cover
Contact Name
Jurnal Maenpo
Contact Email
jurnalmaenpo@unsur.ac.id
Phone
+6281774153255
Journal Mail Official
jurnalmaenpo@unsur.ac.id
Editorial Address
Jl. Pasirgede Raya, Bojongherang, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43216 No : 081774153255, 082121455403 Website: https://jurnal.unsur.ac.id E-mail: jurnalmaenpo@unsur.ac.id
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
ISSN : 20892314     EISSN : 27217175     DOI : https://doi.org/10.35194/jm.v9i2
Maenpo Journal is a Journal of Physical Education in Health and Recreation which is published online and this Journal is published 2 times / year in the period January-June and July-December p-ISSN (2089-2341). e-ISSN (2721-7175)is published by the Physical Education and Health Study Program, FKIP Suryakancana University Cianjur.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2018): VOLUME 08 NOMOR 1 TAHUN 2018" : 8 Documents clear
Hubungan Olahraga Rekreasi Alam Terbuka Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Afriyuandi, Asep Ramdan
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 8, No 1 (2018): VOLUME 08 NOMOR 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.486 KB) | DOI: 10.35194/jm.v8i1.920

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara olahraga rekreasi alam terbuka dengan motivasi belajar pada mata kuliah pendidikan rekreasi mahasiswa PJKR FKIP Universitas Suryakancana. Sampel penelitian ini merupakan 20 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah pendidikan rekreasi dengan teknik purposive sampling. Analisis data dengan menggunakan analisis korelasi. Besarnya koefisien korelasi 0,44 atau t-hitung 2,18 lebih besar dari t-tabel 2,101. Dukungan variabel X (olahraga rekreasi alam terbuka) terhadap variabel Y (motivasi belajar) yaitu 19,36% dan tingkat korelasinya termasuk dalam kategori sedang atau cukup kuat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat disimpulan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara olahraga rekreasi alam terbuka dengan motivasi belajar mahasiswa PJKR FKIP Universitas Suryakancana. Hal ini disebabkan aktivitas olahraga rekreasi alam terbuka memberikan dorongan atau kesadaran untuk belajar pada mahasiswa itu sendiri, sehingga memberikan motivasi belajar dengan baik.
Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kelas X Sma Negeri 1 Cianjur Wachyu Bakti Bachtiar; muda bakti
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 8, No 1 (2018): VOLUME 08 NOMOR 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.811 KB) | DOI: 10.35194/jm.v8i1.917

Abstract

Pendidikan Jasmani adalah suatu proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan, perilaku hidup sehat, aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Pengalaman belajar yang disajikan akan membantu siswa untuk memahami mengapa manusia bergerak dan bagaimana cara melakukan gerakan yang aman, efisien, dan efektif. Penelitian ini bertujuan : (1) mengetahui perbedaan tingkat kesegaran jasmani siswa yang diajar dengan model pembelajaran dengan pendekatan bermain dalam pendidikan jasmani, (2) mengetahui seberapa banyak perbedaan tingkat kesegaran jasmani siswa yang diajar dengan model pembelajaran dengan pendekatan bermain dalam pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang merupakan suatu siklus yang terdiri atas : adanya masalah-rencana tindakan-pelaksanaan tindakan-evaluasi dan refleksi. Subyek yang digunakan adalah seluruh siswa KELAS X SMA Negeri 1 Cianjur tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kesegaran jasmani seseorang, salah satunya adalah melalui aktivitas jasmani. (2) pendidikan jasmani dapat digunakan sebagai bentuk kegiatan siswa dalam upaya menjaga dan meningkatkan kesegaran jasmani (3) Dalam proses pendidikan jasmani diperlukan adanya modifikasi dan variasipembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran dengan pendekatan bermain dalam pembelajaran ada dampak perubahan motivasi dan sekaligus tingkat kesegaran jasmani siswa. Hal ini disebabkan karena mereka dapat belajar sambil bermain. Dengan kegiatan ini pula kemampuan kognitif, afekfif dan psikomotorik siswa dapat berkembang.
Aplikasi Analisis Biomekanika Untuk Mengembangkan Kemampuan Lari Jarak Pendek (100 M) Mahasiswa Pjkr Unsur (Kinovea Software Adi Rahadian
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 8, No 1 (2018): VOLUME 08 NOMOR 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (840.893 KB) | DOI: 10.35194/jm.v8i1.912

