cover
Contact Name
Joseph Dedy Irawan
Contact Email
joseph@lecturer.itn.ac.id
Phone
+62811367463
Journal Mail Official
mnemonic@scholar.itn.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Karanglo Km. 2 Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Mnemonic
ISSN : -     EISSN : 26144808     DOI : https://doi.org/10.36040/mnemonic
Core Subject : Science,
Jurnal Mnemonic adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil penelitan dan pengabdian masyarakat dalam bidang Teknik Informatika bagi para akademisi dan peneliti untuk mempublikasikan karya-karya ilmiah di khalayak luas, diterbitkan secara berkala 2 kali setahun pada bulan Februari dan September.
Articles 126 Documents
SISTEM PAKAR DIAGNOSA DIABETES MELLITUS DENGAN METODE NAIVE BAYES BERBASIS ONLINE I Komang Somawirata; Ahmad Fahrudi Setiawan
Mnemonic : Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2018): Mnemonic Vol. 1 No. 1
Publisher : Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.884 KB) | DOI: 10.36040/mnemonic.v1i1.1

Abstract

Artikel ini merupakan penelitian yang berhubungan dengan diagnose penyakit diabetes, menggunakan system pakar dengan metode naïve bayes yang dilakukan di rumah sakit daerah dr Saiful Anwar kota Malang. Dalam penelitian ini dibuktikan bahwa aplikasi yang rancang dan dibuat telah dapat mengakomodasi pengantian dokter dengan system sebesar 90% kebenaran. Penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan semua gejala dari diabetes tipe A dan tipe B dan dimasukkan kedalam database bernama data training, selanjutnya sesuai dengan keilmuan pakar data tersebut disusun menjadi rule/aturan pengetahuan yang nanti akan digunakan untuk menentukan diagnose penyakit diabetes type A atau type B.
PELATIHAN PEMANFAATAN MICROSOFT OFFICE PADA STAF PENGAJAR DI SMPLBN (Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri) KOTA MALANG Moh Miftakhur Rokhman; Suryo Adi Wibowo; Yosep Agus Pranoto; Kartiko Ardi Widodo
Mnemonic : Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2018): Mnemonic Vol. 1 No. 1
Publisher : Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.339 KB) | DOI: 10.36040/mnemonic.v1i1.12

Abstract

Perkembangan teknologi IT yang pesat dapat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan manusia di segala bidang. Sebagai contoh, dalam bidang pendidikan terdapat pengelolaan administrasi siswa yang perlu dikelola dengan tepat. Pengelolaan administrasi yang baik berdampak pada peningkatan kinerja dari sebuah instansi. SMPLBN (Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri) kota malang merupakan lembaga yang memberikan pengajaran kepada siswa berkebutuhan khusus di kota Malang dalam melakukan pengelolaan administrasi sudah terkomputerisasi, akan tetapi dapat dikatakan masih kurang optimal sehingga dalam pengelolaan administrasi membutuhkan waktu yang lama dan sering terjadi kesalahan.Microsoft Excel (pengolah angka) dan Microsoft Word (pengolah kata) merupakan bagian dari Microsoft Office yang sering digunakan untuk menangani administrasi perkantoran. Pemanfaatan fitur yang maksimal dapat membantu mempermudah dan mempercepat dalam menangani pengelolaan administrasi. Banyak formula pada Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk pengolahan data – data siswa baik biodata maupun data nilai. Fitur mail merge merupakan penggabungan Microsoft Excel dan Microsoft Word yang dapat digunakan untuk membuat raport siswa secara cepat dan tepat.
DETEKSI CITRA GRANULOMA MELALUI RADIOGRAF PERIAPIKAL DENGAN METODE SCALE INVARIANT FEATURE TRANSFORM DAN KLASIFIKASI K-NEAREST NEIGHBOR Siti Faradilla Zenda; Bambang Hidayat; Suhardjo Suhardjo
Mnemonic : Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2018): Mnemonic Vol. 1 No. 1
Publisher : Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.707 KB) | DOI: 10.36040/mnemonic.v1i1.13

