cover
Contact Name
Muhammad Ahsan Samad
Contact Email
ahsansamademail@gmail.com
Phone
+62811811453
Journal Mail Official
jpaguntad@gmail.com
Editorial Address
http://jurnal.fisip.untad.ac.id/index.php/JPAG/about/editorialTeam
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Journal of Public Administration and Government (JPAG)
Published by Universitas Tadulako
ISSN : 26848406     EISSN : 26851032     DOI : https://doi.org/10.22487/jpag
Core Subject : Social,
http://jurnal.fisip.untad.ac.id/index.php/JPAG/focusandscope Journal of Public Administration and Government (JPAG) peer-reviewed journal which aims to spread conceptual thinking or ideas, review and the research findings obtained in the field of Public Administration. Journal of Public Administration and Government (JPAG) promotes scholarly, theoretical, pragmatic, and contemporary research, which makes a clear conceptual and methodological contribution to existing literature. These may include but are not limited various issues such as: Public administration; bureaucracy; policy and public services; environmental policy; disaster management issue; public management and Goverment; desentralisation; government innovation; community empowerment; leadership; regional autonomy; terrorism and conflict resolution; government ethics; and E-Government.
Articles 106 Documents
Mewujudkan Komitmen Organisasi Ani Susanti; Rulinawaty Kasmad; Irwan Waris
Journal of Public Administration and Government Vol. 1 No. 1 (2019): April
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.375 KB) | DOI: 10.22487/jpag.v1i1.10

Abstract

Suatu organisasi hanya dapat bekerja secara baik jika semua pihak (Pemimpin dan bawahan) bekerja secara harmonis dan berkomitmen mencapai tujuan yang telah dicanangkan. Teori Kepemimpinan Transformasional yang dipopulerkan oleh Bass dan Riggio serta Dessler dengan teori Roda Komitmen (The Commitment Wheel) menegaskan hal tesebut. Dua pendapat pakar yang diajukan di dalam tulisan ini sebagai bahan renungan, menegaskan hal tersebut. Komitmen organisasi hanya dapat terwujud jika pemimpin dan pihak yang dipimpin (pegawai) dapat bekerja secara harmonis pada sebuah iklim organisasi yang kondusif melalui nilai-nilai budaya organisasi yang berpihak pada semua elemen organisasi. Selanjutnya, dalam konteks ini, komunikasi dua arah dapat dibangun karena iklim organisasi memungkinkan hal itu terjadi. Muara dari semuanya adalah, pemimpin memuliakan bawahan dan bawahan memuliakan pemimpin dengan dipandu oleh nilai-nilai budaya yang berlaku di dalam organisasi itu
Kajian Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara La Husen Zuada; Muhammad Ahsan Samad; Nur Aisyah
Journal of Public Administration and Government Vol. 1 No. 1 (2019): April
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (995.912 KB) | DOI: 10.22487/jpag.v1i1.11

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang tingkat kepercayaan publik terhadap DPRD Sulawesi Tenggara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskrpitif kuantiatif. Teknik pengumpulan data digunakan melalui metode angket, teknik dokumentasi, teknik wawancara, dan focus group discucssion. Hasil penelitian menujukkan bahwa tingkat kepercayaan publik terhadap DPRD Sulawesi Tenggara berada dalam kategori sedang dengan skor tingkat kepercayaan publik 3,23 skala likert dengan rentang kriteria sebesar 64,47 % . Penelitian ini merekomendasikan strategi meningkatkan kepercayaan publik, meliputi: a). Peningkatan akuntabilitas dan transparansi DPRD; b). Penguatan kelembagaan DPRD; c). Peningkatan pemahaman masyarakat tentang DPRD; d). Meningkatkan dukungan administrasi dan teknis terhadap pelaksanaan fungsi dan tugas DPRD; e). Peningakatan dukungan tenaga ahli/staf ahli; f). Optimalisasi peran Humas DPRD; g). Perwujudan teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi; h). Pengelolaan website, penggunaan media sosial dan penyediaan TV dan Radio Parlemen serta majalah parlemen.
Analisis Pemanfaatan Dana Desa Di Desa Bissoloro Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa Jumardi; Amir Muhiddin; Nur Khaerah
Journal of Public Administration and Government Vol. 1 No. 1 (2019): April
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (802.794 KB) | DOI: 10.22487/jpag.v1i1.13

