cover
Contact Name
I Wayan Kertih
Contact Email
jurnalpendidikanipsindonesia@undiksha.ac.id
Phone
+6281338042081
Journal Mail Official
iwayankertih@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/PIPS/about/editorialTeam
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan IPS
ISSN : 26148366     EISSN : 26861925     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Pendidikan ilmu sosial. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan ilmu sosial bagi masyarakat akademik. Jurnal ini terbit 2 kali setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2019)" : 8 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TRIKAYA PARISUDHA BERBASIS MASALAH TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS I Gede Sadhu Satwika Pasek; I Komang Sudarma; I Gede Astawan
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.688 KB) | DOI: 10.23887/pips.v3i1.2872

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran Trikaya Parisudha  berbasis masalah terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS 2) pengaruh model pembelajaran Trikaya Parisudha  berbasis masalah terhadap sikap sosial, dan 3) pengaruh model pembelajaran Trikaya Parisudha  berbasis masalah terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent posttest only control group. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Susut yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 115 siswa. Selanjutnya ditentukan sampel dengan menggunakan teknik Random Sampling dan didapatkan 2 sekolah dengan jumlah 45 siswa yang terdiri dari SD Negeri 3 Abuan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 26 siswa dan SD Negeri 2 Susut sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 19 siswa. Data sikap sosial siswa dikumpulkan menggunakan kuesioner dan data hasil belajar IPS dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara simultan, terdapat perbedaan model pembelajaran Trikaya Parisudha berbasis masalah terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS. 2) terdapat perbedaan model pembelajaran Trikaya Parisudha berbasis masalah terhadap sikap sosial, dan 3) terdapat perbedaan model pembelajaran Trikaya Parisudha berbasis masalah terhadap hasil belajar IPS. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa moel pembelajaran Trikaya Parisudha berbasis masalah berpengaruh positif terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS. Kata-kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, trikaya parisudha, sikap sosial,  hasil belajar IPS
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V I Kadek Rusadi Putra; Ni Wayan Rati; I Nyoman Murda
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.729 KB) | DOI: 10.23887/pips.v3i1.2875

Abstract

Rata-rata nilai pengetahuan IPS siswa kelas V tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Learning berbantuan peta pikiran terhadap (1) kemampuan berpikir kreatif (2) hasil belajar IPS (3) kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD gugus III Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent posttest only control group. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 237 yang merupakan seluruh siswa kelas V di gugus III Kecamatan Tembuku, sedangkan sampel penelitian berjumlah 25 orang pada kelas V SD Negeri 5 Peninjoan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 1 Peninjoan sebagai kelompok kontrol berjumlah 25 orang. Pengumpulan data variabel kemampuan berpikir kreatif menggunakan tes essay dan variabel hasil belajar IPS menggunakan tes pilihan ganda. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan teknik analisis multivarians (Manova). Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning berbantuan peta pikiran terhadap kemampuan berpikir kreatif (F=16,585p=0,000<0,05), (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPS (F=37,394p=0,000<0,05), (3) secara simultan terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning berbantuan peta pikiran terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPS (p=0,000<0,05). Kata Kunci: quantum learning berbantuan peta pikiran, berpikir kreatif, hasil belajar IPS
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERORIENTASI TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR PKn Rismayani Rismayani; Nyoman Dantes; Kadek Yudiana
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.602 KB) | DOI: 10.23887/pips.v3i1.2879

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together berorientasi Tri Hita Karana terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD di Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 213 orang. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling, dan yang dirandom adalah kelas sebagai intac grup, sehingga didapatkan siswa kelas V SD N 1 Anturan sebagai eksperimen dan kelas V SD 3 Kalibukbuk sebagai kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis dengan analisis statistik inferensial uji-t. Dari analisis data ditemukan bahwa terdapat nilai thitung yaitu sebesar 27,382 lebih besar dari ttabel yang sebesar 2,021 Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Numbered Head Together berorientasi Tri Hita Karana dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan model Numbered Head Together berorientasi Tri Hita Karana terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD di Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Selain itu berdasarkan analisis deskriptif diperoleh bahwa mean kelompok eksperimen lebih besar dari mean kelompok control (25,46> 14,38). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran NHT berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar PKn siswa Kelas V SD di Gugus XV Kecamatan Buleleng.Kata Kunci: hasil belajar PKn, NHT, THK
PENGARUH METODE KARYAWISATA FANTASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH BERBANTUAN MEDIA MAJALAH DINDING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKn I Gusti Ayu Nedya Sanistyasari; Made Putra; Ni Wayan Suniasih
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.635 KB) | DOI: 10.23887/pips.v3i1.2874

