cover
Contact Name
Wahyu Budi Sabtiawan
Contact Email
wahyusabtiawan@unesa.ac.id
Phone
+6281335090992
Journal Mail Official
jurnal.abdi@unesa.ac.id
Editorial Address
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Surabaya, Kampus Ketintang
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Abdi: Media Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 24605514     EISSN : 25026518     DOI : http://dx.doi.org/10.26740/ja.v6n2
Jurnal ABDI – The ABDI Journal only accepts manuscripts which are based on community services. The journal was published by Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Surabaya. It is published periodically, twice a year, in June and January.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2017)" : 9 Documents clear
Halaman Editorial Jurnal Abdi Vol 3 No 1 Juni 2017 Editor Jurnal Abdi
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n1.pii

Abstract

Daftar Isi Jurnal Abdi Vol 3 No 1 Juni 2017 Editor Jurnal Abdi
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n1.piii

Abstract

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PEMBERDAYAAN APARATUR DESA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP URGENSI PAUD (RA) SERTA KELEMBAGAAN PAUD DI DESA CIKIDANG KECAMATAN BANTARUJEG KABUPATEN MAJALENGKA Nursahidin Nursahidin; Fahrudin Muhtarulloh
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n1.p1-5

Abstract

Peyuluhan yang telah dilakukan ini secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat/ aparatur desa/ pengelola tentang pentingnya PAUD serta kelembagaannya. Dilihat dari beberapa indikator keberhasilan tujuan khusus ini sudah tercapai, diantaranya aparatur desa menjadi bagian dari pengurus yayasan serta pengelola PAUD akan membentuk yayasan untuk menaungi lembaganya. Tujuan jangka panjang penyuluhan ini adalah (1) meningkatkan angka partisipasi pendidikan anak usia dini. (2) memperkuat kelembagaan PAUD. (3) meningkatkan pengawasan dan pembinaan aparat desa terhadap lembaga PAUD.Target luaran yang diharapkan setelah pengabdian ini dilaksanakan adalah mempublikasikan hasil pengabdian melalui publikasi ilmiah, media masa, maupun yang sejenisnya. Dengan demikian diharapkan hasilnya dapat bermanfaat secara luas. Metode penyuluhan yang digunakan adalah ceramah (presentasi), diskusi (tanya jawab), dan pembinaan.
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGOLAHAN DATA DESA DI LINGKUNGAN KECAMATAN BANTARUJEG KABUPATEN MAJALENGKA Nursahidin Nursahidin; Fahrudin Muhtarulloh; Editya Nurdiana
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n1.p6-10

Abstract

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan aparat desa dalam mengolah data desa. Hal ini kebanyakan disebabkan oleh faktor usia aparat desa dan fasilitas komputer yang masih terbatas di kantor desa. Oleh karena itu, kami bermaksud melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa pada lingkungan Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka berupa pemberian pelatihan dan pendampingan pengolahan data kependudukan dan lainnya dengan menggunakan software SPSS bagi Aparatur Desa. Kegiatan ini bertujuan untuk rangka meningkatkan kompetensi Perangkat Desa dirasa sangat penting dilakukan. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan pelatihan penguasaan mengakses informasi melalui dunia internet dan pembimbingan pengolahan data menggunakan software pengolahan data terkini. Disamping sebagai tugas Dosen yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, tentang kewajiban melakukan Pengabdian kepada Masyarakat, hasil Pengabdian ini diharapkan dapat bermanfat dalam membantu mewujudkan Pemerintah Desa yang professional, efisien dan efektif, bertanggungjawab serta meningkatnya pelayanan publik khususnya dalam hal penyediaan data, penyajian data dan pembaharuan data kependudukan maupun data lainnya.
PELATIHAN KONSELING POST-MODERN BAGI GURU BK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA SURABAYA Bambang Dibyo Wiyono; Tamsil Muis; Budi Purwoko
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n1.p11-16

