cover
Contact Name
Afis Pratama
Contact Email
afistama@gmail.com
Phone
+6285669613344
Journal Mail Official
afistama@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pawiyatan Luhur I, Bendan Duwur, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50235, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Joined Journal (Journal of Informatics Education)
Published by Universitas IVET
ISSN : 26219484     EISSN : 26208415     DOI : https://doi.org/10.31331/joined.v1i1
The scope of this journal specializes in topics related to Informatics Education, learning using information technology, and innovation in other informatics field.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 (2020)" : 9 Documents clear
Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pelajaran Komputer & Jaringan Dasar X TKJ SMK Al Alif Blora Dwi Safitaria; Afis Pratama
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 (2020)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v3i2.1430

Abstract

Motivasi dan hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK Al Alif Blora tergolong masih rendah karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih belum cukup bervariasi sehingga siswa merasa bosan dan hasil belajar pun rendah. Guna mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang lebih bervariasi yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X TKJ SMK Al-Alif Blora. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran Komputer & Jaringan Dasar dan ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ SMK Al Alif Blora yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes tertulis dalam bentuk soal uraian dan instrumen untuk mengetahui motivasi belajar siswa berupa lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, persentase motivasi belajar siswa dari siklus I sebesar 58% meningkat menjadi 74% pada siklus II dan berada pada rentang skor tinggi. Pembelajaran kooperatif tipe STAD juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus I terdapat hanya 3 siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus II meningkat sejumlah 75% siswa telah mencapai KKM. Kata Kunci: Peningkatan Motivasi, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
Sistem Informasi Laporan Jasa Pengiriman Barang Pada CV. Mitrajasa Perdana Anugrah Berbasis Web Diwahana Mutiara Candrasari; Anggi Anggraini
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 (2020)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v3i2.1382

Abstract

Mitrajasa Perdana Anugrah Is the company which are engaged in cargo transport services of the company komanditer located on jl .Raya kober gg .Manggis no 3 ( front of market kober sub-district regency banyumas provincial central java. In running their business cv .Mitrajasa prime gift not using a computer to records the transactions but still use books manually , so as to make data to inefficient , as often happens mistake in writing , the book used could have been exposed to water and make data be unable to read , and often books forget put it even the book missing and causing loss for CV. Mitrajasa Perdana Anugrah, by building information system report cargo transport services web-based in CV. Mitrajasa Perdana Anugrah. Is expected to overcome the problems faced by CV. Mitrajasa Perdana Anugrah. The .Application information system delivery service report is built with a use of language programming php and database management system used is mysql. This application can inform the sender, regarding the data recipients, data delivery, data courier, the sender, report the reports on the recipients, delivery, report courier, report so easier to accessed by the user. Could also see in the report quick application report information system was built cargo transport services web-based that can be accessed easily, fast, and accurate anytime, so to speed up decision-making.
Sistem Prediksi Kondisi Kelahiran Bayi menggunakan Klasifikasi Naïve Bayes Handini Arga Damar Rani; Syaifuddin Zuhri
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 (2020)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v3i2.1432

