cover
Contact Name
Antonius Rizki Krisnadi
Contact Email
akrisnadi@bundamulia.ac.id
Phone
+62 811-8880-593
Journal Mail Official
akrisnadi@bundamulia.ac.id
Editorial Address
Jl. Lodan Raya No. 02, Ancol. Jakarta Utara 14430
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Hospitality dan Pariwisata
ISSN : 24425222     EISSN : 26558165     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal Hospitality dan Pariwisata diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Februari dan November. Jurnal ini ditujukan sebagai media bagi akademisi dan praktisi untuk menyumbangkan karya ilmiah dan pengalaman praktisnya yang dapat berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang industri hospitality dan pariwisata.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Hospitality dan Pariwisata" : 6 Documents clear
IMPLEMENTASI PROGRAM “LESS WASTE EVENT” PADA PELAKSANAAN INDONESIA OUTDOOR FESTIVAL 2020 OLEH CONSINA OUTDOOR SERVICES EVENT DI JAKARTA CONVENTION CENTER Pradenja Ayuningtiyas; Anisatul Auliya
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/jhp.v6i2.2412

Abstract

A Program “Less Waste Event” mulai menjadi perhatian penyelenggara dan diaplikasikan pada kegiatan MICE. Tujuan dari penerapan program ini adalah mengantisipasi adanya produksi sampah yang berlebih serta bertanggung jawab atas keberlangsungan lingkungan. Acara Indonesia Outdoor Festival 2020 yang digelar oleh Consina Outdoor Services Event di Balai Sidang Jakarta Convention Center juga menjadikan Program “Less Waste Event” perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Program “Less Waste Event” dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan implementasi Program “Less Waste Event” pada acara tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian descriptive research dengan pendekatan case study dengan objek penelitian implementasi Program “Less Waste Event” pada pelaksanaan Indonesia Outdoor Festival 2020 oleh Consina Outdoor Services Event di Balai Sidang Jakarta Convention Center yang diselenggarakan pada 12 - 15 Maret 2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Implementasi Program “Less Waste Event” pada acara tersebut telah berjalan dengan baik karena seluruh metode pelaksanaan yaitu sebelum, saat, dan sesudah pelaksanaan acara telah dilaksanakan sesuai dengan pedoman. Berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditentukan implementasi program dinilai sukses.Kata Kunci: Industri MICE, Program “Less Waste Event”, Pengelola Acara.
ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL X Hari Iskandar
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/jhp.v6i2.2417

Abstract

Hotel X memiliki citra merek yang baik dimana dengan meningkatnya tingkat hunian kamar yang baik disetiap periode. Peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari indikator brand image Hotel X terhadap keputusan tamu untuk menginap.. Metode kuantitatif digunakan sebagai metode penelitian, dan analisis data yakni regresi linear sederhana. Dimana uji penelitian ini menggunakan SPSS. Sampel yang diambil sebanyak 135 responden menggunakan metode non probabilty sampling, dengan teknik purposive sampling.Hasil penelitian berdasarkan uji t dari variabel brand image diantaranya dimensi brand identity, brand association, dan brand benefit and competence hipotesis diterima, yang berarti ketiga dimensi tersebut memilik pengaruh terhadap variabel Y, sedangkan kedua dimensi lainnya yaitu brand personality dan brand attitude and behaviour dimana hipotesis ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil uji F,  variabel X diuji secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil uji R2, diperoleh nilai sebesar 64,6%, dimana sebesar 64,6% brand image berpengaruh terhadap keputusan menginap di Hotel Aston, dan sisanya yaitu 35,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar X.Kesimpulan yang bisa didapatkan bahwa terdapat pengaruh positif dari brand image terhadap keputusan menginap sebesar 64,6% sedangkan 35,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Saran yang bisa diberikan adalah meningkatkan karakteristik dari service-nya, dan juga menjaga kamar agar sesuai dengan gambar yang ditampilkan, dari sisi brand attitude and behaviour dapat lebih memperhatikan fasilitas yang disediakan dalam kondisi normal, baik dalam bentuk makanan dan service diberikan secara profesional.Kata Kunci: Merk, Citra, Hotel, Keputusan Menginap.
PEMANFAATAN BUBUK DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA) SEBAGAI SUBSTITUSI DARI TEPUNG TERIGU PADA PEMBUATAN LIDAH KUCING Ira B. Hubner; Amelia Lindy; Nurintan Nurintan; Juliana Juliana
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/jhp.v6i2.2413

