cover
Contact Name
Jurnal altaujih
Contact Email
altaujih@uinib.ac.id
Phone
+6281266784647
Journal Mail Official
altaujih@uinib.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG Jl. Mahmud Yunus Lubuk Lintah Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami
ISSN : 25020625     EISSN : 27157571     DOI : -
Jurnal AL-TAUJIH adalah jurnal pengembangan kajian keilimuan bimbingan dan konseling Islam, kajian pendidikan konseling, dan berbagai kajian bimbingan konseling dalam berbagai pendekatan yang diterbitkan oleh salah satu Program Studi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Sebagai salah satu wadah literasi akademik, jurnal ini memberikan kesempatan bagi dosen, praktisi, guru, pengamat dan ahli di bidang bimbingan dan konseling. Tulisan dalam jurnal ini berupa (a) Kumpulan/akumulasi pengetahuan baru, (b) Pengamatan empirik, (c) Pengembangan gagasan atau usulan baru, (d) hasil penelitian, (e) Artikel konseptual dan telaah (review) buku baru.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2023): Januari-Juni 2023" : 10 Documents clear
HUBUNGAN PERILAKU ASSERTIVE DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING MAHASISWA PELAKSANA PEMBELAJARAN DARING PADA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Siti Adibatul Musta'anah; Eem Munawaroh
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 5, No 1 (2023): Januari-Juni 2023
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v5i1.3440

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas banyaknya fenomena mengenai meningkatnya setres dan kecemasan mahasiswa setelah melaksanakan pembelajaran daring yang berakibat pada tingkat kebahagiaan mahasiswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan perilaku assertive dengan subjective well-being mahasiswa pelaksana pembelajaran daring pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Penelitian dilakukan dengan metode kolerasional. Subjek penelitian berjumlah 335 responden dari 7186 mahasiswa. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Quota random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Rathus Assertivness Scale dan Skala Subjective well-being pelaksana pembelajaran daring. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat perilaku assertive berada pada kategori yang tinggi dan tingkat subjective well-being mahasiswa pelaksana pembelajaran daring berada pada kategori sedang. Kemudian ditemukan terdapat hubungan yang positif signifikan antara perilaku assertive dan subjective well-being mahasiswa pelaksana pembelajaran daring. Dari hasil tersebut dapat dipahami bahwa semakin tinggi perilaku assertive yang dimiliki maka semakin tinggi pula subjective well-being mahasiswa pelaksana pembelajaran daring. Berkaitan dengan hasil penelitian ini diharapkan konselor mampu membantu mahasiswa meningkatan perilaku assertive yang dimiliki melalui layanan Bimbingan dan Konseling yang tepat.
GAMBARAN TINGKAT HELICOPTER PARENTING YANG DIALAMI REMAJA DI SMA NEGERI SEKITAR SEMARANG TIMUR Zahra Auliya Maharani Suganda; Maria Theresia Sri Hartati
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 5, No 1 (2023): Januari-Juni 2023
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v5i1.3539

Abstract

Perkembangan individu semasa hidupnya tidak berlangsung secara mekanis otomatis. Perkembangan sangat bergantung pada beberapa faktor secara stimulan, satu dari beberapanya adalah faktor lingkungan. Faktor lingkungan khususnya pola asuh orang tua cukup memberikan andil terhadap perkembangan individu. Pola asuh orang tua terhadap anaknya sangat bermacam-macam, salah satunya adalah pola asuh Helicopter Parenting. Helicopter parenting merujuk pada pola asuh orangtua dengan keterlibatan, dan perlindungan pada anaknya yang tinggi. helicopter parent berkomunikasi secara konstan dengan anak, turut ikut campur dan mengambil keputusan penting untuk anak, terlibat dengan tujuan yang dimiliki anak, dan mencegah maupun menyingkirkan rintangan-rintangan atau resiko yang dihadapi anak. Tujuan dari penelitian ini ialah memperoleh jawaban mengenai tingkat helicopter parenting yang dialami remaja di SMA Negeri sekitar Semarang Timur berdasarkan data yang objektif, serta konkret. Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 307 siswa dari tiga SMA, yakni SMA Negeri 11 Semarang, SMA Negeri 15 Semarang, dan SMA Negeri 2 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas siswa mengalami tingkat helicopter parenting tingkat rendah (M= 2,16).
TINGKAT QUARTER LIFE CRIRIS PADA MAHASISWA DI MASA PANDEMIC COVID-19 Lutfiana Nurul Afifah; Muslikah Muslikah
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 5, No 1 (2023): Januari-Juni 2023
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v5i1.3506

Abstract

Tingkat quarter lisfe crisis yang tinggi mengakibatkan krisis identitas yang dialami mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat quarter lisfe crisis pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Melalui teknik proportionate stratified random sampling, maka diperoleh 177 sampel mahasiswa sebagai sumber data penelitian yang mewakili populasi yaitu mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang. Data penelitian dianalisis dengan rumus statistik deskriptif sehingga diperoleh hasil bahwa tingkat quarter lisfe crisis pada mahasiswa berada pada kategori sedang menuju tinggi (M= 94,11; SD=4,671).
PERSEPSI DAN PENGALAMAN SISWA SMA NEGERI 1 KLUET TIMUR MENGENAI BULLYING sela safitri; Abu Bakar; Nurbaity Bustamam
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 5, No 1 (2023): Januari-Juni 2023
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v5i1.5911