Abstract

Kota Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia. Kemajuan teknologi menimbulkan efek negatif yang kompleks melebihi manfaat dari teknologi itu sendiri terutama terkait pola hidup manusia dalam dimensi sosial budaya. Guru bimbingan dan konseling SMP Surabaya sebagai pendidik bisa mengambil peran untuk mengatasi kondisi tersebut. Salah satu layanan kuratif dalam bimbingan dan konseling adalah layanan konseling. Salah satu pendekatan konseling kekinian yakni pendekatan konseling post-modern yang terdiri dari konseling singkat berfokus solusi. Berdasarkan evaluasi proses dan hasil, peserta pelatihan konseling post-modern memberikan kesan positif dan mampu mempraktekkan konseling singkat berfokusi solusi di instansinya masing-masing.
PELATIHAN MANAJEMEN LABORATORIUM UNTUK PENGELOLA LABORATORIUM IPA TINGKAT SMA DI KABUPATEN BOJONEGORO Nurita Apridiana Lestari; Mukhayyarotin Niswati Rodliyatul Jauhariah; Utama Alan Deta
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n1.p17-21

Abstract

Laboratorium memerlukan pengelolaan yang terstandardisasi baik dalam hal pengelola maupun ketersediaan peralatan. Laboratorium sekolah yang perlu mendapatkan perhatian, khususnya laboratorium IPA yang meliputi bidang Fisika, Kimia, dan Biologi. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, masih banyak laboratorium yang belum memenuhi standar, khususnya laboratorium sekolah di Kabupaten Bojonegoro. Guru maupun tenaga kependidikan yang ditunjuk sebagai pengelola laboratorium masih mengalami kesulitan untuk mengelola komponen-komponen dalam laboratorium sekolah. Tujuan kegiatan ini adalah para pengelola Laboratorium baik dari guru maupun tenaga kependidikan dapat memperoleh informasi tentang manajemen/pengelolaan laboratorium IPA yang baik dan standar serta menilai kinerja pengelola laboratorium, dalam mengelola laboratorium di sekolah khususnya di Kabupaten Bojonegoro. Metode penyelesaian masalah yang digunakan adalah melakukan telaah tentang pengelolaan laboratorium beberapa sekolah di Kabupaten Bojonegoro. Tindakan dilanjutkan dengan memberikan wawasan tentang pengelolaan laboratorium yang baik dan terstandar yang selanjutnya dapat diterapkan di laboratorium sekolah masing-masing. Hasil analisis angket yang diberikan saat kegiatan pelatihan menunjukkan respon positif peserta terhadap kualitas kegiatan. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan memberikan manfaat bagi peserta, khususnya dalam bidang pengelolaan laboratorium sekolah.
PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU SMAN DI KABUPATEN/ KOTA GRESIK Woro Setyarsih; Kusumawati Dwiningsih; Tukiran Tukiran
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n1.p22-31

Abstract

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa betapa masih langkanya guru yang mau, mampu, dan biasa melakukan kegiatan penyusunan KTI khususnya di SMAN 1 Gresikda dan SMAN 1 Manyar sebagai mitra. Program yang dapat dijalankan bersama antara sekolah mitra dan tim pelaksana PPMIbM adalah perlunya peningkatan dan pengembangan profesi guru (PKB) pada unsur Publikasi Ilmiah khususnya dalam penyusunan KTI baik berupa hasil penelitian, hasil tinjauan ilmiah maupun artikel ilmiah, kecuali tulisan ilmiah populer. Tahap pendampingan dalam pelaksanaan PKM-IbM meliputi 1) Tahap Persiapan meliputi persiapan pedoman / modul serta contoh-contoh KTI yang baik, 2) Tahap Penulisan yaitu memandu para peserta pelatihan dalam mempelajari dan memahami KTI, 3) Tahap Penyuntingan meliputi tahap perbaikan KTI baik dari segi tata bahasa, substansi maupun materi, 4) Tahap Publikasi yaitu KTI yang telah direvisi diikut sertakan dalam pertemuan ilmiah dan di publikasikan pada jurnal, 5) Tahap Monitoring dan Evaluasi yaitu tahap pemaparan hasi KTI yang telah direvisi pada teman sebaya dan pemberian angket respon terhadap kegiatan pendampingan ini. Hasil dari penmdampingan penyusunan KTI diikuti oleh 34 guru SMAN 1 Gresik dan 20 guru SMAN 1 Manyar. KTI yang telah dipublikasikan antara lain: 1) satu KTI sudah dimuat pada MEDIA, No.05/Thn.XLVI/Juli 2016, satu KTI dikirim ke JPFA (Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya), dua KTI diikutkan pada Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2016 di Bandung, satu KTI masuk finalis dan yang satu KTI gagal, dan satu KTI diikutkan pada Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2016 di Jakarta. Adapun respon positif yang ditunjukkan peserta berdasarkan hasil angket menunjukkan bahwa 75% guru SMAN 1 Gresik setuju dan 75% guru SMAN 1 Manyar sangat setuju dengan diadakannya pelatihan dan pendampingan penyusunan KTI ini.
PELATIHAN PEMBUATAN POP UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SAINS BAGI GURU TAMAN KANAK-KANAK Noly Shofiyah; Fitri Eka Wulandari
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n1.p32-35

