cover
Contact Name
Irawan
Contact Email
irawan@persmapi.org
Phone
+6282116590682
Journal Mail Official
ariprayoga@madrasah.id
Editorial Address
Komp. Permata Biru Blok i No. 33 Cinunuk, Cileunyi Bandung, 40624 Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management
ISSN : 26567032     EISSN : 26567032     DOI : https://doi.org/10.32940/mjiem
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management fokus menerbitkan hasil-hasil penelitian dalam bidang pengelolaan lembaga pendidikan Islam diberbagai jenis dan jenjang, termasuk di lembaga pendidikan umum yang memiliki visi keislaman. Bidang ini mencakup bidang ilmu manajemen perguruan tinggi Islam, pesantren, madrasah, sekolah Islam, diniyah, raudatul athfal, taman pendidikan al-Qur’an, ma’had aly, majelis taklim, baik yang berada dalam wewenang Kementerian Agama maupun Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dan lembaga pendidikan Islam lainnya di seluruh dunia. Madrasa: Journal of Islamic Educational Management erat hubungannya dengan bidang ilmu manajemen pendidikan Islam akan tetapi juga menyambut baik naskah yang berhubungan dengan disiplin ilmu lain, khususnya menyangkut penggunaan dan pemanfaatan sistem dan teknologi informasi digital serta media sosial dalam pengelolaan pembelajaran Sains Kealaman, Kejuruan atau Vokasional, Matematika, Ilmu Sosial dan Humaniora, sepanjang proses diselenggarakan di lembaga pendidikan Islam. Kiriman naskah yang berhubungan dengan manajemen tetapi tidak ada relevansinya dengan pendidikan Islam dan pendidikan umum yang memiliki visi keislaman, tidak akan kami pertimbangkan untuk dipublikasikan. Para penulis yang masih ragu dan hendak menanyakan tentang kemungkinan naskahnya diterima silakan menghubungi pemimpin redaksi (Editor-in-Chief) sebelum mengirim naskah. Madrasa: Journal of Islamic Educational Management menerima dan menerbitkan jenis-jenis naskah atau artikel, sebagai berikut: Naskah penelitian empiris; Naskah ini merupakan ringkasan laporan penelitian empiris yang didukung oleh data yang akurat, berbasis pada teori dan literatur yang relevan serta dikaji secara kritis. Naskah harus mencakup penjelasan tentang metodologi dan prosedur penelitian yang digunakan, teknik analisis yang dilakukan dan simpulan yang dicapai, menarik implikasi bagi teori dan praktik pengelolaan pendidikan Islam, serta menunjukkan kemungkinan penelitian lanjutan bisa dilakukan di masa depan. Naskah yang termasuk dalam kategori akan kami prioritaskan untuk diterbitkan. Makalah kelungguhan; Makalah ini berupa esai analitis, interpretatif atau persuasif mengenai asal-usul, sifat dan kemungkinan menunjukkan cara mengidentifikasi masalah, tantangan atau peluang, baik yang sedang dihadapi atau mungkin akan dihadapi oleh praktik pengelolaan pendidikan Islam di seluruh dunia. Pembahasannya dapat berhubungan dengan masalah-masalah ekonomi, sosial, politik, budaya dan agama yang sedang aktual (trending topic). Makalah yang masuk dalam kategori ini terutama berupaya mendialogkan dan mempromosikan secara informatif tentang situasi dan kondisi pengelolaan pendidikan Islam Indonesia kepada dunia. Makalah teoretis; Makalah ini membahas sifat-sifat dasar dan akademis teori-teori tentang pemikiran, penelitian dan praktik pengelolaan pendidikan Islam diberbagai belahan dunia. Makalah yang masuk dalam kategori ini dapat ditulis dari perspektif historis, teologis, sosiologis, antropologis, psikologis, atau filosofis tertentu. Ulasan yang kritis disertai dengan analisis literatur yang primer atau berbasis pada penelitian terdahulu mengenai tema tertentu yang relevan dengan pengelolaan pendidikan Islam secara universal masuk dalam kategori ini. Makalah yang ditulis secara cermat dan argumentatif ini meskipun memiliki sudut pandang yang berbeda dengan arus utama pemikiran dan praktik pendidikan Islam pada umumnya, akan kami sambut baik. Makalah Kritik; Tulisan ini dapat berupa artikel yang harus mengandung pendapat atau informasi yang berhubungan dengan naskah, makalah dan artikel yang diterbitkan sebelumnya, atau menginformasikan hal-hal yang amat penting bagi para pelaku dan pengelola profesional lembaga pendidikan Islam dan pendidikan umum yang memiliki visi dan misi keislaman. Artikel ini merupakan sebagian dari visi Madrasa: Journal of Islamic Educational Management agar para pembaca yang berprofesi sebagai penyelia dan pengelola/pimpinan/manajer pendidikan mendapat kesempatan mengungkapkan pandangannya secara rasional mengenai masalah-masalah yang relevan dengan pengelolaan pendidikan berperspektif Islam. Kiriman tulisan untuk kategori ini dibatasi hingga 2000 kata.
Arjuna Subject : Ilmu Sosial - Hukum
Articles 15 Documents
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK ISLAM Aini, Nenden Quratul; Dewi, Ratna; Al Anshari, Muhammad Irfan
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.205 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v2i2.115

