cover
Contact Name
Natalia Rosalina Rawa
Contact Email
rawarah@gmail.com
Phone
+6281217191289
Journal Mail Official
jurnal.jaicb@gmail.com
Editorial Address
Kampus STKIP Citra Bakti, Jalan Trans Bajawa-Ende, Kabupaten Ngada, NTT
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti (JAICB)
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : -     EISSN : 27219178     DOI : https://doi.org/10.38048/jailcb.v1i1
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti (JAICB) adalah jurnal pengabdian kepada masyarakat yang memuat hasil pengabdian dalam bentuk pendampingan, pelatihan, penyuluhan, atau kegiatan lainnya. JAICB terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu April dan November. JAICB diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. JAICB mempunyai ISSN 2721-9178 dengan SK No. 0005.27219178/JI.3.1/SK.ISSN/2020.04
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2023)" : 14 Documents clear
PENANAMAN POHON DAN PEMBERSIHAN DAERAH ALIRAN SUNGAI MATAWAE DI KELURAHAN MATALOKO SEBAGAI WUJUD CINTA LINGKUNGAN Prisko Yanuarius Djawaria Pare; Maria Editha Bela; Florentianus Dopo; Maria Carmelita Tali Wangge; Ferdinandus Bate Dopo; Yohanes Vianney Sayangan; Pelipus Wungo Kaka
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 1 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i1.971

Abstract

Perguruan Tinggi harus mempersiapkan mahasiswa untuk berkontribusi secara professional dalam kehidupan masyarakat. Salah satu kontribusi dimaksud adalah bentuk aksi nyata yang terwujud dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan ini diberi nama Penanaman Pohon Dan Pembersihan Daerah Aliran Sungai Matawae Di Kelurahan Mataloko Sebagai Wujud Cinta Lingkungan Oleh Dosen Dan Mahasiswa STKIP Citra Bakti merupakan kerjasama yang telah terjadi antara lembaga Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti dengan Pemerintah Kelurahan Mataloko dalam bidang peningkatan Tridharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh beberapa orang dosen dari program studi pendidikan IPA, program studi pendidikan Matematika, Pendidikan Musik, mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam dan warga masyarakat Kelurahan Mataloko. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan banyaknya sampah yang berserakan di sepanjang daerah aliran sungai Matawae dan keprihatinan masa depan sumber mata air yang hanya ditampung oleh satu pohon beringin. Permasalahan di atas menggugah gairah dari dosen dan mahasiswa STKIP Citra Bakti untuk melakukan aksi kerja nyata penanaman pohon trambesi dan pembersihan daerah aliran Sungai Matawae. Metode lain yang digunakan adalah dengan jalan memilih dan memungut sampah yang telah diangkut dari daerah aliran sungai untuk di pilah sampah-sampah yang masih memiliki daya guna untuk di kelola secara baik menjadi bahan daur ulang Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memperbaiki kondisi ekologis di sepanjang daerah aliran sungai dari sampah yang bertumpuk, menambah jumlah pohon perindang dengan kadar penyimpanan air yang tinggi, mencegah banjir, dan melestarikan ekosistem di sungai matawae kelurahan mataloko.
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI GERAKAN JAMBAN SEHAT DI DESA KALIBOTO KIDUL KECAMATAN JATIROTO KABUPATEN LUMAJANG DENGAN METODE COMMUNITY-BASED RESEARCH (CBR) Azah Zakiyatul Miskiyah; Winda Arifial Hikmah; Nursa’idah; Jessica Anantasya Kevin Aguilera; Arina Tri Nur Listiyaningrum; Funsu Andiarna
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 1 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i1.1365

Abstract

Jamban keluarga merupakan fasilitas sanitasi dasar yang wajib dimiliki untuk membuang limbah kotoran manusia. Akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum memiliki jamban dan lebih memilih buang air besar (BAB) di sungai. Penyakit yang dapat ditimbulkan akibat pencemaran lingkungan yaitu diare, kolera, disentri, paratiroid, tifoid, hepatitis, penyakit cacing, dan penyakit lainnya. Tujuan pengabdian yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya buang air besar di jamban dan memilih penggunaan jamban sehat. Metode yang digunakan yaitu Community-Based Research (CBR) dimana pengabdi turut berperan serta dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sasaran dari pengabdian ini adalah masyarakat Desa Kaliboto Kidul yang memiliki kebiasaan membuang air besar sembarangan, seperti membuang air besar di sungai, karena hal itu dianggap memudahkan masyarakat setempat. Jumlah peserta kegiatan sosialisasi STOP BABS sebanyak 30 orang. Hasil pengabdian ini menunjukkan peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya jamban sehat dan merubah perilaku buang air besar sembarangan dengan presentasi awal sebelum dilakukan sosialiasi sebesar 67% kemudian meningkat sampai 93%.
OPTIMALISASI PENINGKATAN KETERAMPILAN MANAJEMEN REFERENSI DI DALAM KARYA ILMIAH DENGAN MENGGUNAKAN MENDELEY PADA MAHASISWA IAIN KERINCI Ahmad Khairul Nuzuli; Ria Julita Sari; Puji Kurnia; Rezki Rosalia Indah; Rahmat Rhafizt P
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 1 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i1.1409

