cover
Contact Name
Made Aristia Prayudi
Contact Email
prayudi.acc@gmail.com
Phone
+6287853849167
Journal Mail Official
kmendrawan.sp@gmail.com
Editorial Address
Jalan Udayana 11 (Kampus Tengah) Singaraja, Bali, Indonesia
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Bisma: Jurnal Manajemen
ISSN : -     EISSN : 27146782     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/bjm.v6i1
Bisma: Jurnal Manajemen is a scientific journal published by the Management Department of the Faculty of Economics, Ganesha University of Education which aims to publish articles on empirical and theoretical studies in the field of Human Resource Management, Financial Management, Marketing Management, Strategic Management, Organizational Behavior, Operations Management, Change Management, Management of Sharia, Knowledge Management, Entrepreneurship, E-Business, and Capital Market
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2020)" : 8 Documents clear
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI AIR MINUM KEMASAN YEH BULELENG (Studi Kasus di Kabupaten Buleleng) Komang Endrawan Sumadi Putra
Bisma: Jurnal Manajemen Vol. 6 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/bjm.v6i1.24262

Abstract

Sebagai perusahaan yang memproduksi air minum kemasan Yeh Buleleng, PT Tirta Mumbul Jaya Abadi berusaha mengimplementasikan bauran pemasaran untuk mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan Yeh Buleleng. Namun melihat market share  air minum kemasan Yeh Buleleng yang masih kalah dengan air minum kemasan Aqua menjadikan pertanyaan besar bagi manajemen PT Tirta Mumbul Jaya Abadi sampai sejauh mana pengaruh masing-masing bauran pemasaran tersebut terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan Yeh Buleleng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan Yeh Buleleng. Teknik dalam penentuan anggota sampel menggunakan dua teknik secara berurutan yaitu: cluster sampling dan proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan saluran distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan Yeh Buleleng. Secara simultan juga dapat diketahui bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan Yeh Buleleng. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dapat diketahui bahwa variabel saluran distribusi lebih berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum kemasan Yeh Buleleng.
PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, MODAL BANK, BUNGA KREDIT, BUNGA SBI DAN KREDIT PERIODE SEBELUMNYA TERHADAP KREDIT YANG DIBERIKAN BANK UMUM I Nengah Suarmanayasa
Bisma: Jurnal Manajemen Vol. 6 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/bjm.v6i1.24388

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh dana pihak ketiga, modal bank, bunga kredit modal kerja, bunga SBI dan kredit periode sebelumnya baik secara simultan maupun parsial terhadap jumlah kredit yang diberikan bank umum di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data dalam bentuk data triwulanan yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah metode dokumentasi, selanjutnya dilakukan analisis data dengan model regresi linear berganda. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) dana pihak ketiga, modal bank, bunga kredit modal kerja, bunga SBI dan kredit periode sebelumnya secara simultan berpengaruh signifikan terhadap jumlah kredit yang diberikan; 2) dana pihak ketiga dan jumlah kredit periode sebelumnya secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah kredit yang diberikan, 3) bunga SBI secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap jumlah kredit yang diberikan; 4) Modal bank dan bunga kredit modal kerja tidak berpengaruh terhadap jumlah kredit  yang diberikan bank umum di Indonesia.
Efek Moderasi Dukungan Sosial Dalam Hubungan Konflik Pekerjaan Keluarga Dengan Stres Kerja Dosen Wanita Di Fakultas Ekonomi Undiksha Dwi Ariani
Bisma: Jurnal Manajemen Vol. 6 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/bjm.v6i1.24398

Abstract

This study aims to determine the moderating effect of providing social support in the relationship of family work conflict with work stress of female lecturers at the Faculty of Economics Undiksha. Respondents from this study were 28 female lecturers who were married. The method used is the distribution of questionnaires and in-depth interviews. The results of the data tabulation were analyzed by the ANOVA method using SPSS version 17 for windows. The results of the analysis showed that the conflict of family work affected the stress of female lecturers at the Faculty of Economics Undiksha. The results of the moderation analysis found that social support provided to female lecturers, both low social support and high social support, was able to reduce the stress experienced by female lecturers at the Faculty of Economics Undiksha
PERAN NORMA SUBYEKTIF DAN MOTIVASI PENGUSAHA PADA KEPUTUSAN PEMBIAYAAN UTANG UKM Made Suci
Bisma: Jurnal Manajemen Vol. 6 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/bjm.v6i1.24402

Abstract

This study aims to examine the effect of subjective norm on debt decisions of SME entrepreneurs both directly and through mediation of the achievement motivation of entrepreneurs. The study was conducted on handicraft SMEs in Bali Province with a total sample of 180 entrepreneurs who were determined by purposive sampling.Data collection by questionnaire then analyzed by SEM-PLS. The results of this study that 1) subjective norm has no effect on the debt decisions of SME entrepreneur’s 2) entrepreneur’s achievement motivation has a positive and significant effect on SME debt decisions, 3)Sujective norm has no effect on entrepreneur achievement motivation 6) achievement motivation no mediates the influence of entrepreneur’s subjective norm to the debt decisions of SME contexts
KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN DAN SWITCHING BARRIER SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDUSTRI JASA ASURANSI DI BALI Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi; Ni Nyoman Yulianthini
Bisma: Jurnal Manajemen Vol. 6 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/bjm.v6i1.24404

