cover
Contact Name
Ahmad Tohir
Contact Email
jiask.journal@gmail.com
Phone
+6285267779964
Journal Mail Official
jiask.journal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Muh. Mansyur Kebon Gede 32 Ilir, Palembang 30145. Tel / fax : (0711) 364300 / 5732871
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK)
ISSN : 26543141     EISSN : 27461629     DOI : https://doi.org/10.48093/jiask.v1i1.1
JIASK covered various of research approach, namely: quantitative, qualitative and mixed method. JIASK focuses related on various themes, topics and aspects of administration and public policy including (but not limited) to the following topics: 1.Bureaucracy 2.Public policy 3.Development administration 4.Local government 5.Good governance 6.Public value
Articles 90 Documents
Ethics of Public Administration in The Administration of Governance in Indonesia Zaidan Nawawi
Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) مجلد 1 عدد 1 (2018): Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) (September 2018)
Publisher : MAP Program Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48093/jiask.v1i1.1

Abstract

Ethics is an important element which determines the successful implementation of organizations activities and public administration actors. The importance to implement public administration ethics in the Indonesia government bureaucracy was based to the ethical problems which happened, such as corruption, collusion and nepotism. This research used qualitative method, where is primary data obtained from observations, and secondary data obtained from media and literature study. From the research that has been conducted, it is known that few of government officials in Indonesia are lack of accountability in performing their duties, authorities and responsibilities and as a result the public bureaucracy in the reform era was much highlighted by the public and got criticism. To solve this problem, besides by enforcing the laws, the government also must to cultivate and implement the public administration ethics for their bureaucratic apparatus.
Evaluasi Kinerja Pegawai dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Cacat Tuna Netra pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Panti Rehabilitas Penyandang Cacat Netra Provinsi Sumatera Selatan Antartila Rizki Aziz
Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) مجلد 1 عدد 1 (2018): Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) (September 2018)
Publisher : MAP Program Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48093/jiask.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Untuk mengetahui kinerja Unit Pelaksana teknis di Unit Pelaksana Teknis Dinas Panti Rehabilitasi Penyandang Cacat tuna Netra Provinsi Sumatera Selatan. dan disamping itu juga untuk faktor-faktor apa saja yang menghambat Unit Pelaksana teknis di Unit Pelaksana Teknis Dinas Panti Rehabilitasi Penyandang Cacat tuna Netra Provinsi Sumatera Selatan Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. penelitian kualitatif adalah adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Pengumpulan data di lakukan dengan teknik wawancara, observasi, dekumentasi. Hasil penelitian di lapangan diperoleh Hasil wawancara Unit Pelaksana Teknis Dinas Panti Rehabilitas Penyandang cacat Tuna Netra Provinsi Sumatera Selatan hasil kerja yang pada umumnya sudah dilaksanakan dengan baik, dimana dari hasil kerja yang selama ini dilaksanakan sudah dilakukan dengan baik sesuai dengan juklak (Petujuk pelaksanaan) dan juknis (petujuk tehnis) tetapi ada satu kendala yaitu sarana dan prasarana yang masih kurang dan sudah tidak memadai dipergunakan lagi. Selebih dari itu semua telah terlasana dengan baik. Evaluasi kinerja pegawai dengan indicator meliputi ; prestasi kerja, kemampuan, disiplin dan prilaku pegawai menunjukan bahwa evaluasi kerja yang selama ini dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas Panti Rehabilitas Penyandang cacat Tuna Netra Provinsi Sumatera Selatan sudah dilaksanakan dengan baik.
Implementasi Kebijakan Program Kartu Keluarga Sejahtera (KKS ) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Miskin di Kelurahan Sekip Jaya Kecamatan Kemuning Kota Palembang Andela Anggleni
Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) مجلد 1 عدد 1 (2018): Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) (September 2018)
Publisher : MAP Program Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48093/jiask.v1i1.3

