cover
Contact Name
Irman Idrus
Contact Email
irmanidrus80@gmail.com
Phone
+6282189450827
Journal Mail Official
juliyani68@yahoo.com
Editorial Address
Simbo BTN Griya Safika Blok G no. 5
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
ISSN : 25285130     EISSN : 26209861     DOI : -
Core Subject : Health, Science,
URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing keilmuannya.
Articles 95 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 4 (2021)" : 95 Documents clear
ANALISIS WAKTU PENDISTRIBUSIAN REKAM MEDIS RAWAT JALAN DI RSJ PROVINSI JAWA BARAT Diki Darajat; Meira Hidayati
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i4.1575

Abstract

Distribusi dokumen rekam medis sangatlah penting untuk kegiatan penyelenggaraan rekam medis, semakin cepat dokumen rekam medis sampai ke unit pelayanan makan semakin cepat juga pasien mendapatkan pelayanan kesehatan. pendistribusian dituntut untuk memenuhi standar pelayanan minimal ?10 menit, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa waktu pendistribusian dokumen rekam medis di RSJ provinsi Jawa barat, jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data melalui observasi petugas distribusi di unit rekam medis RSJ provinsi Jawa barat. Persentase ketepatan waktu sesuai standar pelayanan minimal adalah 88 berkas (88%) dan yang belum memenuhi standar 12 berkas (12%), rata rata waktu yang di perlukan untuk dokumen yang memenuhi standar pelayanan minimal adalah 4,5 menit per dokumen rekam medis, Kesimpulan dari penelitian ini adalah masih ditemukan adanya keterlambatan waktu pendistribusian rekam medis di RSJ provinsi Jawa barat, dengan menambah petugas distribusi dapat meningkatkan jumlah berkas yang memenuhi standar pelayanan minimal ?10 menit..
STRATEGI SOSIAL MEDIA PAYTREN DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE (Studi Kasus Content Creative 4.0 di Instagram) Ade Budi Santoso; Isa Wijayanti
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i4.1592

Abstract

Penelitian ini menggunakan teori revolusi digital, New Wave Marketing dan analisis Engagement Rate. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus dan paradigma penelitian konstruktivis. Hasil penelitian ini adalah bagaimana Content Creative bisa meningkatkan Brand Image melalui media sosial Instagram Paytren, bagaimana melalui Content Paytren berusaha untuk menarik Image dengan para konsumennya, hal itu sesuai dengan konsep Content Marketing dimana hubungan suatu Brand dengan konsumennya bersifat Horizontal. Dalam meningkatkan Brand Image melalui content pada media social Instagram, Paytren menggunakan unsur yang terdapat pada konsep New Content Marketing 7 (Tujuh) langkah Content Marketing yaitu: mentukan tujuan, memetakan target, menentukan tema besar dari Content yang disajikan, menentukan kapan dan siapa yang membuat Content, mendistribusikan Content, penguatan Content dan evaluasi. Brand Paytren sudah memiliki karakter yang kuat pada penggiat bisnis Online dikarenakan Brand Paytren memiliki 7 langkah Cotent Marketing.
IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT MNC GROUP MELALUI PROGRAM DESA BINAAN Silvina Mayasari
Jurnal Akrab Juara Vol 6 No 4 (2021)
Publisher : Yayasan Akrab Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi corporate social responsibility PT MNC melalui program desa binaan. Corporat Social Responsibility di definisikan sebagai tanggung jawab perusahaan kepada pemangku kepentingan untuk berlaku etis, meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif yang mencakup aspek ekonomi sosial dan lingkungan (triple botton line) dalam rangka mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang fokus pada Implementasi Corporat Social Responsibility PT MNC Group melalui program desa binaan. Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif adalah dengan melakukan observasi, kepustakaan dan studi dokumentasi. Dalam program CSR ini MNC Group melalui MNC Peduli berfokus pada beberapa kegiatan yang diimplementasikan untuk membantu pemerintah mengatasi permasalahan social yang ada di masyarakat melaui program desa binaan di Desa Pantai Bakti, Bekasi, Jawa Barat. Sedikitnya ada lima kegiatan dalam program CSR yang dipublikasikan secara luas baik melalui media massa, media social maupun melaui situs resmi MNC Group dan MNC Peduli. Pada ke lima kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa CSR PT MNC Group melalui program desa binaan diimplementasikan dalam dua bentuk implementasi yaitu community assistance dan community empowerment dengan tingkatan Philanthropy dan Citizenship.
WRITING ARGUMENTATIVE ESSAY IN ONLINE ACADEMIC WRITING CLASS: STUDENTS’ VOICE, DIFFICULTIES, AND WRITING ENJOYMENT Dedeh Rohayati; Andi Rustandi
Jurnal Akrab Juara Vol 6 No 4 (2021)
Publisher : Yayasan Akrab Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The present study is aimed at finding out 1) students’ voices and their difficulties towards Academic Writing, and 2) students’ awareness of Argumentative essay. This study employs a qualitative case study involving twelve six semester students of English Department and enrolling Academic Writing course. The class is conducted online using Google Meet. The participants are selected purposively and divided into two category: six students with six years writing enjoyment and six students with three years writing enjoyment. The primary data are obtained through semi structured interview and students’ document Argumentative text conducted online. The result of interview are transcribed, categorized, coded, and interpreted. Meanwhile, the students’ document of Argumentative text are analyzed by utilizing the generic structure checklist of argumentative essay adopted from Derewianka (1990). The findings reveals that all of students perceived Academic Writing positively. Meanwhile, all of students’ writing ability are hampered by their less ability in organizing idea systematically, grammar, vocabulary and diction. Specifically, students who have six years writing enjoyment faces difficulties in Academic writing due to their lack of understanding the instruction and managing assignment. In contrary, the students with three years writing enjoyment find Academic Writing difficult due to low management of revision and less enthusiastic and motivation. The result of students’ document of Argumentative texts indicate that students’ awareness on Argumentative essay still need improvement. It is recommended for the further research on related topic to investigate the novel cases using the different method.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ALAT OLAHRAGA PADA BFIT BLUPLAZA BEKASI Saipul Saipul; Muhammad Muharrom; Edhi Prayitno; Juarni Siregar
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i4.1570