Abstract

Mahasiswa harus menguasai manajemen, pengelolaan kutipan atau referensi dari berbagai jenis jurnal agar dapat menghasikan output ilmiah yang baik. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam manajemen referensi dan peningkatan kualitas karya ilmiah. Program kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) memiliki harapan untuk mengajarkan dan mengarahkan mahasiswa- mahasiswi IAIN Kerinci dalam mengoperasikan aplikasi Mendeley untuk membuat kutipan dan referensi artikel secara mudah dan praktis. Acara pembelajaran Mendeley secara offline ini diadakan disalah satu ruang kelas yang terdapat pada R.KT lantai 1A.2 IAIN Kerinci pada tanggal 13 oktober 2022 dengan anggota dari mahasiswa 20 peserta. Beberapa metode PKM ini meliputi: metode ceramah oleh para pembicara, latihan atau praktik oleh para peserta, pengarahan kepada peserta pelatihan, dan Tanya jawab. Dari hasil post test dapat dilihat bahwa peserta pelatihan mengalami peningatan dalam pengoperasioan Mandeley sebagai manajemen referensi dalam sebuah karya ilmiah.
PELATIHAN MEMBUAT BATIK DIATAS KAYU DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE LEARNING DI SMA KEBANGSAAN-TANGGERANG SELATAN Ariesa Pandanwangi; Belinda Sukapura Dewi; Cama Juli Rianingrum; Atridia Wilastrina
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 1 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i1.1411

Abstract

Proses pembelajaran pada SMA Kebangsaan-Pondok Aren di Kota Tangerang Selatan berlangsung selama lima hari dalam satu minggu. Kurikulum mewajibkan siswa untuk mengikuti mata pelajaran seni budaya. Materi yang diberikan antara lain menggambar, membatik dengan lilin panas, mengelola pameran dan mengapresiasi karya siswa. Untuk pengayaan materi, siswa dibekali ilmu life skill. Maka dari itu, pihak sekolah berinisiatif untuk memberikan pelatihan membuat karya batik di atas kayu. Tujuan dari pelatihan ini untuk memberikan keterampilan yang dapat diterapkan siswa setelah lulus sekolah. Hal ini dikarenakan kebanyakan siswa berasal dari daerah di luar Pulau Jawa, dan setelah lulus mereka lebih memilih untuk dapat langsung bekerja. Selain itu, program ini juga meningkatkan kompetensi guru seni budaya karena mereka mendapatkan materi ajar baru, khususnya bagi guru yang latar pendidikannya bukan dari seni. Permasalahan yang dihadapi oleh sekolah ini adalah sebagian besar guru yang tidak berlatar seni dan kurikulum sekolah yang tidak ada perkembangan. Program ini memberikan solusi dengan memberikan pengetahuan baru mengenai praktik seni melalui workshop membuat batik di atas media kayu. Metoda yang digunakan adalah service learning (SL). Peserta yang akan mengikuti pelatihan ini berjumlah 130 orang siswa dan 5 orang guru. Hasil workshop ini adalah siswa dapat membatik di atas kayu dengan cara yang mudah dan bahan yang murah. Hal ini penting bagi peserta didik, mengingat mereka banyak yang berasal dari keluarga ekonomi sederhana dan sebagian dari mereka tinggal di asrama atau dititipkan kepada pihak sekolah.
MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PENINGKATAN PENJUALAN UMKM DI KOTA DENPASAR Ni Made Widnyani; Vitalia Fina Carla Rettobjaan; A. A. Ngurah Bagus Aristayudha; Ni Luh Putu Surya Astitiani; Kadek Riyan Putra Richadinata
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 1 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i1.1435

