cover
Contact Name
Ainul Yaqin
Contact Email
ayaqin309@gmail.com
Phone
+6287850172545
Journal Mail Official
ayaqin309@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
ISSN : 25499157     EISSN : 25793543     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Al-Iman: Jurnal Keislaman dan kemasyarakatan adalah jurnal Jurnal ini memuat kajian-kajian pemikiran keislaman dan Kemasyarakatan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis. Redaksi mengundang para akademisi, dosen, maupun peneliti untuk berkontribusi memasukkan artikel ilmiahnya yang belum pernah diterbitkan oleh jurnal lain. Naskah ditulis mengikuti standar karyatulis ilmiah dengan menyertakan refrensi (footnote) diketik dengan spasi 1,5 cm pada kertas ukuran A4 dengan panjang tulisan antara 20-30 halaman, serta menyertakan Abstrak dengan dua bahasa; Indonesia dan Inggris, ruang lingkup judul harus spesifik pada satu permasalahan dan tempat. Naskah yang masuk dievaluasi oleh dewan redaksi. Redaktur dapat melakukan perubahan pada tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengubah substansinya. Jurnal ini bermitra bestari yang diterbitkan dua kali setahun dalam bentuk cetak dan online oleh STID Raudlatul Iman. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis seluruh pihak yang terlibat dalam penerbitan artikel dalam Al-Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan termasuk penulis, dewan penyunting, mitra bestari, dan penerbit. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/etikapublikasi
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 01 (2023): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan" : 10 Documents clear
Kebijakan Pendidikan Terhadap Persepsi Guru dan Siswa dalam Supervisi Pedagogi Pengawas Sekolah Wasiyem; Widyatna Zakirah Meidianti; Melani Ramadika; Sri Wulandari Harahap; Mhd.Fikri Nahrowi
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 01 (2023): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The educational policy on supervision is intended to advance the dimensions of teaching and proper education in schools. The absence of good supervision can lead to inadequate preparation of educators with students' negative mentality towards schools and unpleasant school areasnot only that supervision is used to control instructive interactions in schools that turn the other way and avoid the flow. Schools are required to carry out guidelines for interesting supervisionan instructor (also called a teacher or in certain special circumstances, an instructor) is a person who helps others to secure information, skills or qualities. .in this study also discusses first, the concept of teachers and students; second, how important is school supervision pedagogy in the perceptions of teachers and students at school; third, factors that influence pedagogical supervision of teachers and students in schools; fourth, how bigteacher and student understanding of school supervision pedagogy. Kebijakan pendidikan tentang pengawasan dimaksudkan buat memajukan dimensi pengajaran serta pendidikan yang layak di sekolah. Ketiadaan pengawasan yang baik bisa menimbulkan minimnya persiapan pendidik dengan mentalitas negatif siswa terhadap sekolah serta area sekolah yang tidak menyenangkan. Tidak hanya itu pengawasan digunakan buat mengendalikan interaksi instruktif di sekolah yang berbelok ke arah lain serta menghindar dari jalan. Sekolah wajib melakukan pedoman buat pengawasan yang menarik. Seseorang instruktur (diucap pula seseorang guru ataupun, dalam kondisi spesial tertentu, seseorang instruktur) merupakan seseorang yang menolong orang lain buat mengamankan data, keahlian ataupun mutu.Pada penelitian ini juga membahas tentang pertama, Konsep dasar pengawasan sekolah terhadap supervisi pedagogi menururt persepsi guru dan siswa ; kedua, Seberapa pentingkah supervisi pedagogi pengawasan sekolah dalam persepsi guru dan siswa ; ketiga, Faktor yang mempengaruhi supervisi pedagogi terhadap persepsi guru dan siswa di sekolah ; keempat, Seberapa besar pemahaman guru dan siswa terhadap supervisi pedagogi pengawas sekolah.
