cover
Contact Name
Wahyu Budi Sabtiawan
Contact Email
wahyusabtiawan@unesa.ac.id
Phone
+6281335090992
Journal Mail Official
jurnal.abdi@unesa.ac.id
Editorial Address
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Surabaya, Kampus Ketintang
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Abdi: Media Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 24605514     EISSN : 25026518     DOI : http://dx.doi.org/10.26740/ja.v6n2
Jurnal ABDI – The ABDI Journal only accepts manuscripts which are based on community services. The journal was published by Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Surabaya. It is published periodically, twice a year, in June and January.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2017)" : 11 Documents clear
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN SENI TRADISIONAL JENJANG SD, SMP, DAN SMA DI PROVINSI JAWA TIMUR Karoso, Subianto; Trihantoyo, Syunu
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v2n2.p34-39

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini didasarkan pada upaya dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka melestarikan seni tradisional dari kepunahan dengan memperkenalkan seni tradisional untuk siswa melalui studio seni tari di sekolah-sekolah di Jawa Timur. Pendirian program Pengembangan dan Peningkatan Seni Tradisonal (PPST) untuk menyediakan media belajar dan penghargaan bagi siswa dalam seni tari tradisional. Tujuan dalam penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui model kepemimpinan kepala sekolah dalam PPST jenjang Sekolah Dasar, SMP, dan SMA di Jawa Timur serta konsep kepemimpinan transformasional Ki Hajar Dewantara dalam memenuhi program pengembangan dan peningkatan seni tradisional di Jawa Timur. Metode yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilaksanakan dengan memberikan materi pelatihan tentang pengembangan dan peningkatan seni tari tradisional. Hasil dari kegiatan ini, terdapat peran strategis kepala sekolah dalam mengembangkan dan melestarikan seni tari tradisional dilihat dari bentuk kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan pendidikan Ki Hadjar Dewantara.
PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) Soejoto, Ady; Fitrayati, Dhiah; Ghofur, Muhammad Abdul; Sholikhah, Ni’matush; Prakoso, Albrian Fiky
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v2n2.p51-59

Abstract

Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan kepada para guru MGMP IPS SMP Lamongan yang bertempat pada SMPN 1 Lamongan, Jl. Ki Sarmidi Mangun Sarkara, Kelurahan Jetis, Kecamatan Lamongan, Jawa Timur. Tujuan Pelatihan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk (1) memberikan penyampaian materi pada guru tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK), (2) memberikan penugasan penyusunan proposal pada guru tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK), (3) memberikan pendampingan pada guru tentang telaah proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dibuat oleh guru. Pelaksanaan PKM terdiri dari tahapan: 1) pemberian materi pelatihan terdiri: Hakekat Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Anatomi Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Grand Teori/ Kajian Teori dan Empirik, Penulisan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh peserta; 2) Penyusunan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh peserta; 3) Telaah proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
BUDIDAYA DAN PEMANFAATAN TANAMAN YACON (Smallanthus sonchifolius) UNTUK MENINGKATKAN POTENSI ALAM DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA ARGOSARI, KECAMATAN SENDURO, KABUPATEN LUMAJANG Yuanita, Leny; Puspitasari, Rinie Pratiwi; Wikandari, Prima Retno; Sabtiawan, Wahyu Budi; Sari, Dhita Ayu Permata
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v2n2.p23-29

