sarat. Sehingga perlu dilakukan analisis, metode yang dilakukan ialah menggunakan untuk menganalisis lengan stabilitas dengan bantuan Maxsurf stabilitas dengan metode benyamin space sedang untuk mengevaluasi lengan stabilitas berdasarkan kriteria umum dan kriteria cuaca sesuai pada Intact stability code,2009. Hasil yang didapat terjadi perubahan titik berat yang tidak signifikan mempengaruhi lengan stabilitas dan berdasarkan evaluasi masih memenuhi kriteria baik kriteria umum dan kriteria cuaca
Buckling Restrained Brace (BRB) dengan Bentuk Penampang Persegi dan Lingkaran Terhadap Displacement pada Model Struktur Plane Frame A. Nur Anisah Rahayu Agich; Victor Sampebulu; Hartawan Madeali
Jurnal Penelitian Enjiniring Vol 24 No 2 (2020)
Publisher : Center of Techonolgy (COT), Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25042/jpe.112020.03

Abstract

Keterbatasan lahan menyebabkan bangunan jangkung menjadi pilihan yang tepat untuk dikembangkan guna mengurangi penggunaan lahan. Pada bangunan jangkung, struktur harus didesain agar mampu menahan gaya-gaya lateral (beban gempa) yang terjadi. Salah satu cara struktural agar kekakuan vertikal struktur meningkat, yaitu penambahan elemen struktur berupa bresing, Bresing konvensional merupakan struktur yang paling umum digunakan untuk menahan gaya-gaya lateral (beban gempa). Struktur ini memiliki kekakuan lateral yang sangat tinggi. Namun karena timbul perilaku tekuk dan kehilangan kekakuan lateral akibat adanya gaya tekan pada struktur, maka perilaku histeristik pada bresing konvensional sudah tidak dapat diandalkan lagi. Adapun Buckling Restrained Braces merupakan bresing yang mampu menahan gaya tekan dan gaya tarik yang dapat menyebabkan tekuk pada struktur. Penelitian ini bertujuan mengungkap bentuk penampang ideal dengan membandingkan antara bentuk penampang persegi dan lingkaran. Pengujian dilakukan dengan membandingkan displacement yang terjadi pada Buckling Restrained Braces dengan bentuk penampang persegi dan lingkaran pada model struktur plane frame. Beban yang diberikan pada model struktur plane frame adalah beban aksial berupa beban tekan dan tarik 100 kN, 200 kN, 300 kN, 400 kN dan 500 kN. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata displacement pada 6 tipe bresing dengan bentuk penampang persegi adalah 0,18360 mm, sedangkan pada 6 tipe bresing dengan bentuk penampang lingkaran adalah 0,18354 mm. Sehingga selisih nilai rata-rata displacement bresing dengan bentuk penampang persegi dan lingkaran adalah 0,00006 mm.
Penanganan Banjir pada Danau Tempe dengan Kolam Regulasi pada Inflow Afbiantir Parandangi; Rita Tahir Lopa; Bambang Bakri
Jurnal Penelitian Enjiniring Vol 24 No 2 (2020)
Publisher : Center of Techonolgy (COT), Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25042/jpe.112020.04

