cover
Contact Name
Nur Adyla
Contact Email
nuradyla@unsulbar.ac.id
Phone
+6281355696400
Journal Mail Official
nuradyla@unsulbar.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Baharuddin Lopa, SH., MH., Talumung. Majene
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Bandar: Journal of Civil Engineering
ISSN : 26230135     EISSN : 26567199     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Bandar Journal of Civil Engineering has an area of expertise consisting of Structural Engineering, Construction Engineering & Management, Geotechnical Engineering, Water Resources Engineering, Transportation Engineering and Ocean Engineering
Articles 51 Documents
Analisis Penerapan Manajemen Waktu Pada Proyek Jalan Kabupaten Polewali Mandar Indra Wati; Nurmiati Z
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 1 No 1 (2018): BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v1i1.156

Abstract

Studi ini secara khusus membahas bagaimana pelaksanaan manajemen waktu proyek konstruksi pada perusahaan konstraktor klasifikasi besar di Sulawesi Barat, yaitu PT. Mutiara Prima. Adapun penelitian dilakukan dengan wawancara dan studi literatur studi ini meliputi pengumpulan data, menentukan penjadwalan proyek, pemakaian sumber daya tenaga kerja, pemakaian sumber daya peralatan, kendala yang dihadapi oleh perusahaan kontraktor dan penangannya, monitoring serta waktu penyelesaian pekerjaan proyek konstruksi jalan disimpulkan bahwa pelaksanaan manajemen waktu yang dilakukan oleh perusahaan kontraktor di Sulawesi Barat belum sepenuhnya mampu melaksanakan secara ideal, karena masih belum sempurna dalam melaksanakan setiap aspek dari manajemen waktu. Monitoring merupakan salah satu aspek tersulit untuk dilakukan secara akurat dan teliti dikarenakan harus adanya korelasi yang kuat antara level excutive management dengan para pelaksana di lapangan. Hal ini sangat penting untuk dilaksanakan sebab tidak digunakan sistem manajemen waktu khususnya bagi pelaksana dilapangan adalah terdapat miss comunication, ketidakmengertian secara benar pelaksanaan jadwal proyek dalam sistem manajemen waktu itu sendiri.
Analisis Resiko Gempa Bumi Pada Bangunan Gedung (Studi Kasus: Pembangunan Mall Maleo Town Square Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat) Muhammad Najib; Nurmiati Zamad
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 1 No 2 (2019): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v1i2.168

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Resiko Gempa Bumi Pada Bangunan Gedung. Masalah yang dihadapi karena gempa bersifat tidak pasti maka di gunakan data-data historis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bangunan gedung tersebut tahan terhadap gempa bumi dan untuk memperkirakan probabilitas resiko kerusakan akibat gempa pada bangunan gedung di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Mamuju. Penelitian ini menggunakan metode expert judgement untuk memperkirakan probabilitas resiko yang ditimbulkan oleh gempa pada bangunan gedung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor resiko yang ditimbulkan oleh gempa dapat di efesiensikan.
Analisis Pemecah Gelombang (Breakwater) Di Bamballoka Kabupaten Pasangkayu anri rusady; Rita Tahir Lopa; Imam Rohani
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 1 No 1 (2018): BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v1i1.170

