cover
Contact Name
Nurida Finahari
Contact Email
jatiemas@fdi.or.id
Phone
+628113649799
Journal Mail Official
jatiemas@fdi.or.id
Editorial Address
Jl. Sidoagung Perum Guru 52 Singosari, Malang, Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
Published by Forum Dosen Indonesia
ISSN : -     EISSN : 25500821     DOI : https://doi.org/10.36339/je
Jurnal ini mempublikasikan artikel-artikel yang mengandung aspek aplikasi ilmu-ilmu teknik dan/atau hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para pelaku dan penggiat dunia pendidikan secara umum, kalangan akademisi, industri, maupun kelompok masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2017): JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)" : 7 Documents clear
Sosialisasi Teknologi Informasi: Pengabdian Masyarakat pada Siswa SMK Taruna Bhakti Depok Mayeni, Monica
JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat) Vol 1 No 1 (2017): JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
Publisher : Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Dosen Indonesia JATIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.791 KB) | DOI: 10.36339/je.v1i1.15

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang banyak melakukan inovasi melalui pemanfaatan Teknologi Infomasi.Permasalahan yang sering timbul salah satunya adalah penyalahgunaan fasilitas ini.Untuk itu diperlukan sosialisasi yang terpadu pada siswa-siswa SMK sebagai gambaran agar dapat menggunakan ilmu yang didapat untuk hal yang bermanfaat. Kegiatan ini adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan tim dosen Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia (UNIBI), Bandung. Peserta sosialisasi adalah siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bhakti Depok.Metode yang digunakan pada sosialisasi adalah presentasi materi dan tanya jawab dengan model tatap muka di kelas. Materi sosialisasi adalah internet of things yaitu salah satu inovasi teknologi yang disukai sebagai bentuk inovasi yang dapat ditiru siswa agar pemanfaatan teknologi menjadi tepat, berguna dan memiliki nilai ekonomis. Hasil yang terlihat adalah ketertarikan siswa-siswapada saat melihat contoh aplikasi berbasis internet of things danantusisme siswa yang terlihat di sesi tanya jawab dimana banyak pertanyaan yang mengarah kepada keingintahuan siswa.
Iptek Bagi Masyarakat: Kelompok Usaha Kripik Singkong di Kelurahan Pagentan Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Soebiyakto, Gatot; Alfiana, Alfiana
JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat) Vol 1 No 1 (2017): JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
Publisher : Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Dosen Indonesia JATIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.595 KB) | DOI: 10.36339/je.v1i1.10

Abstract

Sebagian besar pelaku usaha pengrajin atau home industri khususnya pengrajin kripik singkong didalam pengolahan produksinya masih menggunakan peralatan sederhana, sedangkan metode pemasaran dan pembukuan keuangan masih menganut paham atau sistem turun temurun. Dengan berjalannya waktu, persaingan bisnis dan penerapan metode pengelolaan metode tersebut akan bergeser dan akhirnya gulung tikar (bangkrut). Dengan adanya bantuan dari iptek bagi masyarakat (IbM) dengan beberapa program pekerjaan dari mulai kunjungan intensif, penyuluhan cita rasa dan penyuluhan hukum tentang aturan dan sanksi perdagangan dan cap/merk dagang, inovasi peralatan dengan sentuhan teknologi maka masalah mendasar  di masyarakat bisa teratasi. Dari mulai penggunaan peralatan dengan inovasi teknologi, sistem pengolahan bersih dan higienis, pengembangan berbagai varian rasa dan label/cap dagang yang mendapat perijinan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dari Departemen Perindustrian dan Dinas Kesehatan. Target luaran yang dicapai menghasilkan produktifitas  dan efisiensi yang signifikan dari penggunaan kayu bakar ke kompor gas (67%), Mesin Perajang singkong dari 100 Kg / 4 jam menjadi 50 Kg/jam atau setara 200 Kg/jam (50%), dan produktifitas selalu berujung pada metode pemasaran yang baik Hingga saat ini disamping dipasarkan di toko-toko terdekat juga merambah ke toko besar koperasi, dan swalayan.
Cover JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), Vol 1, No 1, Maret 2017 Emas, Jati
JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat) Vol 1 No 1 (2017): JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
Publisher : Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Dosen Indonesia JATIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1630.907 KB)