Abstract

Permasalahan bullying di institusi pendidikan Indonesia bukan sebuah kasus yang baru. Sekolah yang seharusnya menjadi tempat membentuk kepribadian yang positif ternyata sering dijadikan tempat untuk perundungan. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan persepsi dan pengalaman siswa SMA Negeri 1 Kluet Timur mengenai bullying. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kluet Timur dengan populasi penelitian seluruh siswa SMA Negeri 1 Kluet Timur dan sampel berjumlah 122. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala persepsi dan pengalaman bully. Hasil menunjukkan bahwa kebanyakan siswa masih belum dapat membedakan antara perbuatan bullying dengan candaan, perkelahian, tawuran dan ejekan, hanya beberapa siswa yang berpersepsi tentang bullying yang sesungguhnya. Oleh karena itu kebanyakan siswa juga melaporkan mengalami bulli dalam kategori sangat rendah. Hal ini sejalan dengan persepsi siswa terhadap bullying, sehingga beberapa kejadian yang terjadi di sekolah hanya dianggap seperti suatu tindakan yang normal atau tidak berbahaya. Hasil ini perlu mendapat perhatian dari sekolah, masyarakat dan akademisi yang tertarik dengan penanganan perilaku bully.
STRATEGI GURU DALAM MEMBIMBING PESERTA DIDIK TINGKAT SD/MI MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL Nursyamsi Nursyamsi
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 5, No 1 (2023): Januari-Juni 2023
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v5i1.5946

Abstract

Pada dasarnya dari kajian psikologi,setiap individu adalah unik, dan memiliki berbagai potensi yang dimilikinya, salah satu dianaranya memiliki kecerdasan interpersonal atau kecerdasan sosial. kecerdasan ini penting dikembangkan pada peserta didik oleh guru. masih ada anak disekolah yang belum mampu menyesuaikan dirinya dengan teman teman, suka menyendiri, takut dan malu yang berlebihan dengan teman sendiri, akibatnya mereka terisolasi dalam lingkungan pergaulan. untuk itu kecerdasan ini perlu dikembangkan pada anak oleh guru dengan mengajarkan dan melatih beberapa keterampilan interpersonal. adapun keterampilan-kete rampilan yang dapat dilatihkan pada peserta didik diantaranya seperti : bagaimana cara dia memahami dirinya sendiri, cara berinteraksi dalam lingkungan sosial bersama teman teman, cara mengatasi masalah dan menyelesaikan masalah dengan teman bila terjadi, memupuk dan mengembangkan sikap empati pada teman, cara berkomunikasi yang manis, ramah dan santun, serta mampu mendengarkan apa yang disampaikan teman secara efektif.
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MEREDUKSI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMK NEGERI 28 JAKARTA Almira Putri Ramadhani; Jum Anidar
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 5, No 1 (2023): Januari-Juni 2023
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v5i1.4374

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMK Negeri 28 Jakarta. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 28 Jakarta. Teknik penarikan sampel dalam, penelitian ini adalah purposive sampling yaitu 8 siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket penelitian skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan uji Paired Sample T Test dengan versi20. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa gambaran perilaku prokrastinasi akademik siswa SMK Negeri 28 Jakarta sebelum diberikan layanan berada pada kategori Tinggi (Pretest), berbeda dengan hasil setelah diberikan layanan (Posttest) berada pada kategori Sangat Rendah. Maka, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada kelompok siswa, sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok.
APLIKASI PEMIKIRAN IVAN PVLOV DALAM LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL Gusti Rahayu; Sufyarma Marsidin; Yeni Karneli; Nofrizal Nofrizal
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 5, No 1 (2023): Januari-Juni 2023
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v5i1.5576

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relasi antara pemikiran Ivan Pavlov dalam layanan konseling individual. Ivan Patrovich Pavlov yang merupakan salah satu tokoh teori belajar behavioristik dengan menggunakan konsep classical conditioning dan dijuluki sebagai bapak teori behavioristik. Penelitian yang digunakan adalah literature review dengan berpedoman pada artikel dan buku-buku. Pendekatan filosofis-historis dan content analysis menjadi acuan dalam memberikan penjelasan hasil data yang ditemukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menempuh jalan pembiasaan akan dapat memberikan perubahan pada tingkah laku seseorang. Pembiasaan dilakukan melalui tiga tahapan yaitu takhalli (unconditioning stimulus), tahalli (conditioning stimulus), dan tajalli (conditioning respons) untuk dapat merefleksikan perilaku yang baik menjadi sebuah habits yang hai’ah dalam diri peserta didik.
BIMBINGAN KONSELING ISLAM MELALUI TERAPI SHALAWAT BURDAH DALAM MENUMBUHKAN RELIGIUSITAS REMAJA DI PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH KEDIRI Miftahul Mufarrihah; Dzinnun Hadi
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 5, No 1 (2023): Januari-Juni 2023
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v5i1.3610