Penerapan Strategi Active Learning Tipe Everyone Is A Teacher Here dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran SKI Risma Cahyani Rubaik; Muchamad Suradji; Sampiril Taurus Tamaji
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 01 (2023): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problem of this research is how educators (religious teachers) can carry out their duties properly because recently many students still do not understand the teachings if Islam. Is this because students are less active in the teaching and learning process, so students become apathetic .This study aims to determine the application of the active learning strategy type everyone is a teacher here and to find out the teacher's efforts to improve student learning outcomes for class VII SKI subjects by using the active learning strategy type everyone is a teacher here at MTs Darun Najah Babat. The method used in this research is descriptive method. Data collection techniques are observation, interview and documentation techniques. Data collection tools are observation sheets, interview guidelines and documentation. Data processing was carried out using qualitative descriptive analysis. The results of this study can be seen that the application of the active learning strategy of everyone is a teacher here in improving student learning outcomes for Class VII SKI subjects at MTs Darun Najah Babat is carried out in several stages or steps and goes well and can improve student learning outcomes. The efforts to improve learning outcomes are by fishing or encouraging student motivation, varying learning in class, serving student differences, increasing student interaction. Permasalahan penelitian ini adalah tentang bagaimana pendidik (guru agama) dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, karena akhir-akhir ini banyak peserta didik yang masih kurang memahami ajaran Islam. Apakah hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar, sehingga peserta didik menjadi apatis. Oleh karena itu, guru harus menentukan metode yang tepat yakni menggunakan strategi active learning yang mana belajar aktif dapat mengaktifkan siswa belajar di kelas maupun di luar kelas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi active learning tipe everyone is a teacher heredan mengetahui upaya guru meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran SKI kelas VII dengan menggunakan strategi active learning tipe everyone is a teacher here di MTs Darun Najah Babat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Alat pengumpul data yakni lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi.Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan strategi active learning tipe everyone is a teacher here dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran SKI Kelas VII di MTs Darun Najah Babat dilaksanakan dengan beberapa tahapan atau langkah-langkah dan berjalan dengan baik serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Adapun upaya untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan memancing atau mendorong motivasi siswa, memvariasi pembelajaran di kelas, melayani perbedaan siswa, meningkatkan interaksi siswa.
Penerapan Manajemen Pendidikan dalam Mewujudkan Visi Sekolah ( MAN 1 Medan) Wasiyem; Riska Apriani; Rina Yanti; Siti Hajar; M. Yusuf Lubis
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 01 (2023): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

School management is related to whether or not school goals are achieved in accordance with the school’s vision and mission. Therefore, to achieve this goal the principal must have good humanitarian skills. Because the position of the headmaster is a determining factor, the driver of all sources in the school, he must be able to maximize all existing components so as to improve the quality of education as a school goal. The quality of education is something that must be achieved by every educational institution as a result of the learning process for students at school. In addition, Islamic Education must also be used as a benchmark in improving the quality of education which is the responcibility of the principal in carrying out is managerial effectiveness at school. The purpose of this study is to describe how the principal managerial leadership in improving the quality of Islamic Education. This study uses a qualitative approach with the method of direct observation, in-depth interviews and documentation. The results of data analysis show that the principal’s leadership in improving the quality of Islamic Education has run quite effectively and in accordance with school policies and planning. Manajemen sekolah berkaitan dengan tercapai atau tidaknya tujuan sekolah yang sesuai dengan visi dan misi sekolah. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut kepala sekolah harus mempunyai kemampuan manajerial yang baik. Karena kedudukan kepala sekolah adalah sebagai faktor penentu, penggerak segala sumber yang ada di sekolah, maka ia harus mampu memaksimal segala komponen yang ada sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan sebagai tujuan sekolah. Mutu pendidikan menjadi hal yang harus dicapai oleh setiap lembaga pendidikan sebagai hasil dalam proses pembelajaran bagi peserta didik di sekolah. Selain itu, Pendidikan Agama Islam juga harus dijadikan tolok ukur dalam meningkatkan mutu pendidikan yang menjadi tanggung jawab kepala sekolah dalam menjalankan keefektifan manjerialnya di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi langsung, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukanbahwa kepemimpinan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam telah berjalan cukup efektif dan sesuai dengan kebijakan dan perencanaan sekolah.