Abstract

Cover JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), Vol 1, No 1, Maret 2017
Sosialisasi Manajemen Limbah Oli Bengkel Mobil: Pengabdian Masyarakat di Desa Pesucen Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi Rubiono, Gatut; Yasi, Ratna Mustika
JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat) Vol 1 No 1 (2017): JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
Publisher : Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Dosen Indonesia JATIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.603 KB) | DOI: 10.36339/je.v1i1.11

Abstract

Manajemen limbah oli sangat penting dilakukan oleh bengkel mobil untuk menghindari pencemaran lingkungan. Beberapa limbah termasuk dalam kategori Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).Mayoritas bengkel tidak memiliki pengetahuan dan tidak melaksanakan manajemen ini. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi pengusaha bengkel. Kegiatan dilakukan dengan survey awal sebagai bahan penyusunan materi sosialisasi. Materi sosialisasi antara lain meliputi gambaran umum manajemen limbah dan dampak lingkungan. Materi juga memberikan pengenalan separator air oli, alat peniris oli dan wadah corong oli. Kegiatan dilakukan dengan cara sosialisasi langsung kepada pemilik bengkel di tempat kerja. Hasil survey menunjukkan bahwa pemilik bengkel kurang memahami manajemen pengelolaan limbah, khususnya limbah oli. Sosialisasi materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Pemilik dapat menerapkan aplikasi-aplikasi sederhana karena kebutuhan biaya yang relatif murah.
Servis Sepeda Motor Gratis di Desa Pesucen Sebagai Upaya Peningkatan Skills Mahasiswa Teknik Mesin Qiram, Ikhwanul; Roffiq, Ainoer
JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat) Vol 1 No 1 (2017): JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
Publisher : Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Dosen Indonesia JATIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.439 KB) | DOI: 10.36339/je.v1i1.12

Abstract

Masyarakat desa Pesucen kecamatan Kalipuro kabupaten Banyuwangi secara umum memanfaatkan sepeda motor sebagai sarana untuk mendukung segala aktifitas yang dilakukan, tidak hanya sebagai transportasi namun terkadang sebagai sarana angkut hasil kebun dan ladang. Buruknya infrastruktur dan keterbatasan akses ke bengkel service yang cukup jauh membuat masyarakat terkadang nekat memperbaiki sendiri kendaraan yang rusak dengan keterampilan seadanya. Kondisi ini memberikan dampak terhadap semakin menurunnya performa sepeda motor. Kegiatan dilakukan dengan memberikan pelayanan langsung ke masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan layanan service gratis sepeda motor pada masyarakat di Desa Pesucen, disisi lain juga sebagai upaya dalam melatih mahasiswa untuk mengenal wirausaha di bidang otomotif terutama jasa service kendaraan bermotor. Hasil kegiatan menunjukkan tingginya antusias masyarakat untuk mengakses layanan service gratis. Di sisi lain, mahasiswa memiliki kemampuan dalam melakukan service ringan dengan memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di kampus.
Iptek Bagi Masyarakat: Pengrajin Sangkar Burung di Desa Karanganyar Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek Finahari, Nurida; Soebiyakto, Gatot
JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat) Vol 1 No 1 (2017): JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
Publisher : Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Dosen Indonesia JATIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.747 KB) | DOI: 10.36339/je.v1i1.13

