cover
Contact Name
Nurhasanah Siregar
Contact Email
nurhasanahsiregar@unimed.ac.id
Phone
+6281370702461
Journal Mail Official
fibonacy@unimed.ac.id
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : 27463656     DOI : https://doi.org/10.24114/
Core Subject : Education,
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang Pendidikan Matematika dengan lingkup: Desain Pembelajaran Matematika Pengembangan Bahan Ajar ataupun Model Pembelajaran Media Pembelajaran Matematika Alat Peraga Pembelajaran Matematika Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Evaluasi Pembelajaran Matematika Kurikulum Pendidikan Matematika Teori Belajar Matematika Sejarah dan Filsafat Matematika Analisis Penerapan Model/Pendekatan/Metode/Strategi Pembelajaran Media Pembelajaran berbasis IT Penelitian Tindakan Kelas Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran Matematika Lesson Study Pembelajaran Matematika
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2023): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA" : 8 Documents clear
Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change And Relationship Erlinawaty Simanjuntak; Dian Armanto; Izwita Dewi
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2023): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v4i1.46106

Abstract

Penguasaan kemampuan berpikir komputasional sebagai salah satu teknik penyelesaian masalah menjadi sangat penting dimasa sekarang untuk menyiapkan generasi penerus yang berdaya saing.  Berpikir komputasional adalah proses berpikir yang diperlukan dalam memformulasikan masalah dan menemukan solusinya. Sebagai langkah awal dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berpikir komputasional matematis siswa, maka perlu diketahui dan dianalisis terlebih dahulu bagaimana kemampuan berpikir komputasional matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Responden penelitian adalah siswa SMPN 1 Binjai sebanyak 10 siswa. Teknik penentuan responden adalah random sampling method. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes Instrumen yang digunakan adalah satu soal matematika yang diadaptasi dari soal PISA konten change and relationship. Berdasarkan hasil jawaban seluruh responden, tidak semua mampu mengikuti proses berpikir komputasional, ada beberapa jawaban yang tidak sesuai dikarenakan kurang memahami masalah dan tidak teliti dalam melakukan perhitungan. Namun diantaranya ada 2 jawaban benar yang berhasil mengikuti proses berpikir komputasional. Dari kedua jenis jawaban benar yang ditampilkan, ditemukan bahwa pada dasarnya siswa telah memiliki kemampuan berpikir komputasional matematis yang baik. Tidak semata bekerja dengan menerapkan konsep ataupun rumus namun juga bekerja dengan menerapkan logika berpikir.
Eksplorasi Konsep Matematika Produk Anyaman Pada Kebudayaan Suku Dayak Pantu Seratus di Kabupaten Landak Deviana Deviana; Agung Hartoyo; Nurfadilah Siregar
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2023): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v4i1.44541

Abstract

Konsep matematika produk anyaman pada kebudayaan suku dayak pantu seratus di kabupaten landak dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran untuk meningkatkan proses belajar matematika di sekolah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan ragam produk anyaman asli kebudayaan suku Dayak Pantu Seratus di Kabupaten Landak dan untuk mengetahui apa saja konsep matematika produk anyaman pada kebudayaan suku Dayak Pantu Seratus di Kabupaten Landak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan dengan pendekatan etnografi yang bertujuan menganalisis, menggambarkan serta menjelaskan produk anyaman asli suku Dayak Pantu Seratus. Hasil penelitian ini adalah konsep matematika produk anyaman pada kebudayaan suku dayak pantu seratus yang terdiri dari daku, terinak, tikar, dan tangok
Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality dan Java Desktop Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangunan Nadrah Afiati Nasution; Andy Satria; Fanny Ramadhani; Nurul Maulida Surbakti
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2023): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v4i1.46127

Abstract

Media yang sering digunakan dalam proses pembelajaran matematika khusunya bangun ruang adalah modul media pembelajaran seperti buku. Dalam hal ini kurang efektif karena medianya masih berupa gambar dua dimensi, sehingga siswa sulit memahami apa yang ingin disampaikan oleh guru. Tak jarang siswa juga masih belum mengenali bentuk bangun ruang sehingga banyak siswa yang akhirnya melamun. Area bangunan dapat diperkenalkan dengan hal-hal yang dapat diubah menjadi grafik 3D menggunakan aplikasi desktop berbasis Java. Artinya, teknologi ini masih memungkinkan untuk digunakan sebagai alat pendekatan yang lebih kreatif dalam mengidentifikasi rumus-rumus spasial matematis. Misalnya, dengan mengarahkan kamera yang terpasang pada ponsel, pengguna dapat melihat secara tiga dimensi bagaimana bentuk ruang yang tampak secara praktis. Sehingga ketika disajikan dalam bentuk 3D, siswa belajar lebih cepat. Siswa juga mampu mempelajari, mengingat dan mengimplementasikan rumus dengan cepat dan tepat sesuai dengan rumus dari setiap bentuk bangun ruang. Media pembelajaran interaktif berbasis augmented reality dan Java Desktop mendapat persentase 84,1% dan berada pada kategori sangat baik berdasarkan hasil validasi ahli materi. Media pembelajaran interaktif berbasis augmented reality dan Java Desktop mendapatkan persentase 80% dengan syarat kualifikasi sangat baik, sesuai hasil validasi oleh ahli desain pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli media pembelajaran, media pembelajaran interaktif berbasis Augmented reality dan Java Desktop yang dikembangkan memperoleh skor 81,5% dengan kualifikasi sangat baik. Dan hasil uji coba kelompok, ditetapkan bahwa 86,7% hasil termasuk dalam kategori sangat baik
Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa Madrasah Aliyah Naila Zahra; Haerudin Haerudin
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2023): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v4i1.45931

