cover
Contact Name
Dr. Lalu Muhaimi, M.Pd
Contact Email
jipp_info@unram.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jipp_info@unram.ac.id
Editorial Address
Mailing Address Jl. Majapahit No. 62 Mataram Principal Contact Dr. Lalu Muhaimi, M.Pd Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram Jl. Majapahit No. 62 Mataram, Lombok, Indonesia Phone: 082191356473 Email: lalu_muhaimi16@unram.ac.id
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Published by Universitas Mataram
ISSN : 25027069     EISSN : 26208326     DOI : https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.99
Core Subject : Education,
JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the field of teaching and learning theories and activities focusing on science education, social science education, linguistics and literature education, language teaching and the like. This journal is published in both printed and online versions. JIPP is in the processes of being accredited and then become a member of cross-reference so that all the articles being published by JIPP will automatically have unique DOI number.
Articles 80 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 3b (2022): September" : 80 Documents clear
Profil Perencanaan Pembelajaran Hybrid Sebagai Upaya Inovasi Proses Belajar Mengajar Selama Belajar dari Rumah Muhammad Syazali; Umar Umar
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 7 No. 3b (2022): September
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v7i3b.465

Abstract

Inovasi menjadi kebutuhan ketika implementasi belajar dari rumah menimbulkan masalah dan berdampak negatif pada pencapaian sains mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil perencanaan pembelajaran hybrid sebagai upaya inovasi proses belajar mengajar sains dalam rangka implementasi belajar dari rumah. Subjek dari penelitian deskriptif kualitatif ini adalah dosen pendidikan sains yang mengampu mata kuliah IAD dan melakukan inovasi dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai Laboratorium Alam dan rencana pembelajaran hybrid yang akan diimplementasikan pada pembelajaran. Untuk mendapatkan data, digunakan instrumen berupa lembar observasi dan dokumen sebagai alat pengumpulan data kualitatif. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara kulaitatif menggunakan model analisis dari Miles & Huberman. Hasil yang diperoleh dari observasi dan dokumentasi di antaranya (1) Kegiatan persiapan dan koordinasi mencakup tahapan-tahapan kegiatan seperti koordinasi dengan dosen senior, diskusi dengan rekan sejawat yang mengampu mata kuliah IAD, mengidentifikasi kawasan yang potensial sebagai laboratorium alam, dan mengajukan SIMAKSI ke BKSDA NTB, (2) Kegiatan menyusun rencana pembelajaran terbagi menjadi 3 tahapan kegiatan yaitu menganalisis tujuan pembelajaran, menyusun pedoman pembelajaran dan membagi mahasiswa menjadi kelompok yang terdiri dari 2 – 4 anggota, dan (3) Kegiatan menyiapkan bahan pembelajaran mencakup tahapan menyusun template, menyusun jadwal pengmatan di Laboratorium Alam, membuat sistem perkuliahan daring MK IAD di SPADA UNRAM dan mengupload pedoman pembelajaran, LHP, LKM, dan template laporan di SPADA UNRAM. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran hybrid terdiri kegiatan persiapan dan koordinasi, menyusun rencana pembelajaran dan menyiapkan bahan pembelajaran.
Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Flip PDF Professional Pada Materi Tekanan Hidrostatis Agung Gumelar; Stepanus Sahala Sitompul; Hamdani Hamdani
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 7 No. 3b (2022): September
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v7i3b.709

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 5 Pontianak, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) yang digunakan disekolah masih menggunakan LKPD dalam bentuk buku serta ketersediaan LKPD dalam bentuk cetak belum memenuhi jumlah peserta didik sehingga LKPD tidak diperoleh peserta didik secara merata. Oleh sebab itu Peneliti berinisiatif mengembangkan LKPD berbantuan flip pdf professional pada materi tekanan hidrostatis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Langkah-langkah pegembangan LKPD (2) kelayakan LKPD (3) respon peserta didik terhadap LKPD berbantuan Flip pdf Professional pada materi tekanan hidrostatis di SMA Negeri 5 Pontianak. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Developmment (R&D) yang mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) yang telah dimodifikasi, tanpa tahapan implementasi dan evaluasi. Langkah penelitian dan pengembangan ini adalah analisis masalah, perancangan, pengembangan dan uji kelayakan produk. Instrument penelitian menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media dan angket respon peserta didik dengan skala 4 kategori nilai. Hasil penelitian menunjukkan (1) kelayakan LKPD yang dinilai oleh ahli materi mendapatkan kategori layak (0,75) dan penilaian oleh ahli media mendapatkan kategori layak (0,74). (2) respon peserta didik terhadap pengembangan LKPD mendapat kategori sangat menarik (87%). Berdasarkan data penelitian dapat diperoleh simpulan berupa LKPD yang dikembangkan dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran.
Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Media Peta Konsep Pada Materi Pecahan Kelas IV SDN Kuta Mursadam Mursadam; H. Ma’ruf
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 7 No. 3b (2022): September
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v7i3b.716