Abstract

Kecamatan Gandusari, kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, sejak lama terkenal sebagai pusat produksibarang-barang kerajinan berbahan dasar bambu. Dusun Nglaban, Desa Karanganyar, dikenal sebagai penghasil sangkar burung dan ayam. Harga sangkar burung dengan kualitas biasa adalah Rp 10.000, yang halus Rp 15.000. Untuk sangkar ayam mulai dari Rp 15.000 ? Rp 25.000, tergantung dari kualitasnya. Saat ini harga bahan baku maupun produk hasil sudah berkembang sekitar 300% dan muncul pengrajin-pengrajin sangkar burung khusus untuk burung berkicau. Sangkar jenis ini biasanya memiliki nilai seni sehingga tingkat kerumitan pembuatannya lebih tinggi. Harganya bisa mencapai 5 kali harga sangkar burung biasa. Peluang inilah yang dibidik mitra IbM. Sebagaimana umumnya usaha mikro, kecil dan menengah, mitra IbM tidak memiliki sistem manajemen usaha sama sekali. Mereka mendasarkan usahanya pada pola kebutuhan keluarga dan menggabungkan keuangan usaha dengan keuangan usaha tanpa sistem pencatatan. Target kegiatan yang diajukan untuk membantu permasalahan mitra adalah konsultasi usaha untuk mengembangkan sistem menejemen dasar, bantuan peralatan tepat guna, dan pengembangan sistem pemasaran. Dengan kegiatan ini diharapkan kedua mitra bisa merintis terbentuknya kelompok pengrajin ruji dupa dan sangkar burung yang khas. Dalam masa 3 bulan pelaksanaan kegiatan, produk teknologi tepat guna sudah bisa berfungsi sempurna. Kapasitas produksi meningkat pesat dari semula rata-rata 1000 batang diselesaikan dalam sehari (8 jam kerja)menjadi hanya satu jam saja. Peningkatan kapasitas produksi ini masih terserap pangsa pasar sepenuhnya. Hal ini menunjukkan adanya ketersediaan pangsa pasar yang cukup tinggi untuk diraih. Kendala utama yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan adalah pada 1) aspek peralatan tepat guna yang memerlukan modifikasi desain, penyesuaian pola kerja dan ukuran bahan baku terhadap kondisi kerja mesin; pelatihan dan pembiasaan operator terhadap sistem kerja mesin; serta pelatihan metode perawatan mesin, 2) keengganan mitra untuk memulai sistem manajemen sederhana, 3) keengganan mitra untuk mengembangkan metode pemasaran. Kendala pertama telah bisa diatasi dengan baik, sementara kendala kedua dan ketiga sedang diupayakan penanganannya.
Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Pasar Grosir Setono Pekalongan Widodo, Sarono; Yulianto, Taufiq; Triyono, Eddy; Wardihani, Eni D.; Anif, Muhammad; Kadiran, Sri Anggraeni; Pramono, Subuh; Wasito, Endro
JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat) Vol 1 No 1 (2017): JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
Publisher : Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Dosen Indonesia JATIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767.084 KB) | DOI: 10.36339/je.v1i1.14

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh tim pengabdian adalah untuk memberikan bantuan teknis kepada Koperasi Pengusaha Batik Setono dalam pengelolaan memperluas pemasaran Pasar Grosir Setono yang berlokasi di Jl. Dr.Sutomo, kota Pekalongan. Selama ini pemasaran dari batik Setono masih bersifat tradisional melalui jasa penjualan di lokasi grosir. Dalam upaya meningkatkan penjualan diperlukan pemasaran yang lebih luas memalui sebuah media pemasaran yaitu website. Website yang dikelola berupa website e-commerce untuk memperkenalkan dan menjual hasil produk batik. Transaksi produk, pelayanan nasabah, fitur lain dapat dilakukan melalui website tersebut. Dengan pemanfaatan e-commerce diharapkan dapat meningkatkan hasil penjualan sekaligus memperluas pasar batik Setono ke dunia internasional.

Page 1 of 1 | Total Record : 7