Abstract

Pelaksanaan program KKS di Kelurahan Sekip Jaya, terdapat faktor yang menjadi penghambat yaitu kurangnya sosialisasi program KKS masih ada masyarakat miskin yang belum terdaftar, serta tidak tepat sasaran penerima KKS sehingga menimbulkan kecemburuan sosial.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan program Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin di Kelurahan Sekip Jaya Kecamatan Kemuning Kota Palembang dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat implementasi kebijakan program Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin di Kelurahan Sekip Jaya Kecamatan Kemuning Kota Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan penjabaran secara deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka dan menggunakan teknik analisa datamenurut Miles and Huberman dalam Sugiyono dengan tahapanreduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Sedangkan untuk mengungkap permasalahan penelitian menggunakan model implementasi yang dikembangkan oleh Van Meter dan Van Horn dan fungsi kesejahteraan sosial menurut Friedlander & Apte dalam Fahrudin. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan program Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Kelurahan SekipJaya Kecamatan Kemuning Kota Palembang, belum berjalan secara efektif. Seperti masih terdapat penerima bantuan yang belum terdaftar, sosialisasi hanya dilakukan kepada penerima KKS saja, dalam proses pendataan yang dilakukan pemerintah data yang digunakan adalah hasil pendataan perlindungan sosial (PPLS) tahun 2011 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Sehingga tidak sesuai kondisi dilapangan, perlu pemberian pengarahan dan perhatian kepada masyarakat serta melakukan validasi dan pemutakhiran data guna meminimalisir kecemburuan sosial dimasyarakat.
Strategi Peningkatan Penerimaan Pajak Hiburan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang Susi Lawati
Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) مجلد 1 عدد 1 (2018): Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) (September 2018)
Publisher : MAP Program Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48093/jiask.v1i1.4

Abstract

Judul penelitian ini adalah strategi peningkatan penerimaan pajak hiburan dalam upaya meningkatkan pendapatan (PAD) kota Palembang. Bertujuan untuk 1) Menentukan strategi implementasi untuk meningkatkan Pendapatan Pajak Hiburan dalam upaya meningkatkan pendapatan daerah Palembang, 2) Mengetahui faktor- faktor pendukung dan hambatan yang dapat mempengaruhi peningkatan pendapatan pajak hiburan di kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: pertama, implementasi strategi Dinas Pendapatan Daerah Kota Palembang dalam peningkatan penerimaan pajak hiburan dengan: 1) Memprioritaskan intensifikasi penerimaan pajak yang belum mencapai target. . 2) Mengembangkan Pendapatan potensial yang diarahkan ke jenis objek pajak daerah baru. 3) Prioritaskan pengembangan layanan pajak infrastruktur on-line. 4) Memberikan Hadiah dan Hukuman kepada aparat, faktor kedua dan pendukung yang mempengaruhi peningkatan pajak hiburan di kota meliputi: jumlah karyawan, pemantauan penggunaan tiket hiburan, pemeriksaan pajak daerah, ketersediaan fasilitas dan kegiatan infrastruktur , potensi peningkatan objek pajak hiburan, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan faktor penghambat meningkatkan pajak hiburan di kota Palembang meliputi: dukungan keuangan untuk pekerja lapangan masih rendah, struktur birokrasi yang terkadang berbelit-belit dibuat oleh pejabat, sikap mental dalam wajah pembayar pajak beragam masih lemah, pejabat setempat selingkuh, jumlah tempat hiburan yang tidak memiliki izin resmi Saran dapat diberikan, Kantor Pendapatan Daerah Palembang harus lebih berhati-hati dan bekerja lebih keras untuk menemukan wajib pajak-wajib pajak baru yang merupakan sumber pendapatan agar pajak hiburan ditingkatkan. Telah menerapkan sanksi terhadap perusahaan, sehingga masyarakat dapat diharapkan untuk mematuhi pajak yang dibayarkan tepat waktu sesuai dengan ketentuan. Kantor Pendapatan Daerah Palembang harus lebih meningkatkan pemantauan izin hiburan dan juga peningkatan kualitas personel yang memiliki loyalitas, bersih, dan sangat disiplin.
Pengaruh Kualitas Pegawai terhadap Efisiensi Kerja Pegawai Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Sriwijaya Palembang Yofitri Heny Wahyuli
Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) مجلد 1 عدد 1 (2018): Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) (September 2018)
Publisher : MAP Program Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48093/jiask.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Pegawai terhadap Efisiensi Kerja Pegawai Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Sriwijaya Palembang”.Penelitian ini dilakukan di Kota Palembang, khususnya di wilayah Universitas Sriwijaya Palembang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiapakah terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pegawai dengan efisiensi kerja di Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Sriwijaya Palembang dan untuk mengetahui Tingkat Kualitas Pegawai dan Efisiensi Kerja Pegawai Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Sriwijaya secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Penafsiran terhadap hasil penelitian disesuaikan dengan pedoman pada teori yang sesuai. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan : bahwa kualitas pegawai pada fakultas kedokteran Universitas Sriwijaya adalah tergolong baik. Hal itu biasa dilihat dari perolehan nilai seluruh pertanyaan sebesar 128 yang menunjukkan hasil yang baik.Tingkat efisiensi kerja pegawai pada fakultas kedokteran Universitas Sriwijaya variabel efisiensi kerja pegawai berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efisiensi kerja pegawai tergolong tinggi. Hal itu dapat terlihat dari nilai rata-rata untuk variabel efisiensi kerja (Y) sebesar 14.415 yang menunjukkan hasil yang tinggi. pengaruh kualitas pegawai terhadap efisiensi kerja pegawai fakultas kedokteran Universitas Sriwijaya. Besar hubungan antar variabel kualitas pegawai (X) dengan efisiensi kerja pegawai (Y) adalah -0,720 dengan nilai signifikansi sebesar 0.001. Hal ini menunjukkan korelasi yang kuat antara kualitas pegawai dengan efisiensi kerja pegawai. Dari perhitungan ternyata baik dari perhitungan korelasi, koefisien determinasi dan uji t diperoleh simpulan variabel bebas memiliki pengaruh positif, searah dan signifikansi terhadap efisiensi kerja.Di dukung oleh hasil uji t yang menunjukkan ditolaknya Ho. Pengaruh arah yang positif artinya jika variabel kualitas pegawai ditingkatkan maka variabel maka efisiensi kerja pegawai pun mengalami peningkatan. Begitu juga sebaliknya jika variabel bebas tersebut mengalami penurunan, maka akan diikuti dengan penurunan pada variabel efisiensi kerja pegawai.
Efektivitas Pelaksanaan Program Sekolah Gratis di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Studi di SMA Negeri 16 Lebak Murni Kota Palembang) Emmy Deseri
Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) مجلد 1 عدد 1 (2018): Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) (September 2018)
Publisher : MAP Program Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48093/jiask.v1i1.6

