cover
Contact Name
Made Aristia Prayudi
Contact Email
prayudi.acc@gmail.com
Phone
+6287853849167
Journal Mail Official
kmendrawan.sp@gmail.com
Editorial Address
Jalan Udayana 11 (Kampus Tengah) Singaraja, Bali, Indonesia
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Bisma: Jurnal Manajemen
ISSN : -     EISSN : 27146782     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/bjm.v6i1
Bisma: Jurnal Manajemen is a scientific journal published by the Management Department of the Faculty of Economics, Ganesha University of Education which aims to publish articles on empirical and theoretical studies in the field of Human Resource Management, Financial Management, Marketing Management, Strategic Management, Organizational Behavior, Operations Management, Change Management, Management of Sharia, Knowledge Management, Entrepreneurship, E-Business, and Capital Market
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2019)" : 9 Documents clear
FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FUTURE CULTURE DI SINGARAJA Ketut Yudistira Arli Prasetya; I Nengah Suarmanayasa; Ni Nyoman Yulianthini
Bisma: Jurnal Manajemen Vol. 5 No. 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/bjm.v5i2.22008

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1)Faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian pada Future Culuture, dan (2) Faktor yang paling dominan menentukan keputusan pembelian pada Future Culture. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif berupa jenis atau bentuk penelitian yang menggunakan perhitungan-perhitungan statistik yang dilaksanakan melalui pengumpulan data lapangan pada konsumen yang berbelanja di Future Culture. Data dikumpulkan dengan kuesioner, dan dianalisis dengan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian di Future Culture yaitu produk terdiri dari variabel kemampuan daya beli, kualitas produk, kesesuain harga, citra merek, desain produk, tren masa kini, dan iklan. Faktor psikologis terdiri dari variabel kepercayaan, kebutuhan pakaian, refrensi dari teman dan akses toko.Faktor promosi yang terdiri dari selera dan variasi harga.Faktor yang paling dominan menentukan keputusan pembelian adalah faktor produk dengan nilai eigenvalue sebesar 3,716
PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA BPJS KESEHATAN DI KOTA SINGARAJA Kadek Iin Listyana Dewi; Ni Nyoman Yulianthini; Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi
Bisma: Jurnal Manajemen Vol. 5 No. 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/bjm.v5i2.22011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh parsial sepuluh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, (2) pengaruh simultan sepuluh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan BPJS Kesehatan di kota Singaraja. Desain penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini adalah pelanggan BPJS Kesehatan di kota Singaraja yang berusia minimal 18 tahun. Dari perhitungan yang telah dilakukan, banyaknya responden yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 65 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument berupa kuesioner yang memiliki total 13 pernyataan, kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) dimensi bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya yaitu dimensi kompetensi, mengakses, sikap sopan dan santun, komunikasi, serta keamanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (2) secara simultan sepuluh dimensi kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. XL AXIATA CABANG SINGARAJA Putu Berliana Olivia Nirmala Yanthi; I Putu Gede Parma; Komang Krisna Heryanda
Bisma: Jurnal Manajemen Vol. 5 No. 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/bjm.v5i2.22013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh disiplin kerja dan motivasi terhadap kinerja karyawan, (2) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan, (3) pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT. XL Axiata Tbk. Cabang Singraja.Berdasarkan karakteristik masalah yang diteliti maka penelitian ini menggunakan penelitian desain penelitian kuantitatif kausal.Subjek dalam penelitian ini adalah PT. XL Axiata Tbk. Cabang Singaraja. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah disiplin kerja, motivasi kerja, dan kinerjakaryawan.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. XL Axiata Tbk. Cabang Singaraja dengan jumlah seluruh karyawan yaitu 37 orang dimana karyawan di bagian sales 22 orang, di bagian promo 5 orang, di bagian activation 4 orang, dibagian umum 3 orang, di bagian keuangan 3 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda yang dibantu program Statistical Product and Service Solution versi 22. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) disiplin kerja dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (2) disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan (3) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI Sartika Ayu Adiwantari; I Wayan Bagia; Ni Made Suci
Bisma: Jurnal Manajemen Vol. 5 No. 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/bjm.v5i2.22018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (1) gaya kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai, (2) gaya kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja pegawai, (3) gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai, dan (4) kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal. Subjek penelitian adalah pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng dan objeknya adalah gaya kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja dan kinerja. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng sejumlah 85 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan (1) gaya kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai, 2) gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja pegawai, (3) gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai, dan (4) kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng.