Abstract

Radiograf periapikal merupakan komponen yang menghasilkan gambar radiografi dari gigi secara rinci dan jaringan apeks sekitarnya. Gambaran radiografi sangat membantu dokter gigi menegakkan diagnosis dan rencana perawatan kasus gigi impaksi. Dokter gigi mendiagnosa citra perapikal radiograf menggunakan mata namun karena keterbatasan indra penglihatan manusia bisa menyebabkan interpretasi masing-masing dokter gigi berbeda. Pada penelitian ini dibuatlah metode pengolahan citra yang dapat mendeteksi granuloma dari citra periapikal radiograf. Keluaran sistem dapat memberikan hasil yang dapat membantu dokter gigi dalam membuat keputusan dan meningkatkan diagnosis terhadap radiografi periapikal. Pada penelitian ini pembuatan sistem dilakukan dalam beberapa tahap yaitu pre-processing,ektraksi ciri dan klasifikasi. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Scale Invariant Feature Transformation (SIFT) sebagai metode ekstrasi ciri. SIFT adalah algoritma untuk mendeteksi dan menjelaskan fitur lokal pada citra. Proses klasifikasi menggunakan metode K-Nearest Neighbor (K-NN). K-NN adalah metode untuk mengklasifikasi obyek berdasarkan contoh latih terdekat. Hasil dari sistem ini adalah mampu untuk mengidentifikasi penyakit granuloma dengan akurasi 85,84% dengan waktu komputasi rata-rata 4,04 detik.Katakunci: granuloma, radiografi periapikal, Scale Invariant Feature Transformation (SIFT), K-Nearest Neighbor (K-NN).
SISTEM INFORMASI PELANGGAN DI RUMAH MAKAN NASIONAL Thomas Priyasmanu; Anang Subardi
Mnemonic : Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2018): Mnemonic Vol. 1 No. 1
Publisher : Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.916 KB) | DOI: 10.36040/mnemonic.v1i1.14

Abstract

Rumah makan merupakan tempat singgah yang sering menjadi tujuan dari banyak orang terutama pada jam makan, oleh kerena itu pada saat jam makan baik itu makan siang dan makan malam biasanya rumah makan dipenuhi pelanggan, sehingga pelayanan menjadi kurang maksimal disebabkan banyaknya pelanggan, salah satu solusi yang bisa ditawarkan adalah pembuatan sistem informasi rumah makan, sehingga pada saat rumah makan ramai, pelayanan pemesanan dan pembayaran dapat dilakukan dengan cepat dan akurat, pada penelitian ini dibuat suatu sistem informasi rumah makan nasional dengan tujuan untuk meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan karena peningkatan waktu pelayanan terutama pada saat pemesanan dan pembayaran di kasir.
SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PERSURATAN TERINTEGRASI JURUSAN INFORMATIKA DAN FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI Muhamad Eka Purnama Rijaludin; Wina Witanti; Asep Id Hadiana
Mnemonic : Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2018): Mnemonic Vol. 1 No. 1
Publisher : Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1228.091 KB) | DOI: 10.36040/mnemonic.v1i1.16

Abstract

Jurusan Informatika merupakan salah satu jurusan yang berada di fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani). Secara umum, surat yang beredar di jurusan Infromatika dan fakultas MIPA Unjani dikategorikan dalam tiga kategori yaitu surat masuk, surat edaran dan surat keluar. Pengolahan surat di jurusan Informatika Unjani belum terintegrasi dengan fakultas MIPA, hal ini menimbulkan beberapa persoalan yang dapat menghambat kinerja jurusan dan fakultas dalam membuat surat. Proses dalam verifikasi surat cukup memakan waktu, karena setiap surat baru baik itu surat edaran maupun surat keluar tidak langsung memberitahukan kepada bagian yang memverifikasi surat karena faktor tertentu seperti tidak ada ditempat, serta dalam pengarsipan surat tidak terkelola dengan baik yang mengakibatkan penelusuran surat tidak efisien. Sistem yang diusulkan memiliki tujuan untuk dapat mengintegrasikan pengolahan surat di jurusan dan fakultas, melakukan pengolahan data surat masuk, surat edaran dan surat keluar guna mempermudah dalam proses pembuatan surat dan penelusuran surat, dapat memberitahukan kepada bagian yang akan memverifikasi surat menggunakan SMS (Short Messages Service) Gateway setiap adanya surat edaran dan surat keluar yang baru secara langsung untuk diverifikasi dengan menggunakan digital signature agar segera ditindaklanjuti. Tahap perancangan sistem menggunakan metode pengembangan sistem waterfall, yang dimulai pada pengumpulan data, analisis, desain, kode, pengujian dan pemeliharaan. Hasil penelitian ini memungkinkan pengelola surat menjadi terstuktur dan pihak yang memverifikasi surat dapat dengan mudah memverifikasi sehingga memangkas waktu verifikasi surat.
ANALISA METODE AHP (ANALYTIC HIERARCHY PROCESS) DAN TOPSIS (TECHNIQUE FOR ORDER REFERENCE BY SIMILIARITY TO IDEAL SOLUTION) UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN E-RECRUITMEN PENYIAR RADIO XYZ Hani Zulfia; Febriana Santi Wahyuni
Mnemonic : Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2018): Mnemonic Vol. 1 No. 1
Publisher : Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (860.849 KB) | DOI: 10.36040/mnemonic.v1i1.17

