cover
Contact Name
Lalu Masyhudi
Contact Email
laloemipa@gmail.com
Phone
+6287864008292
Journal Mail Official
laloemipa@gmail.com
Editorial Address
Ketangga Desa Kateng Kecamatan Praya Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
jurnal ilmiah hospitality
ISSN : 20884834     EISSN : 26855534     DOI : 10.47492
Jurnal Ilmiah Hospitality dikelola oleh Pusat kajian Pariwisata Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram (STP Mataram) Nama terbitan : Jurnal Ilmiah Hospitality Sinopsis : Jurnal Ilmiah Hospitality, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Umum yang diterbitkan secara berkala 6 bulanan. Mulai Open Jurnal System (OJS) Vol.8 No.1 Juni 2019 Pengelola : Drs. I Made Suyasa, M.Hum Kontak : Lalu Masyhudi, M.Si (Wa: 087864008292) Jl. Panji Tilar Negara No.99 X Tanjung Karang, Ampenan MATARAM 83115, Lombok, NTB Penerbit : Pusat Kajian Pariwisata Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram Frekwensi terbitan : 6 bulanan Nomor ISSN : 2088-4834 (Media Cetak) 2685-5534 (Media Online
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 76 Documents
STUDI LETERATUR : PARIWISATA SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN,DISIPLIN ILMU ATAU KAJIAN Mantu, Yukiko Hiro
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 8 No 2: Desember 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.793 KB) | DOI: 10.47492/jih.v8i2.20

Abstract

In the tourism literature there are differences of opinion among academics in conducting research to argue whether tourism is a scientific discipline, study or academic community. These three things are often misplaced depending on the author, the context and the author's academic’s background. This paper identifies the position of tourism in academia. These three ideas use as a tool to lead discussion. It also guides the ideas of tourism experts and Kuhn's ideas on what constitutes a scientific discipline. The discussion results is a debate of “what is the true" in tourism research. The recommendations displayed the advancement of tourism research through theoretical construction in the academic field of tourism.
PENGENALAN DAN PEMBINAAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DI LINGKUNGAN SANTRI PADA YAYASAN PONDOK PESANTREN AL-MUJAHIDIN TEMPOS, KECAMATAN GERUNG LOMBOK BARAT Maryanti, Sri; Netrawati, I Gusti Ayu Oka; Nuada, I Wayan; Suastina, I Gusti Putu Bagus; Faezal, Faezal; Fitri, Syarifa Massuki; Suharti, Suharti
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 9 No 1: Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.888 KB) | DOI: 10.47492/jih.v9i1.37

Abstract

Angkatan kerja Provinsi NTB meningkat setiap tahunnya Kata Kunci: Minat Belajar & Metode Pembelajaran. Menurut beberapa penelitian, keberadaan wirausaha memiliki peran penting untuk mengurangi masalah pengangguran di wilayah pedesaan. Langkah awal yang penting dilakukan untuk menumbuhkan usaha-usaha kecil di desa adalah memberikan edukasi terkait kewirausahaan. Pengabdian dilaksanakan di Pondok Pesantren Al- Mujahidin Tempos Kecamatan Gerung Kabupten Lombok Barat. Materi yang disampaikan adalah terkait manfaat dan potensi memiliki jiwa kewirausahaan bagi pembangunan disuatu wilayah, maka pembahasan selanjutnya beralih kepada bagaimana para santri memiliki dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Kesimpulan dalam kegiatan ini adalah Para santri mulai bisa melihat dan menangkap peluang bisnis untuk dapat dijadikan sebagai ide bisnis yang menarik untuk direalisasikan, para santri dapat memperoleh tambahan informasi, ilmu pengetahuan dan wawasan terkait dengan pentingnya menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini dan mengubah pola pikir negatif terkait dengan kegiatan wirausaha dan para santri mulai tertarik untuk berwirausaha yang dimulai dari skala kecil dengan memanfaatkan peluang bisnis yang ada untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraannya
FAKTOR-FAKTOR INTERNAL YANG MENENTUKAN KEBIJAKAN STRUKTUR MODAL DAN PENGARUHNYA PADA NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC PERIODE TAHUN 2014-2018 Yanti, Ni Nyoman Suli Asmara
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 9 No 1: Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.803 KB) | DOI: 10.47492/jih.v9i1.35

