cover
Contact Name
Jurnal Tarbiyah Al-Awlad
Contact Email
jurnalalawlad@gmail.com
Phone
+6282389506600
Journal Mail Official
jurnalalawlad@gmail.com
Editorial Address
Prodi Pendidikan Guru Madarasah Ibtidauyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Jl. Prof Mahmud Yunus Lubuk Lintah, Kuranji Kota Padang Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Tarbiyah Al-Awlad
ISSN : 20868065     EISSN : 2723004X     DOI : https://doi.org/10.xxx/xxxx
Core Subject : Education,
Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ibtidaiyah
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2021): Volume 11 Nomor 1 (2021)" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV MIN 1 PADANG PARIAMAN Gusmaneli Gusmaneli; Nana Sepriayanti; Dian Permata Sari
Tarbiyah al-Awlad Vol 11, No 1 (2021): Volume 11 Nomor 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v11i1.2791

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih belum tersedianya Modul berbasis MEA yang berkaitan dengan kehidupan nyata peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga tidak ada penambahan wawasan dan pemahaman serta membuat pembelajaran masih bersifat monoton, bahan ajar yang digunakan guru hanya didasarkan pada sumber buku cetak. Pada saat pembelajaran terlihat bahwa minimnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik, disamping itu peserta didik hanya terbiasa mengerjakan soal yang didasarkan pada contoh soal saja. Salah satu usaha yang bisa dilakukan dengan menyediakan Modul berbasis MEA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu pendefenisian (define), perancangan (Desain), Pengembangan (Develop) dan  Penyebaran (Dissiminate).Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul berbasis MEA untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah  sangat valid dengan skor rata-rata 90,7% dan kepraktisan di kategorikan sangat praktis dengan skor rata-rata 90,95% ditinjau dari kepraktisan pendidik dan peserta didik. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa Modul berbasis MEA untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah sangat valid dan sangat praktis.
PENGARUH PREDIKAT PROFESIONALITAS GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK, MASA KERJA, DAN USIA TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DI MI KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG FAIZAH FAIZAH
Tarbiyah al-Awlad Vol 11, No 1 (2021): Volume 11 Nomor 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v11i1.2552

Abstract

Tujuan diadakannya uji sertifikasi adalah untuk menjadikan pendidik sebagai tenaga yang benar-benar profesional sehingga mampu meningkatkan kualitas SDM. Menggunakan metode survei kuesioner, dikuatkan dengan wawancara, observasi, penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh sertifikasi terhadap profesional kerja berdasarkan status sertifikasi, usia dan masa kerja. Hasil: pertama; sertifikasi tidak sepenuhnya berpengaruh terhadap perilaku profesional guru. Kedua; status sertifikasi belum dapat dijadikan jaminan keprofesionalan, guru yang sertifikasi dan nonsertifikasi belum memiliki perbedaan signifikan. Ketiga; guru bersertifikat dengan usia<40 lebih menonjol perilaku profesionalnya dibanding >40 tahun. Keempat; masa kerja <10 tahun lebih menunjukkan perilaku profesional dibanding >10 tahun
IMPLEMENTASI QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DARING PESERTA DIDIK DI SD 30 KOTA PADANG DALAM MASA PANDEMI COVID 19 Oktriza Mentari; Rendy Nugraha Frasandy
Tarbiyah al-Awlad Vol 11, No 1 (2021): Volume 11 Nomor 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v11i1.2512

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Quantum Teaching dalam untuk meningkatkan aktifitas belajar daring peserta didik di SD 30 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitiannya berupa observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan data yang telah diperoleh aktivitas belajar peserta didik daring pada siklus I aktivitas belajar peserta didik memiliki persentase 67,4% pada pertemuan pertama dan meningkat 73,4% pada pertemuan kedua, dengan kategori cukup. Pada Siklus II aktivitas belajar peserta didik memiliki persentase 80,1% pada pertemuan pertama dan meningkat 83,7% pada pertemuan kedua dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengimpleentasikan quantum teaching sebagai model pada pembelajaran tematik selama daring dirumah dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik Kelas di SD 30 Kota Padang.
ANALISIS PENERAPAN MEDIA BIG BOOK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA TINGKAT MI/SD Fifi Andriani; zulfahmi HB; Marhamah Marhamah
Tarbiyah al-Awlad Vol 11, No 1 (2021): Volume 11 Nomor 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v11i1.2778

