cover
Contact Name
ACEP RONI HAMDANI
Contact Email
acepronihamdani2@gmail.com
Phone
+6285223970654
Journal Mail Official
acepronihamdani2@gmail.com
Editorial Address
Jl. Marsinu No.5, Dangdeur, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
ISSN : 2614722X     EISSN : 24775673     DOI : https://doi.org/10.36989/didaktik
Core Subject : Education,
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua reviewer sesuai bidang keahlianya. Jurnal didaktik telah terindex oleh Google Sholar dan ROAD. Adapun P-ISSN dari Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang yaitu 2477-5673, serta E-ISSN dari Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang yaitu 2614-722X. Website jurnal yang digunakan yaitu https://jurnalstkipsubang.ac.id dengan versi OJS ke 2.0, kemudian dirubah domain dan hosting ke alamat https://journal.stkipsubang.ac.id dengan versi OJS 3.0, sehingga kebanyak histori dan jumlah kunjungan berada pada domain https://jurnalstkipsubang.ac.id, namun dikarenakan ada masalah integrasi dari yang lama ke yang baru, sehingga kami menggunakan versi OJS 3.0 di domain baru. Dan menggunakan quicksubmit di OJS yang baru.
Articles 50 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 02 (2021): Volume 07, Nomor 02, Desember 2021" : 50 Documents clear
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DIKELAS IV SD Hazari Nur Faizah; Reinita, Reinita
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 7 No. 02 (2021): Volume 07, Nomor 02, Desember 2021
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36989/didaktik.v7i01.186

Abstract

Abstrak Tujuan dlakukna nya pngembngan ini adaalah guna mengembangkan Lembar -Lembar Kerja Peserta (LKPD) Beerbasis Creative Problem Solving (CPS) dii pembellajaran Teematik Terrpadu Dikels IV SD yang valid dan praktis yang mengunakan model pengembangan 4D . langkah 4D adalah Deffine, Dessign, Devvelop dan Diisseminate. Subjek penelitian ini yaitu 3 orang ahli, 2 orang guru kelas IV dan 32 orang peserta didik kelas IV di SDN 16 Payakumbuh dan SDN 32 Payakumbuh. Intrumen yagn dipakai pada penelitian ini antara lain lembar validasi ahli dan angket respon guru dan peserta didik. Hasilny menunjukan : 1) Lemmbar Keerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Pada pembelajaran Tematik Terpadu Dikelas IV SD dinyatakan valid digunakan oleh ahli materi, bahasa dan media mendapatkan penilaian dengan rata-rata sseluruhan validator 91,03% (2) respon guru terhadap LKPD berbasis Creative Problem Solving (CPS) Pada pembelajaran Tematik Terpadu Dikelas IV SD memperoleh kategori sangat praktis yang mendapatkan penilaian dengan nilai rata-rata 89,58 % (3) respon peserta didik terhadap LKPD berbasis Creative Problem Solving (CPS) Pada pemmbelajaran Tematik Terpadu Dikelas IV SD memperoleh kategori tinggi yang mendapatkan penilaian dengan rata-rata 89.46% Kata kunci : LKPD, Creative Problem Solving, Model 4D
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS PLOTAGON DAN KINEMASTER DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD Tantina Mindrianingsih; Yulia Eka Yanti
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 7 No. 02 (2021): Volume 07, Nomor 02, Desember 2021
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36989/didaktik.v7i02.189