Abstract

Dalam bidang kesehatan, data mining dapat dimanfaatkan untuk memprediksi suatu penyakit dari data rekam medis pasien. Dengan metode research and development klasifikasi pada data mining, data seperti umur, tekanan darah, berat badan, letak janin, tinggi fundus uterus dan atribut lainnya, dapat digunakan untuk memprediksi kemungkinan pasien terkena suatu penyakit. Oleh karena itu, peneliti membuat sistem prediksi kondisi kelahiran bayi mengunakan metode klasifikasi naïve bayes yang berfungsi untuk memprediksi kelahiran bayi. Teknik data mining yang diterapkan pada aplikasi yang dibangun adalah metode klasifikasi naïve bayes. Dengan menggunakan pengembangan sistem berbasis web yaitu akuisisi pengetahuan. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi untuk memprediksi seseorang akan melahirkan secara normal atau beresiko(cesar) berdasarkan hasil pemeriksaan dokter. Dari hasil prediksi tersebut dapat digunakan untuk menentukan hasil rata-rata kelahiran bayi setiap bulan. Data yang kami gunakan ada total 165 data ibu hamil diantaranya kami bagi 2 yaitu 110 data training dan 55 data testing/data uji, model prediksi dievaluasi menggunakan x cross validation dalam proses evaluasi dan perhitungan nilai akurasi, precission, dan recall. Dengan nilai akurasi 92,73% dan precission 83,33% serta recall 100%.
Pengembangan Media Pembelajaran pada Materi Jaringan dan Dasar Komputer Muhamad Sholahudin al Ayubi; R. Irlanto Sudomo
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 (2020)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v3i2.1395

Abstract

ABSTRAK Muhamad Sholahudin Al Ayubi, Program Studi Pendidikan Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas IVET Semarang. Judul : pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran jaringan dan dasar komputer. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) merancang media pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar pada materi perakitan dan perawatan komputer SMK AL ALIF Blora, (2) mengimplementasikan media pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar pada materi perakitan dan perawatan komputer SMK AL ALIF Blora, (3) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar materi perakitan dan perawatan komputer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Davelopment) dengan mengadaptasi model pengembangan Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga tahapan prosedur pengembangan penelitian, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3) pengembangan dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah 14 siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar materi perakitan dan perawatan komputer jurusan teknik komputer jaringan SMK AL ALIF Blora. Objek penelitian adalah media pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket modifikasi skala likert dengan lima pilihan jawaban yang digunakan untuk memperoleh data tingkat kelayakan media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar dapat menjadi variasi media untuk pembelajaran, (2) media pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar terdiri dari materi perakitan dan perawatan komputer, video animasi perakitan komputer, video perakitan dan perawatan komputer, dan kuis pilihan ganda terdiri dari kuis perakitan komputer dan perawatan komputer dapat digunakan untuk belajar secara mandiri maupun bersama guru, (3) tingkat kelayakan media pembelajaran ditinjau dari: (a) aspek media dinyatakan “Sangat Layak” oleh ahli media 1 dengan persentase 84,34%, dan ahli media 2 dengan persentase 95,65%; (b) aspek materi dinyatakan “Sangat Layak” oleh ahli materi 1 dengan persentase 87,27%, dan dinyatakan “Layak” materi 2 dengan persentase 83,63%; (c) penilaian pengguna atau siswa memperoleh persentase sebesar 87,37% dengan kategori “Sangat Layak”. Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, komputer dan jaringan dasar ABSTRACT Muhamad Sholahudin Al Ayubi, Informatics Education Study Program, Faculty of Science and Technology, IVET University Semarang. Title: development of instructional media on network and basic computer subjects. This study aims to: (1) design learning media on basic computer and network subjects on assembly and computer maintenance materials at SMK ALIF Blora, (2) implementing learning media on basic computer and network subjects on assembly and computer maintenance materials at SMK AL ALIF Blora, (3) to determine the feasibility level of learning media on computer and basic network subjects for assembly and computer maintenance. This study uses a research and development method (Research and Development) by adapting the Hannafin and Peck development model which consists of three stages of research development procedures, namely (1) needs analysis, (2) design, (3) development and implementation. The subjects of this study were 14 students in computer and basic network subjects in assembly and computer maintenance, majoring in computer network engineering at SMK ALIF Blora. The research object is learning media on basic computer and network subjects. The research instrument used was a Likert scale modification questionnaire with five answer choices used to obtain data on the feasibility of learning media. The data analysis technique used is descriptive analysis. The results showed that: (1) learning media in computer and basic network subjects can be a variety of media for learning, (2) learning media on basic computer and network subjects consisting of computer assembly and maintenance materials, computer animation video, video computer assembly and maintenance, and multiple choice quizzes consisting of computer assembly quizzes and computer maintenance can be used to learn independently or with teachers, (3) the feasibility level of learning media in terms of: (a) the media aspect is declared "Very Appropriate" by media experts 1 with a percentage of 84.34%, and media expert 2 with a percentage of 95.65%; (b) the material aspect is declared "Very Appropriate" by material expert 1 with a percentage of 87.27%, and is declared "Eligible" material 2 with a percentage of 83.63%; (c) user or student assessments get a percentage of 87.37% in the "Very Appropriate" category. Keywords: development, learning media, basic computers and networks
Relevansi Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Komputer Jaringan dengan Kebutuhan Dunia Industri Titin Kristianingsih; Afis Pratama
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 (2020)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v3i2.1413