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh  kurangnya minat membaca permulaan pada peserta didik di MI/SD. Hal ini disebabkan kurangnya penerapan media pembelajaran pada membaca permulaan di MI/SD, sehingga peserta didik kurang tertarik dalam membaca permulaan. Kurangnya ketertarikan peserta didik terhadap membaca permulaan menyebabkan proses pembelajaran menjadi monoton. Akibatnya tujuan pembelajaran tidak sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pembelajaran menggunakan media big book dan bagaimana peran media big book  dalam membantu membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan metode Library Research (kajian kepustakaan). Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data sekunder yang diperoleh dari bahan pustaka berupa buku-buku, jurnal, skripsi, dan artikel yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan bahan-bahan pustaka secara berkesinambungan dengan objek pembahasan yang diteliti. Teknik analisis data yaitu menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa  dalam pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media big book layak untuk digunakan oleh pendidik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi membaca permulaan. Penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu keefektifan pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pembelajaran. Selain membangkitkan motivasi dan minat peserta didik, media pembelajaran juga dapat membantu peserta didik meningkatkan pemahaman terhadap apa yang dipelajari. Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh Luh Evi Juli Artini, Mutiara Magta, Putu Rahayu Ujianti menyatakan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh, metode membaca dasar bermediakan big book terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelompok A. Data kemampuan membaca permulaan peserta didik dikumpulkan dengan menggunakan instrumen observasi, untuk menguji hipotesis data hasil penelitian digunakan dengan uji t.
DISTORSI NILAI PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN FUNGSI SURAU DI MINANGKABAU Abdal Fajri; Mahmud Mahmud
Tarbiyah al-Awlad Vol 11, No 1 (2021): Volume 11 Nomor 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v11i1.2569

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dekadensi moral yang telah menimpa hampir semua kalangan di Indonesia. Sistem pendidikan yang berorientasi pada kuantitas diduga menjadi salah satu penyebabnya. Pada kasus lokal minangkabau dahulu memiliki surau sebagai institus keagaaman yang terbukti telah mencetak generasi bangsa yang berkarakter yang dapat dibanggakan. Namun, perjalanannya sekarang mengalami banyak perubahan fungsi. Dalam tulisan ini penulis menganalisis sistem pendidikan karakter pendidikan agama Islam yang dijalankan di surau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab distorsi nila-nilai pendidikan surau di Minangkabau. Merupakan penelitian sejarah dalam bentuk studi literature dengan menggunakan metode analisis konsep. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga surau mengalami distrosi yang disebabkan oleh modernisasi Islam, kasus urbanisasi, gerakan pendidikan sekuler, munculnya pendidikan modern, dan karakter orang minang yang inklusif. Maka simpulan dalam penelitian ini didapati dua faktor yakni internal dan eksternal yang memicu perubahan nilai-nilai pendidikan surau di minangkabau.
Perbaikan Pembelajaran Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran IPA Pada Materi Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup di SDN 112225 Hadundung Kabupaten Labuhanbatu Selatan Eka Agus Setiani
Tarbiyah al-Awlad Vol 11, No 1 (2021): Volume 11 Nomor 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v11i1.2459

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan metode pembelajaran Talking stick. Untuk perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi ciri-ciri khusus makhluk hidup kelas 6 di SDN 112225 hadundung. Penelitian ini menggunakan refleksi pembelajaran guru. Penelitian ini dilakukan di SDN 112225 hadundung Kecamatan Kota Pinang Kabupaten LabuhanBatu Selatan pada mata pelajaran IPA. Subjek penelitian adalah siswa kelas 6, waktu penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2020 ( mulai dari kegiatan persiapan sampai pelaksanaan tindakan). Dari hasil penelitian penulis melakukan pengamatan sebanyak 2 siklus, yang difokuskan pada situasi kelas dan dilaksanakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, di mana pada tahap prasiklus masih banyak kekurangan dalam penyampaian materi dan metode yang digunakan tidak efektif dan efisien. Melihat kenyataan ini penulis membuat perbaikan pembelajaran pada tahap siklus I. Pada tahap ini peneliti melakukan perbaikan metode pembelajaran, agar Siswa lebih aktif dalam penerapan proses belajar, maka penulis melakukan perbaikan pembelajaran di siklus II dengan menggunakan metode pembelajaran Talking stick dan ternyata diperoleh hasil yang memuaskan. Untuk itu peneliti perbaikan pembelajaran diakhiri Pada siklus II.
METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (SD) Zulvia Trinova; Zainal Asril; Mina Muliana
Tarbiyah al-Awlad Vol 11, No 1 (2021): Volume 11 Nomor 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v11i1.2776

Abstract

Masih rendahnya kemampuan kreativitas peserta didik kerena pendidik belum menerapkan metode yang dapat melatih kemampuan kreativitas peserta didik. Maka dibutuhkan perbaikan proses pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan kreativitas peserta didik melalui metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) menggunakan Mind Mapping dalam meningkatkan kreativitas peserta didik di Sekolah Dasar (SD). Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) menggunakan mind mapping dalam meningkatkan kreativitas peserta didik di Sekolah Dasar (SD)”. Jenis penelitian ini studi kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpula data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan non tes, yaitu dengan menelusuri jurnal elektronik melalui Google Cendekia atau Google Scholar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian dari delapan jurnal yang digunakan, dapat disimpulkan bahwa dalam gambaran hasil metode CIRC dan metode mind mapping terhadap meningkatkan kreativitas peserta didik sangat membantu pendidik dalam proses pembelajaran dan pembelajaran lebih efektif. Langkah-langkah pembelajaran metode CIRC dan mind mapping dalam pembelajaran lebih berpusat kepada peserta didik, sehingga menciptakan suasana yang aktif.
ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DENGAN METODE RESOURCE BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR Habib Khalilur Rahman; Aninditya Sri Nugrahaeni
Tarbiyah al-Awlad Vol 11, No 1 (2021): Volume 11 Nomor 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v11i1.2387