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran tema 7 kelas II SD Negeri 3 Babadan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kevalidan media video animasi bebasis Plotagon dan Kinemaster dalam pembelajaran Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3, 2) Untuk mengetahui kelayakan media video animasi berbasis Plotagon dan Kinemaster dalam materi Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3, 3) Untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas II di SD Negeri 3 Babadan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif menggunakan metode Research and Development (R&D) mengacu pada model ADDIE. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan instrument penelitian yang diperlukan meliputi: observasi, pengisian angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi berbasis Plotagon dan Kinemaster valid dan layak sebagai media pembelajaran dengan revisi berdasarkan saran para ahli materi dan media. Minat belajar peserta didik sebelum menggunakan media video animasi sangat rendah total skor keseluruhan 1093,75 dengan rata-rata 54,68 ketuntasan klasikal mencapai 20%. Setelah menggunakan media video animasi mengalami peningkatan yang cukup signifikan, total skor keseluruhan meningkat mejadi 1882,25 rata-rata 94,11 ketuntasan klasikal 100%. Hal ini dapat dikatakan bahwa media video animasi berbasis Plotagon dan Kinemaster valid dan layak digunakan dalam meningkatkan minat belajar peserta didik.
ANALISIS PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN TERHADAP KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS I DAN KELAS V Endah Kusumaningrum, Yuris Indria Persada; Eka Yanti, Yulia; Azzahra Bil Haqqi, Nabila; Royani, Ida
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 7 No. 02 (2021): Volume 07, Nomor 02, Desember 2021
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36989/didaktik.v7i02.190

Abstract

The Effect of Independence Development to Self-Adjustment Abilities of 1st Grade and 5th Grade Students. The development of independence and adaptation ability is an important thing and must be passed by every student’s development. In this study, research was conducted on 5th grade students and 1st grade student. The result is the 5th grade student had better development of independence and self-adjustment abilities than 1st grade student.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 KREMBUNG PADA MASA PANDEMI Fiani Wulan Saputri, Okta; Tirtoni, Feri
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 7 No. 02 (2021): Volume 07, Nomor 02, Desember 2021
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36989/didaktik.v7i02.197

Abstract

Penerapan penggunaan media pembelajaran ICT bertujuan untuk menggiring siswa agar berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran secara online sehingga diharapkan dari keaktifan tersebut dapat memberikan kesan belajar yang bermakna dan dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan secara online dengan populasi seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Krembung yang berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Instrumen penelitian ini menggunakan tes berupa soal pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Teknik pengumpulan data dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum adanya perlakuan (Pretest) dan sesudah adanya perlakuan (Posttest). Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan teknik uji N- Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 29,2 yaitu dari nilai rata-rata pretest sebesar 55 dan nilai rata-rata posttest sebesar 84,2. Dari rata-rata kedua tes tersebut dilakukan perhitungan menggunakan uji N-Gain yang diperoleh skor sebesar 0,64. Berdasarkan kategorisasi uji N-Gain, skor 0,64 merupakan pengaruh kategorisasi sedang. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Penggunaan media pembelajaran ICT berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Muhammadiyah 1 Krembung.
PENGARUH PEKERJAAN ORANG TUA TERHADAP CITA-CITA ANAK Try, Nadia; Rustini, Tin; Wahyuningsih, Yona
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 7 No. 02 (2021): Volume 07, Nomor 02, Desember 2021
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36989/didaktik.v7i02.201

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pekerjaan orang tua terhadap cita-cita anak. jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif korelasional. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV B SDN Sukalarang Kab Sukabumi yang berjumlah 48 siswa dengan responden yang diambil yaitu sebanyak 18 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan langsung kepada siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji statistik non parametrik Chi-square dengan taraf signifikasi 0,05. Berdasarkan penelitian yang dilakukan hasil menunjukkan bahwa pekerjaan orang tua sama sekali tidak berpengaruh terhadap cita-cita anak. Anak-anak memiliki keinginan dan juga keputusannya sendiri terhadap cita-citanya.
PENERAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS MICROSOFT SWAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS Sadat, Anwar; Herliyani, Wati; Wijaya, Handri
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 7 No. 02 (2021): Volume 07, Nomor 02, Desember 2021
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36989/didaktik.v7i01.202

