cover
Contact Name
Agna Rizky
Contact Email
agnarizkyputra@gmail.com
Phone
+6281331725275
Journal Mail Official
aenor_rofek@unars.ac.id
Editorial Address
Jl. Baluran No. 1, Panarukan, Situbondo Regency, Jawa TImur, Indonesia
Location
Kab. situbondo,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal IKA PGSD : Ikatan Alumni PGSD UNARS
ISSN : 23383860     EISSN : 26564459     DOI : https://doi.org/10.36841/pgsdunars
Core Subject : Education,
IKA PGSD adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Pertama kali dibentuk pada tahun 2012, dan saat ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal IKA PGSD berisikan hasil penelitian dan kajian pustaka tentang pendidikan (termasuk pendidikan dasar, sampai pendidikan tinggi, menejemen pendidikan, proses belajar mengajar, perkembangan peserta dididik, teknologi pembelajaran dan sebagainya. Lebih lengkap dapat dilihat pada Aim and Scope.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2020): DESEMBER" : 30 Documents clear
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH WABAH PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSIRTAS ABDURACHMAN SALEH SITUBONDO Winditiya Yuliana
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 8 No 2 (2020): DESEMBER
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v8i2.844

Abstract

Pembelajaran secara daring adalah salah satu jalan alternatif yang dapat dialakukan ditengah pandemic Covid-19 khususnya yang di Kabupaten Situbondo. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran efektifitas pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Abdurachman Saleh Situbondo sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di Situbondo. Subjek penelitian pada makalah ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Data dikumpulkan dengan cara wawancara melalui google meet. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa memiliki fasilitas dasar yang dibutuhkan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran daring; (2) pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong kemandirian belajar dan motivasi untuk lebih aktif dalam belajar; dan (3) pembelajaran daring mendorong munculnya perilaku social distancing dan meminimalisir munculnya keramaian mahasiswa sehingga dianggap dapat mengurangi potensi penyebaran Covid-19 di Situbondo.
UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV MI MUHAMMADIYAH LIMBANGAN Lulu Dwi Lestari; Karma Iswasta Eka; Okto Wijayanti
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 8 No 2 (2020): DESEMBER
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v8i2.832

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar dengan model model CTL (contextual teaching and learning) pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku kelas IV A MI Muhammadiyah Limbangan. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian berjumlah 21 peserta didik. Data yang dikumpulkan adalah sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan model CTL (contextual teaching and learning) dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan peserta didik dilihat dari perolehan persentase klasikal angket siklus I yaitu 71% dan rata-rata 1,5 dengan kriteria cukup yang mengalami peningkatan menjadi 87% dan rata-rata 1,7 dengan kriteria baik di siklus II. Kedua, penerapan model CTL (contextual teaching and learning) dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dilihat dari perolehan rata-rata nilai siklus I yaitu 71 dengan ketuntasan belajar 72% dan meningkat menjadi 75 dengan ketuntasan belajar 81% pada siklus II sehingga indikator keberhasilan penelitian tercapai.
Pengembangan Media Buku Digital Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A TK Al-Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan Norma Diana Fitri; Nur Syafiqoh
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 8 No 2 (2020): DESEMBER
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v8i2.850

Abstract

Proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak masih sangat bersifat konvensional, hal ini ditunjukkan pada kegiatan belajar mengajar di TK Al Azhhariyyah Lamongan yang belum dapat menyediakan media pembelajaran yang mampu menghadirkan objek atau peristiwa yang sulit dihadirkan dalam bentuk aslinya, atau menghadirkan kembali objek atau peristiwa yang telah terjadi, misalnya melaui media VCD, TV, atau Laptop. Tujuan dilakukan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik kelompok A di TK Al Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan melalui pemanfaatan media pembelajaran flipbook. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development/RD), merupakan suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk. Hasil penelitian diperoleh rata-rata 64,6 pada saat pre test dan kemudian meningkat menjadi 72,3 (post test). Hal tersebut juga ditunjukkan oleh nilai rerata harga thitung sebesar - 8.5935 dengan nilai signifikan 0,000. Dimana nilai signifikan thitunglebih kecil dari 0.05. Dapat disimpulkan hipotesa diterima, yakni, produk pengembangan media flipbook dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok A TK Al Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan, yang dapat dilihat dari hasil tingkat pencapaian pre test ke post test ada peningkatan.
PROFESIONALISME DOSEN DALAM MENERAPKAN PERMAINAN TRADISIONAL PAPAN DAKON (BUKO ENGLISH) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS Reky Lidyawati; Ratih Kesuma Dewi
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 8 No 2 (2020): DESEMBER
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v8i2.838