Abstract

Media sosial adalah Tren terbaru. Sejak merebaknya Pandemi Covid-19 di Indonesia, terjadi beberapa permasalahan yang berdampak besar pada sektor ekonomi. Penurunan pendapatan dan penjualan dari pemilik usaha usaha kecil hingga besar. Melihat situasi ini menuntut perlunya fokus pada pertumbuhan hubungan kerja yang saling bergantung, ini dapat dilakukan dengan media online untuk menjual dan memperkenalkan produk lewat media digital atau dikenal sebagai media sosial. Kegiatan ini bertujuan agar dapat memberikan pemahaman dan pemanfaatan media sosial sebagai sarana untuk melakukan kegiatan bisnis. Media sosial ini mampu mengoptimalkan penjual berinteraksi dengan pelanggan dari mana saja dan kapan saja. Sasaran kegiatan ini adalah pelaku usaha UMKM di Kota Denpasar berjumlah 15 orang yang dilaksanakan pada bulan juni 2021. Metode yang digunakan dengan pemberian materi dan pelatihan pembuatan akun media sosial serta membuat content menarik, penggunaan media sosial Instagram dan Google My Business, serta membuat logo usahakepada pelaku usaha UMKM di Kota Denpasar. Hasil dari kegiatan ini dapat menjadikan pelaku usaha UMKM di Kota Denpasar paham akan penggunaan media sosial sebagai alternatif dalam meningkatkan penjualan.
PEMBERDAYAAN GURU TK MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS HOTS Rafika Bayu Kusumandari; Istyarini; Edi Subkhan
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 1 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i1.1438

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mempublikasikan kegiatan pengabdian dimana tujuan pengabdian adalah (1) Memberikan pelatihan pembuatan e-modul interaktif berbasis HOTS bagi guru TK di gugus srikandi sejumlah 36 orang, (2) Memberikan pendampingan pembuatan e-modul interaktif berbasis HOTS, dan (3) Melakukan supervisi kegiatan pelatihan. Metode pengabdian berupa pelatihan pembuatan e-modul interaktif berbasis HOTS bagi guru TK di gugus Srikandi 3 dan pendampingan. Hasil yang dicapai adalah dihasilkannya e-modul interaktif berbasis HOTS sejumlah 4 buah yang mencirikan masing-masing sekolah yang tergabung dalam Gugus Srikandi 3, yaitu Air Sumber Kehidupan (TK Tirta Moedal), Kunjungan ke ABA Mart (TK ABA 27), Egrang Batok (TK Negeri Pembina Kota Semarang), dan Anak Soleh (TK Al-Huda). Produk e-modul interaktif yang dihasilkan ini dipilih yang mencirikan sekolah karena dapat digunakan untuk lomba gugus dimana salah satu point penilaian adalah ciri khas dari kegiatan gugus. Kesimpulan Untuk menjawab permasalahan mitra, kegiatan masyarakat dilakukan dengan memberikan pelatihan penyusunan e-modul interaktif berbasis HOTS. Kegiatan ini menghasilkan 4 buah dari 5 buah e-modul interaktif berbasis HOTS yang direncanakan. Evaluasi setelah selesai program dilakukan baik offline (berkunjung) maupun via online (telepon atau WhatsApp) terhadap pembuatan e-modul interaktif berbasis HOTS.
PENDAMPINGAN PEMBUATAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) UNTUK MGMP SEJARAH SMA KABUPATEN KEDIRI Nara Setya Wiratama; Yatmin; Zainal Afandi; Heru Budiono; Sigit Widiatmoko; Agus Budianto; Gusti Garnis Sasmita; Yurisda Listanti; M. Ipung Zainul Islam Sumarwoto
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 1 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i1.1447

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu usaha yang bisa dicoba seorang guru dalam menaikkan mutu pembelajaran, khususnya guru mata pelajaran sejarah. Pendampingan penyusunan PTK dalam aktivitas pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pemahaman guru-guru sejarah MGMP Sejarah SMA di Kabupaten Kediri mengenai PTK, serta (2) meningkatkan keahlian guru dalam penyusunan laporan PTK. Metode yang dipakai dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode pelatihan yang terdiri dari tahapan Perencanaan (pengamatan), Penerapan (ceramah, dialog, unjuk rasa), serta Evaluasi. Peserta memperoleh ketrampilan baru dalam membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK), mulai dari pembuatan proposal hingga pelaporannya. Ketrampilan membuat PTK merupakan suatu kompetensi wajib guru sebagai syarat sebagai guru professional selain kompetensi pedagogik, kepribadian,dan sosial. Berdasarkan hasil kegiatan pendampingan ini diketahui dari 25 peserta yang mengikuti kegiatan, 21 peserta menyatakan sangat puas atas adanya kegiatan ini, empat peserta cukup puas dikarenakan kendala pengetikan menggunakan perangkat komputer karena faktor usia, sehingga dapat disimpulkan kegiatan pendampingan ini berhasil.
BELAJAR ASIK DAN MENYENANGKAN DI MASA LIBUR SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-6 TAHUN Dek Ngurah Laba Laksana; Angela Marici Mau Gili; Marselina Viktoria Meo; Kristina Pano; Antonia Ndai; Felomena Sari Janul
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 1 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i1.1451