Abstract

Di era moderenisasi ini perkembangan teknologi berkembang sangat pesat diberbagai aspek. banyak dari berbagai aspek ini merasakan dampak dari perkembangan teknologi ini, terutama aspek yang terasa adalah dibidang penjualan. BFIT adalah sebuah retail yang bergerak dibidang penjualan alat-alat olahraga. Pada BFIT proses penjualan masih di lakukan dengan cara yang manual. Mulai dari proses penjualan ke customer, penotaan barang, dan laporan penjualan, semua masih sangat manual. diperlukannya Sistem Pengolahan Data yang sudah terkomputerisasi agar dapat menunjang kinerja perusahaan agar dapat berjalan dengan optimal. Maka diperlukanya perancangan sistem informasi yang Meliputi Pendataan Penjualan, Stok Barang dan Laporan Penjualan Adapun metode yang digunakan dalam pembuatan perancangan sistem ini adalah metode prototype yang di rasa sangat cocok. Dan Hasil dari perancangan aplikasi ini adalah terealisasinya suatu aplikasi website yang dapat memudahkan promosi produk ke konsumen di berbagai daerah dan juga membantu perusahaan dalam mengelola barang dan laporan penjualan.
PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA PASIRSARI CIKARANG SELATAN Supriatin Supriatin; Asep Dony Suhendra
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i4.1587

Abstract

Kualitas Sumber Daya Manusia yang baik penting dimiliki oleh setiap organisasi agar pekerjaan yang telah direncanakan bisa terpenuhi atau tercapai dengan baik. Kualitas Sumber Daya Manusia sebagai faktor yang dapat meningkatkan Pelayanan Publik. Pelayanan Publik yang baik dapat diukur dari hasil yang berdampak positif terhadap lingkungan kerjanya. Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan mempunyai tugas pokok mewujudkan keamanan dan ketertiban, meningkatkan kebersihan dan kesehatan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Tugas-tugas tersebut merupakan aktivitas yang selalu dilaksanakan Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang Positif sebesar 0,618 atau 61,8% antara variabel Sumber Daya Manusia terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan. Pelayanan Publik sangat penting dimiliki oleh setiap kecamatan, pelayanan publik sebagai aspek penting dalam mendukung tingkat keberhasilan pelaksanaan manajemen publik yang dilaksanakan oleh pemerintah. Oleh karena itu pelayanan publik mempunyai arti penting baik bagi pegawai maupun organisasi.
REPRESENTASI NASIONALISME DALAM KONTEN INSTAGRAM MISS SUPRANATIONAL INDONESIA 2021 (Jihane Almira Chedid Versus Andre Sleigh) Robbikal Muntaha Meliala
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i4.1603

