cover
Contact Name
Donie Kadewandana
Contact Email
coverage.fikomup@univpancasila.ac.id
Phone
+6221-7870451
Journal Mail Official
coverage.fikomup@univpancasila.ac.id
Editorial Address
Jalan Raya Lenteng Agung, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, 12630, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Coverage: Journal of Strategic Communication
Published by Universitas Pancasila
ISSN : 20873352     EISSN : 26861992     DOI : https://doi.org/10.35814/coverage
Core Subject : Education,
The manuscript was written for Coverage: Journal of Strategic Communication (Coverage) should be an original research paper either theoretically or empirically which sufficiently contributes novelty to communication studies. This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Coverage published by Faculty of Communication, Universitas Pancasila.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 2 (2022)" : 6 Documents clear
Perubahan Pola Komunikasi dalam Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren pada Masa Pandemi Covid-19 Fakhri Zakaria; Deddy Mulyana; Tine Silvana Rachmawati; Ute Lies Siti Khadijah; Ilham Gemiharto; Hanny Hafiar
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 12 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/coverage.v12i2.2349

Abstract

Situasi pandemi Covid-19 mengubah pola pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh berbasis virtual. Perubahan dalam waktu singkat ini merupakan pengalaman baru bagi insitusi pendidikan, termasuk pondok pesantren. Karakter khusus pondok pesantren mulai dari aspek ruang fisik hingga pola komunikasi menjadi pembelajaran yang berani sebagai kondisi baru yang menuntut adanya adaptasi. Artikel ini memetakan perubahan pola komunikasi di pondok pesantren serta masalah-masalah yang timbul melakui analisis pada tingkatan meso dan mikro dengan melakukan kajian literatur jurnal nasional dan internasional yang membahas pola komunikasi dalam proses pembelajaran di pondok pesantren selama masa pandemi Covid-19 dengan obyek metode pembelajaran, pola komunikasi, dan kebijakan institusional pondok pesantren. Dari hasil analisis, terdapat pola komunikasi baru yang muncul sebagai imbas pola pembelajaran yang baru pondok pesantren serta keberadaan teknologi komunikasi dan informasi yang menyertainya. Pemahaman terhadap perubahan pola komunikasi ini dapat membantu dalam merumuskan kebutuhan pola pembelajaran yang juga ikut berubah.
Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata di Masa Pandemi Covid-19 Hesti Dwi Saraswati; Subhan Afifi
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 12 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/coverage.v12i2.2743

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap industri pariwisata. Menarik untuk mengkaji bagaimana pemerintah daerah mengembangkan strategi komunikasi pemasaran di masa krisis, untuk memulihkan sektor pariwisata di era new normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran pariwisata di masa Pandemi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif dengan pendektan deskriptif kualitatif dan studi kasus sebagai metodenya. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam kepada para narasumber yang berkompeten dengan perencanaan dan implementasi strategi komunikasi pemasaran pariwisata. Selain itu, data dikumpulkan melalui observasi dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran pariwisata di masa pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kabupaten Majalengka, mengacu pada aktivitas komunikasi pemasaran yang menggabungkan konsep bauran pemasaran pariwisata (tourism marketing mix) dan konsep bauran promosi (promotion mix). Pelaksanaan komunikasi pemasaran pariwisata Majalengka menggunakan konsep bauran promosi yang terdiri dari advertising, personal selling, public relations, sales promotion dan pemanfaatan media sosial. Studi ini memberikan kontribusi akademik berupa tambahan referensi terkait komunikasi pemasaran di masa krisis dengan konteks pariwisata lokal.
Hubungan Penggunaan Media Sosial Instagram @riliv dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kesehatan Mental Followers Ayu Priana; Vera Wijayanti Sutjipto; Nada Arina Romli
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 12 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/coverage.v12i2.3097

Abstract

Media sosial kini menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari berbagai kegiatan sehari-hari oleh banyak orang. Penggunaan media sosial dapat dijadikan sumber informasi atas suatu hal yang dicari atau dibutuhkan. Saat pandemi Covid-19, terdapat dampak yang turut dirasakan oleh banyak orang, salah satunya pada kesehatan mental manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media sosial Instagram @riliv dengan pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan mental followers. Populasi penelitian ini adalah pengikut dari akun Instagram @riliv, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan dengan survei yang menyebarkan kuesioner kepada responden secara daring. Penelitian ini memakai paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian ini adalah korelasional dengan teknik analisis data statistik inferensial (korelasi rank spearman). Data pada penelitian ini disajikan dalam bentuk data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan tinggi (kuat) antara penggunaan media sosial Instagram @riliv dengan pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan mental followers. Nilai koefisien korelasi bernilai positif, menandakan bahwa apabila terdapat peningkatan penggunaan media sosial Instagram @riliv, maka pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan mental pengikutnya akan turut meningkat. Dimensi-dimensi variabel X pada penelitianini masing-masing memiliki hubungan yang cukup berarti dengan pemenuhan kebutuhan informasi (Y). Berdasarkan hasil uji korelasi rank spearman, dimensi connection memiliki nilai koefisien korelasi paling tinggi dengan pemenuhan kebutuhan informasi (Y), sedangkan dimensi context memiliki nilai koefisien korelasi paling rendah dengan pemenuhan kebutuhan informasi (Y).
Komunikasi Konteks Rendah sebagai Strategi Penguatan Citra Kelembagaan di Kementerian Sosial Koesworo Setiawan
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 12 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/coverage.v12i2.3133