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan kecepatan lari 100 meter. Penelitian ini, dimaksudkan untuk mengetahui analisis kecepatan setiap per 10 meter. Lari 100 meter dengan sistem energi anaerobik laktit perlu pola strategi atau pengaturan kecepatan untuk mendapatkan prestasi terbaik. Penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa Tingkat I PJKR FKIP UNSUR. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling, sampel yang didapatkan sejumlah 10 orang. Data yang diperoleh berupa video dan analisis data menggunakan kinovea software. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelari dapat melakukan percepatan (akselerasi) pada jarak 0-50 meter dengan nilai rata-rata percepatan (akselerasi) yang dilakukakn pelari yaitu 1.23 m/s, dan pelari kembali melakukan percepatan pada jarak 80-90 meter dengan nilai rata-rata percepatan (akselerasi) yang dilakukan pelari  yaitu 1.23 m/s.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Model Pembelajaran Resiprokal Terhadap Hasil Belajar Passing Atas Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Ekstrakurikuler Di Sma Pasundan 2 Kabupaten Cianjur Muhamad Rivan Syukur; ayep setiawan
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 8, No 1 (2018): VOLUME 08 NOMOR 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.594 KB) | DOI: 10.35194/jm.v8i1.916

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran resiprokal terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler di SMA Pasundan 2 Cianjur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “randomized pre test-post test design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di SMA Pasundan 2 Cianjur berjumlah 32 siswa. Teknik penyempelan dari populasi ke sampel menggunkan teknik random sampling sehingga sampel yang digunakan berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah ketepatan passing atas dari Nurhasan (2001:169). Analisis data menggunakan uji prasyarat yang terdiri atas mencari rata-rata kelompok dan simpangan baku selanjutnya uji normalitas semua data yang berdistribusi normal dan uji homogenitas semua data yang bervariansi homogen dan uji t dengan signifikansi 0,05 (5%). Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif memberikan pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler bola voli di SMA Pasundan 2 Cianjur, dengan t hitung 81,29 > t tabel 2.05. (2) Model pembelajaran resiprokal memberikan pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler di SMA Pasundan 2 Cianjur, dengan t hitung 89,16 > t tabel 2.05. (3) Model pembelajaran resiprokal lebih memberikan pengaruh secara signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler di SMA Pasundan 2 Cianjur, dengan t hitung 4,450 > t tabel 2.05 dengan taraf signifikan α 0.05. Teruji kebenarannya dalam penelitian ini.
Model Latihan Strength Untuk Panjat Tebing Pada Atlet Usia Remaja Mochmad Guntur Gaos
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 8, No 1 (2018): VOLUME 08 NOMOR 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.885 KB) | DOI: 10.35194/jm.v8i1.913

Abstract

Model latihan seyogyanya sangatlah penting untuk meningkatkan minat dan puncak prestasi atlet dengan maksimal, hal ini berlaku terhadap seluruh cabang olahraga prestasi, Salah satu cabang olahraga prestasi yang berkembang di Indonesia adalah cabang olahraga panjat tebing. Perkembangan cabang olahraga panjat tebing di Indonesia sangat pesat, hal ini terbukti dengan semakin banyaknya perkumpulan-perkumpulan panjat tebing di kota-kota besar maupun di daerah-daerah. Peneliti mengembangkan model latihan strength panjat tebing khususnya untuk atlet usia remaja adalah untuk memberikan sumbangsih terhadap dunia pelatihan panjat tebing di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang di lakukan di FPTI Pengcab Kabupaten Cianjur. Fokus pengembangan yang peneliti lakukan lebih menitik beratkan terhadap kekuatan otot, dimana faktor ini sangat berguna dalam meningkatkan kondisi fisik secara keseluruhan. Ada beberapa alasan kenapa kekuatan sangat penting dalam meningkatkan kondisi fisik secara keseluruhan karena kekuatan merupakan daya penggerak pada setiap aktifitas fisik khususnya atlet. Kekuatan juga memegang peranan yang sangat penting dalam melindungi dan meminimalisir praktisi olahraga khususnya atlet dari kemungkinan terjadinya cidera yang dapat menghambat prestasi atlet itu sendiri
Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Pjkr Universitas Suryakancana Mela Aryani
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 8, No 1 (2018): VOLUME 08 NOMOR 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.088 KB) | DOI: 10.35194/jm.v8i1.919