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan Tipe penelitian Fenomenologi. dengan Tujuan Untuk mengetahui bagaimana Pemanfaatan Dana Desa Dan Untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat Pemerintah Desa dalam Pemanfaatan Dana Desa di Desa Bissoloro, Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Didukung data kualitatif dimana peneliti berusaha untuk mengungkapkan suatu fakta atau realita mengenai Pemanfaatan Dana Desa di Desa Bissoloro. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini Yaitu Data Primer Dan Data Sekunder. Informan penellitian dilakukan pada Kades bissoloro, BPD Bissoloro dan Tokoh masyarakat Bissoloro. Tehnik penggumpulan data menggunakan observasi, Wawancara dan Dokumen. Dalam penelitian ini analisis yang digunakan yaitu secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk melaksanakan program pembangunan Kota Bunga di desa Bissoloro pemerintah desa menyerukan kepada masyarakat untuk menanam tanaman hias yang mempunyai nilai ekonomi. Selain itu, peran masyarakat adalah sebagai subjek pembangunan bukan sebagai objek sehingga diharapkan masyarakat dapat terjun langsung pada kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Dilihat dari keindahan alam yang di miliki oleh desa bissoloro di harapkan akan membuat desa bissoloro menjadi kawasan wisata yang banyak di kunjungi wisatawan
Permasalahan Pekerja Anak Di Kota Kendari La Ode Muhammad Elwan; La Ode Aslim
Journal of Public Administration and Government Vol. 1 No. 1 (2019): April
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1022.791 KB) | DOI: 10.22487/jpag.v1i1.14

Abstract

Faktor kemiskinan dan tidak terjangkaunya biaya pendidikan mendorong anak meninggalkan bangku sekolah dan beralih menjadi pekerja anak. Permasalahan pekerja anak di Kota Kendari perlu dicermati dan disikapi dengan baik, di kota Kendari banyak terdapat anak bekerja di sektor informal: tukang pikul di pelabuhan dan di pasar tradisional, tukang parkir, penjual asongan di traffic light dan jasa pencucian kendaraan, pengamen, peminta sumbangan, pemulung dan pengemis. Sangat urgen untuk dilakukan Analisis keputusan anak untuk bekerja di Kota Kendari Sulawesi Tenggara Indonesia. Tujuanpenelitian untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi keputusan anak untuk bekerja dan mengidentifikasi permasalahan pekerja anak di Kota Kendari. Penelitian menggunakan metode mix kuantitatif dan kualitatif, jumlah responden 120 orang (pekerja anak dan orangtua), menggunakan teknik analisa data deskriptif, Analisis Statistik (Uji Z, Uji F dan Uji R2 Mc Fadden). Hasil penelitian dan analisis uji statistik menunjukan bahwa terdapat dua variabel bebas berpengaruh kuat (nilai signifikasi) yakni pendapatan kepala rumah tangga (X1) dan lingkungan anak (D2) mempengaruhi keputusan anak untuk bekerja dan variable bebas lain saling mempengaruhi. Karakteristik rumah tangga dan pekerja anak Kota Kendari secara umum adalah keluarga miskin sehingga mempengaruhi anak untuk bekerja. Kesimpulan penelitian adalah faktor kemiskinan rumah tangga pekerja anak memberikan pengaruh kuat terhadap anak untuk bekerja, dan rata-rata anak yang bekerja didasari atas kemauan sendiri, juga dipengaruhi oleh masih lemahnya intervensi pemerintah dalam penanggulangan permasalahan pekerja anak