Abstract

Abstrak Analisis skripsi ini bertujuan untuk mengetahui aman atau tidaknya bangunan pengaman pantai yang berada di Bambaloka Kabupaten Pasangkayu, terhadap stabilitas kuat dukung tanah, geser dan guling dan studi ini bertujuan untuk mengetahui tipe bangunan pengaman pantai yang cocok untuk pantai Bambaloka. Dari hasil yang di dapatkan berdasarkan analisis yang di lakukan dapat di simpulkan beberapa hal mengenai analisis stabilitas bangunan pengaman pantai ( Breakwater ) yang berada pada pantai Bambaloka, Kecamatan Baras Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. Dapat di simpulkan sebagai berikut, Gaya terhadap gelombang, = 0,7 m, = 0,17 m, Stabilitas bangunan pengaman pantai terhadap kuat dukung tanah = - 44,4 kN/m² < = 7,393 kN/m² ( Aman ) Stabilitas Pemecah Gelombang terhadap geser dan penggulingan Terhadap geser = 0 < 2 ( Aman ) Terhadap guling = 0,116 < 2 ( Aman ). Kata Kunci : Analisis, Breakwater, Geser, Guling, Stabilitas, Pengaman Pantai. Abstrak The analysis this thesis aims to determine whether or not a safe beach building located in Bambaloka Pasangkayu Regency, to the strong stability of soil support, shear and rolling and this study aims to determine the type of beach safety building suitable for Bambaloka beach. From the results obtained based on the analysis carried out, it can be concluded that there are several things concerning the stability analysis of the beach safety building (Breakwater) located on the coast of Bambaloka, Baras District, Pasangkayu Regency, West Sulawesi. It can be summarized as follows, force against wave, l_c = 0.7 m, l_t = 0.17 m, stability of coastal protection building against soil bearing strength σ_maks = - 44.4 kN / m² <q_a = 7.393 kN / m² (safe ) Stability of Breakwaters to shear and rolling Against shear = 0 <2 (Safe) Against rolling = 0.116 <2 (Safe). Keywords : Analysis, Breakwater, Slide, Bolster, Stability, Beach Safety.
Analisis Struktur Metode Distribusi Momen (Cross) Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 Ardiansyah Ardiansyah; Asri Mulya Setiawan
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 1 No 1 (2018): BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v1i1.171

Abstract

The making of the Moment Distribution Method Structure Analysis program using Microsoft Visual Basic 6.0 in this Final Project is intended to introduce Microsoft Visual Basic 6.0 which can be used and applied to create Civil Engineering programs, in this case the compiler for one of them is a program for calculate the Structural Analysis of Moment Distribution Methods. After the Structural Analysis program the Moment Distribution Method is made then the program is tested to determine the accuracy of the desired results. Program testing is done by entering several variations of data input and comparing it with manual calculations. The results obtained are the Structural Analysis Method of Moment Distribution Method using Microsoft Visual Basic 6.0 can be used to calculate structures with multiple load combinations, Momentary Distribution Method Structure Analysis programs using Microsoft Visual Basic 6.0 can still be developed again to create more complicated programs such as continuous rod structures or portal structure.
Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Pekerja Proyek Konstruksi Akram Akram; Abdi Manaf
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 1 No 1 (2018): BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v1i1.177

Abstract

Abstract The First step in this research was made literature study to seek the suitable variabels. The next step was make questionnaire of research and collects the data by direct interview and using simple random sampling Methods. The information we get from questionnaire were explain in descriptive analysis and then, to understand the influace of Healty and Safety Job construction Employe perform, we made Multiple Linear Regresion Analysis includes validity test and reliability test & regression test (f & t test). The result of this research show that the free variables occupational safety (X1) and health (X2) against K3 problem simultaneously and patrial positive and significant influential variable against the performance of construction workers on the project construction of the Maleo Town Square, where the influence of variable X1 amounted to 0,369 and X2 0,058. This research also shows that Safety variable (X1) the dominant effect compared to occupational health variables (X2). Keywords : Health and Safety Work, Perormance, Maleo Town Square. Abstrak Tahapan penelitian ini adalah studi berbagai literatur yang ada untuk menentukan variabel yang akan digunakan. Tahap selanjutnya mendesain kuisioner penelitian kemudian melakukan pengambilan data dengan cara wawancara langsung dan dengan metode Simple Random Sampling. Data yang diperoleh dari kuisioner dijelaskan melalui analisis deskriptif dan untuk mengetahui pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap kinerja pekerja konstruksi digunakan analisis regresi linear berganda meliputi uji validitas, realibilitas & uji regresi (uji f & t). Hasil dari penelitian ini menunjjukkan bahwa variabel bebas keselamatan kerja (X1) dan kesehatan kerja (X2) terhadap masalah (K3) secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel kinerja pekerja proyek pembangunan Maleo Town Square, dimana pengaruh variabel X1 sebesar 0,369 dan X2 sebesar 0,058. Pada penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel keselamatan kerja (X1) berpengaruh dominan dibandingkan variabel kesehatan kerja (X2). Kata Kunci : Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kinerja pekerja, Maleo Town Square
STUDY PENERAPAN EVA PADA PROYEK JEMBATAN SUNGAI MANDAR LIMBONG KAIYYANG DI POLEWALI MANDAR sarifuddin sarip
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 1 No 2 (2019): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v1i2.185