Abstract

Penelitian ini menelaah strategi komunikasi kehumasan pemerintah di Kementerian Sosial dari materi publikasi tertulis dengan metoda analisis isi. Penulis mengkaji buku terbitan Biro Humas Kementerian Sosial berjudul “Jejak Emas Kementerian Sosial RI: Rekaman Dharma Bakti dari Pelosok Negeri” menggunakan konsep komunikasi konteks rendah. Penulis menetapkan tiga unit analisis, yakni narasumber, sudut pandang (angle), dan orientasi artikel. Unit analisis narasumber dan sudut pandang (angle) melacak ciri-ciri komunikasi konteks rendah. Adapun orientasi artikel digunakan untuk menjelaskan bagaimana narasi pada setiap bab berperan dalam penguatan citra kelembagaan. Untuk membantu memaknai teks setiap artikel, peneliti menggunakan lembar koding. Hasilnya, enam artikel mengandung ciri-ciri komunikasi konteks rendah (kode 1), yakni pada Bab I, II, III, V, VII, VIII. Tiga lainnya tidak yakni Bab IV, VI, dan IX sehingga diberi kode 0. Komunikasi konteks rendah ditemukan pada enam peran pekerja sosial, yakni enabler, educator, facilitator, mobilizer, broker, dan counselor. Dari unit analisis sudut pandang (angle) semua artikel memperkuat citra positif lembaga (kode +) dengan menonjolkan tugas melayani kebutuhan dasar klien.
Peran Bidan sebagai Agen Perubahan dalam Sosialisasi Tele-CTG untuk Kesehatan Ibu Hamil Sofia Primalisanti Devi; Faridhian Anshari; Retor A.W. Kaligis
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 12 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/coverage.v12i2.3161

Abstract

Tujuan dari penelitian iniadalah mengkaji peran yang dijalankan oleh bidan yang mengadopsi teknologi baru bernama Tele-CTG untuk memonitor kesehatan ibu hamil dalam proses mendukung persalinan yang sehat untuk mengurangi tingkat kematian ibu dan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengambilan data melalui wawancara mendalam pada bidan yang bekerja di empat lokasi berbeda (Jakarta, Bekasi, Kupang, dan Indramayu) yang sudah menerapkan teknologi Tele-CTG selama satu tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bidan mempunyai lima peranan sebagai agen perubahan sosial: (1) Menjadi perantara penting dalam menerjemahkan penggunaan serta sosialisasi manfaat Tele-CTG terhadap pasien, (2) Bidan memberikan informasi terbaru mengenai kesehatan anak dalam kandungan melalui pengenalan Tele-CTG yang terhubung langsung dengan dokter, (3) Menganalisis kebutuhan pasien terkait kemungkinan gangguan yang akan timbul pada bayi dalam kandungan melalui pengenalan Tele-CTG. (4) Menumbuhkan keberanian pasien untuk mengambil tindakan yang tepat terhadap anak dalam kandungan, dan (5) mengembangkan kepercayaan akan kebutuhan pasien melalui penggunaan teknologi baru.
Communicating Social Capitals of Local Communities for a Sustainable Proklim in Aceh Rizanna Rosemary; Safrina; Nellyana Roesa
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 12 No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/coverage.v12i2.3170

Abstract

Program Kampung Iklim (Proklim) is a national mitigation and adaptation program to climate change in Indonesia. Like other areas across the country, several districts in Aceh Province are designated Climate Village Program (Proklim). However, as an innovative government-led initiative, the program's efficacy in Aceh has not been well-documented. This study explores the potential challenges and opportunities of Proklim implementation in Aceh. Even though Proklim is a significant initiative for adapting to the impact of climate change, poor community involvement in the planning and implementation stages led to the program's unsustainability. Lack of public participation correlates with their limited understanding of the program's benefits. Moreover, people's poor understanding is influenced by how the program is communicated. Drawing from previous research on public participation in implementing Proklim in three areas in Aceh Besar districts, this study analyzes the internal and external factors identified as strengths, weaknesses, opportunities, and threats of the climate change programs. The study argues that exploring and communicating the social capitals of local communities allows for more public involvement and participation in developing sustainable Proklim in the area.

Page 1 of 1 | Total Record : 6