Penguatan Program Prioritas Pemerintah Daerah Dalam Mewujudkan Good Governance Di Kabupaten Gorontalo Suaib Napir; Dikson Junus
Journal of Public Administration and Government Vol. 1 No. 1 (2019): April
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.996 KB) | DOI: 10.22487/jpag.v1i1.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis, mengidentifikasi dan mendeskripsikan bagaimana penguatan Program Prioritas Pemerintah Daerah dalam mewudjukan good governace di Kabupaten Gorontalo. Metode Penelitian: Menggunakan jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumen. teknik analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Indeks Profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Gorontalo tahun 2018, secara umum memperoleh nilai 50,64 pada kategori Sangat Rendah. Hasil pehitungan indeks terdiri dari: Kategori tingkat profesionatitas ASN, dari 64 OPD, 1 OPD mendapatkan hasil IP kategori sedang, 10 OPD kategori rendah, dan 53 kategori sangat rendah. Kedua, Kualitas ASN masih kurang optimal dalam implementasi kebijakan terkait dengan Program Prioritas Pemerintah Kabupaten Gorontalo yang terdapat dalam dokumen RPJMD 2016-2021, sehingga ukuran indeks professional ASN pemerintah Kabupaten Gorontalo tahun 2018 sebanyak 85,71 persen masuk kedalam kategori sangat rendah
Strategi Pemerintah Dalam Pengembangan Kapasitas Program Pendidikan Gratis Di Kabupaten Bone Hafsa Sadia; Nuryanti Mustari; St. Nurmaeta; Fitri Sari Handayani Razak
Journal of Public Administration and Government Vol. 1 No. 1 (2019): April
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (738.352 KB) | DOI: 10.22487/jpag.v1i1.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran Strategi Pemerintah Dalam Pengembangan Kapasitas Program Pendidikan Gratis di Dinas Pendidikan Kabupaten Bone dan faktor yang mempengaruhi Strategi Pemerinah Dalam Pengembangan Kapasitas Program Pendidikan Gratis di Dinas Pendidikan Kabupaen Bone Sulawesi Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yaiu suatu tipe penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai objek yang diselidiki dengan mengumpulkan data untuk di analisis. Lokasi penelitian berdasarkan pada judul yaitu di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bone. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa strategi pemerintah dalam kapasitas pendidikan gratis di Kabupaten Bone berjalan dengan baik dan hal yang menjadi pendukung strategi pendidikan gratis ini ialah pihak yang terkait dalam hal ini menjalin kerjasama yang baik dalam hal strategi pemerintah dalam pengembangan kapasitas serta sumber daya yang memadai dalam menjalankan program pendidikan gratis.
The Performance Of The National Narcotics Agency In Illegal Drugs Prevention Efforts Of Palu City, Central Sulawesi, Indonesia Andi Pasinringi
Journal of Public Administration and Government Vol. 2 No. 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.242 KB) | DOI: 10.22487/jpag.v2i1.24