Abstract

Miss Supranational Indonesia 2021 yaitu Jihane Almira Chedid menyuarakan rasa nasionalisme melalui akun media sosial instagram miliknya, pasca kejadian Director Miss Supranational Organization memberikan umpatan tidak etis kepada Indonesian Pageant Lovers pada siaran langsung instagram milik Miss Supranational 2019 yaitu Antonnia Porsild. Warga net dan masyarakat Indonesia sangat menyayangkan perilaku dari Andre Sleigh yang mengandung rasisme dan kata kasar. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana representasi nasionalisme itu dalam konten instagram Miss Supranational Indonesia 2021. Metode penelitian dilakukan penulis dengan berpendekatan kualitatif, dengan menganalisis data melalui semiotika model Roland Bhartes. Hasil penelitian menunjukkan makna denotasi mengungkapkan nasionalisme sebagai kesadaran akan cinta tanah air dan rasa semangat membela negara ketika kita mengalami sesuatu yang kurang mengenakkan untuk Indonesia. Makna konotasi ditunjukkan Jihane dengan mengadopsi semangat bela negara dengan cara millennial, modern dan tetap mudah menerima globalisasi. Mitos ditunjukkan dengan menjaga esensi dan semangat Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.
LAJU PERTUMBUHAN SPESIFIK DAN TOTAL LIPID CHAETOCEROS CALCITRANS YANG DI INJEKSI DENGAN KONSENTRASI CO2 YANG BERBEDA Gilbert Turnip; Aryok Nomleni; Lutfi Adin
Jurnal Akrab Juara Vol 6 No 4 (2021)
Publisher : Yayasan Akrab Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mikroalga Chaetoceros calcitrans dapat berfotosintesis dan mampu tumbuh dengan cepat. Karbon dioksida (CO2) sangat penting peranannya dalam proses fotosintesis. Injeksi CO2 diperlukan untuk digunakan dalam fotosintesis, sehingga diharapkan dapat meningkatkan laju pertumbuhan spesifik dan mengurangi Gas Rumah Kaca. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimental laboratoris, menggunakan 4 perlakuan yaitu injeksi CO2 dengan konsentrasi 10%, 20%, 30%, 40% dan tanpa injeksi CO2 (kontrol) dengan 4 kali pengulangan. Laju pertumbuhan spesifik tertinggi terjadi pada hari kedua yaitu pada perlakuan 10%, 20%, 30%, 40% dan kontrol berturut-turut yaitu 0.90, 0,81, 0,78, 0,86 dan 0,81 dengan doubling time 0.77, 0,86, 0,89, 0,81 dan 0,85.Total lipid tertinggi didapatkan dengan penambahan CO2 10% yaitu 52,69 (berat kering) sedangkan yang terendah adalah pada perlakuan kontrol (udara ambient) yaitu 23,37 (%berat kering), meskipun hasil lipid yang didapat tidak berbanding lurus dengan konsentrasi CO2 dan berdasarkan uji anova yang dilanjut dengan uji BNT 5% tidak menunjukan perbedaan yang signifikan (p<0,05).
ANALISIS RUMAH TEMPAT TINGGAL BERTENAGA SURYA DENGAN KONSEP DEMAND SIDE MANAJEMEN ENERGI Trisna Fajar Prasetyo
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i4.1565

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bahwa manusia sangat bergantung dengan energi listrik sehingga kebutuhan akan energi listrik sangat tinggi, sehingga muncul energi alternatif yang dimanfaatkan untuk menutupi kebutuhan dari energi listrik. Energi surya sebagai energi alternatif yang bersumber dari sinar matahari yang cukup banyak digunakan saat ini. Namun karena energi surya sangat bergantung dari intensitas sinar matahari sehingga daya yang dihasilkan energi surya akan tidak konstan, sehingga digunakanlah sebuah konsep demand side manajemen yang bertujuan menghemat penggunaan energi listrik dengan cara mengatur peralatan lisrik dan yang bukan prioritas. Peneliti melakukan pengujian sistem demand side manajemen energi untuk rumah tempat tinggal bertenaga surya dengan cara menghitung nilai energy not supplied tiap prioritas selama satu minggu. Hasil dari pengujian ini didapat nilai rata-rata ENS prioritas 1 sebesar 1,28%, ENS prioritas 2 sebesar 14,54%, dan ENS prioritas 3 sebesar 21,82% dan tingkat akurasi sensor sebesar 97,90 untuk sensor tegangan dan 95,45 untuk sensor arus.
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK PADA PT TRIKOMSEL OKE OUTLET SAMSUNG EXPERIENCE STORE MALL GRAND INDONESIA JAKARTA Yulia Mujiaty; Khotimah Herliana; Deasy Novayanti; Nurul Fathia
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i4.1582

Abstract

Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu. Di dalam strategi yang baik terdapat koordinasi tim kerja, memiliki tema, mengidentifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien dalam pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif. Disamping itu, pemasaran berfungsi untuk mendekatkan jarak antara produsen dan konsumen. Dengan memproduksi barang atau jasa, perusahaan berusaha meningkatkan penjualan dengan cara dan strategi yang tepat untuk merebut pelanggan sebanyak mungkin, setiap perusahaan memiliki cara dan strategi yang berbeda penggunaan cara dan metode tersebut dalam ilmu pemasaran disebut strategi pemasaran. Dari hasil kegiatan pelaksanaan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan produk yang diterapkan oleh PT Trikomsel Oke Outlet Samsung Experience Store Mall Grand Indonesia Jakarta adalah dengan menggunakan metode bauran pemasaran berupa produk, harga, tempat, dan promosi. Dalam melakukan kegiatan Strategi Promosi PT Trikomsel oke Outlet Samsung Experience Store Mall Grand Indonesia yaitu, promo harga, promo cashback, promo trade in, promo operator. Adapun pelaksanaan kegiatan strategi pemasaran yang dilakukan PT Trikomsel oke Outlet Samsung Experience Store Mall Grand Indonesia dalam meningkatkan volume penjualan produk sudah sangat baik

Page 1 of 10 | Total Record : 95