Abstract

Tujuan penelitian ini merupakan suatu kegiatan yang harus diketahui sebelum menentukan kegiatan penelitian. Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan kurikulum yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Komputer Jaringan (TKJ). (2) Mendeskripsikan dan menjalaskan keahlian yang dibutuhkan dunia industri, sesuai dengan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). (3) Mengetahui tingkat relevansi kompetensi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dengan kebutuhan dunia industri. Dalam penelitian ini penulis menggunkan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Hasil penelitian ini adalah Nilai 56% menunjukan bahwa Struktur Kurikulum yang telah disusun oleh pemerintah termasuk dalam katagori “Relevan” dengan kompetensi yang dibutuhkan di Perusahaan Kota Blora. Taraf “Relevan” dengan kompetensi yang digunakan sebagai generalisasi terhadap presentase kebutuhan dari semua perusahaan di Kota Blora pada kompetensi TKJ yang ada di sekolah. Secara keseluruhan tingkat relevansi kompetensi SMK TKJ di Kota Blora dengan kebutuhan dunia industri dengan presentase 56%. Ini menunjukan secara keseluruhan kompetensi yang di ajarkan di SMK TKJ Kota Blora relevan dengan dunia industri. Kata Kunci : relevansi kompetensi, SMK, Teknik Komputer Jaringan, dunia industri.
Pengembangan Alat Ukur Tinggi Badan Manusia Secara Otomatis dengan Arduino Yuli Hidayatul Anis; Herry Sulendro Mangiri; Adi Nova Trisetiyanto
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 (2020)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v3i2.1416

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). Menghasilkan sebuah alat ukur alternatif yang dapat digunakan tanpa harus ada bantuan dari orang lain. 2). Menguji keefektifan penggunaan dan sistem kerja yang sederhana, praktis, dan efisien sehingga memperoleh hasil yang tepat dan akurat dengan waktu yang lebih singkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R & D). Dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah, yakni: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, produk masal atau produk akhir. Telah dibuat alat ukur tinggi badan manusia secara otomatis menggunakan sensor Ultrasonik HC-SR04 dengan Arduino Uno sebagai pusat pengendali sistem. Dengan adanya alat ini diharapkan dapat melakukan pengukuran secara cepat sehingga mempermudah pekerjaan dan menghemat waktu dalam pengukuran tinggi badan manusia, dengan hasil yang akurat.
Arsitektur Boardgame Edukasi Sebagai Unsur Gamifikasi Pembelajaran untuk Membangun Partisipasi Aktif, Motivasi, dan Minat Belajar Siswa Moch. Hari Purwidiantoro; Widiyanto Hadi
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 (2020)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v3i2.1420