Abstract

Abstrak:Pengendalian waktu yang baik diharapkan dapat membantu pelaksanaan proyek sesuai waktu yang direncanakan salah satunya dengan mengunakan metode penerapan Eva Nilai Hasil, Penerapan Eva nilai hasil digunakan dengan tujuan dapat memperkirakan sejauh mana proyek yang dilaksanakan sesuai dengan rencana kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Eva (Earned Value Analysis) dalam memperkirakan waktu akhir penyelesaian proyek setiap minggunya, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan durasi pekerjaan proyek selama 36 minggu. Kata Kunci : Proyek Kontruksi, Pengendalian Waktu, Konsep Nilai Hasil
EFEKTIVITAS PELAYANAN ANGKUTAN UMUM PEDESAAN TRAYEK PAMBOANG – PASAR SENTRAL MAJENE Mahmud bibi; Muhammad Harun; Nurmiati Z
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 1 No 2 (2019): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v1i2.189

Abstract

ABSTRAK;Beberapa ruas jalan pada Trayek Terminal Majene PP dan Trayek Pamboang PP, pada jam-jam puncak angkutan umum yang ada cenderung digunakan melebihi kapasitas maksimumnya. Keadaan sebaliknya terjadi pada jam non-puncak, kendaraan umum setengah kosong dan harus melakukan kompetisi dengan angkutan umum lainnya untuk mendapatkan penumpang. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui kinerja pelayanan angkutan umum, kebutuhan angkutan umum dan membuat rekomendasi terkait dengan hasil evaluasi kinerja pelayanan pada kedua trayek ini. Dalam penelitian ini indikator kinerja angkutan umum yang dinilai adalah faktor muat, waktu perjalanan, frekuensi pelayanan, waktu antara, waktu tunggu, jumlah kendaraan yang beroperasi, dan waktu pelayanan. Indikator diperoleh dari hasil survey. Hasil anlisis pelayanan angkutan umum menurut Dirjen Perhubungan Darat, kinerja pelayanan angkutan umum pada trayek Trayek Terminal Majene PP dan Trayek Pamboang PP termasuk dalam kategori baik. Kebutuhan jumlah angkutan umum pada trayek Terminal Majene PP dan trayek Pamboang PP Trayek Terminal Majene PP sebanyak 35 unit. Berdasarkan hasil analisis direkomendasi: jumlah angkutan umum yang sudah ada dipertahankan saja atau dikurangi hingga mendekati nilai rata-rata jumlah kendaraan beroperasi setiap hari serta perlunya pembinaan pada pengemudi tentang kesadaran berlalu lintas yang baik di jalan raya. Kata kunci: Analisis, kinerja, angkutan umum, pelayanan ABSTRACT;Sometimes in Oebobo Station-Majene Station route and Pamboang Station- Station route, over capacity for public transportation happened in the peak time especially in several roads. While, in peak off time, most of public transportation have no passanger, so they had to compotate with the other transportation the get the passanger. Service operational planning of public transportation should be evaluate as soon as possible to know how about the performance of public transportation services. The goal of this research are to know about public transportation services performance, fleet necessity of public transportation and make recommendations relating to the results of the performance evaluation of services on this route both. The indicators of this research are public transportation performance, load factor, time journey, frequency, time line, passenger time waiting, the quantity of vehicle operated, and time services. All of these indicators get from dinamyc and statistic survey. From the results of the public transport service standards evaluation by the Directorate General of Land Transportation, the performance of public transport services on the Majene Station Route and Pamboang Route including good categories. The needs of public transport fleet on the Majene Station-Pamboang Route is 35 units, whereas for Majene Station-Pamboang Station Route 35units. Based on the results of the evaluation given recommendations are: for while the number of existing public transport or retained only if necessary, be reduced to close to the average value of the number vehicles in operation each day as well as the need for guidance drivers about traffic awareness good on the highway.
Perilaku Pejalan Kaki Pada Traffic Light Di Kabupaten Majene Nuraeni N; Nur Adyla
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 2 No 1 (2019): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v2i1.193