Abstract

AbstrakKemampuan bahasa pada anak memiliki peran sangat penting di dalam kehidupannya, dengan berkembangnya kemampuan bahasanya, akan memudahkan anak untuk mengenal berbagai macam hal yang ada di lingkungan sekitarnya. Dalam proses pembelajaran kemampuan bahasa anak juga akan berpengaruh terhadap berlangsungnya pembelajaran, semakin baik kemampuan bahasa anak akan membuat proses pembelajaran akan lebih efektif dan berjalan dengan baik. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik perkembangan peserta didik merupakan kunci keefektifan pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengembangan bahasa dalam pembelaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode resource based learning pada anak usia sekolah dasar . Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode resource based learning dapat mengembangkan bahasa yang ada pada anak usia sekolah dasar. Metode Recource Based Learning dapat mengembangkan bahasa pada peserta didik dengan melatih peserta didik untuk mendengarkan dan memahami bahasa melalui sumber belajar yang digunakan baik itu buku, ataupun media audio visual yang digunakan oleh guru.
PENGUATAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI MODUL BERBASIS MODELLING THE WAY Misra Misra; Tiya Yulika Putri
Tarbiyah al-Awlad Vol 11, No 1 (2021): Volume 11 Nomor 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v11i1.2777

Abstract

Belum tersedianya modul IPA dalam aktivitas pembelajaran di tengah situasi Covid-19 telah membuat cakrawala dan wawasan berfikir peserta didik menjadi sempit dan cenderung monoton. Orientasi pembelajaran daring berlangsung kaku dan kurang fleksibel karena bahan ajar yang digunakan lebih banyak bersumber hanya pada buku cetak saja. Sehingga ada anggapan bahwa pelajaran IPA itu hanya sebatas hafalan belaka yang terkadang sangat membosankan. Tulisan ini bertujuan untuk menyibak bagaimana upaya pendidik, khususnya pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat memberikan penguatan pemahaman konsep terhadap pelajaran IPA dalam kehidupan nyata peserta didik. Maka upaya pengembangan modul berbasis Modelling The Way dijadikan salah satu solutif alternatifnya.  Metode yang digunakan adalah pengembangan dengan pendekatan Research & Development (R&D) melalui model pengembangan 4-D (Four D Models) yang terdiri dari 4 tahap,yaitu mulai dari pendefenisian (define), perancangan (Desain), Pengembangan (Develop) dan  Penyebaran (Dissiminate). Hasil pengembangan menunjukkan bahwa modul berbasis Modelling The Way ternyata sangat efektif bagi peserta didik dalam pemahaman konsep pada pembelajaran IPA, dengan skor rata-rata mencapai di atas 90%. Di samping itu, juga mampu memberikan penguatan dalam menunjang aktivitas belajar peserta didik selama masa pandemi covid-19 melalui pembelajaran daring dari rumah. Dengan begitu, berarti dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa modul berbasis Modelling The Way sangat efektif dalam memberikan penguatan  terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam mata pekajaran IPA pada Madrasah Ibtidaiyah (MI).
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN ALAT PERMAINAN KELERENG DENGAN STIK ES KRIM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI 34 KABUPATEN SELUMA Sinta Agusmiati; Rendy Nugraha Frasandy
Tarbiyah al-Awlad Vol 11, No 1 (2021): Volume 11 Nomor 1 (2021)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v11i1.2511

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan alat permainan kelereng dengan stik es krim dalam pembelajaran Matematika dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan alat permainan kelereng dengan stik es krim. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif komparatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu soal tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas Eksperimen yaitu 75,33 dan nilai rata-rata posttest kelas Kontrol yaitu 72,83. Nilai t kemudian dibandingkan dengan, thitung < ttabel (0,996 < 2,013) yang berarti hipotesis nihil (Ho) dalam penelitian ini diterima, yaitu tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan alat permainan kelereng dengan stik es krim pada pembelajaran Matematika pada siswa kelas III di SD Negeri 34 Kabupaten Seluma, sedangkan hipotesis kerja (Ha) ditolak. Tidak terdapatnya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan alat permainan kelereng dengan stik es krim antara kelas Eksperimen dengan kelas Kontrol dikarenakan tiap alat peraga mempunyai kelebihan masing-masing, karena alat peraga juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10