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gaya kepemimpinan kepala sekolah di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Little Moslem. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara bersama kepala sekolah TKIT little moslem snow ball process dengan pendidik; observasi kegiatan memimpin rapat; dokumentasi laporan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa; pertama, kepala sekolah minimal satu bulan sekali pada saat menyerahkan gaji kepada pendidik dan berdiskusi untuk mengetahui berbagai permasalah yang dialami pendidik. Kedua, kepala sekolah memberikan tunjangan atau bonus liburan diluar gaji, bagi pendidik yang melakukan pekerjaan tambahan. Ketiga, adanya pemantauan, koreksi dan teguran secara bertahap pada kinerja pegawai.
FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DI PERPUSTAKAAN MADRASAH Sopwandin, Iwan; Nurmila, Nina; Hidayat, Wahyu
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.201 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v2i1.117

Abstract

This study aims to reveal the application of the functions of management in managing libraries in madrasas. The location of the research was Madrasah Aliyah Negeri 2 Tasikmalaya, West Java. This study uses a qualitative approach. The type of qualitative research used a case study. Data were collected through observation, interviews and documents analysis. The results of the study show that the functions of management applied in managing the madrasah library include (1) preparation of the program; (2) implementation which is essentially service; (3) supervision carried out by Madrasah Heads and Library Heads, and; 4) evaluation. The functions of management that were applied in madrasah library management are relatively the same as the implementation of school library management functions in general. There was nothing typical of madrasa library management. It means that theoretically and practically there are no distinguishing factors in the application of the functions of management in managing madrasa libraries with library management in public schools. So, there are needs to be a reconstruction of the management theory of Islamic education that is completely different from the management theory of education in general.
FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM PENGELOLAAN KURIKULUM Saajidah, Luthfiyyah
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 1 (2018): Desember
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.576 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v1i0.71

Abstract

Madrasa need good curriculum management so that the objectives of implementing Islamic education can be effective and efficient. Curriculum Management is a curriculum management system to provide benefits to users who have been included in the prescribed curriculum. This study aims to uncover management functions including planning, organizing, actuating, and controling the curriculum at MI  Miftahul Huda Bandung, MI At-Taqwa Bandung and MIT PERSIS 24 Bandung. The research method used is a qualitative method. The results of the study show that (1) Curriculum planning St MI Miftahul Huda was carried out through two stages carried out by the madrasa division. While the increase in the curriculum at MI At-Taqwa and MIT PERSIS 24 was only carried out by Madrasas at curriculum development meetings. (2) Organizing using the same curriculum design pattern with curriculum based on subjects (subject curriculum). (3) Actuating of three Madrasas The implementation of learning that began since (4) Controlling was carried out on Students and Educators through supervision 1 or 3 months by the division of education and supervision by Madrasah heads.
KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN MADRASAH ALIYAH KEJURUAN Safitri, Nita Andriani; Marlina, Rina
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.896 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v2i1.44

