cover
Contact Name
Lalu Masyhudi
Contact Email
laloemipa@gmail.com
Phone
+6287864008292
Journal Mail Official
laloemipa@gmail.com
Editorial Address
Ketangga Desa Kateng Kecamatan Praya Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
jurnal ilmiah hospitality
ISSN : 20884834     EISSN : 26855534     DOI : 10.47492
Jurnal Ilmiah Hospitality dikelola oleh Pusat kajian Pariwisata Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram (STP Mataram) Nama terbitan : Jurnal Ilmiah Hospitality Sinopsis : Jurnal Ilmiah Hospitality, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Umum yang diterbitkan secara berkala 6 bulanan. Mulai Open Jurnal System (OJS) Vol.8 No.1 Juni 2019 Pengelola : Drs. I Made Suyasa, M.Hum Kontak : Lalu Masyhudi, M.Si (Wa: 087864008292) Jl. Panji Tilar Negara No.99 X Tanjung Karang, Ampenan MATARAM 83115, Lombok, NTB Penerbit : Pusat Kajian Pariwisata Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram Frekwensi terbitan : 6 bulanan Nomor ISSN : 2088-4834 (Media Cetak) 2685-5534 (Media Online
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 269 Documents
RUTE WISATA MINIMUM 10 DESTINASI PANTAI POPULER DI PULAU LOMBOK Lalu Masyhudi
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 8 No 1: Juni 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.291 KB)

Abstract

Destinasi andalan di Pulau Lombok salah satunya adalah destinasi wisata pantai. Lombok oleh kementrian pariwisata dijadikan sebagai salah satu prioritas nasional atau yang disebut sebagai 10 bali baru. Dalam penelitian ini yang dijadikan sebagai adalah BIL (Bandara Internasional Lombok) dan sampai dengan adalah destinasi wisata pantai populer yang dikutip dari situs www.tempatseru.com . untuk mencapai destinasi wisata pantai yang lain wisatawan dapat mengunjungi destinasi wisata pantai lainnya sebelum mencpai destinasi wisata tujuan. Hal ini tentunya akan mengirit waktu dan biaya yang akan dikeluarkan oleh wisatawan sehingga Untuk mencapai destinasi yang akan dituju wisatawan dapat singgah di destinasi lain dengan jarak yang diketahui. Untuk menentukan jarak minimum yang akan ditemputh digunakan perhitungan menggunakan Algoritma Djiktstra dan dalam penghitungan jarak dari BIL ke 10 destinasi menggunakan bantuan google maps. Hasil yang didapatkan adalah Dari 10 destinasi wisata pantai populer wisatawan dapat menempuh jarak dengan dua pilihan, pertama wisatawan dapat langsung ke destinasi wisata pantai yang dituju dan kedua wisatawan dapat singgah di destinasi-destinasi wisata pantai lainnya sebelum mencapai destinasi wisata yang dituju dengan BIL sebagai destinasi awal wisatawan. Dari perhitungan destinasi wisata pantai yang dapat ditempuh secara langsung adalah destinasi wisata pantai Pantai Nambung, Pantai Selong Belanak, Pantai Seger dan Pantai Senggigi. Sedangkan destinasi wisata pantai yang mempunyai destinasi wisata persinggahan adalah Pantai Sekotong, Pantai Bangko-Bangko, Pantai Sire, Pantai Tebing, Pantai Mawun dan Pantai Mawi.
STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA MINAT KHUSUS HIU PAUS DESA LABUAN JAMBU SUMBAWA Muhammad Azizurrohman; Putrawan Habibi; Ni Luh Sueni
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 10 No 1: Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menjadi salah satu objek wisata minat khusus terbesar di Indonesia merupakan tantangan yang besar bagi sebuah desa. Desa Labuan Jambu adalah desa yang memiliki potensi wisata khusus Hiu Paus terbesar di Indonesia. Namun, potensi yang dimiliki belum mampu dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi pengembangan wisata yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan sosial Desa Labuan Jambu. Dengan melakukan wawancara mendalam kepada beberapa stakeholders, peneliti menggunakan analisis SWOT untuk menemukan strategi yang tepat untuk mengembangkan kegiatan pariwisata di Desa Labuan Jambu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perlu adanya pembangunan sarana prasarana penunjang kegiatan pariwisata, sinergitas antara para stakeholders, sosialisasi dan pelatihan bagi para penggiat pariwisata, peningkatan sumber daya desa yang sudah ada, serta pembuatan rencana induk pariwisata desa dalam jangka panjang.
IDENTITIKASI POTENSI PENGEMBAGAN EKOWISATA DESA KARANG SIDEMEN UNTUK MENDUKUNG BERKELANJUTAN DI LINGKAR GEOPARK, LOMBOK TENGAH Murianto Murianto; Lalu Masyhudi
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 10 No 1: Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembangunan pariwisata yang berkelanjutan adalah upaya memaksimalkan dampak positif dan meminimalkan dampak negatif aktivitas kepariwisataan terhadap ketiga aspek pembangunan tersebut. Agar pembangunan pariwisata di Lombok berkelanjutan, diperlukan perencanaan yang didasarkan pada prinsip-prinsip keberlanjutan yang berlaku secara global, nasional, dan lokal. Ekowisata Berbasis Masyarakat (Community Based Ecotourism) Pola ekowisata berbasis masyarakat adalah pola pengembangan ekowisata yang mendukung dan memungkinkan keterlibatan penuh oleh masyarakat setempat dalamperencanaan, pelaksanaan, dan pengelolaan usaha ekowisata dan segalakeuntunganyang diperoleh. Ekowisata berbasis masyarakat merupakan usaha ekowisata yang memprioritaskan peran aktif masyarakat. Masyarakat setempatlah yang memiliki pengetahuan tentang alam serta budaya yang menjadi potensi dan nilai jual sebagai daya tarik wisata, sehingga pelibatan masyarakat menjadi mutlak. Menggunakan anilisis deskriftif kualitatif menjelaskan potensi dan spengembangan pariwisata berkelanjutan sehingga mampu memaparkan dengan baik potensi dan kekayaan Desa karang sidemen yang belum ditemukan saat ini. Potensi sumber daya alaam atau ekowisata yang memiliki daya jual kepada wisatawan, akan tetapi kalau tidak dikelola dengan baik maka tidak akan menghasilkan pariwisata negatif yang dapat merusak alam, Lingkar hutan gunung Rinjani sudah mulai rusak dengan ilegaloging yang dilakukan oleh masyarakat sendiri termasuk masyarakat yang berasal dari karang sidemen. Ketidakmampuan masyarakat dalam menjaga satwa, flora dan fauna juga menjadi tatangan dalam mengembangkan ekowisata.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI JURNAL KUADAS BERBASIS WEB Juneth N. Wattimena; Peter Manuputty; Adolfina Putnarubun
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 10 No 1: Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/jih.v10i1.1597