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pengasuh Pondok Pesantren Darul Hikmah Kediri dalam menumbuhkan religiusitas remaja dengan melalui terapi shalawat burdah serta hasil akhir terapi shalawat burdah dalam menumbuhkan religiusitas remaja di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus terhadap remaja yang melakukan pelanggaran aturan yang ada di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kediri. Subjek dalam penelitian ini adalah para remaja dan ustadz atau pembimbing yang ada di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kediri. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya dalam menumbuhkan religiusitas remaja melalui terapi shalawat burdah di pondok pesantren Darul Hikmah Kediri yang dilakukan dengan 5 langkah prosedur dalam bimbingan konseling Islam, yaitu identifikasi, doagnosis, progosis, treatmen dan follow up (evaluasi). sehingga, melalui terapi shalawat burdah mampu menumbuhkan tingkat religiusitas pada remaja yang baik dan senantiasa merasa dekat dengan Allah SWT serta mampu merubah sikap, tanggung jawab dan percaya diri.
MENINGKATKAN EMPATI SOSIAL DENGAN CHARACTER BUILDING MAHASISWA PRODI BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM IAIN CURUP Beni Azwar
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 5, No 1 (2023): Januari-Juni 2023
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v5i1.6056

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat penguatan karakter sosial dengan Character Building Mahasiswa Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI), jenis penelitiannya Research and Development (R&D) dengan menggunakan Model Pengembangan ADDIE. Subjek penelitiannya mahasiswa semester IV BKPI. Data penelitian dikumpulkan dengan penyebaran angket, lembar validasi prototype, pedoman observasi dan pedoman wawancara serta dokumentasi. Validasi instrumen dilakukan dengan penilaian ahli dianalisis menggunakan uji Konkordansi kendalls, uji praktikalitas dilakukan dengan melakukan pengamatan oleh observer, uji efektivitas dilakukan dengan melihat skor karakter peduli sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran outbound. Hasil analisis kebutuhan (need analysis) bahwa karakter peduli lingkungan dan karakter peduli sosial mahasiswa belum begitu berkembang. Model pembelajaran outbound yang dihasilkan berdasarkan hasil validasi dinyatakan valid untuk meningkatkan karakter peduli terhadap lingkungan sosial. Dengan demikian model ini, dapat diimplementasikan melalui kegiatan outbound dengan dilaksanakannya beberapa kegiatan yang spesifik dengan karakter peduli terhadap lingkungan sosial. Model pembelajaran outbound yang dihasilkan, memiliki efektivitas yang tinggi untuk meningkatkan karakter peduli terhadap lingkungan sosial. Hasil uji coba yang dilakukan mengungkapkan bahwa, karakter peduli mahasiswa pada hasil post-test, lebih meningkat dibandingkan hasil pre-test. Penelitian ini menghasilkan model yang sudah dinyatakan valid, sangat praktis, dan memiliki efektivitas yang tinggi untuk meningkatkan karakter peduli terhadap lingkungan sosial.
EFIKASI DIRI AKADEMIK ( STUDI FENOMENOLOGI TERHADAP SISWA KELAS XI AKOMODASI PERHOTELAN 2 DI SMK NEGERI 2 CIREBON ) Sri Komariah; Qoridatul Janah; Nopi Nurhayati; Ajrin Alfiratin; Ani Yusmirani
Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami Vol 5, No 1 (2023): Januari-Juni 2023
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/atj.v5i1.4850

Abstract

Pendidikan akan terus berubah tatanannya dari waktu ke waktu sesuai dengan tuntutan zaman dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena pendidikan ditujukan untuk menyiapkan peserta didik dalam rangka menghadapi hidup dan kehidupannya di masa kini dan masa datang. Banyak siswa yang merasa mengalami perubahan sistem belajar mengajar, serta tuntutan tugas yang lebih sulit, apalagi semenjak Covid 19. Efikasi diri akademik tersebut merupakan keyakinan yang kuat dalam proses pencapaian prestasi yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efikasi diri akademik siswa di SMK Negeri 2 Cirebon. Hal ini dikarenakan efikasi diri merupakan hal yang penting dalam sebuah proses pembelajaran dan keputusan karir. Layanan yang diberikan adalah layanan bimbingan klasikal teknik active learning dengan pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan desain penelitian fenomenologis. Hasil penelitian ini menunjukan siswa sudah mengetahui efikasi diri akademiknya dalam tingkatan yang mana, tinggi atau rendah. Siswa juga sudah tahu kelemahan dan kelebihannya dalam bidang akademik. Selain itu mereka mulai mempunyai rasa percaya diri dalam proses pembelajaran. Peningkatan ini dipengaruhi beberapa faktor didalamnya seperti, dorongan orangtua, kemauan diri sendiri, cita-cita, motivasi dari guru pelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 10