Abstract

Target utama yang diharapkan melalui kegiatan Program KKN-PPM meliputi dua hal yaitu 1) memberdayakan masyarakat dan mengembangkan potensi alam, 2) memberi keterampilan mahasiswa keterampilan bersosialisasi dan memecahkan masalah di masyarakat. Luaran utama dari kegiatan ini adalah kesejahteraan masyarakat yang meningkat melalui budidaya dan pemanfaatan tanaman yacon di desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Kegiatan KKN-PPM dilakukan selama 3 bulan dimulai pada bulan April sampai dengan Juli 2016. Namun untuk pelaksanaan evaluasi hasil budidaya tetap dilakukan sampai panen umbi yacon (sekitar 8 bulan). Hasil kegiatan: Yacon merupakan tanaman yang sesuai untuk ditanam di Desa Argosari Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Tanaman tersebut telah berhasil ditanam dan diolah menjadi teh yacon oleh petani di desa tersebut. Mahasiswa KKN telah mampu bersosialisasi dengan masyarakat Desa Argosari melalui program penanaman yacon. Mahasiswa juga menunjukkan sikap tanggung jawab yang dapat dilihat dari perawatan tanaman yacon selama kegiatan KKN. Mahasiswa telah mampu mengembangkan keterampilan mereka, khususnya dalam hal bercocok tanam yacon. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa selama KKN meliputi pelatihan penanaman yacon, penanaman bibit, dan perawatan tanaman yacon.
PENDAMPINGAN PEMBUATAN ARTIKEL PTK BAGI GURU IPA KOTA PROBOLINGGO Setiawan, Beni; Widodo, Wahono; Astriani, Dyah
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v2n2.p18-22

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah pendampingan kepada para guru IPA dalam wadah MGMP IPA Kota Probolinggo agar mereka dapat menyusun suatu karya tulis ilmiah berupa PTK yang dapat terpublikasi pada jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kota Probolinggo atau jurnal ilmiah lain untuk peningkatan kualitas pembelajaran serta dapat digunakan sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat guru sesuai dengan Permennegpan dan RB No. 16 Tahun 2009 sebagai unsur pengembangan diri. Solusi yang ditawarkan dari pemasalahan di atas berupa pendampingan penulisan karya tulis ilmiah berupa PTK yang didampingi sampai pada diterimanya dalam jurnal Dinas Pendidikan atau jurnal perguruan tinggi. Hasil yang telah didapat adalah Karya Tulis Ilmiah berupa PTK yang akan terpublikasi pada jurnal Dinas Pendidikan Kota Probolinggo atau jurnal Nasional, yang sampai pada pendampingan terakhir sudah ada enam draft judul artikel yang berpotensi untuk dipublikasikan. Beberapa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendampingan adalah: 1) jadwal pendampingan berbenturan dengan jadwal sekolah seperti jadwal MGMP sendiri yang merupakan hari efektif, UTS, dan ujian sekolah, 2) jadwal pendampingan yang dilaksanakan berbenturan dengan jadwal dari Dinas Pendidikan setempat yang mendadak seperti pelibatan guru dalam implementasi kurikulum 2013 (IN-ON) serta persiapan sekolah contoh kurikulum 2013 dan persiapan sekolah Adiwiyata.
RESPON GURU DALAM PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PERMAINAN Rosdiana, Laily; F, An Nuril Maulidha
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v2n2.p83-86

Abstract

Proses pembelajaran diselenggarakan secara interaktif, menyenangkan, menantang, inspiratif, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru IPA SMP di Kabupaten Jombang diketahui bahwa kemauan belajar siswa sangat rendah sehingga hasil belajar siswa dan pemahaman terhadap materi juga rendah. Hal tersebut dikarenakan guru hanya menyampaikan materi dengan ceramah dan presentasi sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar dan siswa lebih senang bermain. Memperhatikan hal tersebut diperlukan suatu media yang dapat mewadahi keluh kesah guru dalam bentuk tulisan agar kegiatan diskusi, masukan dari teman guru serumpun dapat berlangsung dengan lebih terbuka. Berdasar hasil angket pertanyaan positif dan negatif yang diberikan, didapatkan hasil persentase secara berturut- turut sebesar 93,3% dan 95%, sehingga sebagian besar guru- guru peserta pelatihan merasa termotivasi untuk terus mengembangkan media- media yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah, sehingga siswa tidak merasa jenuh dengan pelajaran dikelas serta senang karena dapat belajar sambil bermain. Dari angket tersebut dapat disimpulkan bahwa para peserta dapat memperoleh manfaat dari program pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas media pembelajaran, mengetahui cara menggunakan media permainan, dan mampu membuat media pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu masing-masing peserta.
Cover Jurnal Absi Vol 2 No 2 Januari 2017 Jurnal Abdi, Editor
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v2n2.pi

