cover
Contact Name
Ahmad Farham Majid
Contact Email
ahmad.farham@uin-alauddin.ac.id
Phone
+6285242628528
Journal Mail Official
ajme@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa, Kampus 2 Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
ISSN : 27164497     EISSN : 27211738     DOI : https://doi.org/10.24252/ajme
Core Subject : Education,
The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action research, etc.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020)" : 9 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Two Stay-Two Stray Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Hasniati Hasniati; Nur Khalisah Latuconsina; Nursalam Nursalam; Ahmad Farham Majid
Alauddin Journal of Mathematics Education Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : Department of Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ajme.v2i1.13603

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Think Pair Share (TPS) dan Two Stay-Two Stray (TS-TS) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment serta desain penelitian Non equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 17 Marusu Kabupaten Maros tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini menggunakan dua kelas dengan perlakuan yang berbeda. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji beda rata-rata multivariat. Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan two stay-two stray memberikan efek terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa. Namun model pembelajaran TS-TS memberikan efek yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran TPS.
Pengembangan Media Pembelajaran Qbata Berbasis Android Menggunakan Macromedia Flash Professional Andi Kusumayanti; Suharti Suharti; Rezkianti Hasan; Nurul Fajriani
Alauddin Journal of Mathematics Education Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : Department of Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ajme.v2i1.13965

Abstract

Pengembangan media berbasis android sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah menengah pertama dilatarbelakangi oleh masih kurangnya media pembelajaran yang menyenangkan khususnya dalam bidang matematika yang mampu meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan Macromedia Flash Professional, Corel Draw x4 dan Microsoft power point . Ketiga aplikasi ini yang digunakan untuk mengolah tampilan menu yang akan dimasukkan ke dalam media pembelajaran. Media ini diharapkan mampu memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi bangun datar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan Alessi dan Trolip. Adapun langkah-angkah pengembangannya yaitu: perencanaan, desain, dan pengembangan. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 9 Sinjai. Uji coba dalam penelitian ini dilakukan sebayak dua kali yaitu uji coba skala kecil yang melibatkan 3 orang siswa kelas VII SMP Negeri 9 Sinjai dan uji coba skala besar yang melibatkan seluruh siswa pada kelas kelas VII SMP Negeri 9 Sinjai. Instrument penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dibuat dinilai layak digunakan dalam pembelajaran matematika dengan standar kelayakan lebih besar dari 70%.
Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa antara Media Macromedia Flash dan Media Powerpoint dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Lisnasari Andi Mattoliang; Paridah Khidayati; Fitriani Nur; Muhammad Rusydi Rasyid
Alauddin Journal of Mathematics Education Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : Department of Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ajme.v2i1.12430

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan media macromedia flash dan powerpoint dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-eksperimental dan desain penelitian non equivalent control group. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Tanete Riaja yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII A dan VIII B. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan teknik sampling jenuh dengan memilih keseluruhan populasi sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan tes pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Tanete Riaja dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray media macromedia flash berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 51,8%, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas VIII SMPN 3 Tanete Riaja dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray media powerpoint berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 48,1%, dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan media macromedia flash lebih efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Tanete Riaja dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan media powerpoint.
Efektivitas Pembelajaran The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika Muhammad Ardi; Nur Khalisah Latuconsina; Andi Dian Angriani; Andi Kusumayanti
Alauddin Journal of Mathematics Education Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : Department of Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ajme.v2i1.13713

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bulukumba yang berjumlah 216 orang dan sampelnya adalah kelas VIIIA kelas eksperimen dan kelas VIIIG kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa tes dengan menggunakan soal isian sebanyak 5 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial, yakni menggunakan independent sample t-test. Hasil belajar matematika pada kelas kontrol tanpa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two nilai rata-rata pretest adalah 34,58 dan nilai rata–rata posttest sebesar 72,23, sedangkan hasil belajar matematika pada kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two nilai rata-rata pretest adalah 33,77 dan rata-rata posttest sebesar 77,85. Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, yakni independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dengan yang diajar tanpa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two. Oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 20 Bulukumba.
Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa SMP Baharuddin Abbas; Irwan Usman; Mardhiah Mardhiah
Alauddin Journal of Mathematics Education Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : Department of Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ajme.v2i1.13457

Abstract

Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya atau cara agar bisa mengatasi motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII5 SMP Negeri 17 Makassar yang sangat rendah, yang dalam hal ini peneliti akan melakukan sebuah eksperimen dengan menerapkan Pendekatan Realistic Mathematic Education(RME). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang menggunakan model Kemmis dan Tanggart yang terdiri dari 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, angket, dan dokumentasi. Analisisdata yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, yaitu memberikan gambaran tentang hasil penelitian dengan cara mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik berdasarkan data yang telah diperoleh selama penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar matematik setelah diterapkannya pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan peningkatan yang sangat signifikan yaitu dari skor rata-rata motivasi belajar peserta didik yaitu 67,74 pada tahap pra siklus, meningkat menjadi 73,51 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78,80 pada siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik yaitu 39,40 pada tahap pra siklus meningkat menjadi 47,23 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 75,66 pada siklus II. Pada tahap siklus II kegiatan belajar mengajar lebih terarah dalam arti tidak kaku jika dibandingkan pada siklus I, ini disebabkan pada siklus I peserta didik maupun pendidik belum terbiasa dengan pendekatan yang diterapkan, tetapi motivasi dan hasil belajar peserta didik disiklus I sudah ada peningkatan jika dibandingkan dengan motivasi dan nilai hasil belajar peserta didik pada tes awal meskipun peningkatan yang terjadi kurang signifikan.
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Asrah Asrah; Andi Halimah; Sri Sulasteri
Alauddin Journal of Mathematics Education Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : Department of Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ajme.v2i1.13642