Abstract

Fakultas Ilmu Komputer memiliki jurnal yang diterbitkan / dicetak 1 kali dalam setahun dengan nama Jurnal Kuadas. Jurnal yang dimuat merupakan hasil penelitian dari beberapa dosen yang berada di dalam Fakultas Ilmu Komputer. Akan tetapi, kendala yang dihadapi dalam sistem jurnal adalah masih bersifat manual dan ketika pengguna ingin mengakses / membaca jurnal tersebut, maka harus mendatangi secara langsung kepada pihak fakultas. Hal ini mengakibatkan dibutuhkan banyak waktu untuk mengakses jurnal tersebut. Metode yang digunakan dalam pengembangan dan perancangan sistem ini adalah metode waterfall. Alasan menggunakan metode ini adalah karena dalam metode waterfall melakukan pendekatan secara sistematis dan berurutan dalam membangun suatu sistem. Kesimpulan dari penelitian adalah sistem informasi jurnal KUADAS berbasis web memudahkan penulis / peneliti / pembaca dalam mengakses jurnal secara online serta menjadi peluang untuk mempromosikan jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer dan menambah pengetahuan
PENGARUH REBUSAN DAUN SUKUN TERHADAP KONTROL KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELITUS DI DESA AIKMEL Baiq Fina Farlina; Suhaemi Suhaemi
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 10 No 1: Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/jih.v10i1.1697

Abstract

In lowering blood sugar levels for patients haves DM can be done by means of herbal treatment, the types of plants that can be used as herbal medicine are: Brotowali, Aloe vera, Noni and Pare. In addition to herbal remedies that are on top there is one more plant that can lower glucose levels high leaves Breadfruit, therefore researcher is interested to study about Breadfruit leaves. this research, consists of two variables namely; independent variable (a decoction of the breadfruit leaf) and the dependent variable (diabetes mellitus). By using quasi-experimental research design with one group pretest-posttest design of the samples are 30 peoples. With the collection of data using the research instrument (a check list) which is then analyzed by using tabulation "t-test" with the level of sharpness (d) 5% or p = 0.5 and using the computer program SPSS version 16.0 for windows. Based on the statistical test using t-test it is obtained a significant value of p =0.000 < α 0.05 which means H0 is rejected and H1 is accepted. Thus it can be concluded that there is a significant effect of granting a decoction of the breadfruit leaf to kontrolpenurunan blood sugar levels in patients with DM in the village of Aikmel
FACTORS INFLUENCING INDONESIAN TOURIST TRAVELLING TO TURKEY DURING THE PANDEMIC Dina Hariani
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 10 No 1: Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/jih.v10i1.555