Abstract

Danau Tempe adalah salah satu danau terluas di Provinsi Sulawesi Selatan. Kondisi pendangkalan serta topografi wilayah disektiarnya yang merupakan dataran rendah menjadikan kawasan sekitar Danau Tempe rawan terhadap ancaman bencana banjir. Oleh karena itu dibutuhkan alternative penanganan banjir yang salah satunya adalah dengan pemanfaatan kolam regulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sebaran daerah rawan banjir serta efektifitas penangan banjir dengan kolam regulasi di sekitar Danau Tempe. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan analisa hidrologi menggunakan data curah hujan pada Daerah Aliran Sungai (DAS)Bila Walanae, perhitungan debit banjir rancangan menggunakan model Hidrograf Satuan Sistetik (HSS) Nakayasu serta simulasi profil aliran banjir menggunakan model numerik 2D Hec Ras. Luas daerah rawan banjir berdasarkan hasil simulasi debit banjir 20 tahun pada tiga sungai yang masuk ke danau tempe (Sungai Bila, Sungai Paddangeng, Sungai Walanae) dengan outlet Sungai Cenranae adalah 121,44 km2. Penanganan banjir di sekitar danau tempe dilakukan dengan pemanfaatan kolam regulasi yang ditempatkan pada hulu tiga sungai yang masuk ke danau tempe dengan dimensi yang sama. Hasil simulasi menggunakan model numerik 2D Hec-Ras menunjukkan bahwa penggunaan kolam regulasi mampu mengurangi luasan area genangan sebesar 21,74 km2, kedalaman maksimum sebesar 0,1 meter, tinggi muka air maksimum sebesar 0,15 meter, volume sebesar 16.424,11 m3, serta durasi genangan sebesar 0,27 jam.
Analisis Pengaruh Temperatur pada Metode Pirolisis dari Sampah Plastik PP (Polypropylene) Terhadap Kapasitas Dan Kuantitas Minyak Pirolisis Nanang Ernanto; Dominggus G.H Adoe; Gusnawati Gusnawati
Jurnal Penelitian Enjiniring Vol 24 No 2 (2020)
Publisher : Center of Techonolgy (COT), Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25042/jpe.112020.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi temperatur 250 oC, 300 oC, dan 350 oC, untuk alat pirolisis terhadap massa jenis minyak pirolisis, viskositas minyak pirolisis, Fire point dan Flash point minyak pirolisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa massa jenis pada penelitian ini mendapatkan hasil yang sama pada semua variasi temperatur yaitu 0,8 gr/cm3. Hasil viskositas yang didapat adalah 0,4355cP untuk variasi temperature 250 oC dan makin besar untuk variasi temperature 300 oC dengan mendapatkan nialai 0.4595cP kemudian pada temperatur 350 oC hasil yang didapat semakin besar yaitu 0,4826cP. Dan pada Flash Point hasil yang didapatkan 80,3oC untuk variasi temperatur 250 oC, 84,2oc untuk temperatur 300 oC, dan pada temperatur 350 oC naik sangat pesat yaitu 90,4oC dan untuk hasil Fire Point didapatkan hasil 338,9 oC untuk temperatur 250 oC, 340 oC untuk temperatur 300 oC, dan 349,7 oC untuk temperatur 350 oC. hasil yang didapat kemudian dibandingkan dengan bahan bakar bensin dan mendapatkan hasil yang tidak mendekati bahan bakar bensin namun menyamai bahan bakar minyka tanah.
The Pengaruh Komposisi Unsur Gadolinium (Gd) terhadap Magnesium (Mg) Melalui Casting sebagai Bahan Dasar Implan: Kajian Literatur Oknovia Susanti; Jon Affi; Yuni Asrilia
Jurnal Penelitian Enjiniring Vol 24 No 2 (2020)
Publisher : Center of Techonolgy (COT), Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25042/jpe.112020.12

Abstract

Magnesium has potential as an implant base material because of its properties required by human bones, such as biocompatibility, non-toxic and easily dissolved (degradability). This element is needed by the human body as much as 375 Mg / day which is stored in bone and blood tissue. Magnesium is the lightest metal which has a mass type of 1.738 gr / cm3 with a modulus of elasticity of 42 GPa which is very close to the modulus of elasticity of natural human bones 10-40 GPa and can be degraded through corrosion that occurs in body fluids containing 0.9 wt% chloride. . Pure magnesium has a high corrosion rate, so there is no need to add alloying elements which can reduce the corrosion rate and at the same time improve its mechanical properties. One of them is through the addition of rare earth alloy elements, namely gadolinium. Currently, magnesium and gadolinium alloys as biodegradable materials are mostly made by casting methods. Therefore, it is necessary to make a literature review on alloys of magnesium and gadolinium by casting methods to see the effect of adding the element gadolinium to magnesium alloys suitable for bone implants in the human body. Based on the results of a literature review of the composition of the effect of the element gadolinium (Gd) on magnesium (Mg) alloys in the casting process for implant base materials, it can be seen that the addition of Gd more than 10% will increase the mechanical properties of the Mg-Gd alloy and a composition suitable for biodegradable implants can be adjusted depending on the needs and health standards as an implant. This Mg-Gd alloy has a wide range of TYS and UTS with TYS 33 MPa-200 MPa and UTS 78 MPa-250 MPa. And the more the element gadolinium is added to magnesium, the smaller the grain size. The smaller the grain size will increase the strength and hardness of the Mg-Gd alloy. Key Words: Biodegradable implants, Pengecoran, Magnesium alloy, Unsur tanah jarang
Analisis Pengaruh Elevasi Terhadap Jalan Pada Aerodinamika Kendaraan Ridwan Sinasa; Abi Bahri; Iwan Setyawan
Jurnal Penelitian Enjiniring Vol 24 No 2 (2020)
Publisher : Center of Techonolgy (COT), Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25042/jpe.112020.05