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam belajar matematika yang disebabkan oleh kurangnya contoh yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru memiliki peranan yang amat penting dalam mencapai keberhasilan pembelajaran peserta didik. Namun saat ini sedang terjadi pandemi COVID-19 yang berdampak pada sektor pendidikan yang mengharuskan penutupan sementara lembaga pendidikan, mengakibatkan pembelajaran dilaksanakan melalui pembelajaran jarak jauh. Salah satu pembelajaran jarak jauh yang dapat diterapkan guna menciptakan kondisi belajar yang efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan khususnya dalam pembelajaran matematika yaitu dengan pembelajaran jarak jauh berbasis microsoft sway. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, serta mengetahui kemandirian belajar peserta didik setelah memperoleh pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran jarak jauh berbasis microsoft sway. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode ex post facto. Sampel penelitian ini adalah kelas VII G MTsN 3 Subang yang berjumlah 32 orang, namun karena sampel tidak memberikan respon terhadap test yang diberikan (sampel hilang) maka sampelnya menjadi berjumlah sembilan orang. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebanyak empat butir soal dan non tes yang digunakan berupa angket kemandirian belajar yang terdiri dari 30 butir pernyataan. Perhitungan pengolahan data menggunakan software Statistical Product and Solution Services (SPSS) 17.0 for windows dengan pengambilan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan pembelajaran jarak jauh berbasis microsoft sway paling sedikit pada kategori sedang, dan kemandirian belajar peserta didik terhadap pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran jarak jauh berbasis Microsoft sway berada pada kategori mandiri.
ANALISIS POLA PENYAJIAN DESKRIPSI PADA NOVEL “SURAT KECIL UNTUK TUHAN” KARYA AGNES DAVONAR SEBAGAI ALTERNATIF PEMILIHAN BAHAN AJAR KELAS XII Danengsih; Nurhayatin, Titin; Rustandi, Adi
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 7 No. 02 (2021): Volume 07, Nomor 02, Desember 2021
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36989/didaktik.v7i02.204

Abstract

The author analyzed the pattern of presenting descriptions in the novel "Surat Kecil untukTuhan" by Agnes Davonar. The purpose of this study is to describe the pattern of presentation of static descriptions, patterns of presentation of moving descriptions, patterns of presentation of outline descriptions, and describing the results of studies on the pattern of presentation of descriptions in the novel "Surat Kecil untuk Tuhan" by Agnes Davonar can be used as a teaching material Indonesian for class XII learners based on the 2013 Curriculum. The research method use is descriptive qualitative method. Therefore, the data obtained in this study are not in the form of numbers, but in the form of descriptions or narratives. The results showed that in the novel "Surat Kecil untuk Tuhan" by Agnes Davonar, there were 9 patterns of description presentation including, 5 static patterns, 3 moving patterns, and 1 skeleton pattern. The results also showed that based on the results of the analysis of the suitability of study materials with the demands of the curriculum, the novel “Surat Kecil untuk Tuhan” can the results of the study have been validated by experts and declared worthy of use as teaching materials.
ANALISIS PRAGMATIS TERHADAP TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM NOVEL RANTAU 1 MUARA KARYA AHMAD FUADI DAN KESESUAIANNYA DENGAN TUNTUTAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA Winarni Sutaryat, Venida; Pertiwi Hidayati, R. Panca; Cania Puspita, Yeni
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 7 No. 02 (2021): Volume 07, Nomor 02, Desember 2021
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36989/didaktik.v7i01.205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tindak tutur ilokusi yang terkandung dalam novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi dengan menganalisis dan melihat kesesuaiannya dengan tuntutan bahan ajar bahasa Indonesia Kelas XII di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang mendeskripsikan hasil analisis secara naratif. Sumber data dalam analisis ini adalah novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi dan beberapa buku penunjang penelitian. Adapun hasil analisis tindak tutur ilokusi ini mengandung lima jenis tindak tutur diantaranya, 40 tuturan yang menunjukkan tindak tutur asertif berupa kalimat komunikatif “menyatakan” sebanyak 29 kalimat, “mengeluh” sebanyak 11 kalimat, 78 tuturan yang menunjukkan tindak tutur direktif dengan kalimat tuturan komunikatif “memesan” sebanyak 6 kalimat, “menasihati” sebanyak 2 kalimat, “memerintah” sebanyak 30 kalimat, “menyarankan” sebanyak 22 kalimat, “memohon” sebanyak 15 kalimat, dan “merekomendasi” sebanyak 2 kalimat, 37 tuturan yang menunjukkan ekspresif dengan tuturan kalimat komunikatif “memuji” sebanyak 7 kalimat, “permintaan maaf” sebanyak 13 kalimat, “berterima kasih” sebanyak 12 kalimat, “memberi selamat” sebanyak 4 kalimat, dan “berbelasungkawa” sebanyak 1 kalimat, 11 tuturan yang menunjukkan komisif dengan tuturan kalimat komunikatif “mengancam” sebanyak 2 kalimat, “berjanji” sebanyak 5 kalimat, dan “menawarkan” sebanyak 4 kalimat, 3 tuturan yang menunjukkan deklarasi dengan tuturan kalimat komunikati “mengucilkan” sebanyak 2 kalimat, dan “berpasrah” sebanyak 1 kalimat. Hasil analisis ini selanjutnya disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013 yang berisi Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI). Selain itu, disesuaikan juga dengan kriteris bahan ajar yang dinilai berdasarkan aspek bahasa dan aspek psikologi. Kata Kunci: Analisis, tindak tutur ilokusi, novel, bahan ajar.
ANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI PADA SURAT KABAR PIKIRAN RAKYAT SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR KELAS XI SMA Iit Lita Apriani; Dindin Zaenal Muhyi; Adi Rustandi
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 7 No. 02 (2021): Volume 07, Nomor 02, Desember 2021
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36989/didaktik.v7i01.209