Abstract

Kecemasan matematis dianggap sebagai salah satu kendala serius dalam dunia pendidikan karena dapat memberikan dampak negatif bagi siswa. Tingkat kecemasan yang sangat tinggi dapat menyebabkan siswa kehilangan kendali diri dan kesulitan berkonsentrasi ketika proses  pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kecemasan matematis siswa di salah satu Madrasah Aliyah di Kabupaten Karawang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui angket tertutup yang terdiri dari 32 pernyataan dan 4 indikator yaitu kognitif, afektif, psikomotor dan somatik. Data kemudian dikategorikan menjadi lima kategori yaitu kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Satu siswa yang mewakili setiap kategori dipilih untuk dianalisis secara deskriptif berdasarkan hasil jawaban angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa 12% siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi, 18% siswa termasuk dalam kategori tinggi, 47% termasuk dalam kategori sedang, 23% siswa termasuk dalam kategori rendah, dan tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori sangat rendah. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tingkat kecemasan matematis di Madrasah Aliyah tersebut termasuk dalam kategori sedang.
Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial Sity Rahmy Maulidya; Ade Achmadi
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2023): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v4i1.46177

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa tingkat SMP dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini dilakukan pada 30 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mandau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, di mana teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, berupa soal uraian sebanyak 3 butir mengenai aritmatika sosial. Soal literasi melingkupi 3 proses literasi matematika yaitu merumuskan (formulate), menerapkan (employ), dan menafsirkan (interpret). Hasil penelitian menunjukkan dari 3 soal literasi matematis yang diberikan, didapat hanya 2 siswa yang mampu menyelesaikan seluruh soal dengan benar. Sementara siswa lainnya dapat menyelesaikan soal literasi matematis pada proses merumuskan (formulate) dan menerapkan (employ), namun tidak mampu sampai pada tahapan menafsirkan (interpret). Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa berada pada kategori sedang sebanyak 19 siswa dengan presentase 63%, kategori tinggi sebanyak 2 siswa dengan presentase 7%, dan 9 siswa lainnya masuk dalam kategori kemampuan literasi matematis rendah dengan presentase 30.  Adapun hal yang bisa menjadi penyebab masih belum maksimalnya jawaban siswa adalah tidak terbiasa mengerjakan soal non rutin, sehingga kebanyakan siswa tidak sampai pada tahap menerapkan (employ) dan menafsirkan (interpret)
Implementasi Media Interaktif Visual Scratch untuk Mengoptimalkan Kemampuan Kreatif Matematis Siswa SD Nabila Nurhaliza Ali; Puji Lestari
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2023): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v4i1.44889

Abstract

Keterampilan Berpikir kreatif matematis menjadi nilai utama setiap orang, yang ditekankan Kemendikbud melalui kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan visual scratch terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa kelas V SDN 6 Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa pre-test dan post-test melalui soal open-ended. Subyek penelitian siswa kelas V di SDN 6 Ciamis berjumlah 14 siswa. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji prasyarat data yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah menggunakan Visual Scratch. Hal ini dikarenakan frekuensi siswa mengenal media visual scratch sangat singkat.
Efektivitas Pembelajaran Persamaan Garis Lurus dengan Media Video Animasi dan LKPD Siswa Kelas VIII Wanda Gita Hidayah; Sindi Amelia
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2023): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v4i1.45177

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran persamaan garis lurus masih bersifat konvensional, pembelajaran dikemas secara pasif, sehingga sulit dipahami oleh siswa. Melalui penelitian ini penulis mengulas efektivitas penerapan media video animasi dan LKPD terhadap hasil belajar persamaan garis lurus. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan menerapkan metode eksperimen, menggunakan dua kelas sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulannya adalah bahwa media pembelajaran video animasi dan LKPD lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Swasta Kuala Lumpur Kepong dibandingkan pembelajaran secara konvensional. Kelompok eksperimen yang menggunakan media tersebut mengalami peningkatan hasil belajar yang lebih besar dibandingkan kelompok kontrol sebesar 19 poin. Selain itu, uji Effect Size menunjukkan bahwa pembelajaran di kelompok eksperimen lebih efektif dengan nilai ES > 1,00 yang berada pada kriteria tinggi. Penerpaan media video animasi dan LKPD dalam pembelajaran persamaan garis lurus dapat digunakaan sebagai alternatif yang efektif dalam rangka meniningkatkan hasil belajar siswa. Media ini dapat membantu mengatasi masalah pembelajaran yang bersifat konvensional dan pasif, dan meningkatkan pemahaman siswa
Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Sma Negeri 6 Medan Marini Ulfa Siregar
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2023): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v4i1.45859

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan di SMA Negeri 6 Medan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 4 yang terdiri dari 33 siswa. Objek penelitian adalah kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah di kelas XI MIA 4 SMAN 6 Medan dengan teknik penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang dianalisis secara kuantitatif. Penelitian terdiri dari 2 siklus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dimana pada tes diagnostik hanya 57.93%, pada siklus I meningkat menjadi 66.41%, dan siklus II sebesar 80.80% . Terdapat juga peningkatan ketuntasan belajar siswa yang baik dimana pada tes diagnostik hanya 9 orang (27.27%) siswa yang memiliki nilai diatas KKM, masih sama untuk siklus I hanya terdapat 9 dari 33 siswa yang mencapai KKM (27.27%), lalu mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 25 dari 33 siswa yang mencapai KKM (75.76%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. [Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di SMA Negri 6 medan]Kata Kunci: Penelitian Tindak Kelas; Kemampuan Komunikasi Matematis; Model Pembelajaran Berbasis Masalah  (Problem Based Learning).

Page 1 of 1 | Total Record : 8