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimanakah profil tingkat kebugaran jasmani mahasiswa PJKR Universitas Suryakancana.. jenis penelitian dengan menggunakan penelitian survey. Subjek penelitian ini adalah  seluruh mahasiswa tingkat satu Prodi PJKR Universitas Suryakancana yang berjumlah 68 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Multistage Fitness Test (MFT). Pengambilan data dilakukan satu kali dan diolah menggunakan Mean, Standart deviasi, Varian dan Persentase. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 32,01, standar deviasi sebesar 4,68 dan varians sebesar 21,96 nilai yang memiliki kebugaran tertinggi sebesar 43,3 dan nilai yang memiliki kebugaran terendah sebesar 24,4. Dari data tersebut diperoleh hasil : terdapat 5 mahasiswa (7,4%)  yang memiliki kebugaran jasmani sangat kurang, terdapat 40 mahasiswa (59%) yang memiliki tingkat kebugaran jasmani  kurang, 18 mahasiswa (26%) yang memiliki tingkat kebugaran jasmani sedang dan 5 mahasiswa (7,4%) yang memiliki tingat kebugaran jasmani baik.
Hubungan Power Tungkai Dan Power Lengan Terhadap Hasil Spike Dalam Permainan Bola Voli Andi Kurniawan Pratama
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 8, No 1 (2018): VOLUME 08 NOMOR 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (662.998 KB) | DOI: 10.35194/jm.v8i1.918

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara power tungkai dan power lengan terhadap hasil spike dalam permainan bola voli pada atlet UKM Bola Voli Universitas Suryakancana. Sampel penelitian berjumlah 10 orang atlet dengan teknik pengambilan sampel, purposif sample. Analisis data dengan menggunakan analisis korelasi dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan yang signifikan antara power tungkai dengan hasil spike, 2) terdapat hubungan yang signifikan antara power lengan dengan hasil spike.
Meningkatkan Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Melalui Modifikasi Permainan Muhamad Syamsul Taufik
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 8, No 1 (2018): VOLUME 08 NOMOR 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.23 KB) | DOI: 10.35194/jm.v8i1.914

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil pembelajaran sepakbola teknik dasar dribbling pada siswa kelas V SDN Sindang Barang Kota Bogor, melalui modifikasi permainan. Memperoleh informasi secara mendalam tentang pelaksanaan pembelajaran sepakbola teknik dasar dribbling dengan menggunakan modifikasi permainan pada siswa kelas V SDN Sindang Barang Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (Action Research) menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc.Taggart yang berupa siklus. Selain itu penelitian tindakan dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang tindakan dan penerapan modifikasi permainan dalam cabang olahraga sepakbola untuk meningkatkan gerak dasar siswa V teknik dasar dribbling. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sindang Baran Kota Bogor. Waktu pelaksanaan penelitian pada akhir bulan Maret sampai ditentukan. Dengan frekuensi penelitian adalah dua kali pertemuan satu minggu sekali. Subyek penelitian dalam penelitian meningkatkan hasil belajar teknik dasar dribbling sepakbola melalui modifikasi permainan adalah siswa kelas V SDN Sindang Barang kota bogor yang berjumlah 21 orang, yang terdiri dari 22 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah angket, kuesioner, serta instrumen tes dribbling pada pembelajaran olahraga sepakbola yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan siswa pada hasill belajar dribbling sebagai subjek penelitian.Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas hasil belajar teknik dasar dribbling sepakola adalah 77,6 dengan persentase ketuntasan 66,67% siswa yang lulus, Dan dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus II adalah 82,98 dengan persentase ketuntasan 95.24% siswa yang lulus Hasil tes awal dan tes akhir penelitian dengan jumlah sampel 21 siswa yaitu mencapai peningkatan 95.24% atau lebih dari 80%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa  modifikasi permainan dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar dribbling sepakbola. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa pembelajaran teknik dasar dribbling pada pembelajaran sepakbola membuat dengan modifikasi permainan dapat meningkatkan gerak dasar siswa kelas  V pada SDN Sindang Barang Kota Bogor

Page 1 of 1 | Total Record : 8