Abstract

This paper aims to uncover the implementation of the policy of vocational madrasah aliyah (MAK) in Indonesia. The research method used in the study was qualitative. Data was collected through interviews, observations and documentation studies. The results showed that the existence of MAK was considered legal. This was marked by the issuance of the Minister of Religion Affair (PMA) Republic of Indonesia No. 60 of 2015. In its implementation, the establishment of MAK focused on MAK as public school which is outside of Java Island such as North Sulawesi and Riau. The implementation of the pilot project was implemented in 2019, because until 2018 the building of MAKN as national pilot project was just completed. Some foundations or private parties tried to set up MAK but failed due to lack of funds. So they lacked interest. Therefore, the Ministry of Religion of the Republic of Indonesia, through the Madrasah Director needs to product regulations that the community or foundation does not rush to establish MAK. There are needs to be strategic planning to establish MAK.
MANAJEMEN PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL dewi, ratna; Limbong, Jetro
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 1 (2018): Desember
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.78 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v1i0.51

Abstract

This study aims to uncover the situation and conditions for the implementation of Pendidikan Diniyah Formal (PDF) or Formal Religious Education (PRE) management, especially in West Java, as the epicenter of Indonesian Islamic education. However, every year there are students who resign from PDF, which is basically unusual for students studying in formal education. This study uses a qualitative method. Data was collected through interview, document studies and observations. The study was carried out in PRE Al-Jawahir and Al-Masturiyah. The results of the study show that the PRE, besides being held by madrassas (Islamic formal education), can also be organized by pesantren (non-formal Islamic boarding schools). In fact, they got two proofs of graduating formal education in the form of a Wathani Certificate that is equivalent to a National Examination Result Certificate (NERC), and a diploma (graduation certificate). Both proofs of graduation were signed by the head of the PRE and the head of the boarding school. Santri (student) PRE Wushto learns face-to-face in class as much as 52 lessons each week with an allocation of 40 minutes lesson time. Santri PRE Ulya as many as 53 hours, with an allocation of 45 minutes/lesson hours. Face-to-face learning is outside the campus activities such as the traditional text book study, tahfidz al Qur'an and extracurricular activities.
IMPLEMENTASI SUPERVISI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI Sholihin, Ahmad Iing; Supiana, Supiana; Hermawan, A. Heris
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.231 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v2i2.159

Abstract

Tulisan ini bertujuan mengungkap pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi lapangan. Analisis dilakukan dengan reduksi dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dilakukan dengan perencanaan program semester dan program tahunan. Kunjungan kelas dilakukan untuk mengevaluasi metode dalam proses pembelajaran. Tindak lanjut yang dilakukan oleh kepala madrasah hanya dilakukan pada saat rapat rutinan. Oleh karena itu perlu adanya kegiatan berkelanjutan sebagai pembinaan kepala madrasah dalam mengembangkan kualitas pembelajaran.
KIAI PONDOK PESANTREN MAHASISWA Prayoga, Ari; Mukarromah, Ima Siti
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 1 (2018): Desember
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.937 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v1i0.72

Abstract

The success of pondok pesantren depends on the expertise, depth of knowledge, authority, managerial, and skills of the kiai as a Central figure in pesantren. This study aims to reveal the role, function, and leadership characteristics of scholars in the Pondok Pesantren Universal Al-Islami Bandung (PPMU) or Ma'had Universal Al-Islamy. This study uses qualitative methods through a case study approach with single-case design. The results of the study show that (1) the leadership role of kiai as an architecture, educator, manager, administrator, entrepreneur, climator, Agent of Social Control and Relationship is implemented in the agenda and internal program of pesantren institutions; (2) the leadership function is carried out by internalizing the vision and mission of the institution, the team building of pesantren human resources, the decision making organization and external control conflict of the pesantren through activities with the civitas, the entire pesantren community and around; (3) leadership characteristics that arise according to the implementation of its function roles are religious charismatic, intellectual, trustworthy and social humanist. 
TATA KELOLA HUBUNGAN MASYARAKAT BERBASIS WEBSITE DI MADRASAH Fahruriza, Okta; Muflihin, Muhammad Hizbul
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.804 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v2i2.85