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk Mendiskripsikan serta mengkaji peran pemerintah kota Palembang dalam melaksanakan program sekolah gratis di SMA Negeri 16 Lebak Murni Kota Palembang, Mendiskripsikan serta mengkaji kendala kendala yang dihadapi pemerintah kota palembang dalam melaksanakan program sekolah gratis di SMA Negeri 16 Lebak Murni Kota Palembang. Dalam rangka memperolehilmu,khususnya Ilmu Administrasi Publik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun tempat penelitian ini dilakukan di sekolah- sekolah yang terdapat di kota Palembang khususya di SMA Negeri 16 Lebak Murni. Penelitian ini membahas tentang efektivitas pelaksanaan sekolah gratis dikota Palembang. Hasil penelitian ini antara lain Belum efektifnya pelaksanaan Permedagri nomor 13 Tahun 2006 yang dirasakan mekanismenya berbelit. Belum efektifnya Standar Pelayanan Minimum di SMA Negeri 16 Palembang. Belum efektifnya Penyediaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Negeri 16 Palembang. Belum efektifnya pengembangan dan pembinaan berkala dari Tim Provinsi ke kabupaten/Kota serta Tim Kabupaten/Kota ke tim Manajemen Sekolah ke sekolah SMANegeri 16 Palembang. Belum efektifnya pengawasan ke SMA Negeri 16 Palembang tentang penggunaan sekolah gratis. Belum efektifnya sangsi yang tegas pada kabupaten Kota yang tidak melaksanakan MOU dana Sharing dengan Kabupaten dan belum satu formnya sekolah sekolah sehingga masih ada sekola yang menolak program sekolah gratis yang di programkan pemerintah provinsi.
Implementasi Kebijakan Pemberdayaan Masyarakat Miskin (Studi tentang Program Keluarga Harapan Di Kota Palembang) Kiagus Muhammad Faisal; Jumroh Jumroh
Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) مجلد 1 عدد 2 (2019): Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) (Maret 2019)
Publisher : MAP Program Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48093/jiask.v1i2.7