Abstract

Sebagai pengembangan dari penelitian yang dilakukan oleh Andres Kuusik, (2007), tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris hipotesis-hipotesis tentang pengaruh kepuasan pelanggan, citra perusahaan, switching barrier, dan loyalitas pelanggan  pada industri jasa asuransi. Penelitian ini menemukan bahwa loyalitas nasabah dari jasa asuransi dipengaruhi secara langsung oleh kepuasan pelanggan setelah melakukan pembelian. Sementara image/citra perusahaan dan switching barrier akan mempengaruhi loyalitas pelanggan jasa asuransi. Hasil lain juga menunjukkan bahwa konsistensi hubungan kepuasan pelanggan tidak menimbulkan konsumen untuk berpindah tetapi kepuasan pelanggan terhadap industri jasa asuransi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil analisis tersebut berguna untuk menjelaskan hubungan yang terjadi di antara kepuasan pelanggan, terhadap image dan switching barrier serta hubungan antara kepuasan pelanggan, image dan switching barrier terhadap loyalitas pelanggan. Wawasan yang didasarkan pada hasil penelitian ini akan banyak membantu dalam memecahkan masalah dan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan program pemasaran jasa, dan menerapkan strategi kualitas terbaik sebagai strategi kunci dalam menetapkan secara efektif dipasar  Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer, data primer diperoleh dengan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan dengan purposive sampling, jumlah responden dalam penelitian sebanyak  185 nasabah asuransi di Bali, Model diuji dengan menggunakan two-step approach to structural equation modeling (SEM)
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PADA RATU HOTEL (EX. QUEEN HOTEL) DENPASAR DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI INTERVENING Komang Ary Pratiwi; I Wayan Suartina; Dewa Nyoman Benni Kusyana; Ida Ayu Made Sasmita Dewi
Bisma: Jurnal Manajemen Vol. 6 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/bjm.v6i1.24405

Abstract

Bisnis hotel adalah salah satu industri yang mengalami perkembangan paling cepat di wilayah Denpasar-Bali. Banyaknya pesaing menyebabkan pentingnya mendapatkan pelanggan setia ke arah hotel. Loyalitas dapat dipengaruhi oleh kualitas layanan dan kepuasan pelanggan saat menginap di hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, kepuasan pelanggan terhadap loyalitas.Alat analisis data pada penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas, kualitas layanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas, kualitas layanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening.Implikasi manajerial dari hasil penelitian adalah bahwa manajemen Hotel Ratu harus difokuskan pada kualitas layanan hotel yang terdiri dari faktor bukti fisik, kompetensi, kekuatan persepsi, garansi, dan empati untuk mencapai kepuasan dan kesetiaan pelanggan yang menginap di Hotel tersebut.
STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) UNTUK PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK MEBEL DI UD. IHTIAR JAYA Ricki Elyas; Wiwik Handayani
Bisma: Jurnal Manajemen Vol. 6 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/bjm.v6i1.24415

Abstract

The influence of globalization in the industrial world today has led to intense and competitive competition between companies. UD. Ihtiar Jaya is a manufacturing company engaged in furniture, especially those made from teak wood. The company serves retail product sales, as well as servicing or renovating various types of furniture. To be able to produce good quality, quality control activities are carried out. This research aims to determine the number of defective furniture products and the most dominant type of defects at UD. Ihtiar Jaya, to analyze the implementation of quality control at UD. Jaya Jaya uses Statistical Process Control in an effort to reduce the number of defective products, and to identify what factors cause damage/defects in products manufactured by UD. Ihtiar Jaya.In this research, the sample used was the number of defects in furniture products at UD. Ihtiar Jaya in 2018. The technique of determining this sample uses purposive sampling. This research uses the Statistical Process Control method, namely check sheet, pareto diagram, control chart, and fishbone diagram.Based on the results of the check sheet, it was concluded that the average product defect was 10.38% per month. From the results of the Pareto diagram can be seen that the highest level of defects is scratched with a total of 104 units or 61.18% of the total defective products in 2018. While the results of the control chart that have been made can be seen that the quality control is not controlled and not in accordance with standards. From the results of fishbone diagram concluded that the factors that cause product defects are human factors, production machinery, materials, work methods, and work environment.
MODEL MANAJEMEN LABORATORIUM KEWIRAUSAHAAN FAKULTAS EKONOMI I Wayan Bagia
Bisma: Jurnal Manajemen Vol. 6 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/bjm.v6i1.24425

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskriptif tentang Model Manajemen Laboratorium Kewirausahaan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Pendidikan Ganesaha (Undiksha) yang ada sekarang dan yang terpadu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan populasinya adalah dosen, pimpinan jurusan dan fakultas, mahasiswa FE Undiksha, dan stakeholder. Dalam menentukan jumlah responden sebagai sumber data maka pengembilan responden secara: populasi dilakukan pada dosen, pimpinan jurusan dan fakultas; mahasiswa jurusan menggunakan sampel dengan teknik stratified random random sampling yang alokasinya proporsional; serta pada stakeholder dengan menggunakan teknik propursive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara terstruktur, pencatatan dokumen, dan diskusi kelompok fokus. Kemudian data dianalisis secara deskriptif. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Manajemen Laboratorium Kewirausahaan FE Undiksha yang ada sekarang ini belum perpadu karena laboratoriun kewirausahaan masih menjadi milik prodi dan kelola dengan pola manajemen yang tidak jelas aspek perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya. Ke depannya disepakati bahwa FE Undiksha diharapkan memiliki Model Manajemen Laboratorium Kewirwusahaan Terpadu yang memiliki 5 divisi, yaitu divisi (1) kreatif, (2) litbang, (3) diklat, (4) kerja sama dan humas penyandang dana (dudi, prodi/fakultas, universitas), dan (5) klinik konsultasi usaha dengan pola manajemen yang jelas baik dari fungsi perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 8