cover
Contact Name
Arni
Contact Email
jkoikomunismuh@gmail.com
Phone
+62811449192
Journal Mail Official
jkoikomunismuh@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)
ISSN : 26563010     EISSN : 26563487     DOI : https://doi.org/10.26644/jko.v1i1.1769
Core Subject : Humanities,
Komunikasi organisasi, studi media, teknologi komunikasi, komunikasi interpersonal, iklan, komunikasi antarbudaya, strategi komunikasi, public relations, kajian organisasi publik dan bisnis.
Articles 35 Documents
Model Komunikasi Pemerintah Daerah Dalam Promosi Objek Wisata Pulau Sanrobengi Di Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar Ahmad Syarif; Andi Luhur Prianto; Muhammad Adzan Umrah
Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO Vol 1, No 1 (2019): Februari
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v1i1.1769

Abstract

Dengan potensi pariwisata yang sangat menjanjikan, sudah sepantasnya Pulau Sanrobengi sebagai salah satu destinasi wisata sehingga dapat menjadi pilihan favorit bagi wisatawan domestic dan luar negeri dan tidak mustahil Pulau Sanrobengi dapat lebih dikenal oleh wisatawan domestic maupun mancanegara. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan tipe penelitian fenomenologis dengan informan 11 orang, sumber data dalam penelitian ini adalah data primer, dan data sekunder, teknik pengumpulan dalam penelitian ini  adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan FGD (Focus Group Discussion) yang dilakukan secara langsung oleh peneliti, teknik analisis  data dalam penelitian ini adalah reduksi data, sajian data, dan verifikasi dan pengabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi metode dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Komunikasi Pemerintah dalam Promosi Objek Wisata Pulau Sanrobengi di Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar ada empat yaitu (1) memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait obyek wisata tersebut, pemerintah kabupaten takalar atau lebih spesifik dinas pariwisata merekrut yang namanya dara daeng, dara daeng ini sebagai ikon atau garda terdepan dalam hal memberikan pemahaman kepada masyarakat atau wisatawan (2) disini untuk mempengaruhi kesenangan pengunjung pemerintah menghadirkan fasilitas yang cukup lengkap, ini dapat dibuktikan dengan tersedianya Sembilan villa, satu baruga, dengan fasilitas perabotan yang sudah ada didalamnya, ditambah dengan fasilitas outbound bagi wisatawan yang ingin main-main. (3) pengaruh pada sikap, membedakan diantaranya ada fasilitas tersebut, dan harga untuk menikmati fasilitas itu tadi tergolong terjangkau dikantong parawisatawan yang ingin menikmati pulau sanrobengi kecamatan galesong (4) hubungan kerja sama antara pemerintah daerah dan pihak swasta dalam hal pengelolaan belum, adapun hubungan kerjasama yang terjalin dengan media-media elektornik seperti Celebes tv. AbstrackGovernment Communication Model in the Promotion of Sanrobengi Island Tourism Object in South Galesong District Takalar  District. With the potential of tourism is very promising, it is deserved Sanrobengi Island as one of the tourist destinations so it can be a favorite choice for domestic and foreign tourists and not impossible Sanrobengi Island can be better known by domestic and foreign tourists. The research type is qualitative with phenomenological research type with informant 11 people, data source in this research is primary data, and secondary data, collecting technique in this research is observation, interview, documentation, and FGD (Focus Group Discussion) done directly by researchers, data analysis techniques in this study is data reduction, data presentation, and verification and validation of data in this study is triangulation method and triangulation time. The result of the research shows that Government Communication Model in Promotion of Object of Sanrobengi Island in South Galesong Sub-district of Takalar Regency there are fouryaitu (1) to give an understanding to the society related to the tourism object, takalar district government or more specifically the recruiting tourism service whose name is daeng daeng, as an icon or vanguard in terms of providing an understanding to the public or tourists (2) here to influence the enjoyment of the government's visitors to present a fairly complete facility, this can be proven by the availability of nine villas, one baruga, with existing furniture facilities therein, outbound for tourists who want to play games. (3) influence on attitude, distinguish among others there is facility, and the price to enjoy the facility was quite affordable dikantong the tourists who want to enjoy the island sanrobengi galesong district (4) cooperative relationship between local government and private parties in terms of management yet, cooperation that is intertwined with elektornik media such as Celebes tv.
Peran Humas Dalam Menyebarluaskan Pembangunan Pariwisata Di Kabupaten Bantaeng Muh Tahir; Junaedi Junaedi; Jabal Rahmat
Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO Vol 1, No 1 (2019): Februari
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v1i1.1774