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai profesionalisme dosen khususnya dalam menerapkan media pembelajaran berupa permainan tradisional dakon “Buko English” untuk keterampilan berbicara bahasa Inggris pada siswa semester 2 Prodi Pendidikan guru Sekolah Dasar dengan materi descriptive text. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan tiga tahap, yaitu 1) Menentukan masalah penelitian, 2) Mengumpulkan data, 3) Analisis dan penyajian data. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif fenomenologis untuk menjelaskan profesionalisme dosen dalam merancang perencanaan pembelajaran, profesionalisme dosen dalam melaksanakan pembelajaran dan profesionalisme dosen dalam melakukan evaluasi hasil belajar dengan menggunakan permainan tradisional papan dakon sebagai media pembelajaran untuk keterampilan berbicara bahasa inggris. Subyek penelitian sebanyak 20 mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah cara penerapan permainan tradisional papan dakon sebagai media pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Inggris. Ukuran Tahap Kesiapan Teknologi (TKT) yang diusulkan adalah pada level 2 dengan indikator kinerja dari masing-masing metode/proses nilai tambah yang akan dikembangkan telah menunjukkan hasil yang baik.
IMPLEMENTASI COLLABORATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH RISET OPERASI INFORMATIKA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI STKIP PGRI SITUBONDO Dyan Yuliana; Siti Seituni; Sahwari .; Ummy Heny
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 8 No 2 (2020): DESEMBER
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v8i2.828

Abstract

Proses pembelajaran di lembaga pendidikan khususnya perguruan tinggi merupakan suatu kegiatan interaktif antara mahasiswa dan dosen. Dosen tidak hanya menjadi pusat dari kegiatan proses pembelajaran, namun keterlibatan mahasiswa yang aktif dan penggunaan metode belajar yang sesuai juga penting. Masih kurangnya keaktifan mahasiswa dalam kegiatan diskusi maupun saat mengikuti kegiatan pembelajaran dipengaruhi oleh rendahnya perhatian mahasiswa dalam belajar, sehingga masih sering terlihat mahasiswa yang kurang konsentrasi dalam mengikuti perkuliahan. Agar dapat merangsang mahasiswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan proses pembelajaran, dosen dituntut harus lebih kreatif dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran, diantaranya dengan menguasai materi pembelajaran dan mampu menerapkan model & metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui implementasi collaborative learning untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Riset Operasi Informatika. Metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif yang mana data-datanya diperoleh dari hasil observasi dan wawancara yang bercorak deskriptif analitis atau analitis kritis, yaitu mengkaji gagasan primer mengenai ruang lingkup permasalahan yang dipercaya oleh gagasan sekunder yang relevan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi collaborative learning dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi Riset Operasi Informatika, sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah tersebut.
Upaya Meningkatkan Komunikasi Efektif dan Percaya Diri Peserta Didik Menggunakan Strategi Learning Start With A Question di Kelas IV SD Negeri 2 Pabuwaran Fika Amyiatun Prastikawati; Badarudin .; Dedy Irawan
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 8 No 2 (2020): DESEMBER
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v8i2.874

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di latar belakangi rendahnya komunikasi efektif dan rendahnya sikap percaya diri peserta didik. Rendahnya komunikasi efektif peserta didik didapat dilihat pada saat guru bertanya kepada peserta didik tetapi pesrta didik tidak dapat menyampaikan pendapatnya menggunakan bahasa yang sopan, jelas dan lancar. Percaya diri yang dimiliki peserta didik juga cenderung masih kurang. Hal tersebut dapat dilihat pada saat kegiatan presentasi dilaksanakan, peserta didik tidak berani untuk menyampaikan pendapatnya, peserta didik masih malu-malu dan ragu terhadap jawabannya sehingga peserta didik cenderung diam. Subjek Penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Neegeri 2 Pabuwaran berjumlah 33 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes evaluas, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar observasi penilaian komunikasi efektif, lembar observasi sikap percaya diri peserta didik, dan lembar angket percaya diri peserta didik. Hasil penilaian komunikasi efektif pada siklus I memeproleh rata-rata 46,5% dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 78% dengan kriteria baik. Adapun hasil observasi sikap percaya diri peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 2,2 dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 3,1 dengan kriteria baik. Peningkatan ini didukung dengan hasil hasil angket sikap percaya diri peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 3,22 dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 3,30 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi learning start with a question pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku mampu meningkatkan komunikasi efektif dan sikap percaya diri peserta didik di SD Negeri 2 Pabuwaran.
PARENTS’ PERCEPTION ON IMPLEMENTING E-LEARNING DURING NEW NORMAL ERA AT RURAL SCHOOL Balqis Husain; Muhammad Iman Kofia; Megtawati Basri; Nurhani Mahmud
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 8 No 2 (2020): DESEMBER
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v8i2.845