Abstract

Tujuan hubungan masyarakat (humas) di lembaga pendidikan ialah menciptakan citra lembaga yang terpecaya dimata masyarakat. Namun masih terdapat lembaga pendidikan keagamaan islam yang belum memiliki wakil kepala madrasah bidang humas. Humas madrasah dapat berupaya membangun komunikasi dengan masyarakat melalui media offline maupun online. Salah satu bentuk media online yang lazim digunakan saat ini adalah website. Tampilan menu pada website dirancang untuk menyasar pencari informasi yang diklasifikasikan menjadi 2 kelompok, yakni public internal dan public eksternal. Penelitian ini merupakan studi multikasus dengan tujuan untuk mengungkap tata kelola humas madrasah berbasis website berdasarkan teori klasifikasi sasaran penerima informasi, dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode analisis dengan tampilan menu website sebagai sumbernya. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1 dari 5 subjek hanya menampilkan informasi yang menyasar eksternal public saja. Sedangkan 4 lainnya menampilkan menu dengan sasaran internal dan eksternal public.
TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH ISLAM Paramudita, Alfiyan; Ridwan, iwan
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.234 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v2i1.91

Abstract

Academic supervision carried out by the headmaster is done only once in a semester. The lack of implementation of guidance of school principals on educators in the preparation of design of learning implementation, mastery and delivery of teaching materials. This study aims to uncover the processes of planning, implementing, and evaluating the academic supervision at Al-Aqsha Jatinangor Junior High School plus, West Java, Indonesia. The research method used is qualitative. The results of the study show that (1) Academic supervision in Al-Aqsa Junior High School plus is planned using individual and group techniques carried out within one year; (2) implementation of academic supervision with individual techniques monitored through surveillance cameras that have been installed in each class. Individual supervision of 46 educators involved 4 senior teachers namely Apit Miftahudin, Oih Baihaqi, Apip Hadi Susanto, and Saidiman; (3) supervision evaluation is carried out at the end of semester meeting together with the entire academic community of the Al-Aqsa Junior High School plus. Focus on follow-up training on academic supervision results at the Al-Aqsa Junior High School plus regarding instrument learning devices;
TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA PONDOK PESANTREN Hijaz, Muhammad Ihsan Alhusaeni; Wahyuni, Anisa; Hidayat, Wahyu
Madrasa: Journal of Islamic Educational Management Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.104 KB) | DOI: 10.32940/mjiem.v2i2.220

Abstract

Tata kelola pemeliharaan sarana dan prasarana Pondok Pesantren Alquran Al-Ghozaliyyah Citamiang Kota Sukabumi memiliki perbedaan perawatan dalam satu lingkungan, ada sebagian sarana dan prasarana yang terawat dan bersih namun ada beberapa sarana dan prasarana yang kebersihannya tidak terlalu diperhatikan. Hal ini terjadi karena minimnya pengawasan terhadap perawatan serta kebersihan di Pondok Pesantren. Perawatan sarana dan prasarana dilakukan dalam tiga tahap yaitu secara terus menerus, berkala dan darurat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan perawatan secara berkala tidak dilakukan pengawasan secara menyeluruh, yang diperhatikan hanya sarana dan prasarana yang terlihat atau dikunjungi oleh orang banyak  contohnya rumah kyai. Kesadaran dalam diri santri perlu ditingkatkan. Santri harus memiliki sense of belonging (rasa saling memiliki) terhadap sarana dan prasarana yang ada di Pondok Pesantren. Hukuman juga perlu diberikan kepada santri yang merusak atau mengotori sarana dan prasarana Pondok Pesantren. Hukuman yang diberikan harus memiliki unsur edukatif agar santri yang melanggar juga mendapatkan pelajaran atas apa yang telah dilakukan.

Page 1 of 2 | Total Record : 15