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan mengetahui peran humas dalam menyebarluaskan informasi pembangunan di Sektor Pariwisata Kabupaten Bantaeng dan upaya humas  dalam meningkatkan jumlah wisatawan di Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif mengurai keadaan mengenai peran humas dalam menyebarluaskan informasi embangunan sektor Pariwisata. Hasil penelitian menemukan bahwa peran humas dalam menyebarluaskan informasi pembangunan di Sektor Pariwisata Kabupaten Bantaeng bahwa;Bahwa  1. Peran Humas sangat optimal dalam menyebarluaskan Pembangunan di Sektor Pariwisata Kabupaten Bantaeng, telah Membangun Citra Humas sudah di laksanakan untuk menjalin hubungan yang baik dalam Membangun Citra Positif dengan publik, sehingga  publik tahu apa yang sebenar-benarnya telah di sampaikan., a). Mengadakan Sosialisasi antara pegawai Dinas Pariwisata dan Masyarakat dan beberapa tokoh yang lain terkait proses Pembangunan parawisata.. b) Keterbukaan Pemerintah Daerah dengan memberi informasi kepada publik melalui akun  Media Sosial seperti facebook, twitter, Media cetak dan Media elektronik. c). Menjalin hubungan yang baik kepada publik agar apa yang di inginkan dapat tercapai sesuai yang di rencanakan. 2. Bahwa upaya Humas dalam meningkatkan jumlah Wisatawan di Kabupaten Bantaeng. a). Upaya-upaya yang di lakukan untuk mempengaruhi kebijakan pemerintah agar selaras  dengan tujuan-tujuan Masyarakat yang ingin di perjuangkan. b). Mengoptimalkan Media Sosial, telah di lakukan agar publik/masyarakat mengetahui bahwa Dinas Pariwisata Kabupaten Bantaeng dalam menyebar informasi memiliki Media Sosial berupa facebook, twitter, Media cetak dan Media elektronik. c). Sarana dan Prasarana juga sudah optimal di lakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantaeng seperti jalan menuju ke lokasi, hotel, baruga, kolam renang, taman bermain,  walaupun masih perlu perbaikan.c). Menyediakan Sarana dan Prasarana pada obyek wisata walaupun belum memadai di karenakan keterbatasan fasilitas yang di miliki.AbstrackThis study aims to determine the role of public relations in disseminating information on development in the Bantaeng District Tourism Sector and public relations efforts in increasing the number of tourists in Bantaeng Regency. The type of research used is qualitative research describing the situation regarding the role of public relations in disseminating information on the development of the tourism sector. The results of the study found that the role of public relations in disseminating development information in the Bantaeng District Tourism Sector that: 1. The Role of Public Relations is very optimal in disseminating Development in the Bantaeng District Tourism Sector, Building Image Public Relations has been carried out to establish good relationships in Building Positive Imagery with public, so that the public knows what really has been said. a). Hold socialization between Tourism and Community Service staff and several other figures related to tourism development processes ... b) Regional Government Openness by providing information to the public through Social Media accounts such as Facebook, Twitter, print media and electronic media. c). Establishing good relationships with the public so that what is desired can be achieved as planned. 2. That public relations efforts in increasing the number of tourists in Bantaeng Regency. a). The efforts made to influence government policies to be aligned with the objectives of the Society that they want to fight for. b). Optimizing Social Media, has been done so that the public / community knows that Bantaeng District Tourism Office in disseminating information has Social Media in the form of Facebook, Twitter, Print Media and Electronic Media. c). Facilities and infrastructure have also been optimally carried out by Bantaeng Regency Tourism Office such as the road to the location, hotel, baruga, swimming pool, playground, although it still needs repairs. C). Providing Facilities and Infrastructure on tourism objects, although not yet adequate due to the limitations of the facilities owned.
Implementasi CSR (Corporate Sosial Responsibility) PT. Lonsum Dalam Mencegah Kerusakan Lingkungan Di Desa Tammatto Kabupaten Bulukumba Arni Arni; Fitri Sari Handayani Razak; Ahmad Efendi
Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO Vol 1, No 1 (2019): Februari
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v1i1.1770