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah: (1) Memberikan pengetahuan teoritis kepada guru-guru di TK Dharmawanita, Kedung Banteng dan TK KB Permata Hati Aisyiyah, Tanggulangin, Sidoarjo tentang pembelajaran sains di TK dan (2) Melatih guru-guru di TK Dharmawanita, Kedung Banteng dan TK KB Permata Hati Aisyiyah membuat pop up book sebagai alternative media pembelajaran sains di TK. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dilakukan dua kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari yaitu: (1) pelatihan tentang pembelajarn sains (2) workshop pembuatan media pop up book. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan pemberian tugas. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman guru tentang pembelajaran sains di TK yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai post-test dibandingkan dengan nilai pre-test. Selain itu, guru juga mampu membuat media pembelajarn sains yang berupa pop up book.
PELATIHAN OPTIMASI DESAIN GROUNDBED PADA SISTEM SACP UNTUK PIPA BAJA DI TANAH KAWASAN ITS SEBAGAI PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DAN SISWA SEKOLAH ALAM INSAN MULIA SURABAYA Tubagus N Rohmannudin; Sulistijono Sulistijono; M Rizal Pambudi
Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/ja.v3n1.p36-40

Abstract

Groundbed adalah anoda yang dibungkus dengan backfill sebagai salah satu variabel di dalam sistem proteksi katodik di dalam tanah. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam teknologi groundbed adalah komposisi penyusun backfill. Backfill berfungsi sebagai penjaga permukaan anoda supaya selalu tetap basah. Hal ini ditujukan untuk memudahkan aliran arus proteksi dari anoda ke katoda melalui media tanah. Selain itu, dimensi dan perbandingan berat antara anoda dan backfill di dalam groundbed juga mempengaruhi kinerja dari grounbed. Kenyataan di lapangan seringkali terjadi kesulitan dalam pembuatan dan instalasi groundbed sehingga banyak dijumpai kesalahan-kesalahan yang mengakibatkan groundbed tidak bekerja secara maksimal. Oleh sebab itu optimasi pembuatan grounbed dirancang untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi dalam teknologi groundbed. Sekolah Alam Insan Mulia merupakan salah satu SMA di Surabaya yang dijadikan objek pengembangan desain grounbed. Hal ini ditunjukkan dengan antusiasnya para guru dan Siswa Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) ketika tim pengabdian masyarakat menawarkan program pelatihan ini. Oleh sebab itu Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS sebagai Institusi Perguruan Tinggi tergerak untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan melaksanakan Pelatihan Teknologi Groundbed pada Sistem SACP (Sacrifacial Anode Cathodic Protection) sebagai Peningkatan Kompetensi Sekolah Menengah Tingkat Atas/ Kejuruan/ Sederajat. Pelatihan ini diadakan di Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS. Metode Pelatihan yang digunakan adalah presentasi materi oleh Tim Pengabdi yang dilanjutkan dengan eksperimen di Laboratorium. Hasil pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan wawasan dan pemahanan Guru dan Siswa SAIM yang dapat dilihat dari hasil uji tulis di akhir program.

Page 1 of 1 | Total Record : 9