Desain Evaluasi Kurikulum Pelatihan dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Pendidik di MAN Batu Bara Syukri Makmur; Sholihah Mashar Hanna; Ayuni Sri; Hasanah Nurul; Yusuf Lubis Muhammad
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 01 (2023): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Curriculum evaluation as a systematic effort to collect information about a curriculum to be used as a consideration of the value and meaning of the curriculum in a particular context. Curriculum evaluation can cover the entire curriculum or individual curriculum components such as objectives, content, or learning methods in the curriculum. The evaluation of the training curriculum is very much needed in the implementation and implementation of the curriculum. Curriculum evaluation plays an important role in determining policy and decision making. The results of the curriculum evaluation can be used by education policy holders in selecting and setting policies for the development of the education system by developing a curriculum model that is used to evaluate the education and training curriculum. lessons, choosing teaching methods and strategies, evaluation or assessment methods as well as the facilities and infrastructure used in the training. It is important to evaluate the education and training curriculum in order to adapt to the development of science, technological advances and the changing needs of the market community. Therefore, Widyaiswara must create a previously designed training curriculum. Evaluasi kurikulum sebagai usaha sistematis mengumpulkan informasi mengenai suatu kurikulum untuk digunakan sebagai pertimbangan mengenai nilai dan arti dari kurikulum dalam suatu konteks tertentu. Evaluasi kurikulum dapat mencakup keseluruhan kurikulum atau masing-masing komponen kurikulum seperti tujuan, isi, atau metode pembelajaran yang ada dalam kurikulum tersebut. Kegiatan evaluasi kurikulum pelatihan sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan dan implementasi kurikulum. Evaluasi kurikulum memegang peranan penting dalam menentukan kebijakan dan pengambilan keputusan. Hasil dari evaluasi kurikulum dapat digunakan oleh para pemegang kebijakan pendidikan dalam memilih dan menetapkan kebijakan pengembangan sistem pendidikan dengan mengembangkan model kurikulum yang digunakan evaluasi kurikulum pendidikan dan pelatihan dapat digunakan oleh Widyaiswara atau tutor dan para pelaksana diklat dalam memahami dan membantu perkembangan peserta diklat, memilih bahan pelajaran, memilih metode dan strategi mengajar, cara evaluasi atau penilaian serta sarana dan prasarana yang digunakan dalam diklat. Evaluasi kurikulum Diklat penting dilakukan dalam rangka penyusunan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat pasar yang berubah. Oleh karena itu Widyaiswara harus membuat kurikulum diklat yang dirancang sebelumnya.
Implementasi Gerakan Sosial Kemasyarakatan dalam Membangun Karakter Kepedulian Berbagi Pada Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Medan Riska Yanti Hasibuan; Zainun; Muhammad Putra Dinata Saragi
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 01 (2023): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The social movement cares about sharing has a goal to be able to change a social situation for the better. Therefore, the caring movement has a goal to invite people to help and help others. Islam, which teaches to help each other, to share with others is also regulated in the Qur'an surah Al-Baqarah verse 186, Q.S Al-Baqarah verse 245, Al-Isra: 7. In social life caring for others has important values ​​that must be grown in humans. This study focuses on knowing the forms of social movements caring for sharing by Branch Managers of the Medan City Muhammadiyah Student Association for the community, knowing the obstacles faced in social movements in building the character of sharing awareness among the Branch Managers of the Medan City Muhammadiyah Student Association, to determine the implementation of social movements in building caring character to the Branch Manager of the Medan City Muhammadiyah Student Association. This study uses a qualitative descriptive research method with a case study approach. Data collection techniques using observation, interviews and document studies.With data analysis techniques of data reduction, data display, and drawing conclusions and levers. The results of this study, First, the forms of social movements that care about sharing are in the form of basic necessities. Second, the inhibiting factor is the lack of communication between fellow cadres, and the lack of donors. Gerakan sosial peduli berbagi memiliki tujuan untuk dapat mengubah suatu keadaan sosial yang lebih baik lagi. Oleh dariitu gerakanpeduli berbagi mempunyai gols untuk mengajak manusia kepada kebaikan dan dapat membantu kepada sesama. Islam, mengajarkan untuk saling tolong menolong, berbagi kepada sesama juga diatur dalam Al-Qur‟an surah Al-Baqarah ayat 186, Q.S Al-Baqarah ayat ke 245,Al- Isra: 7.Dalam hidup bersosialpeduli terhadap sesama memiliki nilai penting yang harus ditumbuhkan pada diri manusia. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui bentuk-bentuk gerakan sosial peduli berbagi Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Medan bagi masyarakat, mengetahui hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan gerakan sosial dalam membangun karakter kepedulian berbagi pada Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Medan, untuk mengetahui implementasi gerakan sosial dalam membangun karakter kepedulian pada Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Dengan teknik analisis data reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini, Pertama bentuk-bentuk gerakan sosial peduli berbagi itu berupa sembako.Kedua, faktor penghambat yakni kurangnya komunikasi antar sesama kader, dan minimnya donatur.