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi orang tua terhadap penerapan pembelajaran berbasis elektronik pada masa kenormalan baru di sekolah yang terletak di daerah perbatasan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Alat ukur penelitian menggunakan teknik wawancara dengan jenis wawancara “Open-ended question”. Terdapat 13 item yang di ajukan kepada wali murid. Penelitian ini dilakukan pada orang tua/wali murid di SMP Cucumare. Jumlah responden sebesar 20 responden. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat respon yang berbeda-beda dari orang tua/wali murid terhadap penerapan e-learning pada masa pandemic. Respon yang dikemukakan dikategorikan baik dalam bentuk positif maupun negative.
REDUCING SOPHOMORE STUDENTS’ DILEMA IN CREATING AN APPEALING TEACHING MEDIUM THROUGH SLIDESGO USAGE Lulud Oktaviani; Fatimah Mulya Sari
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 8 No 2 (2020): DESEMBER
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v8i2.833

Abstract

Teachers is not only teaching or delivering materials in a class but also being a professional in all aspects of teaching. Teachers cannot ignore their students’ understanding or characteristics in every teaching and learning activity. Moreover, a teacher is considered as a professional job in Indonesia. Thus, they also get additional payment for being a professional as long as they have got a certificate of professionalism. As sophomore students of English Literature in Universitas Teknokrat Indonesia are having some pedagogical subjects which give them a choice to be an English teacher in the future, they take Teaching Material Design (TMD) in their fourth semester. The subject covers how to design a teaching set, prepare a material and media, and learning evaluation. Unfortunately, 86% students thought in preparing teaching media needed more time to prepare and a specific knowledge, especially which is interesting and takes less time in making. So, the researchers give an alternatives medium that has a template theme and interesting, slidesgo. It has many advantages, so they can use it in teaching and suit the theme with the material they are going to teach. In the end, most of the students were glad and thought that it made them easy to prepare teaching media and took less time.
THE MANAGEMENT OF TEACHING ENGLISH WRITING AT KINDERGARTEN Sulistiyani .; Norma Diana Fitri
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 8 No 2 (2020): DESEMBER
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v8i2.851

Abstract

School-Based teaching English writing at kindergarten activities will improve student achievement, for example students who were once quiet now are active in the learning process. With the ongoing writting narrative text to form the potential for student learning, includes cognitive, affective and psychomotor aspects, student intelligent can be developed optimally hence it is well formed. With a constructivism approach, the teacher carries out learning in study groups. Students at kindergarten are divided into groups with heterogeneous members. In this study, researchers The researcher uses descriptive qualitative because it is more interested in the quality of a particular activity and then it will be evaluated and also it was designed to explain or to describe a condition objectively. This implies that the level of teaching English writing at kindergarten shows a positive impact. The level of of teaching English writing at kindergarten will give more influence well to the performance of teachers
KEGIATAN MEMBACA LEBIH UNGGUL DARIPADA MENONTON DALAM MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS ANAK Shofia Hattarina; Hendra Pratama; Linda Kurnia Supraptiningsih
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS Vol 8 No 2 (2020): DESEMBER
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36841/pgsdunars.v8i2.839

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penulisan artikel ini adalah menemukan data dan fakta yang mendukung bahwa kegiatan membaca lebih baik daripada menonton dalam meningkatkan skill berpikir kritis seorang anak. Penulisan artikel ilmiah ini menggunakan metode studi literatur dengan menggunakan berbagai jenis sumber baik dari buku, artikel ilmiah dari berbagai jurnal untuk mencari teori dan data-data yang mendukung. Kesimpulan dari tulisan ini adalah bahwa Jika anak hanya terbiasa menonton maka kemampuan menulisnya tidak akan sebaik anak yang gemar membaca. Dengan kegiatan membaca imajinasi seseorang bisa semakin terlatih dibanding dengan yang sekedar menjadi penonton. Dan anak yang gemar membaca keterampilan berpikir kritisnya lebih terasah daripada anak yang hanya menonton.

Page 1 of 3 | Total Record : 30