cover
Contact Name
Firman Yasa Utama
Contact Email
firmanutama@unesa.ac.id
Phone
+6281330677771
Journal Mail Official
subuhisnur@unesa.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik Gedung E1 Kampus UNESA Ketintang Surabaya Universitas Negeri Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET)
ISSN : -     EISSN : 26232464     DOI : http://dx.doi.org/10.26740/inajet
Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET) is a scientific journal that publishes peer-reviewed research papers in the fields of Engineering and Technology, both theoretical, experimental, and application studies, including: Electrical Engineering, Mechanical Engineering, Informatics, Industrial Engineering, Civil Engineering.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2020): April 2020" : 5 Documents clear
Rancang Bangun Human Mechanic Interface Autonics Logic Panel S070 Sebagai Media Belajar dan Pembelajaran Instalasi Motor Listrik Fendi Achmad; Subuh Isnur Haryudo; Daeng Rahmatullah
Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET) Vol. 2 No. 2 (2020): April 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/inajet.v2n2.p50-56

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat, berdampak langsung pada perkembangan media pembelajaran. Oleh karena itu, aplikasi media pembelajaran, merupakan terobosan  dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian yang dilakukan di Universitas Negeri Surabaya ini, bertujuan untuk mengetahui unjuk kerja, dan kelayakan Media Pembelajaran Trainer Human Mechanic Interface Auotonics S070 pada mata kuliah Instalasi Motor Listrik. Penelitian Research and Development, dengan objek Trainer Human Mechanic Interface Auotonics S070 ini dilakukan melalui tahapan sebagai berikut: (1) analisis; (2) desain; (3) implementasi; (4) validasi; (5) pengujian; dan (6) ujicoba dalam pembelajaran di dalam kelas. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi: (1) pengujian dan pengamatan unjuk kerja Trainer Human Mechanic Interface Auotonics S070; (2) melalui angket untuk mengetahui respon peserta didik sebanyak 30; dan (3) uji kelayakan dan uji konstruk terhadap Trainer Human Mechanic Interface Auotonics S070 dilakukan oleh dua orang ahli media pembelajaran. Uji kelayakan terhadap Trainer Human Mechanic Interface Auotonics S070, diperoleh hasil: (1) uji terhadap isi media, oleh ahli media pembelajaran, diperoleh kategori sangat layak dengan persentase sebesar 89,58%, (2) uji terhadap konstruk media, diperoleh kategori sangat layak dengan persentase sebesar 87,08%; dan (3) uji coba media dalam pembelajaran terhadap 30 mahasiswa diperoleh skor sebesar 83,04% dengan kategori sangat layak.
Sistem Penyiraman Tauge Menggunakan Sumber Tenaga Hybrid Angin Dan Matahari Rakhmad Agus Arrashid; Subuh Isnur Haryudo; Widi Aribowo; Ibrohim Ibrohim
Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET) Vol. 2 No. 2 (2020): April 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/inajet.v2n2.p36-41

Abstract

Tauge atau orang awam biasa menyebutnya kecambah sangat mudah cara pembuatannya, Pekerjaan yang sangat susah dan menjadi persoalan adalah prosedur penyiramannya yang dilakukan petani tauge tiap 4 jam sekali untuk memperoleh hasil tauge yang berkualitas. Proses penyiraman dimulai ketika suhu tanaman kacang hijau mencapai 35 ËšC dan berhenti ketika suhu pada 30 C. Oleh karena itu, diperlukan alat yang dapat menyiram kecambah secara otomatis untuk menjaga suhu akurat pada suhu 30 C. Jadi, pada proyek akhir ini dibuat sebuah sistem penyiram tauge otomatis menggunakan mikrokontroler arduino uno sebagai pengendali motor pada saat penyiraman tauge. Selain itu, sumber energi matahari (Fotovoltaik) dan angin (Turbin angin) digunakan sebagi produksi listrik dari sumber energi alternatif pada sistem penyiram tauge. Namun, perubahan cuaca yang tidak menentu membuat turbin angin skalakecil yang terhubung ke jaringan dan sistem fotovoltaik tidak diragukan lagi akan mempengaruhi masalah kualitas daya. Dalam artikel ini pengukuran daya yang dihasilkan oleh sistem tenaga hybrid (tenaga angin dan tenaga matahri) untuk menentukan sejauh mana error yang dihasilkan antara perhitungan dengan hasil pengukuran. Variable pengukurannya adalah tegangan, arus, intensitas cahaya, dan kecepatan angin. Pengujian sistem tenaga hybrid yaitu tenaga matahari (fotovoltaik) mampu menghasilkan total daya rata-rata 18.19 watt dengan nilai error 7.1 %, sedangkan pada tenaga angin (turbin angin) mampu menghasilkan total tegangan rata-rata 32,5 V dengan arus 0,216A dan nilai error 37,8 pada percepatan angin rata-rata 3 meter/sekon.
Bucket Elevator M2202 Maintenance di unit Phospat Acid PT. XXX Firman Yasa Utama; Caesario Zakaria Achmad
Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET) Vol. 2 No. 2 (2020): April 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/inajet.v2n2.p42-49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perawatan pada Bucket Elevator M2202 di unit phospat acid PT. XXX. Jenis perawatan yang digunakan adalah jenis perawatan terencana (preventive maintenance), perawatan berkala (predictive maintenance), perawatan dengan penggantian part (corrective maintenance), dan perawatan menyeluruh (breakdown maintenance). Ada empat tahap dalam produksi asam fosfat yaitu: 1)grinding unit; 2)reaction unit; 3)hydration unit; 4)concentration unit. Bucket Elevator M2202 berada pada unit grinding yang berfungsi untukmengangkut batu fosfat yang tidak lolos di screen F2202AB. Adapun pola perawatan yang ada dengan inspeksi harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah penggantian Bucket yang penyok dengan Bucket yang baru untuk mendukung kondisi Bucket Elevator M2202 tetap prima agar proses produksi tidak terhenti.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Kuliah Menggambar Bangunan Sipil Heri Suryaman
Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET) Vol. 2 No. 2 (2020): April 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/inajet.v2n2.p57-65

