cover
Contact Name
J-Proteksion
Contact Email
j-proteksion@unmuhjember.ac.id
Phone
+6281217455000
Journal Mail Official
j-proteksion@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
Jl. Karimata No. 49 Jember - Jawa Timur - Indonesia
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin
ISSN : 25286382     EISSN : 25413562     DOI : http://dx.doi.org/10.32528/jp
Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Mesin (J-Proteksion) adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember, dan diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Jember secara berkala (p-ISSN:2528-6382) dan (e-ISSN: 2541-3562). Artikel yang termuat adalah artikel hasil penelitian asli dan komprehensif dari kontributor yang telah melalui tahap review dalam bidang teknik mesin yang mencakup manufaktur, konversi energi, manajemen energi, analisis kegagalan, kontrol, korosi, energi terbarukan, dan ilmu material. Pertama kali terbit pada tahun 2016.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2022): J-Proteksion" : 6 Documents clear
Pengaruh Penurunan Suhu Gas Buang dengan Inovasi Penambahan Heat Exchanger pada Knalpot Sepeda Motor 4 Langkah Dicky Adi Tyagita; Rega Nanda Ari
J-Proteksion Vol 6, No 2 (2022): J-Proteksion
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jp.v6i2.7089

Abstract

Salah satu faktor utama penyebab tingginya angka polusi udara di Indonesia saat ini adalah gas sisa hasil pembakaran kendaraan bermotor. Polusi udara yang ditimbulkan oleh gas sisa hasil pembakaran kendaraan bermotor ini harus segera diatasi mengingat di dalam emisi gas buang terdapat banyak senyawa kimia yang berbahaya bagi manusia. Kandungan emisi gas buang yang diuji meliputi karbon monoksida (CO), karbon dioksida (CO2), hidrokarbon (HC) dan oksigen (O2). Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang mana dilakukan pengamatan terhadap pengaruh perlakuan pendinginan pada gas buang kendaraan bermotor terhadap emisi gas buang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi penurunan kandungan emisi terbaik untuk gas CO dan CO2 pada rpm idle serta peningkatan kandungan gas O2 tertinggi, sedangkan pada gas HC penurunan emisi terbaik terjadi pada rpm 2000. Penurunan kadar emisi pada gas CO sebesar 34,5%, gas CO2 sebesar 19,8%, gas HC sebesar 47,6%. dan peningkatan tertinggi kadar gas O2 sebesar 35%.
Proyeksi Kebutuhan Energi Listrik Kabupaten Rembang Menggunakan Software LEAP Isra' Nuur Darmawan; Kholistianingsih Kholistianingsih; Susatyo Adhi Pramono; Asroful Abidin
J-Proteksion Vol 6, No 2 (2022): J-Proteksion
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jp.v6i2.6823

Abstract

Seiring dengan pertumbuhan populasi penduduk, konsumsi tenaga listrik juga semakin tinggi. Listrik termasuk tenaga primer untuk menunjang kesejahteraan sosial dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Rembang. Penyediaan tenaga listrik untuk daerah Rembang selama ini sebagian besar masih disediakan oleh PT PLN. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memodelkan konsumsi  energi listrik beberapa tahun ke depan di Kabupaten Rembang. Selanjutnya pengambilan data yang mencakup data daya listrik yang digunakan dan jumlah pelanggan PLN. Kemudian dilakukan pemodelan kebutuhan tenaga listrik di Kabupaten Rembang menggunakan metode BaU yang diaplikasikan dengan software LEAP. Hasilnya, kebutuhan tenaga listrik di Kabupaten Rembang semakin meningkat. Pada tahun 2019 total kebutuhan listrik yang dibutuhkan adalah 8.656,8 MWh meningkat menjadi 193.456.935,4 MWh pada tahun 2027. Apabila dibandingkan dengan periode sebelumnya, hasil ini sangat signifikan. Kebutuhan listrik masing-masing sektor memperlihatkan bahwa permintaan tenaga tertinggi terdapat pada sektor industri.
Pengaruh Variasi Campuran Bioetanol dan Pertamax terhadap Performa Motor Sport 4 Langkah 150 cc Injeksi Jawantino Samawa; Nely Ana Mufarida
J-Proteksion Vol 6, No 2 (2022): J-Proteksion
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jp.v6i2.6091

Abstract

Dewasa ini bioetanol mulai diminati, karena ramah lingkungan. Bioetanol memiliki kadar oksigen (%berat) 34,7, motor oktan 94, dan RON 111 dengan rumus molekul C2H5OH. Berat jenis bioetanol adalah 0,7939 g/mL dengan titik didih 78,3°C pada tekanan 766 mmHg. Bioetanol sangat baik digunakan untuk bahan bakar ataupun campuran bahan bakar untuk meningkatkan nilai oktan dan emisi gas buang yang ramah lingkungan. Bioetanol yang paling baik digunakan adalah dengan kandungan alkohol 99% dengan mencampurkan pertamax 92. Guna mengetahui hasil pencampuran bahan bakar tersebut, dilakukan penelitian mengenai torsi, daya, dan emisi gas buang. Berdasarkan hasil penelitian, daya yang diperoleh dengan persentase campuran 15% hasil peningkatan performa dan emisi gas buang pada sepeda motor dengan rata-rata peningkatan tertingginya sebesar 1,8 Hp. Peningkatan torsi yang signifikan pada campuran 10%, 15%, sebesar 0,89 Nm sebagai pembanding pertamax 92 dan emisi gas buang menunjukkan penurunan HC dan CO yang signifikan pada campuran 15%, sebagai pembanding pertamax.
Optimasi Desain Mesin Punch Menggunakan Metode Finite Element Analysis puguh elmiawan; Fajar Paundra; Gigih Tujo Pradibyo
J-Proteksion Vol 6, No 2 (2022): J-Proteksion
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jp.v6i2.6834