Abstract

According to data from the UNWTO, Indonesians made around 11.7 million outbound departures in 2019. The growth in outbound travel in Indonesia was halted by the COVID-19 pandemic, which resulted in global travel restrictions. In June 2020, Turkey has announced a Safe Tourism Certification program, launched to coincide with the start of the 2020 summer season to increase the number of tourists. In July 2020, travel agencies in Indonesia started promoting Turkey tour packages. Since travel agents sold packages to Turkey, the number of Indonesian tourists going to Turkey during the pandemic has increased. This study explores the Turkey Safe Tourism program and factors that influence Indonesian tourists to travel during the pandemic. Using qualitative descriptive methods and for achieving the research objectives the data were collected from secondary sources; researches, journals, articles, and statistical reports. Primary data were collected through interviews and observations of tourists and travel agent guides who already went to Turkey during the pandemic. As the result of this study, Turkey is ready to welcome tourists. Indonesia tourists who came to visit Turkey felt safe because Turkey's conditions are quiet from tourists and health protocols are running well. Travel agencies in Indonesia sell Turkey tour packages because there is demand and purchase. A combination of pent-up wanderlust and lockdown fatigue is driving demand for international travel among Indonesian tourists. Factors that influenced Indonesian tourist travel to Turkey are security, cleanliness priorities, discounted prices, and flexibility.
ANALISIS INSTAGRAM SEBAGAI SOCIAL MEDIA MARKETING DI INDUSTRI PERHOTELAN Elysa Nur Cahyani; Dewi Pancawati N; Endah Fitriyani
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 10 No 1: Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/jih.v10i1.642

Abstract

Social media marketing in Instagram provides an opportunity for consumers to interact better with the hotel industry, it also has greater cost effectiveness, in addition to the application, more and more unique features are emerging, making it easier for marketers to be as creative as possible. The emergence of Instagram with unique features that can be accessed around the world encourages the hotel industry to use it to market products and provides opportunities for consumers to interact better with companies so that they have higher effectiveness. The purpose of this study is to explore the reasons for the hospitality industry to use Instagram as a marketing medium as well as topics that are often researched in previous journals regarding the application of Instagram as social media marketing in the hospitality industry. The method used is qualitative with a systematic literature review approach to find relevant theories on this topic and then identified, assessed, and synthesized according to a predetermined explicit method so that the SLR approach provides clarity, transparency and impartiality as well as inclusive coverage in certain areas. The result of this research is that hotels use Instagram social media as their marketing because Instagram has many features such as hashtags and stories that can reach a broad audience. In addition, posting in image format also has a big impact on customer decisions. However, this is not the full power of Instagram marketing. On the other hand, earlier research mostly discuss aouut the application of social media marketing in hotels.
PARTNERSHIP COLLABORATION DALAM PENGELOLAAN DESA WISATA EKOLOGIS DI KAWASAN GEOPARK KOTARAJA KABUPATEN LOMBOK TIMUR I Wayan Suteja; Sri Wahyuningsih; Lia Rosida; I Ketut Purwata; Ni Luh Sueni W; Billy Jafanca M
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 10 No 1: Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/jih.v10i1.663