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memberikan solusi bagi permasalahan dalam pembelajaran, salah satunya kesulitan guru dalam memilih atau menentukan bahan ajar yang tepat bagi peserta didik. Selain itu kesulitan peserta didik untuk membedakan teks eksplanasi dengan teks lain turut menjadi permasalahan. Penelitian ini diharapkan mampu memberi solusi mengenai pemilihan bahan ajar yang bervariasi serta sesuai dengan pembelajaran teks eksplanasi di SMA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi yang terdapat dalam surat kabar Pikiran Rakyat sebagai alternatif pemilihan bahan ajar teks eksplanasi di kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 10 teks eksplanasi yang berasal dari surat kabar Pikiran Rakyat. Data penelitian yang didapatkan berupa hasil analisis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi sebagai berikut. Pertama, struktur teks eksplanasi di antaranya judul, pernyataan umum, urutan proses terjadinya fenomena, dan penutup. Kedua, kaidah kebahasaan teks eksplanasi di antaranya konjungsi temporal dan konjungsi kausalitas. Ketiga, bahan ajar teks eksplanasi yang didasarkan pada hasil analisis yang telah dilakukan, dan dapat digunakan dalam pembelajaran materi teks eksplanasi di kelas XI SMA.
PENGARUH PENERAPAN METODE KARYA WISATA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS IV SDK ONA TAHUN AJARAN 2021/2022 EL Puang, Desi; Suprianti Weka, Floyani
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Vol. 7 No. 02 (2021): Volume 07, Nomor 02, Desember 2021
Publisher : STKIP Subang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36989/didaktik.v7i02.213

Abstract

Hasil belajar IPS yang dicapai siswa kelas IV SDK Ona tergolong rendah. Hal ini dipengaruhi oleh penggunaan metode yang tidak bervariasi dari guru dimana guru kelas IV lebih dominan menggunakan metode ceramah tanpa ada bantuan metode lain. Pada pembelajaran seperti ini siswa menjadi pasif dan suasana kelas menjadi tidak kondusif. Hasil dari keadaan ini mengakibatkan masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Dari 15 siswa terdapat 6 siswa saja yang mencapai KKM (40%) dan 9 siswa (60%) yang belum mencapai KKM. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode karya wisata terhadap hasil belajar IPS materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas IV SDK Ona. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen pre-eksperimental (Nondesigns) tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan metode karya wisata terhadap hasil belajar IPS materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas IV SDK Ona. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest adalah 76,29 dimana hasil ini meningkat setelah penerapan metode karya wisata dibandingkan dengan rata-rata nilai pretest 61,14. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh penerapan metode karya wisata terhadap hasil belajar IPS materi jenis-jenis pekerjaan dengan thitung > ttabel dengan perolehan 8,739 > 1,753. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode karya wisata terhadap hasil belajar IPS materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas IV SDK Ona.