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran board game sebagai unsur gamifikasi pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi aktif, motivasi dan minat belajar siswa. Board game adalah permainan yang menggunakan media papan sebagai media utamanya, permainan ini bisa digunakan untuk meningkatkan kerjasama serta dapat mengurangi kecenderungan dan ketergantungan peserta didik terhadap smartphone, tanpa mengurangi unsur fun,serta unsur edukasi yang ada dalam permainan. Dengan menggunakan board game sebagai unsur gamifikasi pembelajaran diharapkan dapat membuat peserta didik lebih menikmati pembelajaran, sehingga akan berdampak terhadap meningkatnya partisipasi aktif, motivasi serta minat belajar siswa yang menjadi unsur ketercapaian alam penelitian ini. Tahapan model pengembangan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) oleh Lee & Owens. Implemantasi dan evaluasi menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Kata Kunci: Boardgame, Edukasi, Gamifikasi Pembelajaran, Media pembelajaran
Analisa Rancangan Manajemen Bandwidth untuk Insfrastruktur Jaringan Komputer pada SMK Al Alif Blora Luluk Niken Nihayah; Afis Pratama; Handini Arga Damar Rani
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 (2020)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v3i2.1422

Abstract

Kebutuhan internet dalam proses pembelajaran memiliki peran yang sangat penting sehingga dalam pemakaiannya dibutuhkan pengaturan akses dan pengelolaan manajemen bandwidth yang baik demi kelancaran akses internet tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah membutuhkan tambahan bandwidth lagi, karena kebutuhan internet dalam proses pembelajaran memiliki peran yang sangat signifikan sehingga dalam pemakaiannya dibutuhkan pengaturan akses dan pengelolaan manajemen bandwidth yang baik demi kelancaran akses internet tersebut. Tujuan dari penulisan ini Mengetahui rancangan infrastruktur jaringan di SMK Al-Alif Blora, dan Mengetahui kualitas manajemen bandwidth di SMK Al-Alif Blora. Kata Kunci: Analisa Rancangan, Manajemen Bandwidth, Infrastruktur Jaringan Komputer.
DESAIN ROBOT BERODA DENGAN SISTEM KENDALI HEADSET GELOMBANG OTAK Arif Wibisono
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 (2020)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v3i2.1234

Abstract

Perkembangan dunia robotika tak terelakkan dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi penyokongnya. Terdapat bermacam jenis dan klasifikasi robot, walaupun dasar pengembangannya tidaklah jauh berbeda. Salah satu jenis robot yang diminati dan paling banyak dikembangkan adalah robot beroda. Komponen robot sendiri secara umum terbagi menjadi 3 bagian, yang pertama sensor, kedua prosesor atau komponen pemroses dan actuator, pada penelitian kali ini yang berperilaku sebagai actuator adalah roda, sedangkan yang berperilaku sebagai sensor, peneliti memanfaatkan headset pembaca gelombang otak dari neurosky, dan yang bertugas sebagai komponen pemroses atau prosesor peneliti menggunakan arduino uno R3. Headset neurosky bekerja secara nirkabel menggunakan koneksi bluetooth, dan data yang dikirimkan berupa level tingkat kekuatan gelombang otak (blink streght level). Sebelum bisa diterjemahkan menjadi sebuah perintah telepati otak, sinyal ini terlebih dahulu ditangkap dan diolah menggunakan handset android menggunakan sebuah aplikasi yang dibangun berbasis blynk IoT, baru setelahnya perintah tersebut dikirimkan ke arduino sebagai komponen pemroses robot yang sebelumnya telah dipasangi perangkat keras modul bluetooth HC-06 untuk menangkap siaran nirkabel dari perangkat android, baru setelahnya sinyal tersebut diolah oleh arduino menjadi perintah gerak maju, mundur, kiri, kanan robot beroda oleh driver motor L298N. Hasil pengujian pada lingkungan ideal menunjukkan rata-rata keberhasilan system sebesar 85%, sedangkan pengujian pada lingkungan non-ideal (dengan halangan ruang dan jarak) menunjukkan rata-rata keberhasilan system sebesar 40% dengan masing-masing pengujian dilakukan sebanyak 10 kali. Kata kunci: Robot Beroda, Sistem Kendali, Headset Gelombang Otak.

Page 1 of 1 | Total Record : 9