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal dan pengaruh dari struktur modal terhadap nilai perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sample penelitian terdiri dari 58 Perusahaan sektor manufaktur yang diamati selama kurun waktu 5 tahun yakni tahun 2014-2018. Adapun variabel penelitian yang digunakan yakni profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan dan keunikan proses produksi sebagai variabel exogen. Sementara itu variable endogen penelitian ini ada dua yakni struktur modal sebagai Y1 dan nilai perusahaan (Tobin-Q) sebagai Y2. Metode penelitian menggunakan two stage least square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor utama yang menjadi pertimbangan perusahaan dalam kebijakan struktur modal adalah profitabilitas dan ukuran perusahaan, sedangkan pertumbuhan perusahaan dan keunikan proses produksi tidak memiliki dampak yang signifikan pada pengambilan keputusan pendanaan utang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Tobin-Q mengalami penurunan saat perusahaan menggunakan pendanaan utang dengan jumlah yang mencapai titik optimum
PENINGKATAN MINAT BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF WINDOW SHOPPING PADA MATA KULIAH EKONOMI PEMBANGUNAN Negara, Indah Suprabawati Kusuma
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 9 No 1: Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.408 KB) | DOI: 10.47492/jih.v9i1.36

Abstract

Tujuan utama pembelajaran adalah untuk dapat mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa dengan baik, untuk mencapai kualitas yang diinginkan perlu adanya berbagai inovasi dalam proses pembelajaran, tenaga pendidik dituntut mampu memilih metode dan media pembelajaran yang tepat. Selain itu kemampuan literasi juga diperlukan dalam proses pembelajaran sehingga nantinya dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa dan memudahkannya dalam memahami materi pembelajaran. Namun, realitanya dalam proses pembelajaran saat ini kemampuan literasi mahasiswa masih rendah sehingga menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam memahami materi. ranah kognitif masih menjadi komponen utama dalam penilaian, sehingga perlu dikembangkan penilaian yang dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa dari ranah afektif. Untuk meningkatkan kemampuan afektif mahasiswa dapat dilakukan dengan menggunakan metode yang tepat dalam proses pembelajaran, salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalahWindow Shopping. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester IV Prodi Ekonomi Hindu Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram. Dari hasil analisis data yang didapatkan dari wawancara, observasi dan studi dokumentasi pada mahasiswa Prodi Ekonomi Hindu semester IV didapatkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif Window Shopping memudahkan mahasiswa memahami materi dan juga mampu meningkatkan kreatifitas mahasiswa, hasil observasi juga memperlihatkan minat siswa sangat baik terhadap materi yang diberikan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif Window Shopping mampu menggembangkan kreatifitas mahasiswa dan meningkatkan minat belajar khususnya mata kuliah Ekonomi Pembangunan.
DIGITAL TOURISM: STRATEGI MENARIK WISATAWAN MILENIAL KE NTB Aryawati, Ni Putu Ari
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 9 No 1: Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.86 KB) | DOI: 10.47492/jih.v9i1.34

Abstract

Pariwisata sampai saat ini masih masuk ke dalam lima sektor prioritas pembangunan Indonesia tahun 2018. Saat ini Era dunia telah berubah, perusahaan Digital merajai ekonomi dunia dengan konsep sharing economy-nya. Pariwisata Indonesia juga harus beradaptasi dan bertransformasi dengan era baru tersebut, maka lahirlah program kebijakan Digital Tourism. Banyaknya pengguna internet saat ini yang difasilitasi oleh Smartphone, melahirkan sebuah Generasi Milenial. Pasca bencana gempa bumi yang melanda Provinsi Nusa Tenggara Barat bulan Juli – Agustus 2018, menyebabkan kondisi pariwisata menjadi memprihatinkan. Selain menggunakan promosi secara konvensional, dilakukan pemanfaatan teknologi melalui video streaming dan sosial media serta melibatkan figur terkenal untuk mempromosikan Lombok dan mensosialisasikan bahwa Lombok sudah aman untuk dikunjungi. Wisatawan milenial lebih suka mencari pengalaman baru, unik, otentik dan personal. Mereka sangat percaya pada ulasan-ulasan wisata terutama pada media sosial. Generasi milenial adalah konsumen wisata yang sangat potensial. Usaha pariwisata/destinasi zaman now harus mengedepankan prinsip digital friendly, yaitu harus dapat memfasilitasi pengunjungnya dalam melakukan look, book, buy dan act dengan media digital.
GOVERNMENT’S ROLE IN DEVELOPING SUSTAINABLE TOURISM AT SANGIHE ISLAND REGENCY Kawatak, Steven Y.; Indriyanto, Machiko Nugraha; Jangkobus, Yolanda M.K.H.
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 9 No 1: Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.913 KB) | DOI: 10.47492/jih.v9i1.33