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode karyawisata fantasi di lingkungan sekolah berbantuan media majalah dinding terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD gugus VIII Mengwi Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu, dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus VIII Mengwi  yang terdiri dari 9 kelas sebanyak siswa 248 orang. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VA SD No.3 Mengwi sebagai kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa, dan kelas VA SD No. 1 Mengwi sebagai kelompok kontrol sebanyak 31 siswa. Data kompetensi pengetahuan PPKn dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa berjumlah 31 butir, yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan PPKn dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis diperoleh thitung=3,421. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk=59 dan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga ttabel=2,000, karena thitung>ttabel maka Ho ditolak, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui metode karyawisata fantasi di lingkungan sekolah berbantuan media majalah dinding dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus VIII Mengwi tahun ajaran 2019/2019. Rerata kompetensi pengetahuan PPKn kelompok eksperimen =0,42>=0,20 rerata kompetensi pengetahuan PPKn kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan, metode karyawisata fantasi di lingkungan sekolah berbantuan media majalah dinding berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD Gugus VIII Mengwi tahun pelajaran 2018/2019. Disarankan kepada peneliti lain agar penelitian ini dapat digunakan sebagai refrensi untuk melaksanakan penelitian selanjutnya. Kata kunci: karyawisata fantasi, lingkungan sekolah, madding
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS Ni Kadek Rosdianti Pertiwi; I Nyoman Murda; Ni Wayan Rati
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.699 KB) | DOI: 10.23887/pips.v3i1.2878

Abstract

Permasalahan yang ada dalam penelitian ini yaitu rendahnya sikap sosial siswa dalam proses pembelajaran serta rata-rata hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus VIII Kintamani yang mencapai KKM yaitu 46,35% dan yang belum mencapai KKM yaitu 53,65%. Rendahnya sikap sosial dan hasil belajar IPS diduga dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu guru kurang menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis lagu daerahterhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent post-test only kontrol group. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 112 orang dan sampel penelitian berjumlah 53 orang yang diambil dengan teknik cluster sampling. Data sikap sosial siswa dikumpulkan menggunakan metode non tes berupa kuesioner dan data hasil belajar IPS dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan sikap sosial antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis lagu daerah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Fhitung=99,75>Ftabel=4,00); 2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis lagu daerah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Fhitung=25,32>Ftabel=4,00) dan 3) secara simultan, terdapat perbedaan sikap sosial dan hasil belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis lagu daerah dengan siswa yang mengikut pembelajaran konvensional (F=53,635<0,05). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis lagu daerah berpengaruh positif terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS siswa. Kata kunci :talking stick, lagu daerah, sikap sosial, IPS
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR PKN Redy Kresna Arimbawa; Ndara Tanggu Renda; Dewa Nyoman Sudana
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.196 KB) | DOI: 10.23887/pips.v3i1.2877

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya sikap sosial siswa yang mempengaruhi hasil belajar siswa dan akhirnya hasil belajar siswa tidak mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan media question card terhadap sikap sosial dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Negara yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 205 siswa. Setelah dilakukan uji kesetaraan selanjutnya ditentukan sampel dengan menggunakan Teknik random sampling dan dididapatkan 2 sekolah dengan jumlah 55 siswa yang terdiri dari SD Negeri 2 Kaliakah menjadi kelompok eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan SD Negeri 5 Berangbang sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non test dan test. Metode non test menggunakan instrument  kuesioner sikap sosial dan metode test menggunakan instrumen tes hasil belajar PKn dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial ( MANOVA). Adapun rata-rata skor sikap sosial siswa di kelas eksperimen adalah 111,16 berada pada kategori baik dan di kelas kontrol 89,96 berada pada kategori cukup sedangkan, rata-rata hasil belajar PKn siswa di kelas eksperimen adalah 24,5 berada pada kategori sangat baik dan di kelas kontrol 16,43 berada pada kategori cukup. Hasil penelitian ini dikuatkan berdasarkan perhitungan uji MANOVA yang memperoleh hasil  F pada hipotesis I sebesar 48,229, F pada hipotesis II sebesar 85,807, dan F pada hipotesis III sebesar 2793,959 yang seluruhnya memiliki Signifikansi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran group investigation berbantuan media question card terhadap sikap sosial dan hasil belajar PKn siswa kelas V  SD Gugus VI Kecamatan Negara Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci: group investigation, hasil belajar PKn, sikap sosial, question card
Kontribusi Minat Baca dan Hubungan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS pada Siswa Kelas V Ni Made Treismayanti; I Wayan Sujana; Ni Wayan Suniasih
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.25 KB) | DOI: 10.23887/pips.v3i1.2873