Abstract

This study aims to determine the performance of Badan Narkotika Nasional or the National Narcotics Agency of Palu in the narcotics prevention efforts, determined by the support of the main tasks and functions of the National Narcotics Agency Office of Palu. The theory used to assess performance is with five dimensions of theory to measure the performance of public bureaucracy which are Productivity, Service Quality, Responsiveness, Responsibility, and Accountability as proposed by Agus Dwiyanto (2002). This research utilized descriptive-qualitative approach. Data collection techniques used are but not limited to: Observation, Interview, and Documentation. Informants in this study are determined purposively. The results of the study revealed that based on the five dimensions of performance theory from Agus Dwiyanto, it can be concluded that the performance of the National Narcotics Agency of Palu is not insufficient. Thus, the vision proclaimed by the Palu City Government which was the Realization of Government and Community Synergy Towards Drug-Free Palu City in 2015, was not achieved
Manajemen Mitigasi Bencana Kota Palu Palu City Disaster Mitigation Management Widarti Gularsih Sukino; Muhammad Ahsan Samad; Nasir Mangngasing; Abdul Rivai
Journal of Public Administration and Government Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (661.134 KB) | DOI: 10.22487/jpag.v1i2.26

Abstract

Kota Palu merupakan salah satu kota dengan tingkat rawan bencana yang tinggi. Tidak hanya menimbulkan gempa bumi, namun juga tsunami dan fenomena likuifaksi. Salah satu cara untuk mengurangi dampak bencana adalah dengan melakukan mitigasi bencana. Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota Palu merupakan badan yang bertanggung jawab untuk menangani bencana yang terjadi di kota Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen mitigasi bencana pada kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota Palu serta faktor pendorong dan penghambat manajemen dalam mitigasi bencana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Indikator yang digunakan pada penelitian ini adalah fungsi manajemen dari Luther Gulick yang di kenal POSDCORB (Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting and Budgeting). Selain itu juga dilihat dari faktor pendorong dan penghambat manajemen organisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Planning belum maksimal, karena masih terdapat program atau kegiatan yang belum mencapai target. Directing belum sepenuhnya memahami Garis komando, serta masih terdapat ego sektoral sehingga proses penanganan bencana menjadi lambat. Budgeting masih kurang, dimana biaya di padatkan dalam artian melakukan 2 kegiatan dengan satu dana. Faktor yang menghambat manajemen adalah kurangnya SDM yang handal, kekurangan sarana dan prasarana, keterbatasan dana, sedangkan banyaknya dukungan dari pihak luar menjadi pendorong
Pengaruh Implementasi Kebijakan Pengelolaan Usaha Pertambangan Umum Terhadap Efektivitas Penanganan Kualitas Lingkungan Hidup di Kota Palu Imam Sofyan; Meldi
Journal of Public Administration and Government Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.512 KB) | DOI: 10.22487/jpag.v1i2.27

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pengetahuan tentang pengaruh implementasi kebijakan pengelolaan usaha pertambangan umum terhadap efektivitas penanganan kualitas lingkungan hidup. Penelitian ini mengacu pada model implementasi kebijakan menurut Smith yang memiliki empat komponen yaitu idealised policy, target groups, implementing organization, dan environmental factor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yakni pengambilan data melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Data yang dianalisis adalah data yang diperoleh dari kuesioner penelitian kemudian dianalisis secara statistik structural equation modeling (SEM). Pada pembahasan hasil penelitian berdasarkan atas data kuesioner sekaligus data pendukung kuesioner yaitu dari hasil wawancara dan observasi. Adapun unit analisis dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Pekerjaan Umum, Energi Dan Sumber Daya Mineral Kota Palu. Sedangkan teknik penarikan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pengelolaan usaha pertambangan umum secara signifikan berpengaruh terhadap efektivitas penanganan kualitas lingkungan hidup. Hal ini dapat diartikan bahwa pada prinsipnya implementasi kebijakan pengelolaan usaha pertambangan umum memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai efektivitas penanganan kualitas lingkungan hidup di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah
Penerapan Collaborative Governance dalam Pengentasan Kumuh dan Isu Pengembangan Potensi Lokal Kawasan Pesisir Kabupaten Tangerang Indra Pratama Putra Salmon; Ismail
Journal of Public Administration and Government Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (793.203 KB) | DOI: 10.22487/jpag.v1i2.28

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi collaborative governance dalam mengatasi paradoks berupa tingginya potensi sumber daya alam (SDA). Sangat menarik ketika terjadi paradoks banyaknya kelebihan dan peluang kesejahteraan namun pada kenyataannya belum mampu terselesaikan dan terjadi keterpurukan. Dengan dilatarbelakangi oleh fenomena kumuh permukiman, minimnya prasarana sarana utilitas (PSU), serta kemiskinan di Pesisir Kabupaten Tangerang, penelitian ini berupaya menjelaskan peran stakeholder dalam upaya mengatasi masalah tersebut. Objek penelitian yakni di 4 (empat) kawasan pesisir di Kabupaten Tangerang yakni Desa Dadap, Desa Tanjung Pasir, Desa Kohod, dan Desa Surya Bahari. Metode penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis dilakukan dengan teknik participation rural appraisal (PRA) yang dilanjutkan pemetaan SWOT dan penyusunan strategi pembangunan kawasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap kawasan memiliki isu strategis dan potensi lokal yang berbeda. Skema kerjasama antar stakeholder sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawab berpeluang menjadikan 4 (empat) desa di Kabupaten Tangerang berpotensi mengalami kemajuan perkembangan, baik dari aspek sosial maupun ekonomi. Upaya awal yakni dengan melaksanakan skema berbagi peran antar stakeholder dalam pengentasan kumuh serta meningkatkan standar kualitas permukiman beserta PSU sesuai dengan ketentuan regulasi kebijakan. Upaya selanjutnya yakni dengan penguatan kemampuan warga beserta aspek pendukung dalam mengoptimalkan potensi lokal seperti hasil perikanan/kelautan (tangkap/budidaya), agro, pertanian, dan wisata berbasis pesisir

Page 1 of 11 | Total Record : 106