PENGARUH KOMPENSASI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. INDO BALI NEGARA Eka Bayu Purnawati; Komang Krisna Heryanda; Putu Indah Rahmawati
Bisma: Jurnal Manajemen Vol. 5 No. 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/bjm.v5i2.22019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh sebagai berikut, (1) kompensasi dan pengalaman kerja terhadap kinerja, (2) kompensasi terhadap kinerja, (3) pengalaman kerja terhadap kinerja. populasi yang dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja pada PT Indo Bali Negara yang berjumlah 39 orang karyawan. Berdasarkan karakteristik masalah yang diteliti maka penelitian ini menggunakan desain penelitian kuntitatif kausal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu pencatatan dokumen dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompensasi dan pengalaman kerja berpengaruh terhadap kinerja, kompensasi berpengaruh terhadap pengalaman kerja, kompensasi berpengaruh terhadap kinerja, dan pengalaman kerja berpengaruh terhadap kinerja.
PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN Ni Kadek Ayu Dwiyanti; Komang Krisna Heryanda; Gede Putu Agus Jana Susila
Bisma: Jurnal Manajemen Vol. 5 No. 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/bjm.v5i2.22020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan, (2) kompetensi terhadap kinerja karyawan, (3) motivasi kerja terhadap kinerja karyawan, (4) kompetensi terhadap motivasi kerja karyawan pada PD. BPR Bank Buleleng 45. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PD. BPR Bank Buleleng 45 dan objeknya adalah kompetensi, motivasi kerja, dan kinerja karyawan. Populasi penelitian ini berjumlah 51 karyawan semuanya dijadikan unit pengamatan, sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi. Data dikumpulkan dengan kuesioner, pencatatan dokumen, wawancara langsung dan analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kompetensi dan motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan dengan. (2) Kompetensi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. (3) Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. (4) Kompetensi berpengaruh positif terhadap motivasi kerja karyawan pada PD. BPR Bank Buleleng 45.
PENGARUH PERSONAL SELLING AGEN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NASABAH PADA PT.SUN LIFE FINANCIAL CABANG PEMARON A.YANI I Dewa Ayu Gede Diyah Saraswati; Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi; Gede Putu Agus Jana Susila
Bisma: Jurnal Manajemen Vol. 5 No. 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/bjm.v5i2.22021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh (1) personal selling agen dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian, (2) personal selling terhadap keputusan pembelian, (3) kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kuantitatif kausal. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi berganda dengan uji asumsi klasik. Sampel dalam penelitian ini yaitu nasabah PT.Sun Life Financial Cabang Pemaron yang membeli minimal dua program yang berbeda maupun sejenis dengan melibatkan 94 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan simultan dari personal selling dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0,785; ada pengaruh signifikan parsial dari personal selling terhadap keputusan pembelian sebesar 0,445; dan ada pengaruh signifikan parsial dari kualitas produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0,173. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya proses personal selling yang baik dan kualitas produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah akan berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih asuransi.
PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTY DAN REAL ESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA Rosita Dewi; Made Suci; AA. Ngurah Yudha Martin Mahardika
Bisma: Jurnal Manajemen Vol. 5 No. 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/bjm.v5i2.22022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dan likuiditasterhadap struktur modal secara simultan maupun parsial. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal dan sumber data yaitu data sekunder.Subjek penelitian ini adalah perusahaan sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan objek penelitian adalah profitabilitas, likuiditas dan struktur modal. Data dikumpulkan dengan teknik pencatatan dokumen.Sampel dalam penelitian ini yaitu data keuangan dari 18 perusahaan selama 2 tahun yang di dapat dengan teknik purposive sampling. Kemudian dianalisis dengan analisis regresilinier berganda menggunakan program SPSS 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) profitabilitas dan likuiditas berpengaruh signifikanterhadap struktur modal dengan besar sumbangan pengaruh yaitu 92,5%, (2)profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikanterhadap struktur modal sebesar38,2%, (3) likuiditas berpengaruh negatif dan signifikanterhadap struktur modal sebesar 6,7%.
PENGARUH ROA DAN ROE SERTA EPS TERHADAP HARGA SAHAM SEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR DI BEI Ni Komang Santi Ani; Trianasari Trianasari; Wayan Cipta
Bisma: Jurnal Manajemen Vol. 5 No. 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/bjm.v5i2.22023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh return on asset, return on equity dan earning per share terhadap harga saham secara simultan maupun parsial. Desain penelitian yang digunakan kuantitatif kausal. Subjek pada penelitian ini adalah perusahaan sub sektor farmasi, dan objek penelitian adalah return on asset, return on equity dan earning per share dan harga saham. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen, kemudian dianalisis dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) return on asset, return on equity dan earning per share berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan sumbangan pengaruh sebesar 75,1%, (2) return on asset berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham dengan sumbangan pengaruh sebesar 5,8%, (3) return on equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham dengan sumbangan pengaruh sebesar 24,2%, (4) earning per share berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham dengan sumbangan pengaruh sebesar 11,2%.

Page 1 of 1 | Total Record : 9