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan minat baca dan hubungan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan dan besaran kontribusinya. Penelitian ini menggunakan rancangan ex post facto dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus Dewi Sartika yang berjumlah 250 orang. Sampel pada penelitian ini ada 152 orang yang ditentukan dari populasi menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik non tes dengan instrumen dalam bentuk angket yang terdiri dari 30 pernyataan untuk pengambilan data minat baca dan hubungan sosial. Sebelum angket diujicobakan dilakukan uji instrumen dengan uji validitas konstruk, uji validitas butir dan uji reliabilitas. Data kompetensi pengetahuan IPS diperoleh dengan teknik pencatatan dokumen. Data hasil penelitian yang telah memenuhi uji prasyarat analisis di uji menggunakan analisis statistik inferensial dengan teknik analisis regresi ganda.  Hasil penelitian menunjukkan Fhitung = 4,6 >  Ftabel = 3,06 berdasarkan kriteria hal ini menunjukkan  terdapat pengaruh yang signifikan antara minat baca dan hubungan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 5,9%. Maka dapat disimpulkan bahwa minat baca dan hubungan sosial memberikan kontribusi sebesar 5,9% terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan. Sehingga 94,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor belajar lain baik dari faktor dalam diri maupun faktor dari luar diri siswa.Kata Kunci : hubungan sosial, kompetensi, minat baca
PENGARUH MODEL TPS BERMUATAN KEARIFAN LOKAL MENYAMA BRAYA TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS I Gst. Ayu Made Ernawati; Dw. Nym. Sudana; Ni Wayan Rati
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.456 KB) | DOI: 10.23887/pips.v3i1.2876

Abstract

Masalah rata-rata skor penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV Gugus II Kecamatan Abiansemal tergolong rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS bermuatan kearifan lokal menyama braya terhadap sikap sosial dan penguasaan kompotensi pengetahuan IPS siswa. Penelitian ini merupakan penelitian, eksperimen semu dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SD di Gugus II kecamatan Abiansemal Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan  sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD No 1 Selat berjumlah 41 orang sebagai kelas eksperimen dan SD No 1 Punggul berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data sikap sosial dilakukan dengan menggunakan metode non tes berupa kuesioner dan pengumpulan data penguasaan kompotensi pengetahuan IPS dilakukan dengan menggunakan metode tes berupa tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial (ANAVA-A dan MANOVA). Rata-rata skor sikap sosial siswa kelas eksperimen 148,78 termasuk dalam katagori tinggi dan di kelas kontrol 126,30 termasuk dalam katagori cukup sedangkan rata-rata penguasaan kompotensi pengetahuan IPS siwa di kelas eksperimen 25,61 termasuk dalam katagori baik dan di kelas kontrol 20,60 termasuk dalam katagori cukup. Hasil hipotesis I menunjukkan bahwa F = 89,331, Hasil hipotesis II menunjukkan bahwa F = 114,964,  dan Hasil hipotesis III menunjukkan bahwa F = 2118,488. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS bermuatan kearifan lokal menyama braya terhadap sikap sosial dan penguasaan kompotensi pengetahuan IPS siswa kelas IV Gugus II Kecamatan Abiansemal Tahun Pelajaran 2018/2019.            Kata kunci: TPS, kearifan lokal menyama braya, sikap sosial, kompotensi pengetahuan IPS

Page 1 of 1 | Total Record : 8