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan, 1) motivasi dan hasil belajar matematika siswa, 2) meningkatkan motivasi belajar matematika siswa, 3) hasil belajar matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas siswa dan guru, angket motivasi belajar matematika, dan tes hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh, 1) tingkat aktivitas guru dan siswa pada siklus I, siklus II, dan siklus III berturut-turut yaitu 71,6%; 74,80%; 80,30%; dan 39,77%; 42,50%; 61,50%, 2) rata-rata skor motivasi belajar matematika pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III berturut-turut yaitu: 64,00; 73,44; 99,2; 116,48, 3) rata-rata skor hasil belajar matematika pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III berturut-turut yaitu 48,2; 54,0; 63,4; 72,2. Jadi, disimpulkan bahwa proses penerapan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), 1) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa terpenuhi pada siklus III, 2) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa, 3) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Etnomatematika: Analisis Benteng Vredeburg Ditinjau dari Segi Geometri Rizky Sani Nur Faizah; Ferly Andreyanto; Viola Dessy Romadhoni; Mukhammad Abdur Rouf; Megita Dwi Pamungkas
Alauddin Journal of Mathematics Education Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : Department of Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ajme.v2i1.13614

Abstract

Analisis bangunan bersejarah Benteng Vredeburg memiliki tujuan untuk mengetahui sejarah, struktur bentuk bangunan bersejarah dan etnomatematika pada Benteng Vredeburg dari segi geometri. Pada penelitian ini metode yang digunakan berupa penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara, dokumentasi, dan observasi secara langsung di Benteng Vredeburg. Dari penelitian ini diperoleh hasil yaitu Benteng Vredeburg merupakan bangunan bersejarah peninggalan abad ke-18 oleh VOC yang terletak di depan kantor pos Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan di ujung jalan Malioboro. Jika dilihat dari atas, bentuk dasar Benteng Vredeburg adalah segi empat yang kemudian disetiap sudut-sudutnya terdapat bangun lain yang berbentuk segi lima beraturan yang kongruen. Sedangkan jika dari depan benteng ini mempunyai unsur geometri ruang yaitu balok.
Komparasi Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match dan Think Pair Share Terhadap Hasil dan Minat Belajar Matematika Siswa Nidya Nina Ichiana; Sitti Mania; Aprimayanti Aprimayanti
Alauddin Journal of Mathematics Education Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : Department of Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ajme.v2i1.13358

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan penerapan metode pebelajaran make a match dan think pair share terhadap hasil belajar dan minat belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental dan menggunakan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah kurang lebih 352 siswa, Adapun sampel penelitian yang diambil sebanyak 2 kelas dimana setiap kelasnya berjumlah 32 siswa. Kelas yang menjadi sampel dalam penelitian ini yakni kelas VII A sebanyak 32 siswa dan kelas VII B sebanyak 32 siswa sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 64 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar serta angket untuk mengukur minat belajar siswa. Instrumen terdiri 5 butir soal uraian yang disusun berdasarkan indikator dari kompetensi dasar yang diajarkan serta angket yang terdiri dari 20 butir pernyataan yang disusun berdasarkan indikator dari minat belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji t multivariat. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan secara simultan antara hasil belajar dan minat belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran make a match dan think pair share pada siswa kelas VII SMPN 3 Sungguminasa.
Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Brain Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika SMP Nur Anggraeni Sahid; Thamrin Tayeb; A. Ulmi Asnita; Ahmad Farham Majid
Alauddin Journal of Mathematics Education Vol 2 No 1 (2020)
Publisher : Department of Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ajme.v2i1.13600

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan menggunkan desain penelitian nonequivalent control group design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika siswa dengan menggunakan pendekatan Brain Based Learning efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa yang berjumlah 240 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling, yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa berupa tes menggunakan soal esai sebanyak 5 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata nilai kedua dari kelompok, yaitu pretest kelas kontrol sebesar 32,3 dan posttest sebesar 70,3 sedangkan pada kelas eksperimen sebelum perlakuan (pretest) sebesar 33,5 dan setelah perlakuan (posttest) sebesar 76,17. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai thitung = 2,58 > ttabel = 1,67 (thitung > ttabel). Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara kelas yang menggunakan pendekatan Brain Based Learning dengan kelas yang tanpa menggunakan pendekatan Brain Based Learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Pendekatan Brain Based Learning efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan rumus efisiensi relatif diperoleh nilai R < 1 (0,68 < 1).

Page 1 of 1 | Total Record : 9