Abstract

AbstrakPT. Lonsum merupakan perusahaan yang berbasis perkebunan. PT. Lonsum saat ini memiliki 20 pabrik pengelolaan yang sudah beroperasi di seluruh Indonesia, salah satunya beroperasi di Desa Tammatto kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Sejak beroperasi PT. Lonsum telah banyak memberi keuntungan terhadap masyarakat Desa Tammatto tetapi juga memberikan kerugian seperti pencemaran lingkungan karena pembuangan limbah industry yang tidak sesuai aturan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Selain itu keluhan beberapa masyarakat yang menganggap bahwa PT. Lonsum tidak lagi bertangggungjawab terhadap kesejahteraan masyarakat yang hidup di sekitar perusahaan. Untuk menjawab permasalahan tersebut peran CSR sangat dibutuhkan untuk menjembatangi kebutuhan perusahaan dan kebutuhan masyarakat serta pemerintah di Desa Tammatto secara khusus dan kebutuhan pemerintah Kabupaten Bukukumba secara umum. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan tipe fenomenologi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Upaya yang dilakukan oleh perusahaan PT. Lonsum dalam pelestarian lingkungan pada kegiatan CSR ( Corporate Sosial Responsibility ) di Desa Tammatto Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba sangat efektif, pihak perusahaan melakukan kegiatan CSR ( Corporate Sosial Responsibility ) telah sesuai dengan peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah daerah di Kabupaten Bulukumba pada nomor 2 Tahun 2016 tentang pedoman pelaksanaan program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. Dengan adanya kegiatan CSR yg dilakukan PT. Lonsum maka masyarakat di desa Tammato merasa diberdayakan. AbstractPT. Lonsum is a plantation-based company which currently has 20 factories operating in Indonesia. One of which is operating in Tammatto Village, Ujung Loe, Regency of Bulukumba. Not only has PT Lonsum given benefits to the community but also disadvantages such as enviromentalnpollution caused by industrial waste disposal which is not according to the Rules of Environmental Protection and Management. PT. Lonsum was considered irresponsible and ignorant to the well-being of people living around the company's vicinity. Therefore, the role of CSR is largely needed to respond to these problems and to bridge the needa between the company and the community, specifically the needs of the district government of Bulukumba. Qualitative descriptive research with phenomology is used in carrying out this research. The result of the research shows that CSR activity in enviromental conservation which is carried out by PT Lonsum in Tamatto Village, Kec. Ujung Loe, Regency of Bulukumba is highly effective. The company has undertaken the activity in accordance with Regulations of government of Bulukumba no 2, year 2016 about the guidelines of social and enviromental responsibility of the company. The CSR program of PT lonsum has empowered the local people of Tammato village.
Kemitraan Pemerintah Daerah Dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah Dalam Pemasaran Objek Wisata Permandian Alam Ompo Kabupaten Soppeng Hardianto Hawing; Mutmainnah Mutmainnah; Ratna R Nengsi
Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO Vol 1, No 1 (2019): Februari
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v1i1.1771

Abstract

AbstrakArtikel ini mambahas bentuk Kemitraan Pemerintah Daerah dan Badan Promosi Pariwisata Daerah dalam Pemasaran Objek Wisata Permandian Alam Ompo Kabupaten Soppeng dan untuk mengetahui faktor-faktor apa mempengaruhi Kemitraan Pemerintah Daerah dan Badan Promosi Pariwisata Daerah Pemasaran Objek Wisata Permandian Alam Ompo Kabupaten Soppeng. Pariwisata membutuhkan kemitraan berbagai pihak tidak semata-mata berjalan sendiri tanpa dukungan dari berbagai pihak. Jenis penelitian mengunakan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui gambaran umum sebagai data dikumpulkan dilapangan secara objektif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi jumlah sebanyak 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemitraan Pemerintah Daerah dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah berdasarkan Kemitraan (kerjasama) berkaitan dengan pariwisata adalah kerjasama antara satu oranganisasi bertujuan memfasilitasi pemasaran destinasi objek wisata Kabupaten Soppeng (Permandian Alam Ompo) untuk mempermosikan potensi-potensi wisata di Kabupaten Soppeng mereka harus mengetahui sejumlah destinasi-destinasi wisata memilliki aspek menjanjikan salah satunya  adalah promosi sosial media. AbstractThe article discusses about partnership local goverment and promotion agency oflocal tourism in tourist attraction Permandian Alam Ompo Kababupaten. Soppeng and to know factors influence the partnership local goverment and promotion agency of local tourism in tourist attraction Permandian Alam Ompo Kababupaten Soppeng. Tourism needs any kinds of partnership institute and can't go through by itself without support from many people. This research used qualitative research with The type of this research have purpose to know the general description as a data collected objectively. The data collection technique used observation method, interview, and documentation through 7 people. The result of this research showed that partnership local goverment with promotion agency of local tourism. In this case based on cooperation and relation with tourism between an organization with purpose to facilitate the destination of promotion agency in Kabupaten. Soppeng. They have to knowyof tourism destination which had a good aspect. One of them will promote by social media.
Implementasi Kebijakan Corporate Sosial Responsibility PT. Sukses Mantap Sejahtera Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Doropeti Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu Indah Elza Putri; Nuryanti Mustari; Rofidah Rofidah
Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO Vol 1, No 1 (2019): Februari
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v1i1.1772