Abstract

Penelitian ini, mendeskripsikan dan menganalisis faktor penyebab belum efektifnya implementasi kebijakan pemberdayaaan masyarakat miskin, melalui proses Implementasi Program Keluarga Harapan”. Penelitian ini dilakukan di Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, adalah metode kualitatif, karena peneliti sendiri terlibat langsung dalam proses penelitian ini, termasuk sebagai participant observation. Desain penelitian ini menggunakan ”desain deskriptif analitik”, yaitu metode meneliti suatu obyek peristiwa pada masa sekarang.Hasil penelitian menunjukan bahwa, belum efektifnya implementasi kebijakan pemberdayaan masyarakat miskin. Hal ini disebabkan, belum efektifnya 3 (tiga) faktor lingkungan implementasi, yaitu : 1) Aktor dan arena, dimana aspek utama keterbatasan kemampuan masyarakat miskin dalam mengelola potensi sumber daya yang tersedia dalam meningkatkan pendapatan masyarakat miskin. 2) Struktur-struktur organisasi dan norma-norma birokrasi, dimana aspek utama penyebabnya, secara struktur Program Keluarga Harapan, tidak dikaitkan dengan kelembagaan masyarakat yang ada di setiap Kecamatan, 3) Jaringan-jaringan komunikasi dan mekanisme-mekanisme penyesuaian, dimana aspek utama penyebabnya, belum efektifnya komunikasi dan hubungan antara aktor dengan elit Kecamatan, Kelurahan, stakeholders dan opinion leader.
Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur Suandi Suandi
Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) مجلد 1 عدد 2 (2019): Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) (Maret 2019)
Publisher : MAP Program Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48093/jiask.v1i2.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur yang diukur menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat. Penelitian dilakukan di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur pada bulan Oktober 2018. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach‟s Alpha. Dari hasil penelitian terlihat bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk pelayanan Kantor Kecamatan Belitang adalah 2,88 dengan angka konversi sebesar 71,95. Maka kinerja pelayanan publik berada dalam kategori mutu pelayanan baik. Hasil dari pengukuran terhadap 14 indikator Indeks Kepuasan Masyarakat sebagai berikut: (a) prosedur pelayanan nilai IKM sebesar 75,08 dengan kategori baik, (b)Persyaratan pelayanan nilai IKM sebesar 71,83 dengan kategori Baik, (c) Kejelasan petugas pelayanan nilai IKM sebesar 69,33 dengan kategori Baik, (d) Kedisiplinan petugas pelayanan nilai IKM sebesar 73,33 dengan kategori Baik, (e) Tanggungjawab petugas nilai IKM sebesar 74,17 dengan kategori Baik,(f) kemampuanpetugas pelayanan dengan nilai IKM sebesar 66,83 dengan kategori baik, (g) Kecepatan pelayanan nilai IKM sebesar 72,17 dengan kategori Baik, (h) Keadilan mendapatkan pelayanan nilai IKM sebesar 74,67 dengan kategori Baik, (i) kesopanan dan keramahan petugas nilai IKM sebesar 75,17 dengan kategori baik, (j) Kewajaran biaya pelayanan nilai IKM sebesar 73,83 dengan kategori Baik, (k) Kepastian biaya pelayanan nilai IKM sebesar 68,50 dengan kategori Baik, (l) Kepastian jadwal pelayanan nilai IKM sebesar 74,33 dengan kategori Baik, (m) Kenyamanan lingkungan nilai IKM sebesar 74,67 dengan kategori Baik, dan(n) Keamanan pelayanan nilai IKM sebesar 69,42 dengan kategori Baik.
Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, dan Motivasi Kerja terhadap Karyawan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stik) Bina Husada Palembang Yulianti Grease Silvana; Zunaidah Zunaidah; Choiriyah Choiriyah
Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) مجلد 1 عدد 2 (2019): Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) (Maret 2019)
Publisher : MAP Program Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48093/jiask.v1i2.10

Abstract

Penelitian ini menguji Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Bina Husada Palembang. Dalam penelitian ini jumlah sampel sebanyak 104 orang. Dari hasil perhitungan, desain penelitian populasi sebanyak 104 karyawan. Desain yang digunakan adalah menggunakan data kualitatif yang kemudian dikuantitatifkan. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian bahwa: (1) kompetensi, kompensasi, dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kinerja karyawan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Bina Husada Palembang.(2) Kompetensi secara parsial tidak ada pengaruh signifikan terhadap Kinerja karyawanSekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Bina Husada Palembang. (3) Kompensasi secara parsial tidak ada pengaruh signifikan terhadap Kinerja karyawan pada karyawanSekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Bina Husada Palembang. (4) Motivasi Kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja karyawanSekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Bina Husada Kota Palembang.
Dinamika Implementasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia Rakhmat Rakhmat; Firdaus Fakih
Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) مجلد 1 عدد 2 (2019): Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK) (Maret 2019)
Publisher : MAP Program Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48093/jiask.v1i2.11

Abstract

Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan mempunyai peran strategis dalam upaya percepatan penurunan angka kemiskinan di Indonesia. Berbagai program telah dibuat dandigulirkan oleh pemerintah dalam berbagai bentuk dalam kurun waktu yang sudah cukup lama. Namun, dalam tahapan implementasi kebijakan ternyata masih banyak menemui berbagai hambatan dan kendala. Pendistribusian bantuan sosial yang belum tepat sasaran (bias distribusi) merupakan salah satu masalah utama yang harus dapat segera dicarikan solusi terbaiknya. Bias distribusi disebabkan karena adanya diskresi yang dilakukan oleh para petugas pelaksana program di lapangan (street level bureaucracy). Kondisi ini telah berdampak pada pencapaian target penurunanangka kemiskinan yang belumoptimal.