Abstract

Anak usia 4-6 tahun adalah masa yang potensial untuk dikembangkan berbagai aspek perkembangan anak, maka pada masa ini saat yang tepat bagi anak untuk memperoleh stimulasi perkembangan belajar. Aspek perkembangan yang perlu mendapatkan stimulasi adalah perkembangan kognitif. Untuk itu perlu dilakukan pembelajaran secara optimal pada masa usia tersebut dalam berbagai situasi belajar termasuk saat anak anak libur sekolah. Tujuan pendampingan belajar ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-6 tahun yang ada di wilayah Kecamatan Golewa saat liburan sekolah. Metode pendampingan dilakukan melalui kegiatan belajar yang asik dan menyenangkan menggunakan berbagai media dan strategi belajar seperti media konkret, strategi bermain dan bercerita. Data hasil observasi kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan proses pendampingan, dan perubahan aspek kognitif anak. Hasil pendampingan memperlihatkan bahwa penggunaan media konkret seperti kartu gambar, miniatur pohon, kartu angka dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Selain itu, strategi bermain dan bercerita dalapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Hal ini terlihat dari aktivitas anak dalam belajar yang sangat antusias, serta kemampuan kognitif yang mengalami peningkatan.
PEMBINAAN NILAI-NILAI KARAKTER DAN ETIKA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN UNTUK MEMBINA AKHLAK SISWA SMP NEGERI 28 BATAM Daniel Agustin; Talizaro Tafonao; Manahan Uji Simanjuntak; Agiana Her Visnhu; Elvina Sinukaban; Wilson Zalogo; Tri Murni Situmeang; Yaaman Gulo
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 1 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i1.1461

Abstract

Pembinaan akhlak pada siswa-siswi merupakan salah satu hal penting untuk diberikan oleh sekolah, agar siswa-siswi tidak memiliki kebiasaan buruk dalam melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan karakter dan etika sebagai seorang remaja Kristen. Tujuan pelaksanaan kegiatan PkM ini adalah memberi edukasi kepada siswa tentang penerapan nilai-nilai karakter dan etika Kristen yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Pembinaan nilai-nilai karakter dan etika dapat diperoleh melalui pengajaran Pendidikan Agama Kristen yang dilaksanakan oleh guru di sekolah. Metode dalam pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab serta menggunakan form evaluasi (print out) yang diikuti kurang lebih 40-46 orang siswa-siswi SMP Negeri 28 Batam. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah para siswa-siswi memahami penting memiliki nilai-nila karakter dan etika kristiani dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yakni menjadi teladan melalui sikap dan pergaulan sesui dengan pesan-pesan Alkitab. Dengan begitu, setiap siswa-siswi memiliki pengetahuan yang memadai tentang bagaimana menerapkan nilai-nilai karakter dan etika melalui pendidikan agama kristen, serta dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam berperilaku baik kepada guru, orang tua, dan sesamanya.
PENDAMPINGAN BELAJAR PADA ERA NEW NORMAL TINGKAT MI/SD DI DESA KARANGANYAR TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN Hafizah Ghany Hayudinna; Mei Rahmawati; Muhammad Maskur Musa; Laela Azka Maulidiyah
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 1 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i1.1465

Abstract

Banyak orang tua di Desa Karanganyar yang menyatakan ketidakpuasannya terhadap sulitnya pembelajaran online di sekolah MI/SD. Kesulitan tersebut dirasakan pada aktivitas orang tua yang semakin disibukkan dengan mengurus rumah tangga sementara juga harus mengasuh anaknya karena belajar dilakukan di rumah, dan aktivitas orang tua yang semakin disibukkan dengan mengurus rumah tangga. sekaligus harus mengasuh anaknya karena belajar dilakukan di rumah. Dengan adanya kegiatan pendampingan belajar ini bertujuan untuk membantu peran orang tua dan peserta didik tingkat MI/SD memperoleh pemahaman yang lebih efektif sebagaimana ketika sekolah tatap muka pada umumnya. Sasaran dari kegiatan ini adalah anak-anak usia tingkat MI/SD yang berdomisili di Desa Karanganyar. Adapaun metode yang dipakai pada pendampingan belajar adalah metode ceramah, diskusi dan soialisasi. Hasil dari pengabdian ini bahwa pendampingan belajar di era new normal yang dilakukan oleh aktivis organisasi desa Karanganyar ini sangat membantu untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan orang tua dalam mendampingi anaknya belajar daring. pendampingan siswa dengan kegiatan bimbingan belajar yang dilakukan oleh para penggiat desa Karanganyar, seperti mendirikan tempat belajar di salah satu rumah anggota. Kegiatan pengabdian ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara kesulitan yang dihadapi orang tua di desa Karanganyar dengan manfaat, wawasan, dan ilmu yang diberikan kepada anak-anak di desa tersebut, khususnya dalam hal peningkatan prestasi dan motivasi belajar.

Page 1 of 2 | Total Record : 14