Abstract

AbstrakKorporasi atau perusahaan berkontribusi secara wajar di dalam pembangunan daerah sebagai implementasi tanggung-jawab sosialnya melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL/CSR) yang selain mengejar keuntungan juga harus memperhatikan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan wilayah kerja perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kebijakan Corporate Sosial Responsibility PT. Sukses Mantap Sejahtera Terhadap Pemberdayaan Masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, tipe penelitian ini fenomologi sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sementara informan dalam penelitian ini adalah Pemerintah, Perusahaan Dan Masyarakat. Teknik analisa data yang digunakan adalah data kualitatif, dan pengabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan masa penelitian, pencematan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa perusahaan memang benar telah menjalankan kewajiban mereka terkait tanggung jawab sosial perusahaan untuk mencapai suatu kesejahteraan masyarakat namun hal tersebut belum maksimal dikarenakan perusahaan yang masih dalam keadaan berkembang. Terkait masalah limbah yang meresahkan masyarakat sampai saat ini sedang ditanggulangi agar tidak menganggu masyarakat yang ada di desa Doropeti. AbstractCorporations or companies contribute fairly in regional development as the implementation of their social responsibilities through the Community Development Partnership Program which in addition to pursuing profits must also pay attention to the welfare of the communities around the area of the company's work area. The purpose of this study was to find out how the Implementation of Corporate Social Responsibility Policies of PT. Sukses Mantap Sejahtera towards Community Empowerment. The method used is descriptive qualitative research method, this type of research is fenomology while the data collection techniques used by researchers are interviews, documentation, and observation. While the informants in this study were Government, Company and Society. The data analysis technique used is qualitative data, and the validation of the data used is the extension of the research period, the acquisition of observations and triangulation. The results of this study can be seen that companies have indeed carried out their obligations related to corporate social responsibility to achieve a community welfare but this has not been maximized because the company is still in a developing state. Related to the problem of waste, which is troubling the community, is currently being addressed so as not to disturb the people in Doropeti village.
Corporate Social Responsibility Energy Equity Epic (Sengkang) PTY.Ltd Dalam Meningkatkan Pembangunan Berkelanjutan Di Desa Poleonro Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo Indah Pratiwi Manggaga; Nur Khaerah; A Surianto B
Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO Vol 1, No 1 (2019): Februari
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v1i1.1773