Metode Bimbingan Karier Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan di PT. Masmining Nagajuang Kabupaten Mandailing Natal Riadoh; Syawaludin Nasution; Erwan Efendi
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 01 (2023): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine career guidance methods to improve employee performance, both from the steps of career guidance and the materials provided to employees and what obstacles occur during the career guidance process. In this study, researchers used descriptive research methods with a qualitative approach. Research data collection was carried out by interviews, observation and documentation obtained directly from research facilities and notes from sources related to research. The results of this study, (1) The career guidance method is carried out face-to-face or in person so that employees can issue any obstacles experienced at work, this career guidance is carried out so that employees can be motivated by the directions given by the leadership with guidance on career guidance steps This will make employees aware of what mistakes they make while working both in the office and in the field. (2) Materials given by the leadership to employees during the career guidance process include words of encouragement, lectures in the form of constructive criticism and so that employees are more confident, and what obstacles employees experience during the process of working in the company. (3) the obstacles that occur in the company are the lack of leadership and employees, and the lack of communication between each other, and the lack of ability of employees to performance in the company. Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui metode bimbingan karier untuk meningkatkan kinerja karyawan, baik dari langkah-langkah bimbingan karier dan materi yang diberikan terhadap karyawan serta hambatan apa yang terjadi pada saat proses bimbingan karier. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi yang diproleh langsung dari sarana penelitianmaupun catatan dari sumber yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian ini, (1) Metode bimbingan karier dilakukan dengan tatap muka atau secara lansung supaya karyawan dapat mengeluarkan apasaja kendala yang dialami pada saat bekerja, bimbingan karier ini dilakukan untuk agar karyawan dapat termotivasi dengan arahan yang di berikan pimpinan dengan adanya bimbingan langkah-langkah bimbingan karier akan menyadarkan apasalah kesalahan yang dilakukan karyawan pada saat bekerja baik di kantor maupun dilapangan. (2) Materi yang diberikan pimpinan kepada karyawan pada saat proses bimbingan karier ialah seperti kata-kata penyemangat, ceramah yang berupa kritik yang membangun dan supaya karyawan lebih percaya diri, dan kendala apasaja yang dialami karyawan pada sat proses bekerja di perusahan. (3) hambatan yang terjadi didalam perusahan kurangnya keterbukaan antara pimpinan dan karyawan, dan kurangnya komunikasi antara satu samalain, dan hambatan kurangnya skil karyawan terhadap kinerja dalam perusahan.
Dampak Putus Sekolah Pada Remaja: Literature Review Nefi Darmayanti; Adinda Putri Kinanti Daulay; Anindya Khaira Butarbutar; Lisa Windia Arista; Mustika
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 01 (2023): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the impact experienced by teenagers dropping out of school. This study used a literature review method, and the data obtained were obtained from secondary data. The results showed that in some cases, dropping out of school affected the lives of adolescents, but in some cases it did not show a significant impact. The influencing factors are also different in each case thus giving different results. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui dampak yang dialami remaja putus sekolah.Penelitian ini menggunakan metode literature review, dan data yang diperoleh didapat dari data sekunder.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus, putus sekolah mempengaruhi kehidupan remaja, namun ada juga yang tidak menunjukkan adanya dampak yang berarti.Faktor yang mempengaruhi juga berbeda-beda ditiap kasusnya sehingga memberikan hasil yang berbeda-beda.
Peningkatan Ketahanan Keluarga di Masa Pandemi Melalui Kegiatan Home Visit Nefi Darmayanti; Astrie Anggraini; Diajeng Tri Utami; Dini Fatmahsari Batubara; Juhro Ulya Wardani Ritonga; Nazwa Elyana
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 01 (2023): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Large-Scale Social Restrictions to control the transmission of Covid-19 have paralyzed the economy. The impact is a decrease in economic income which affects the family's ability to survive during the Covid-19 pandemic. This study aims to determine the economic resilience of families on the coast of Bagan Kuala village during the Covid-19 pandemic. Qualitative method of literature study where the method used is to prepare activities that must be carried out with the method of collecting library data, reading and taking notes and recording research materials. The results show how the impact of the pandemic on the economic resilience of coastal families in Bagan Kuala village during the Covid-19 pandemic has decreased, especially in terms of income and ability to meet family needs. However, from the aspect of housing ownership, financing for children's education, and family financial security, the economic resilience of families on the coast of Bagan Kuala village can be considered quite good. This study recommends the need for a fairly good family financial management strategy. Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk mengendalikan penularan Covid-19 telah melumpuhkan perekonomian. Dampaknya adalah penurunan penghasilan yang berimbas pada kemampuan ekonomi keluarga bertahan selama pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketahanan ekonomi keluarga di pesisir pantai desa Bagan Kuala pada masa pandemi Covid-19. Metode kualitatif studi literatur dimana metode yang digunakan adalah serangkaian kegiatan yang berkenanaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bagaimanadampak pandemi terhadap ketahanan ekonomi keluarga pesisir pantai desa Bagan Kuala pada masa pandemi Covid-19 mengalami penurunan khususnya dari sisi pendapatan dan kemampuan memenuhi kebutuhan keluarga. Namun dari aspek kepemilikan tempat tinggal, pembiayaan pendidikan anak, dan jaminan keuangan keluarga, ketahanan ekonomi keluarga di pesisir pantai desa Bagan Kuala dapat dinilai cukup baik. Penelitian ini merekomendasikan perlunya strategi pengelolaan keuangan keluarga yang cukup baik.