Abstract

Kolaborasi dan kerjasama dalam penyelenggaraan kepariwisataan di Pulau Lombok terutama Kabupaten Lombok Timur masih perlu untuk ditingkatkan. Seperti Desa Tete Batu, Kembang Kuning dan Jeruk Manis yang berada pada kawasan geografis yang sama sangat membutuhkan program bersama yang dapat mendukung perkembangan masing-masing. Hal ini dapat dilakukan dengan penerapan partnership managenent model sehingga terbangun pengelolaan pariwisata yang kuat. Untuk mengkaji penyelenggaraan desa wisata ekologi di Kawasan Geopark Kotaraja digunakan teori tourism partnership managenent dan konsep desa wisata ekologis. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara dengan tahapan analisis yaitu pemilahan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pariwisata di tiga desa ini dilaksanakan oleh masyarakat melalui kelompok sadar wisata. Selain itu, sebagai kawasan geosite Rinjani pengawasannya berada di bawah naungan pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Belum banyak kerjasama dan kolaborasi formal yang dilakukan oleh ketiga desa tersebut walapun ketiganya memanfaatkan sumberdaya terutama dayabtarik secara bersama-sama. Sehingga kedepannya akan dilaksanakan program kolaborasi oleh ketiga pengelola. Adapun tahapan yang akan dilaksanakan yaitu dimulai dari pertemuan dan musyawarah antar perwakilan kelompok pengelola untuk membahas program-program yang dapat dilaksanakan bersama, menentukan program kerja yang dapat disusun berdasarkan skala prioritas dalam bentuk rencana jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Tahap berikutnya adalah pelaksanaan dari setiap program kerja dan juga memastikan tercapainya target-target yang disusun bersama-sama, pelaksanaan kontrol dan terakhir evaluasi terhapat capaian dari hasil kerjasama dan kolaborasi yang telah dilakukan. Dengan kegiatan ini kolaborasi dan kerjasama akan dapat terwujud dan menghasilkan sinergi pengelolaan pariwisata yang kuat.
MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS MASYARAKAT AKIBAT DAMPAK PANDEMI COVID-19 MELALUI PENYALURAN BANTUAN BERUPA BIBIT ITIK KEPADA PENGUSAHA PEMULA DI DESA DAREK Sri Maryanti; I Gusti Ayu Oka Netrawati; I Wayan Nuada; I Gusti Putu Bagus Suastina; Faezal Faezal; Syarifah Massuki Fitri; Asri Oktiani; Suharti Suharti
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 10 No 1: Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/jih.v10i1.665

Abstract

Pandemi Covid-19 saat ini dipandang tidak lagi hanya mengancam kesehatan masyarakat, namun lebih jauh lagi, mengancam ekonomi dan sosial masyarakat. Sejak mewabah di awal tahun 2020 lalu hingga saat ini, perbaikan perekonomian masih menunjukan hasil yang belum memuaskan. Hal ini dikarenakan masih dibatasinya akses penerbangan yang merembet pada lesunya industri pariwisata. Belum lagi gelombang pemutusan kerja yang terjadi akhir-akhir ini. Maka dari itu, kami dari kelompok akademisi merasa terpanggil untuk turut memberikan solusi membantu masyarakat melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM). Desa Darek adalah salah satu diantara sekian banyak daerah yang mengalami keadaan ekonomi yang cukup sulit. Setelah melakukan kunjungan, diskusi dan berdialog dengan beberapa penduduk usia produktif, maka kami memutuskan untuk memberikan penyuluhan ternak itik sebagai solusi pemecahan masalah. Berdasarkan penyuluhan tersebut diketahui bahwa ternak itik merupakan usaha atau bisnis alternatif yang menjanjikan dan layak untuk dijalankan karena memberikan manfaat keuntungan finansial dan sosial (berdasar perhitungan Laba/Rugi dan analisis kelayakan usaha).Harapan kami kedepannya, masyarakat mampu mengembangkan usaha ternak itik dan tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan secara mandiri, namun juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa.
ANALISIS KALIMAT PERSUASIF PADA IKLAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI STKIP MUHAMMADIYAH BOGOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT CALON MAHASISWA 2020/2021 PADA MASA PANDEMIK COVID-19 Nina Nina; Ana Ratnasari; Resya Fakhrunnisa
Jurnal Ilmiah Hospitality Vol 10 No 1: Juni 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47492/jih.v10i1.669

Abstract

Pandemik Covid-19 awal tahun 2020 tidak hanya menyebabkan kematian tetapi menimbulkan permasalahan baru karena seluruh kegiatan dikerjakan di rumah baik pekerja maupun pelajar untuk mencegah penularan Covid-19. Menurunnya kesejahteraan ekonomi masyarakat memengaruhi pendidikan di Indonesia termasuk minat melanjutkan sekolah di jenjang perguruan tinggi. Perguruan Tinggi Swasta harus menyusun strategi yang tepat menghadapi situasi pandemik ini untuk memertahankan eksistensinya, dengan cara mempromosikan PMB dengan tema Covid-19 untuk menarik minat calon mahasiswa pada masa pandemik. Maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi pemilihan kalimat persuasif yang digunakan oleh STKIP Muhammadiyah Bogor untuk meningkatkan minat calon mahasiswa 2020/2021 pada masa pandemik Covid-19. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, mengumpulkan dokumen, wawancara dan teknik simak cakap libat. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data dan memvalidasi data untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan rumusan masalah. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa kalimat persuasif dalam brosur dan iklan di Radio RRI Bogor iklan Penerimaan Mahasiswa Baru STKIP Muhammadiyah Bogor tahun ajaran 2020/2021 mengandung unsur rasionalisasi, unsur identifikasi dan unsur sugesti dengan tujuan ingin memengaruhi calon mahasiswa baru pada situasi pandemik Covid-19.

Page 1 of 27 | Total Record : 269