Abstract

AbstrakCorporate Social Responsibility (CSR) merupakan kegiatan perusahaan dalam mengelola proses bisnis untuk menghasilkan dampak positif pada masyakat, ekonomi dan lingkungan. Keterlibatan perusahaan dalam melakukan kegiatan CSR merupakan tuntutan dalam tanggung jawab social khususnya dalam meningkatkan pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Corporate Social Responsibility Energy Equity Epic (Sengkang) Pty.Ltd dalam meningkatkan pembangunan berkelanjutan dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan Corporate Social Responsibility Energy Equity Epic (Sengkang)Pty.Ltd Penelitian ini telah dilaksanakan kurang lebih dua bulan dan berlokasi di Desa Poleonro kecamatan Gilireng kabupaten Wajo dan di kantor CPP Energy Equity Epic (Sengkang) Pty.Ltd . Metodologi dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan informan 10 orang yang dipilih secara purposive sampling antara pemerintah, perusahaan, tokoh masyarakat dan masyarakat. Dari hasil penelitian secara umum bahwa Energy Equity Epic (Sengkang) Pty.Ltd yang berdiri di desa Poleonro sudah melaksanakan bentuk program Corporate Social Responsibility pada Bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, fasilitas umum dan lingkungan. Dan faktor yang mendukung pelaksanaan Corporate Social Responsibility Energy Equity Epic (Sengkang) Pty.Ltd dalam meningkatkan pembangunan berkelanjutan di Desa Poleonro kecamatan Gilireng kabupaten Wajo yaitu adanya regulasi, sumber daya dan tuntutan Masyarakat, sedangkan faktor yang menghambat ialah Anggaran dan Kurangnya Keterlibatan pemerintah, anggaran yang terlambat masuk dan keterlibatan pemerintah yang tidak secara penuh dalam pelaksanaan program CSR. AbstractCorporate Social Responsibility is a management concept whereby companies integrate social and environmental concerns in their business operations and interactions with their stakeholders. The involvement of companies in carrying out CSR activities is a demand in social responsibility for increasing sustainable development. This study aims to determine the implementation of Corporate Social Responsibility Energy Equity Epic (Sengkang) Pty. Ltd. in enhancing sustainable development and to know what factors that influence the implementation of Corporate Social Responsibility in Energy Equity Epic (Sengkang) Pty.Ltd which is located in Poleonro Village, Gilireng sub-district, Wajo district and in CPP office, Energy Equity Epic (Sengkang) Pty.Ltd. The methodology is descriptive qualitative with 10 informants selected by purposive sampling: government, companies, community leaders and the community. Energy Equity Epic (Sengkang) Pty. Ltd. which is established in the village of Poleonro has implemented of Corporate Social Responsibility program in economy, education, health, public facilities and the environment. And the factors that support are regulation, resources and community demands, while inhibiting factors are budget and lack of government involvement.
Beauty influencer di Instagram terhadap Gaya Hidup Mahasiswi Universitas Islam Makassar Haerunnisa Haerunnisa; Zohrah N; Raidah Intizar Yusuf
Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO Vol 1, No 2 (2019): Vol 1, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v1i2.5242

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Beauty influencer Di Instagram Terhadap Gaya Hidup Mahasiswi Universitas Islam Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif dengan responden yang diambil dari mahasiswi  angkatan 2017 dan 2018 dari 9 fakultas dengan responden yang didapatkan dalam penelitian sebanyak 314 melebihi dari jumlah sampel yang dibutuhkan peneliti sebanyak 307 responden dari 1.329 populasi. Data didapatkan melalui kuisioner yang di bagikan peneliti dengan pengolahan data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS ver 25. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa Beauty influencer mempengaruhi gaya hidup mahasiswi Universitas Islam Makassar sebesar 0,463 atau 46,3% yang dilihat dari nilai Adjusted R Square sedangkan sisanya 53,7% dipengaruhi oleh faktor lain. This study aims to determine the effect of beauty influencers on Instagram on the lifestyle of students at the Islamic University of Makassar. The type of research used is quantitative research with respondents drawn from students of class 2017 and 2018 from 9 faculties with 314 respondents in the study that exceeded the number of samples needed by researchers as many as 307 respondents from 1,329 populations. Data obtained through questionnaires distributed by researchers with data processing using simple linear regression analysis with the help of the SPSS ver 25 program. The results showed that Beauty influencers influenced the lifestyle of students at the Islamic University of Makassar by 0.463 or 46.3% as seen from the Adjusted R Square value, while the remaining 53.7% was influenced by other factors.Keywords: beauty influencer; instagram; lifestyle
Pewacanaan Pemindahan Ibukota Negara Pada Program Indonesia Lawyers Club (ILC) TVOne Nurul Faidah; Alamsyah Alamsyah; A Fauziah Astrid
Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO Vol 1, No 2 (2019): Vol 1, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v1i2.5247

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui struktur wacana dan pewacanaan pada program Indonesia Lawyers Club TVOne Episode “Perlukah Ibukota Dipindahkan?”. Hasilnya,  pewacanaan tidak hanya tampak pada penggunaan kalimat, kata ganti, leksikon, atau metafora. Namun, tampak pada beberapa narasumber yang terlihat lebih mengarah pada kontra rencana presiden ini, terlihat dari beberapa dialog narasumber yang menjelaskan secara rinci bahwa Negara kita sedang dalam masa yang tidak baik-baik saja untuk melakukan rencana sebesar ini. This study aims to determine the structure of discourse and discourse on the Indonesia Lawyers Club TVOne Episode program “Should the Capital be Moved?”. As a result, discourse does not only appear in the use of sentences, pronouns, lexicons, or metaphors. However, it appears that some sources seem to be more towards the counter-plan of the president, it can be seen from a number of resource dialogues explaining in detail that our country is in a bad state to carry out a plan of this magnitude. 
Pola Komunikasi Interpersonal Antar Pembina dan Santri dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlak di Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Ponre Waru Meisil B. Wulur; Hoirunisa Hoirunisa
Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO Vol 1, No 2 (2019): Vol 1, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v1i2.5243