Abstract

Indeks Mitra Bebestari Vol 2 No 2 Januari 2017 Jurnal Abdi, Editor
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v2n2.pv

Abstract

PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK FLASH-LIKE POWERPOINT BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN JOMBANG Martini, Martini; Qosyim, Ahmad; Purnomo, Aris Rudi
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v2n2.p66-71

Abstract

Di era digital, penguasaan terhadap teknologi komputer mutlak dimiliki oleh siapapun, tidak terkecuali bagi seorang guru. Guru harus mampu memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran kepada siswa-siswanya. Hal ini berguna untuk meningkatkan motivasi siswa saat mengikuti pembelajaran. Media pembelajaran juga dapat digunakan untuk menggambarkan fenomena alam yang prosesnya berlangsung secara abstrak. Kegiatan pendampingan pembuatan media flash-like powerpoint untuk menambah pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Pendampingan dilaksanakan di Kabupaten Jombang dan diikuti oleh 20 (dua puluh) guru IPA dari SMP Negeri se-kabupaten Jombang. Metode pelaksanaan terdiri atas tahap perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini berupa media flash-like powerpoint karya guru-guru IPA. Respon peserta terhadap kegiatan pendampingan adalah positif. Peserta merasa mendapat manfaat dari kegiatan ini. Peserta juga merasa lebih termotivasi untuk mengajar, dan utamanya peserta juga mendapatkan keterampilan (life skill) untuk mengembangkan media-media pembelajaran lebih lanjut.
PENINGKATAN EFISIENSI PROSES PEWARNAAN MELALUI PEMBERIAN AGEN FIKSASI RAMAH LINGKUNGAN PADA KELOMPOK BATIK TULIS PASURUAN Maharani, Dina Kartika; Savitri, Dian; Rohmawati, Lydia
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v2n2.p30-33

Abstract

Batik Indonesia telah ditentukan sebagai salah satu warisan dunia oleh Unesco. Pengembangan inovasi proses produksi batik tulis meliptui proses pewarnaan dan desain motif merupakan faktor penting untuk meningkatkan penjualan dan kapasitas produksi. Kota Pasuruan memiliki produksi batik khas yang dikenal dengan batik sirih kelor. Batik Pasuruan belum populer di kalangan masyarakat, sehingga pelatihan dan pendampingan terkait proses pewarnaan dan desain motif perlu dilakukan. Pelatihan yang dilakukan terhadap kelompok mitra batik pasuruan meliputi pelatihan penggunaan agen fiksasi ramah lingkungan pada proses pewarnaan serta penggunaan alat padder untuk meningkatkan kapasitas produksi dan efisiensi waktu produksi.
PENINGKATAN KREATIVITAS GURU MELALUI PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS PANTAI DAN LAUT DI DAERAH PESISIR PANTAI SIDOARJO Suratman, Bambang; Surjanti, Jun; Harti, Harti; Sulistyowati, Raya; Wulandari, Siti Sri
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v2n2.p1-6

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah meningkatan kreativitas guru kewirausahaan SMA dan SMK dalam membuat RPP berbasis pantai dan laut khususnya di daerah pesisir pantai dan laut Sidoarjo. Pelatihan model pembelajaran saintifik berbasis pantai dan laut ini memiliki manfaat bagi guru untuk meningkatkan kemampuan pedagogik guru-guru kewirausahaan SMA dan SMK se-Sidoarjo. Melalui kegiatan tersebut, guru kewirausahaan dapat mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Selanjutnya, siswa pun dapat membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Peran guru kewirausahaan dituntut supaya mampu meningkatkan kreativitasnya dalam membuat RPP yang berbasis pantai dan laut supaya dapat mengembangkan potensi sumber daya alam pantai dan laut di daerahnya masing-masing, dan mampu menciptakan produk inovatif dari sumber daya hasil pantai dan laut tersebut.

Page 1 of 2 | Total Record : 11