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar kognitif siswa menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan media peta konsep. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus melalui tahap rencana awal, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar kognitif. Lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru selama proses belajar mengajar berlangsung sedangkan tes hasil belajar siswa dibuat dalam bentuk urain sebanyak 5 soal bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan media peta konsep. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana dalam setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dengan menerapkan model pembelajaraan Two Stay Two Stray dan media peta konsep dalam setia pertemuan. Hasil penelitian pada siklus I yang terdiri dari hasil observasi aktivitas siswa berkategori cukup aktif (2,66 dan 2,86), hasil observasi aktivitas guru berkategori aktif (60 dan 65) dan hasil evaluasi belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (66,66%). Hasil penelitian pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dimana hasil observasi aktivitas siswa berkategori aktif (3,26 dan 3,59), hasil observasi aktivitas guru berkategori sangat aktif (75 dan 85) dan hasil evaluasi sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (93,33%). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan media peta konsep dapat meningkatkan proses dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Kuta pada materi pokok pecahan tahun pelajaran 2021/2022.
Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN Nipa M. Sidik; Mursadam Mursadam
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 7 No. 3b (2022): September
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v7i3b.718

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun melalui media gambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus yakni prasiklus, siklus I, dan siklus II melalui tahap rencana awal, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu hasil belajar kognitif siswa. Tes hasil belajar siswa dibuat dalam bentuk bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan menggunakan media gambar. Pada tahap siklus I dan Siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan dengan menerapkan media gambar untuk membantu dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian pra siklus dari 15 siswa yang  mengikuti tes didapatkan hasil hanya 4 siswa (27%) yang mencapai KKM. Hasil penelitian pada siklus I sudah mengalami peningkatan yakni 10 siswa (67%) sudah mencapai KKM dan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yakni 15 siswa (100%) sudah mencapai KKM sehingga penelitian ini berhenti sampai di siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV SDN Nipa.
Perkembangan Kecenderungan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Biologi di MAN 2 Mataram Adinda Putriningtyas; Muhlis Muhlis; Imam Bachtiar
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 7 No. 3b (2022): September
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v7i3b.746

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi yang sangat dibutuhkan di abad ke 21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai kecenderungan berpikir kritis siswa pada materi biologi, mengetahui perbedaan kecenderungan berpikir kritis siswa pada materi biologi antar tingkatan kelas, mengetahui perbedaan nilai kecenderungan berpikir kritis siswa perempuan dengan laki-laki pada materi biologi, dan hubungan korelasi antara kecenderungan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa MAN 2 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, dan XII jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) di MAN 2 Mataram. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling yang dimana setiap tingkatan kelas dipilih 2 kelas secara random untuk mewakili tiap tingkatan kelasnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan berpikir kritis siswa MAN 2 Mataram pada materi biologi tergolong positif. Penelitian ini juga menemukan bahwa kecenderungan berpikir kritis siswa kelas XII berbeda secara signifikan dengan siswa kelas X dan kelas XI. Temuan ini menunjukkan bahwa siswa di kelas yang tinggi mempunyai nilai kecenderungan berpikir kritis yang berbeda dan lebih tinggi daripada siswa dari kelas di bawahnya. Dilihat dari perbedaan jenis kelamin, kecenderungan berpikir kritis siswa perempuan dan laki-laki tidak memiliki perbedaan yang signifikan, dan tidak terdapat pula interaksi antara kelas dengan jenis kelamin dalam menentukan kecenderungan berpikir kritis materi biologi pada siswa. Terdapat hubungan korelasi yang positif dan signifikan antara kecenderungan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa MAN 2 Mataram.
Penguatan Karakter Siswa Melalui Penerapan Kultur Sekolah di SMAN 7 Mataram Adella Dianprila Putritama; Hairil Wadi; Suud Suud
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 7 No. 3b (2022): September
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v7i3b.753

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui (1) bagaimana penguatan karakter siswa melalui penerapan kultur sekolah di SMAN 7 Mataram (2) kendala serta upaya penguatan karakter siswa melalui penerapan kultur sekolah di SMAN 7 Mataram. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data penelitian adalah data primer dan data sekunder. Sumber data penelitian adalah subjek penelitian dan informan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) penguatan karakter siswa melalui penerapan kultur sekolah di SMAN 7 Mataram terdiri dari 3 kultur, kultur prestasi, kultur kehidupan sosial, kultur akademik; (2) kendala pihak keluarga siswa yaitu sebagian orang tua menyuruh anaknya belajar daring, kendala siswa yaitu sebagian siswa terlambat/tidak masuk sekolah, kendala pihak sekolah yaitu imtak dilakukan sebulan sekali, kegiatan belajar menjadi 1 jam tiap mata pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler tidak bisa leluasa latihan; (3) upaya mengatasi kendala orang tua siswa yaitu memanggil orang tua siswa ke sekolah, upaya mengatasi kendala siswa terlambat/tidak masuk sekolah yaitu dipanggil ke ruang BK, upaya mengatasi kendala pihak sekolah yaitu mengaji pagi di mushola, menginstruksikan guru untuk tidak terlambat, keringanan kegiatan ekstrakurikuler dengan memperhatikan protokol kesehatan.
Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four Tier Diagnostic Test Ditinjau dari Kemampuan Berbahasa Pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas VII SMPN 7 Sungai Raya Kurnia Tiara Risky; Tomo Djudin; Hamdani Hamdani
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 7 No. 3b (2022): September
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v7i3b.754