Abstract

Media video pembelajaran digunakan untuk mendukung dalam penyampaian materi dalam kegiatan perkuliahan online non tatap muka di masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media berbentuk video pembelajaran pada mata kuliah menggambar bangunan sipil yang digunakan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar mahasiswa dalam menggambar dengan aplikasi Autocad. Model pengembangan media video pembelajaran yang digunakan adalah model pengembangan dari metode 4-D (four D model) diadaptasi dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel (Thiagarajan, 1974) yang telah dimodifikasi dan rancangan ujicoba I dan II menggunakan one group pretest-postest design. Kelayakanperangkat media video pembelajaran ditelaah atau direview oleh validator. Kelayakan, keefektifan, keterlaksanaan, dan respon terhadap media video pembelajaran diujicobakan pada dosen dan mahasiswa secara online. Instrumen digunakan untuk mengumpulkan data-data penelitian, meliputi (1) hasil dari ujicoba kelayakan media video, (2) hasil ujicoba keefektifan media video, (3) hasil ujicoba keterlaksanaan media video, dan (4) hasil dari ujicoba media video terhadap respon implementasi pada pembelajaran di mata kuliah menggambar bangunan sipil. Setelah diperoleh data-data tersebut selanjutnya dilakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video dinyatakan layak digunakan, media video efektif digunakan dalam pembelajaran, implementasi dari ujicoba penerapan media video pembelajaran dapat meningkatkan proses dan hasil dalam menggambar bangunan sipil, terutama pada banagunanrumah 2 lantai menggunakan aplikasi Autocad, dan diperoleh hasil respon positif dari implementasi pembelajaran
Logika Fuzzy untuk Sistem Rekomendasi Peminatan Siswa Yeni Anistyasari; Reiza Mustika Noer
Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET) Vol. 2 No. 2 (2020): April 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/inajet.v2n2.p66-71

Abstract

Pemilihan bidang minat siswa dilakukan tanpa melalui penyaringan bakat atau alasan preferensi siswa.Sebagian siswa mengalami kegagalan dalam studi karena ketidaksesuaian pilihan bidang minat dengan bakat atau preferensi. Oleh karena itu, artikel ini mengajukan ide untuk menjaring bidang minat siswa berdasarkan nilai akademik siswa di jenjang sekolah sebelumnya. Sebuah sistem informasi berbasis web dikembangkan untuk mendukung penelitian tersebut. Sistem informasi tersebut divalidasi oleh dua orang ahli TI untuk memastikan fitur yang ada di dalamnya berfungsi dengan baik dan tidak termasuk pemborosan. Interaksi sistem dan pengguna diawali dengan kuesioner efikasi diri siswa yang harus diisi. Selanjutnya, nilai prestasi belajar juga dimasukkan ke dalam sistem. Hasil prestasi akademik siswa secara otomatis menggunakan metode Fuzzy Tahani dan dibandingkan dengan nilai kuesioner efikasi diri pada mata pelajaran produktif. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa hasil perhitungan metode Fuzzy Tahani dan efikasi diri siswa tidak ada perbedaan atau sama.

Page 1 of 1 | Total Record : 5