Abstract

Tourism is a leading sector and source of income for many local governments, including the government of Sangihe Islands Regency. Sustainable tourism development has been considered as a major factor in maintaining the environmental integrity, as well as social and economic equality of a region’s tourist attractions. This study uses qualitative research, where the data collection was carried out by observation, documentation and interviews with the stakeholders of tourism in the regency, in particular the local Cultural and Tourism Office. Moreover, in this research, the potentials of the Sangihe Islands Regency were identified and categorized into three, namely Cultural, Natural and Maritime, and Nature Reserve tourism potentials. The local government’s policies to improve and develop its sustainable tourism are then divided into four main aspects, which are the development of tourist destinations, tourism marketing, tourism industry, and tourism institutions. Lastly, the strengths, weaknesses, opportunities, and threats are identified in order to develop strategies that would support and improve the development of sustainable tourism in Sangihe Islands Regency.
ANALISIS GAYA BAHASA DALAM IKLAN PESONA PARIWISATA NTB PADA KONTEN YOUTUBE Nina, Nina
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 9 No 1: Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.585 KB) | DOI: 10.47492/jih.v9i1.32

Abstract

Nusa Tenggara Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keindahan alam dan budaya yang menarik. Meningkatnya jumlah wisatawan dan para investor serta Pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika merupakan prestasi yang gemilang bagi NTB. Perkembangan yang pesat ini tidak lepas dari peran Dinas Pariwisata NTB yang terus mempromosikan pariwisata NTB. Dinas Pariwisata NTB berkembang mengikuti zaman dalam melakukan promosi, tidak hanya melalui radio dan televisi tetapi mulai beralih menggunakan media sosial tentu saja alasannya karena lebih praktis dan murah. Iklan bertujuan untuk mempengaruhi dan meyakinkan calon pembeli. Dalam pembuatan iklan tentu menggunakan bahasa, gaya bahasa sangat berpengaruh terhadap daya tarik sebuah iklan. Tujuan penelitan ini adalah mendeskripskan gaya bahasa pada iklan pesona pariwisata yang diproduksi oleh Dinas Pariwisata NTB dan dipublikasikan di youtube. Pada penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskriptif, yakni memaparkan hasil penelitian secara deskriptif. Sumber datanya adalah iklan Dinas Pariwisata NTB pada konten youtube. Teknik pengambilan datanya yakni dengan simak catat. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 26 gaya bahasa yang terdiri dari: 2 gaya metafora, 1 gaya bahasa hiperbola, 8 gaya bahasa personifikasi, 2 gaya bahasa repetisi, 6 gaya aliterasi, 1 gaya bahasa asonasi, 1 gaya bahasa sinekdoke pars pro toto, 2 gaya sinekdoke totem pro toto, 1 gaya bahasa elipsis, dan 2 gaya bahasa denotatif. Gaya bahasa personifikasi banyak digunakan dalam iklan Pesona Pariwisata NTB dengan tujuan memperindah tulisan agar lebih menarik.
POTENSI DAN PROBLEMATIKA DESA WISATA (STUDI KASUS DESA WISATA JURIT BARU DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR) Nugroho, M. Setyo; Asriadi, Lalu
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 9 No 1: Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.698 KB) | DOI: 10.47492/jih.v9i1.31