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui bagaimana pola komunikasi interpersonal terhadap peningkatan nilai-nilai akhlak di Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Ponre Waru dan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat komunikasi interpersonal antar pembina dan santri dalam meningkatkan nilai-nilai akhlak. Data diperoleh observasi langsung ke lapangan, wawancara yang melibabkan para santri dan pembina yang sebagai informan, dan studi dekumentasi dari buku-buku dan bahan lainnya yang berkaitan dengan pokok pembahasan. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa dalam prosesnya, penerapan pola komunikasi interpersonal terjadi melalui tiga macam bentuk, bentuk interaksi, bentuk sharing, bentuk konseling, bentuk wawancara. Penerapan Pola komunikasi interpersonal akan menjadi efektif jika dilakukan antara pembina dan santri. Pola yang digunakan digunakan yaitu dengan cara tatap muka, berlangsung secara continue dan pesan yang disampaikan bersifat terencana. Hambatannya meliputi interaksi antar pembina dan santri, motivasi dan nasehat serta adab dan etika santri. Pendukungnya meliputi keterbukaan santri dengan pembina, kebijaksanaanpembina dalam melakukan pembinaan yang baik kepada santri.This study aims to see how interpersonal communication patterns increase moral values in the Darul Arqom Muhammadiyah Ponre Waru Islamic Boarding School and what are the supporting and inhibiting factors for interpersonal communication between teachers and students in increasing moral values. Direct observation data into the field, interviews involving students and supervisors as informants, and study of documentation from books and other materials related to the subject matter. The results of this study indicate that in the process, the application of interpersonal communication patterns occurs through three kinds of forms; interactions, sharing, counseling, and interviews. The interpersonal communication patterns will be effective if it is carried out between the instructors and the students. The obstacles include the interaction between them, motivation and advice as well as santri manners and ethics. The supporters include the openness of the students to the instructors, the sermons of the instructors in providing good guidance to the students
Analisis Kinerja Fotografer Jurnalistik Di Kota Makassar Muhammad Idham Ama
Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO Vol 1, No 2 (2019): Vol 1, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Unismuh Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26644/jko.v1i2.5244

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kinerja fotografer jurnalistik di Kota Makassar adalah : (1) Untuk menganalisis pengaruh antara kemampuan kerja terhadap kinerja fotografer jurnalistik. (2) Untuk menganalisis pengaruh antara motivasi kerja terhadap kinerja fotografer jurnalistik. (3) Untuk menganalisis pengaruh antara fasilitas kerja terhadap kinerja fotografer jurnalistik, dan (4) Untuk menganalisis pengaruh antara kemampuan kerja, motivasi kerja dan fasilitas kerja terhadap kinerja fotografer jurnalistik, di Kota Makassar. Populasi sebanyak 40 fotografer yang berkerja di media cetak dan media online di Kota Makassar. Sampelnya tiga fotografer di Harian Tribun Timur dan lima fotografer di Harian Fajar. Beradasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh kemampuan kerja terhadap kinerja fotografer jurnalistik. Pengaruh antara kemampuan kerja terhadap kinerja fotografer jurnalistik adalah signifikan. (2) Tidak ada pengaruh antara motivasi kerja terhadap kinerja fotografer jurnalistik. (3) Terdapat pengaruh antara fasilitas kerja terhadap kinerja fotografer jurnalistik, dan (4) Kemampuan kerja, motivasi kerja, dan fasilitas kerja berpengaruh terhadap kinerja fotografer jurnalistik di Kota Makassar. The purpose of this study was to determine the performance of journalistic photographers in Makassar City: (1) To analyze the effect of work ability on journalistic photographer performance. (2) To analyze the effect of work motivation on journalistic photographer performance. (3) To analyze the effect of work facilities on the performance of journalistic photographers, and (4) To analyze the effect of work ability, work motivation and work facilities on the performance of journalistic photographers, in Makassar City. The population and sample of 40 photographers working in print and online media in Makassar City. Based on the results of data analysis, it can be concluded as follows: (1) There is an influence of work ability on the performance of journalistic photographers. The effect between work ability on journalistic photographer performance is significant. (2) There is no influence between work motivation on the performance of journalistic photographers. (3) There is an influence between work facilities on the performance of journalistic photographers, and (4) Work ability, work motivation, and work facilities affect the performance of journalistic photographers in Makassar City.

Page 1 of 4 | Total Record : 35