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor Perilaku Pejalan Kaki pada pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Majene dan untuk menganalisis upaya penanggulangan pelanggaran lalu lintas di Kabupatena Majene. Penelitian ini dilaksanakan di Jl. Gatot Subroto Kabupaten Majene dengan fokus pengamatan dan penataan yaitu bahu jalan, Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah Roll meter untuk mengukur data geometrik jalan seperti lebar jalan dan bahu jalan dan seperangkat alat tulis untuk pencatatan volume lalu lintas. Hasil penelitian yang diperoleh dari pemantauandi Jalan Gatot Subroto memiliki lebar jalan 6,5 m, dengan 1 lajur dalam 1 jalur arah barat, 1 lajur dalam 1 jalur arah timur, dan bahu jalan 1 m serta zebra cross yang sudah tidak jelas.
Analisis Penataan Ruang Parkir Bahu Jalan Untuk Meningkatkan Kinerja Jalan Di Pasar Campalagian Kabupaten Polman suaib abdullah; Nur Adyla S
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 1 No 1 (2018): BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v1i1.198

Abstract

Dengan pembangunan yang semakin meningkat pada daerah pasar campalagian penggunaan kendaraan bermotor juga semakin meningkat secara tidak langsung menimbulkan adanya pergerakan lalu lintas yang sangat padat sehingga menyebabkan kemacetan pada jalan pasar Campalagian Kabupaten Polman. Selanjutnya penganalisis langkah pemecahan masalah parkir dan merencanakan konsep penataan ruang parkir yang aman dan nyaman. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 2 (dua) metode yaitu : 1). Metode penelitian lapangan (Field Research Method) yaitu pengamatan langsung pada lokasi untuk melihat kondisi fisik; 2) Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research Method). Analisis data dilakukan dengan cara diskriptif dengan memberikan gambaran terhadap lokasi melalui identifikasi terhadap variabel-variabel antara lain analisis karakteristik parkir dan penataan ruang parkir yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman. Hasil penelitian adalah karakteristik parkir di Pasar Campalagian yang meliputi volume, akumulasi dan kapasitas parkir diperoleh temuan bahwa : 1). Volume parkir puncak tertinggi terjadi pada hari minggu dengan mobil 65 kendaraan, dan sepeda motor 85 kendaraan; 2). Akumulasi parkir puncak tertinggi terjadi pada hari minggu dengan akumulasi 385 mobil dan sepeda motor 624 kendaraan, Kapasitas parkir tertinggi terjadi pada hari minggu, yaitu untuk kendaraan mobil 30 kendaraan per jam, dan sepeda motor 125 kendaraan per jam. Bentuk yang digunakan untuk kegiatan parkir di pasar Campalagian adalah bentuk parkir 45o dan bentuk parkir sudut dengan kemiringan 90o. Demikian juga untuk konsep pola parkir dan penataannya dapat dibedakan atas : 1) parkir untuk pengunjung harus muda dicapai dan dekat dengan jalan sebagai akses utama; 2). Parkir pengelola harus dipisahkan dengan parkir pengunjung.
ANALISA FAKTOR- FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KECELAKAAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN AHMAD YANI KABUPATEN MAJENE samsul anchuk; muhammad harum
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 1 No 2 (2019): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v1i2.203

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui lokasi rawan kecelakaan (black spot) di ruas jalan Ahmad yani kabupaten Majene, menganalisa Faktor-faktor penyebab kecelakaan. Pada penelitian ini dibahas masalah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di ruas Jalan Ahmad yani kabupaten Majene. Metode yang digunakan untuk menentukan lokasi rawan kecelakaan antara lain metode tingkat kecelakaan dan metode titik tertentu.. Daerah / lokasi rawan kecelakaan (black spot) adalah suatu lokasi dimana tingkat kecelakaan tinggi dengan kejadian kecelakaan berulang dalam suatu ruang dan rentang waktu yang relatif sama yang diakibatkan oleh suatu penyebab tertentu. Data yang digunakan adalah data jumlah kecelakaan yang terjadi di ruas Jalan Ahmad yani kabupaten Majene yang dikelompokkan berdasarkan karateristik.