Abstract

Dalam pembelajaran suhu dan kalor di sekolah, miskonsepsi kerap kali dialami oleh siswa. Namun, analisis miskonsepsi dari penelitian-penelitian sebelumnya, belum ditemukan adanya yang menganalisis miskonsepsi berdasarkan kemampuan berbahasa siswa. Padahal, salah satu penyebab miskonsepsi adalah bahasa (Gilberts, Watts, Osborne, 1982). Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui profil konsepsi suhu dan kalor siswa di kelas VII SMPN 7 Sungai Raya, 2)mengetahui tingkat kemampuan berbahasa siswa berdasarkan keterampilan membaca menggunakan tes membaca cepat dan memahami isi bacaan di kelas VII SMPN 7 Sungai Raya, dan 3) mengetahui hubungan antara miskonsepsi dengan Kemampuan Membaca Efektif (KEM) siswa kelas VII SMPN 7 Sungai Raya pada materi suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan bentuk penelitiannya merupakan deskriptif korelasional. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang negatif antara miskonsepsi dengan KEM siswa sebesar – 0,287* yang masuk dalam kategori cukup mempengaruhi, dengan hasil signifikansi sebesar 0,034 < 0,05. Jadi, kesimpulannya antara miskonsepsi dan Kemampuan Efektif Membaca (KEM) saling berhubungan atau mempengaruhi. Semakin tinggi KEM siswa, maka semakin rendah miskonsepsinya, dan semakin rendah KEM siswa, maka semakin tinggi miskonsepsinya.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Siswa Kelas XI Surahman Surahman; Laila Hayati; Ulfa Lu’luilmaknun; Sri Subarinah
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 7 No. 3b (2022): September
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v7i3b.756

Abstract

Pembelajaran matematika selama ini dianggap sebagai pelajaran yang tidak menyenangkan oleh sebagian siswa dan siswa jarang ikut aktif dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Narmada dan sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian posttest only control design. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas,, dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh bahwa instrumen tes kemampuan komunikasi matematis yang telah dirancang memenuhi kriteria valid dan terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung di kelas XI pada materi turunan fungsi.
Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Bermain Bubur Kertas Pada Anak Usia 5-6 Tahun di KB Mentari Gomong Tahun Ajaran 2021/2022 Rahmawati Rahmawati; MA. Muazar Habibi; Ika Rachmayani
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 7 No. 3b (2022): September
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v7i3b.768

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di KB Mentari Gomong terkait dengan perkembangan motorik halus anak yang masih belum berkembang optimal. Hal ini dapat dilihat dari kurang optimalnya kemampuan anak dalam menggerakkan jari jemari, kordinasi mata dan tangan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan motorik halus melalui bermain bubur kertas pada anak usia 5-6 tahun di KB Mentari Gomong. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui bermain bubur kertas di KB Mentari Gomong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 anak yang terdiri dari 3 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Penelitian menggunakan 2 siklus dengan empat kali pertemuan. Hasil yang diperoleh pada siklus I (pertemuan I) memperoleh nilai persentase sebesar (49,52%). terjadi peningkatan di tahap I (pertemuan II) sebesar (55,95%), pada siklus II (pertemuan III) meningkat lagi mencapai (70,71%), pada siklus II (pertemuan IV atau terakhir) sebesar (87,14%) dan telah melebihi target yang diinginkan yakni 76%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain bubur kertas dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di KB Mentari Gomong Tahun ajaran 2021/2022.
Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit Zul Hijjayati; Muhammad Makki; Itsna Oktaviyanti
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 7 No. 3b (2022): September
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v7i3b.774

Abstract

Literasi baca-tulis merupakan kemampuan membaca, menulis, mencari serta mengolah dan memahami suatu informasi untuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas 3 di SDN Sapit dan upaya guru untuk mengatasi permasalahn rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah empat orang siswa kelas 3 yang diketahui termasuk dalam kategori siswa dengan kemampuan literasi baca-tulis rendah, wali kelas  3, dan kepala sekolah.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik  analisis data model Interactive (interactive model) yang terdiri dari beberapa komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas 3 di SDN Sapit dibebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Fakor internal meliputi rendahnya kemampuan intelegensi siswa, rendahnya minat belajar siswa, dan rendahnya motivasi belajar siswa. Faktor eksternal meliputi kurangnya perhatian orang tua, pengaruh televisi dan handphone, pengaruh teman bermain, kemampuan guru, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa adalah dengan cara memberi motivasi, menerapkan kegiatan literasi baca-tulis, meningkatkan kemampuan guru, dan melakukan kolaborasi atau kerjasama dengan orang tua siswa.