Sejarah Perkembangan dan Peran Perpustakaan Baitul Hikmah Pada Masa Kejayaan Bani Abbasiyah (Reaktualisasi Model Bayt al Hikmah untuk Kemajuan Bangsa) Fathorrahman .
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 01 (2023): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Islam highly upholds the values of science, as evidenced by Allah's command to his messenger the prophet Muammad SAW. Is to read. Reading, studying and producing new knowledge was a common activity since the early arrival of Islam until the establishment of Islamic dynasties led by caliphs who also loved science. Bayt al Hikmah is a model of library and knowledge laboratory that implemented modern management that passed its time at that time, not only as a place to store thousands of books, but also to print several Muslim scientists with new discoveries that have been beneficial to life to this day. This research is a library that uses a historical approach, tracing the traces of the success of an Islamic empire in producing a library institution that is ideal and multifunctional and how important its role is for the existence of a civilization. Islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai ilmu pengetahuan, terbukti perintah Allah kepada utusannya nabi Muammad SAW. Adalah untuk membaca. Membaca, mengkaji dan menghasilkan pengetahuan-pengetahuan baru adalah aktivitas yang lumrah pada sejak awal kedatangan Islam hingga berdirinya dinasti-dinasti Islam yang dipimpin oleh beberapa khalifah yang juga mencintai ilmu pengetahuan. Bayt al Hikmah adalah salah satu model perpustakaan dan laboratorium pengetahuan yang menerapkan pengelolaan modern yang melewati masanya pada saat itu, tidak hanya sebatas penampung ribuan buku, namun juga mencetak beberapa ilmuwan muslim dengan penemuan-penemuan baru yang hingga kini bermanfaat untuk kehidupan.Penelitian ini adalah pustaka yang menggunakan pendekatan historis, menelusuri jejak-jejak keberhasilan sebuah imperium Islam mengasilkan sebuah lembaga perpustakaan yang menjadi tipikal ideal dan multifungsionalserta bagaimana peran pentingnya bagi eksistensi sebuah
Peran Orang Tua dan Pendidikan Anak di Era Digital Peran Orang Tua dalam Peningkatan Pendidikan Anak di Era Digital di Desa Ketawang Daleman Ganding Ah Syamli; Fitriyah; Lailatur Rahmah; Febriani Indah Fajrotin
Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 01 (2023): Al-Iman Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan
Publisher : STID Raudlatul Iman Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Parents are the first school and educator for every child in printing wise characters in every way. Then the role of parents is of course also very influential in preparing a child mentally and personally how to deal with an era that continues to develop, including the digital era. The digital era is an era that cannot be avoided because it covers all lines of life, but also cannot be too accepting, because behind the benefits of the digital era, it also saves some disadvantages that can cause a decline in children's education. With that, the shape of the role of parents and the driving and inhibiting factors of parental participation in children's education greatly affect how children respond and how children characterize this digital era. Orang tua merupakan sekolah dan pendidik pertama bagi setiap anak dalam mencetak karakter yang bijak dalam setiap hal. Kemudian peran orang tua tentu juga sangat berpengaruh dalam mempersiapkan mental dan diri seorang anak bagaimana menghadapi zaman yang terus berkembang, termasuk era digital. Era digital merupakan era yang tidak bisa di hindari karena sudah meliputi semua lini kehidupan, tetapi juga tidak bisa terlalu menerima, karena di balik manfaat-manfaat era digital, ia juga menyimpan bebrapa mudharat yang dapat menyebabkan merosotnya pendidikan anak. Dengan itu, bentuk peran orang tua dan faktor pendorong serta penghambat dari keikut sertaan orang tua dalam pendidikan anak sangat berpengaruh bagaimana respond dan cara anak menyifati era digital ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 10