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) mempunyai beberapa metode untuk menyelesaikan permasalahan dalam proses pengambilan keputusan yang dibuat oleh pembuat keputusan. Salah satu metode yang digunakan pada sistem pengambilan keputusan ialah metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dan TOPSIS (Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution). Pada proses penentuan calon penyiar radio tidaklah mudah, karena dalam proses e-recruitmen calon penyiar radio memiliki kriteria-kriteria tertentu yang perlu diperhatikan. Permasalahan muncul pada ketidaktepatan tim penilai dalam memberikan penilaian kepada calon penyiar radio. Sehingga penilaian yang diberikan masih bersifat tidak pasti dan subjektif. Kesalahan dalam pemilihan calon penyiar radio akan memberikan dampak bagi perusahaan /organisasi. Kriteria-kriteria penentuan calon penyiar radio berdasarkan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan menggunakan metode AHP dan TOPSIS untuk pembobotan kriteria dan uji konsistensi terhadap matriks perbandingan berpasangan dan perangkingan untuk menentukan alternatif yang terpilih dengan menggunakan bobot kriteria tersebut. Perbandingan antara metode AHP dan TOPSIS adalah untuk mengetahui apakah hasil yang diberikan dari perbandingan kedua metode tersebut sama atau mengalami hasil yang berbeda, serta mengetahui metode manakah yang mampu memberikan informasi yang lebih akurat dalam proses e-recruitmen penyiar radio XYZ.
MEMAHAMI PERILAKU PARTISIPASI ANGGOTA KOMUNITAS VIRTUAL PADA GRUP BELAJAR DI FACEBOOK DALAM PERSPEKTIF USABILITY Sri Kustriyanti
Mnemonic : Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2018): Mnemonic Vol. 1 No. 1
Publisher : Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.626 KB) | DOI: 10.36040/mnemonic.v1i1.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku partisipasi anggota komunitas virtual pada grup belajar di Facebook dalam perspektif usability. Jenis penelitian yang digunakan saat ini adalah explanation research dimana dilakukan pengujian terhadap sejumlah hipotesis yang diajukan. Kuesioner disebarkan secara online sehingga diperoleh 100 responden yang berasal dari anggota grup belajar di Facebook untuk diolah datanya dengan menggunakan SEM-PLS (software SmartPLS).Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi dan sistem berpengaruh signifikan terhadap variabel kemanfaatan, kegembiraan dan rasa memiliki. Hal ini bermakna bahwa seseorang termotivasi untuk berpartisipasi dalam suatu grup belajar karena adanya kualitas informasi dan sistem yang memberi manfaat, kegembiraan dan rasa memiliki terhadap komunitas. Temuan lain membuktikan bahwa kemanfaatan dan rasa memiliki mempengaruhi niat seseorang untuk terus berpartisipasi. Namun demikian, kegembiraan terbukti berpengaruh tidak signifikan terhadap niat terus berpartisipasi. Hal ini bermakna bahwa kegembiraan bukan faktor yang mempengaruhi anggota grup belajar di Facebook untuk terus berpartisipasi. Temuan ini membuktikan bahwa karakteristik komunitas virtual yang bertujuan belajar tidak mengutamakan faktor kegembiraan sebagaimana ditemukan dalam komunitas virtual yang bertujuan leisure time dan belanja
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN HADITS TEMATIK DENGAN SOFTWARE DAN APLIKASI SHAMELA LIBRARY DI MADRASAH ALIYAH AN-NUR AL-HUDA NGAWONGGO TAJINAN MALANG Abdul Wahid; Febriana Santi Wahyuni
Mnemonic : Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2018): Mnemonic Vol. 1 No. 1
Publisher : Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1205.321 KB) | DOI: 10.36040/mnemonic.v1i1.19