Abstract

Teknologi terkait aerodinamika terus dikaji dan menjadi perhatian diperbagai bidang, termasuk dibidang otomotif/kendaraan. Karakteristik aerodinamika pada Sebuah kendaraan sangat penting untuk diketahui, karena sangat mempengaruhi unjuk kerja (performa) kendaraan tersebut. Aerodinamika utamanya terkait gaya Drag (gaya seret) yang terjadi pada kendaraan yang dipengaruhi oleh gerakan/kecepatan aliran udara di sekitar permukaan kendaraan, luas permukaan, serta kondisi udara saat bersentuhan dengan body kendaraan, yang berpengaruh juga terhadap tekanan udara sekitar permukaan kendaraan, gaya dorong/seret dan momen yang dibangkitkan. Makalah ini menyajikan hasil analisis numerik berbasis metode elemen hingga (finite element methode) pada sebiah model kendaraan jenis sedan. Dilakukan pengambilan data dengan metode komputasi/simulasi berbantu perangkat lunak (Software) solidworks flow simulation. Analisis difokuskan pada gaya seret (drag force) dan tekanan udara pada sekeliling model kendaraan uji jenis. Dilakukan variasi terhadap elevasi/ketinggian kendaraan teradap jalan (ground clearance) dengan variasi 140 mm, dan 80 mm, serta dengan variasi kecepatan diterapkan pada masing-masing posisi/ketinggian kendaraan terhadap jalan, yakni pada kecepatan 150 km/jam dan 180 km/jam. Berdasarkan hasil simulasi numerik yang telah dilakukan, maka diketahui bahwa terjadi fluktuasi (perubahan) nilai dari drag force dan distribusi tekanan tekanan yang terjadi pada bagian bodi kendaraan. Pada kecepatan 150 km/jam dengan variasi ground clearance 140 mm di dapat drag force 49.0127 N, nilai tekanan tertinggi 122182.54 Pa dan nilai terendahnya 86285.24 Pa. sedangkan untuk variasi ground clearance 80 mm mendapat nilai drag force sebesar 46.6192 N, nilai tekanan tertinggi 118547.78 Pa, dan nilai terendahnya 87708.60 Pa.
Studi Ekperimental Keausan Kampas Rem Komposit Serat Kulit Durian dan Serbuk Aluminium dengan Resin Vinylester Budha Maryanti; Muhammad Anggun Tri Anggono
Jurnal Penelitian Enjiniring Vol 24 No 2 (2020)
Publisher : Center of Techonolgy (COT), Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25042/jpe.112020.06

Abstract

Kampas rem adalah salah satu komponen kendaraan yang berfungsi memperlambat dan menghentikan laju kendaraan. Kampas rem pada umumnya terbuat dari asbestos yang tidak ramah lingkungan. Oleh sebab itu peneliti mencoba membuat kampas rem sepeda motor dari bahan non-asbestos yaitu memanfaatkan limbah serat kulit durian dan serbuk aluminium yang memiliki sifat ringan dan tahan korosi, serta menggunakan resin vinylester dengan variasi perbedaan fraksi volume. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa komposisi fraksi volume terbaik kampas rem melalui uji keausan. Pembuatan spesimen untuk uji keausan sebanyak 3 sampel. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan hasil untuk laju keausan tertinggi pada sampel ketiga sebesar 7,762 × 10-7 g/mm2.detik dengan perbandingan resin 40%, serat kulit durian 20%, dan serbuk aluminium 40%.
Analisis Performa Turbin Angin Savonius Tipe U dengan Memvariasikan Jumlah Sudu Turbin Iwan Setyawan; Lutfi Laili Salim; Sri Poernomo Sari; Ridwan Ridwan
Jurnal Penelitian Enjiniring Vol 24 No 2 (2020)
Publisher : Center of Techonolgy (COT), Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25042/jpe.112020.07

Abstract

Abstract Wind turbines are the main media that can be used to convert wind energy into electrical energy. The design of a good wind turbine determines the performance of a Wind Power Plant. The Savonius turbine on the vertical axis is an alternative for generating electrical energy because the development of the Savonius Turbine is directed at making economical ones, such as being able to operate at low wind speeds. This study aims to determine the performance of the Savonius turbine that has been made, the resulting generator power, and the efficiency of the generator used. The research was carried out using experimental methods by varying the number of blades 2,3 and 4. Testing was carried out directly in the coastal areas. The results were obtained from data processing are the largest turbine output power on the 2 blade turbine = 38.88 watts. The largest coefficient of power, the 2 blade turbine = 0.235. While the largest output power generated by the generator = 34.3 watts at the 4-blade turbine. The biggest generator efficiency is 12.02% on the 4 blade turbine.

Page 1 of 2 | Total Record : 13