Abstract

Lidah kucing sebagai salah satu jenis camilan banyak diminati oleh masyarakat luas, karena memiliki rasa yang renyah dan manis. Lidah kucing menjadi kue kering yang sering disediakan pada hari raya seperti natal, hari raya imlek dan idul fitri. Peminatan dari lidah kucing tinggi dikarenakan pembuatan lidah kucing yang mudah dan menggunakan bahan dasar yang mudah ditemukan, sehingga pembuatan lidah kucing dapat diolah dengan mudah oleh masyarakat. Daun kelor atau moringa oleifera memiliki banyak manfaat karena nutrisi yang dikandung memilliki nilai gizi yang tinggi, akan tetapi tidak banyak orang mengetahui keberadaan dan khasiat dari daun kelor. Masyarakat di Indonesia biasanya mengkonsumsi daun kelor dengan cara menumis menjadi lauk pendamping nasi. Penggunaan daun kelor dalam pembuatan lidah kucing akan mempengaruhi rasa, aroma, warna, tekstur dan penampilan. Dalam pembuatan lidah kucing daun kelor ini akan divariasikan dengan beberapa rasa seperti lemon, cokelat, kopi, kelapa dan kayu manis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bubuk daun kelor dapat mensubstitusi penggunaan tepung terigu dalam pembuatan lidah kucing. Metoda yang digunakan adalah Uji Organoleptik dengan menguji mutu hedonic dan hedonik, dimana panelis menilai kualitas dan kesukaan terhadap rasa, aroma, tekstur, kerenyahan dan penampilan produk dengan menggunakan indra. Hasil dari penelitian ini membuktikan bubuk daun kelor dapat mengganti tepung terigu dalam pembuatan lidah kucing, dan diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat variasi camilan dengan rasa baru yang bermanfaat dan memiliki khasiat yang tinggi.Kata Kunci: Bubuk Daun Kelor, Lidah Kucing, Substitusi, Tepung Terigu.
PUDING TALAS, CEMILAN DARI KOTA BOGOR Julia Ratnawulan Skawanti; Yuviani Kusumawardhani
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/jhp.v6i2.2414

Abstract

Makanan tradisional dapat dijadikan sebagai suatu wisata kuliner yang dapat mengangkat citra dan pendapatan masyarakat dari daerah tersebut. Bogor adalah salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan pengahasil tanaman talas. Talas bisa dijadikan sebagai pengganti nasi terutama pada saat kritis ketersediaan beras di Indonesia karena talas banyak mengandung karbohidrat. Talas dapat diolah menjadi berbagai makanan tradisional seperti talas kukus,lapis talas, keripik talas, puding talas, bolu gulung talas dan sebagainya. Puding talas salah satu makanan yang banyak dicari konsumen karena teksturnya lembut dan rasanya yang banyak disuka. Pada hari Sabtu dan Minggu bahkan pada saat long weekend, kota Bogor kebanjiran pengunjung dari luar daerah untuk berwisata kuliner.Kata Kunci: Bogor, Talas, Puding, Makanan Tradisional.
PENGARUH KOMUNIKASI DAN KONTEN VISUAL DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA FOTOGRAFI DI SWEETESCAPE JAKARTA Maria Elisabeth Olivia Putri Anggoro; Lexi Pranata
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/jhp.v6i2.2415

Abstract

SweetEscape merupakan perusahaan jasa fotografi liburan yang berasal dari Jakarta Indonesia. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi dengan konten visual dalam media sosial instagram terhadap keputusan pembelian jasa fotografi SweetEscape. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner online kepada pengikut dari akun instagram SweetEscape Jakarta dengan penilaian menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut dari akun instagram @sweet.escape, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang diambil menggunakan metode Purposive Sampling - Probability Sampling. Menurut hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa komunikasi dan konten visual ditemukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian customer di SweetEscape.Kata Kunci: Komunikasi, Konten Visual, Keputusan Pembelian.
PERAN DAN KOLABORASI STAKEHOLDER PARIWISATA DALAM MENDUKUNG PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATA DI KAWASAN DANAU TOBA Nova Irene Bernedeta Sitorus
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/jhp.v6i2.2416

Abstract

Kunjungan wisata di Kawasan Danau Toba belum menunjukkan tingkat kunjungan yang mengalami peningkatan setiap tahun. Sebagai sebuah destinasi prioritas dan telah mengalami banyak perbaikan dan peningkatan infrastruktur, Kawasan Danau Toba harusnya dapat memberikan jumlah kunjungan yang meningkat. Namun dalam peningkatan jumlah kunjungan di Kawasan Danau Toba tentunya tidak terlepas dari para stakeholder didalamnya. Seluruh kabupaten beserta para stakeholder pariwisata di Kawasan Danau Toba memiliki peran masing-masing serta harus saling berkolaborasi dalam mengembangkan dan mengelola Pariwisata di Kawasan Danau Toba. Peran dari stakeholder sebagai pemegang posisi kunci di segala tingkatan sangat menentukan berhasil atau tidaknya proses perencanaan pembangunan kepariwisataan yang dilakukan. Stakeholder yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah pemerintah, masyarakat dan pihak swasta.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana profil pariwisata di Kawasan Danau Toba, mengidentifikasi dan menganalisis peran stakeholder pariwisata dalam mendukung peningkatan kunjungan di Kawasan Danau Toba dan menganalisis kolaborasi stakeholder pariwisata dalam mendukung peningkatan kunjungan di Kawasan Danau Toba. Penelitian tentang peran dan kolaborasi Stakeholder pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisata di Kawasan Danau Toba  ini menggunakan metode kualitatif. Informan kunci dari penelitian ini adalah Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Kepala Bidang Pemasaran Kabupaten Toba Samosir, pegawai bidang pemasaran Kabupaten Tapanuli Utara dan Kepala Bidang Destinasi Wilayah 1.  Hasil dari penelitian ini adalah para stakeholder belum menjalankan perannya dengan maksimal dalam mendukung peningkatan kunjungan wisata ke Kawasan Danau Toba. Namun Kabupaten Samosir sudah menjadi kabupaten yang paling maju dan berkomitmen dalam mengembangkan pariwisata di Kawasan Danau Toba. Kabupaten ini juga memiliki jumlah kunjungan wisman yang paling tinggi diantara kabupaten lainnya serta sudah dapat sejalan dengan Kementerian Pariwisata dalam mengembangkan pariwisata Kawasan Danau Toba.Kata Kunci: Peran, Kolaborasi, Stakeholder Pariwisata.

Page 1 of 1 | Total Record : 6