Abstract

Desa wisata Jurit Baru Lombok Timur memiliki ragam potensi yang memikat, karya alam-nya menciptakan keunikan dan ciri khas alam dan budaya. Namun demikian, desa wisata Jurit Baru belum populer jika dibandingkan dengan desa wisata lainnya, sehingga manfaat pariwisata belum dirasakan sepenuhnya oleh masyarakat sekitar. Selain itu, terdapat beberapa kendala yang menjadi penghambat perkembangan pariwisata desa wisata Jurit Baru. Dengan demikian, dibutuhkan eksplorasi potensi sehingga dapat dijadikan rujukan dalam pengembangan desa wisata Jurit Baru ke depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi desa wisata Jurit Baru dan mengidentifikasi permasalahan yang ada. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, studi dokumentasi dan wawancara (purposive sampling). Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desa Jurit Baru memiliki potensi alam yang sangat kaya. Baik dari bentuk topografi hingga estetika daily life masyarakatnya. Desa wisata Jurit Baru memiliki komoditas hasil perkebunan yang melimpah seperti alpukat, coklat, kopi, vanili. Selain dari pada itu, desa wisata Jurit Baru juga memiliki atraksi budaya seperti Gaweh Gawah, Zikir Zaman, Nyongkolan, Mandiq Kemanten, dan tradisi Ngentongin yang masih dilestarikan hingga saat ini. Kendati demikian, masih terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi dalam proses pengembangan desa wisata jurit baru seperti rendahnya sumber daya manusia, belum optimalnya manajemen destinasi, konflik kepentingan dan hegemoni kekuasaan.
POTENSI PEMANFAATAN SUSU KACANG KEDELAI SEBAGAI BAHAN PENGGANTI PEMBUATAN ES PUTER SECARA TRADISIONAL Kurniawan, Johannes
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 9 No 1: Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.557 KB) | DOI: 10.47492/jih.v9i1.30

Abstract

Es krim merupakan salah satu produk olahan susu bersifat semi padat yang biasa dikonsumsi masyarakat sebagai makanan selingan, teksturnya yang lebut banyak disukai oleh segala kalangan dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Prinsip pembuatan es krim adalah pembentukan rongga udara pada campuran bahan es krim atau disebut juga Ice Cream Mix (ICM) sehingga diperoleh penambahan volume yang membuat es krim jadi lebih ringan, tidak terlau padat dan mempunyai tekstur yang lembut. Komposisi gizi per 100gr es krim adalah energi 207kkal, protein 4gr dan lemak 12.5gr. Salah satu produk sederhana dari es krim adalah es puter. Es puter yang menggunakan bahan dasar susu kacang kedelai. Hasil penelitian berupa data uji kualitas organoleptik es puter berupa warna, tekstur, aroma, dan rasa dari beberapa panelis yang diambil datanya berdasarkan analisis variansi menunjukan penambahan sayur bayam hijau berpengaruh terhadap tingkat kesukaan es puter yang berbahan susu kacang kedelai. Perlakuan dengan menggantikan susu hewani dengan susu kacang kedelai menggunakan perbandingan sebesar 0%, 25% dan 50% berpengaruh terhadap perubahan kualitas yang terjadi pada es puter berbahan susu kacang kedelai. Dengan hanya melakukan pembedaan penggantian susu dengan susu kacang kedelai sebesar 0%, 25% dan 50% dapat membuktikan adanya pengaruh terhadap perubahan kualitas pada produk es puter berbahan susu kacang kedelai
PENGELOLAAN SANGGAR WAYANG SAMAPTE DESA PRINGGARATA Murianto, Murianto; Masyhudi, Lalu; Andriani, Nukeu Novia; Suprianto, Andi; Mahdani, Mahdani; Yulendra, Lalu
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 9 No 1: Juni 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.47 KB) | DOI: 10.47492/jih.v9i1.28

Abstract

Sanggar Wayang Samapte-Desa Pringgarata merupakan salah satu lembaga seni yang masih bertahan hidup ditengah perkembangan moderenisasi. Aktifitas dan Pupularitas lembaga ini sudah mulai menurun karena minat masyarakat untuk melestarikanya. Perkembangan pariwisata di pulau Lombok yang semakin baik memberikan harapan dan peluang besar dalam pengembangan sanggar wayang sebagai daya tarik wisata. Metode pengumpulan data yang digunakan secara observasi, wawancara mendalam dengan Purposive Sampling dengan melakukan wawancara mendalam secara langsung dengan berbagai tokoh seperti Dalang Wayang Samapte, Anggota Sekaha, dan penggiat serta pelaku budaya lainya yang ada di Pulau Lombok. Potensi Daya Tarik Wisata wayang ini harus dikelola dengan baik sehingga dapat memberikan dampak secara sosial, fisikologis dan menganngkat taraf ekonomi pelaku seni wayang yang lebih baik. Membuat paket-paket wisata wayang yang bisa dipadukan dengan paket wisata lainya sehingga Peluang pasar dapat diperesar seperti Kantor Pemerintah, BUMD dan BUMN, , Travel Agent, dan Perhotelan serta Stakeholder Pariwisata oleh karena itu, penting kiranya dibuat model pengelolaan yang baik supaya sanggar wayang samapte ini bisa berkembang secara berkelanjutan