Abstract

Artikel ini membahas hasil penelitihan tentang pemanfaatan media teknologi informasi yang berupa software dan aplikasi shamela library (Al-Maktabah As-Syamilah) untuk efektifitas pembelajaran hadits tematik di Madrasah Aliyah An-Nur Al-Huda Ngawonggo Tajinan Malang. Untuk membuka kitab-kitab hadits, bila dilakukan secara manual, maka akan membutuhkan waktu lama, dan harus membuka rak lemari yang berisi puluhan jilid kitab hadits. Dengan lahirnya software dan aplikasi ini para pelajar dan para peneliti studi Islam sangat cepat, mudah, dan efektif dalam mengakses ratusan lieteratur Islam, khususnya kitab-kitab hadits. Dengan demikian, pengetahuan, pengembangan, dan pemanfaatan media teknologi informasi untuk pendidikan Islam dan aspek kehidupan yang lain menjadi sangat urgen dan sangat penting.
APLIKASI PEMETAAN BERBASIS WEBSITE UNTUK PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT DI WILAYAH KABUPATEN MALANG Yosep Agus Pranoto; Moh Miftakhur Rokhman; Suryo Adi Wibowo
Mnemonic : Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2018): Mnemonic Vol. 1 No. 1
Publisher : Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (784.207 KB) | DOI: 10.36040/mnemonic.v1i1.20

Abstract

Dewasa ini masyarakat di Indonesia di dukung dengan pemerintah meningkatkan pelayanan dalam bidang kesehatan diantarranya dengan mmbentuk suatu badan yang berfungsi untuk mendukung ketahanan kesehatan nasional yang disebut dengan BPJS (badan penyelenggara jaminan sosial).sehubungan dengan hal tersebut dengan banyaknya animo masyarakat dalam menggunakan jamina sosisal dalam bidang kesehatan membutuhkan tempat dan layanan fasilitas kesehatan yang prima.Penggunaan media website sebagai media dipilih Karena maraknya pengguna internet aktif di Indonesia yang mendudukkan Indonesia di peringkat ke-6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna internet pada tahun 2017 sehingga dengan beragamnya system operasi yang diadopsi oleh vendor perangkat menjadikan media website menjadi sebuah media yang bersifat multi-platform yang tidak mengenal adanya perbedaan system operasi yang diadopsi oleg berbagai macam vendor perangkat mobile. Pada pengujian fungsional, fungsi 100% sudah sesuai dengan kebutuhan aplikasi baik pada browser desktop maupun mobile serta dari 75% pengguna menilai aplikasi ini bermanfaat.Dari hasil pengujian efisiensi waktu terlihat bahwa untuk penggunaan aplikasi desktop browser memiliki efisiensi waktu yang dapat dihemat rata-rata sebesar 87,7 % dan 75 % untuk mobile browser. Perbedaan hasil pengujian efisiensi waktu dipengaruhi karena dengan menggunakan media mobile yang menggunakan ukuran display jauh lebih kecil turut mempengaruhi performa usability.
IMPLEMENTASI IoT PADA REMOTE MONITORING DAN CONTROLLING GREEN HOUSE Emmalia Adriantantri; Joseph Dedy irawan
Mnemonic : Jurnal Teknik Informatika Vol 1 No 1 (2018): Mnemonic Vol. 1 No. 1
Publisher : Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.514 KB) | DOI: 10.36040/mnemonic.v1i1.22

Abstract

Pemeliharaan tanaman memerlukan terkadang memerlukan penanganan secara khusus salah satu contohnya adalah dengan menggunana green house, dimana dengan menggunakan green house tanaman menjadi terisolasi dari lingkuangan luar, kita dapat mengkondisikan suhu dan kelembaban dari lingkungan di dalam green house, sehingga dapat dihasilkan kesuburan yang maksimal pada tanaman. Kelemahan dari green house yang sudah ada adalah kondisi di dalam green house tidak dapat dimonitor dan dikontrol dari jarak jauh, akan tetapi dengan perkembangan teknologi internet khususnya Internet of Things (IoT) maka proses monitoring dan controlling dari jarak jauh dimungkinkan terjadi.

Page 1 of 13 | Total Record : 126