Abstract

Pemodelan 3D dan analisa statis dilakukan dengan perangkat lunak Solidworks 2019 menggunakan metode finite element analysis (FEA). Hasil dari analisa statis tersebut, didapatkan yaitu tegangan von mises dengan nilai minimal 0,031 kgf/cm2 dan nilai maksimal 78,630 kgf/cm2, Strain dengan nilai minimal strain yaitu 80,460 pada node 132 dan nilai maksimal strain sebesar 200.989,766 pada node 79, dan Factor of safety dengan nilai maksimal yaitu adalah 200.989,76 FOS dan nilai minimal yaitu 80,460 FOS. Optimasi desain dilakukan untuk mengurangi massa dan dimensi dari rangka mesin punch pelat nomor. Nilai safety factor yang diatur di awal adalah 2, pada proses simulasi didapatkan desain awal adalah 63 FOS dan pada desain akhir sebesar 31 FOS. Massa rangka pada awal desain sebesar 76565 gram dan pada akhir desain sebesar 54695 gram.
Pengaruh Kuat Arus Listrik Shielded Metal Arc Welding (SMAW) dengan Media Pendingin terhadap Kekuatan Tarik Baja ST-37 Alief Muhammad; Dani Hari Tunggal Prasetiyo; Djoko Wahyudi
J-Proteksion Vol 6, No 2 (2022): J-Proteksion
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jp.v6i2.6917

Abstract

Shielded Metal Arc Welding (SMAW) dominan digunakan pada pada sambungan struktural, bejana tekan, dan dalam pekerjaan preservasi dan restorasi. Teknik ini biasanya digunakan dalam banyak jenis produksi karena fleksibilitas, kegunaan, dan penggunaan di dalam dan di luar ruang. Kuat arus dan media pendingan menjadi faktor utama yang dapat mempengaruhi hasil akhir dari pengelasan. Maka penelitian tentang pengaruh kuat arus pengelasan dengan menggunakan media pendingin menggunakan radiator coolant terhadap kekuatan mekaniknya perlu dilakukan. Penelitian ini jenis baja yang digunakan adalah baja ST-37 dengan standar ukuran pengujian tarik JIS Z 2201 1981 posisi 1G/PA flat position menggunakan sudut kampuh 60º jenis sambungan Single V-Groove. Beban tarik Maksimum terbesar terjadi pada sampel 110 A yang mengalami peningkatan sebesar 6.9% dari sampel 100 A menjadi 4880 kgf. Tegangan tarik maksimum tertinggi juga terjadi pada sampel 110 A dengan nilai 50.83 kgf/mm2.
Pengaruh Jumlah Plug pada High Pressure Heater (HPH ) sebagai Pemanas Awal Air Umpan Boiler PLTU PT X Putri Sundari; Meryana linda; Beni Kesuma Sigiro
J-Proteksion Vol 6, No 2 (2022): J-Proteksion
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jp.v6i2.6675

Abstract

High Pressure Heater (HPH) merupakan suatu komponen penukar panas dengan tipe shell and tube yang digunakan untuk memanaskan feed water sebelum masuk ke boiler sehingga mengurangi waktu perebusan saat di boiler. Penelitian ini dilakukan di salah satu PLTU di PT X, yang mana peralatan HPH mengalami kebocoran tube sehingga mempengaruhi proses heat transfer dan mempengaruhi efisiensinya. Salah satu metode pemeliharaan saat terjadinya kebocoran tube yaitu pemberian plug sehingga fluida air umpan yang melewati tube tidak bercampur dengan uap ekstraksi turbin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui batas jumlah plug maksimal yang diizinkan pada HPH sampai HPH dinilai tidak efisien lagi dan perlu dilakukan retubing. Metode pengambilan data dilakukan dengan observasi di lapangan serta wawancara kepada bidang perencanaan dan pengendalian operasi serta central control room (CCR) di PLTU Unit 4, didukung studi kepustakaan untuk melengkapi parameter atau data untuk mendukung hasil penelitian. Tahap awal penelitian ini dilakukan perhitungan besar perpindahan panas pada komponen HPH dengan rumus log mean temperature difference (LMTD) dan hasilnya menunjukkan bahwa besar perpindahan panas maksimum antara uap ekstraksi turbin dengan feed water sebesar 52,72 MW dan perpindahan panas minimumnya sebesar 10,23 MW. Penelitian ini juga melakukan analisis tentang batas jumlah plug maksimal yang diizinkan pada HPH sampai tube HPH tersebut tidak efisien lagi dan perlu dilakukan retubing. Berdasarkan hasil perhitungan, jumlah plug maksimal yang diizinkan yaitu sebesar 60 plug dengan besar heat transfer 9,14 MW atau ± 10% dari desain peralatan atau aktual operasi yang diizinkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6