cover
Contact Name
Mustakim Sagita
Contact Email
mustakim_sagita@unigha.ac.id
Phone
+6281360046356
Journal Mail Official
lppm@unigha.ac.id
Editorial Address
Biro Rektor Lt. 1, Ruang LPPM Universitas Jabal Ghafur Jalan Sigli-Lamlo, Glee Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh Kode Pos 24171
Location
Kab. pidie,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Real Riset
ISSN : 26851024     EISSN : 27747263     DOI : -
Jurnal Real Riset (JRR) eISSN 2774-7263, pISSN 2685-1024, merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur dan peneliti lainnya diberbagai bidang ke ilmuan yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta lainnya di Indonesia.Jurnal Real riset memuat laporan hasil-hasil penelitian di laboratorium, hasil penelitian/survey lapangan, tulisan ilmiah populer, makalah suntingan dan review buku teks/ bahagian dari buku dalam berbagai disiplin ilmu (multi disiplin)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2020): Juni 2020" : 17 Documents clear
PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA JASA LAUNDRY DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI KOTA LHOKSEUMAWE Teuku Isnaini Boihaki
Jurnal Real Riset Vol 2, No 3 (2020): Juni 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i3.249

Abstract

Penelitian ini dimaksud untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan pengguna jasa Laundry dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening di Kota Lhokseumawe. Data yang digunakan adalah data primer dengan caramenyebarkan kuesioner kepada 96 responden yaitu masyarakat yang menggunakan Jasa laundry di Kota Lhokseumawe. Metode yang digunakan untuk menganalisis data analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga, promosi, distribusi, karyawan, bukti fisik, proses dan kepuasan pelanggan mempengaruhi keputusan pengguna jasa Laundry di Kota Lhokseumawe. Secara parsial (Uji t) diketahui bahwa faktor variabel produk merupakan faktor dominan yang mempengaruhi keputusan konsumen menggunakan jasa Laundry di Kota Lhokseumawe.
ACHIEVEMENT MOTIVATION ORANG TUA SISWA DI SEKOLAH SUKMA BANGSA PIDIE Muhammad Ali, Muhammad Iqbal
Jurnal Real Riset Vol 2, No 3 (2020): Juni 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i3.229

Abstract

Achievement motivation orang tua dalam menyekolahkan anak sangat penting untuk mencapai prestasi yang tinggi sehingga banyak di antara orang tua memilih sekolah favorit sebagai tempat belajar untuk mendapatkan prestasi yang tinggi setelah ia belajar sekolah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana achievement motivation orang tua menyekolahkan anak di sekolah Sukma Bangsa, dan bagaimana  achievement  motivation siswa sekolah di Sukma Bangsa. Tujuan penelitian untuk mengetahui achievement motivation orang tua dan siswa dalam memilih sekolah Sukma Bangsa sebagai tempat membangun prestasi.Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, tempat penelitian di SMA S Sukma Bangsa Pidie, sumber data penulis peroleh dari hasil wawancara dengan 10 orang tua siswa, 10 orang guru dan 10 orang siswa SMA S Sukma Bangsa Pidie, hasil wawancara tersebut penulis mendeskripsikan bagaimana achievement motivation orang tua dan siswa secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta dan  orang tua dan siswa .  Hasil penelitian dapat penulis simpulkan bahwa achievement motivation orang tua dalam menyekolahkan anaknya di sekolah Sukma Bangsa karena sekolah tersebut termasuk sekolah yang favorit di Kabupaten Pidie, tingkat kedisplinan tinggi, bebas dari asap rokok, lulusan sekolah banyak mendapat prestasi tinggi, lingkungan sekolah nyaman dan penilaian sangat objektif. Sedangkan achievement motivation siswa sekolah di Sukma Bangsa karena keinginan sendiri siswa, dukungan orang tua, keluarga, teman, dan achievement oleh alumni yang telah sukses, guru akrab dengan siswa, fasilitas sarana dan prsarana lengkap, dan sistem pembelajaran yang berbeda dengan sekolah lain yang ada di Pidie.
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN GURU (STUDI KASUS PADA SMA NEGERI 2 INDRA JAYA KABUPATEN PIDIE) Muhammad Zaini Heri Fajri
Jurnal Real Riset Vol 2, No 3 (2020): Juni 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i3.252

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perencanaan program, pelaksanaan program, pengawasan, dan kendala  yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran guru pada SMA Negeri 2 Indra Jaya Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: observasi,  wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian  adalah kepala  sekolah  dan guru. Hasil  penelitian   menunjukkan bahwa: (1) Penyusunan program peningkatan mutu pembelajaran guru  dilakukan pada setiap akhir tahun pelajaran yang meliputi kegiatan intra dan ekstrakurikuler, perbaikan sarana dan prasarana sekolah, menyusun administrasi/perangkat pembelajaran oleh guru dan lain-lain yang dianggap perlu, termasuk kebutuhan dana yang diperlukan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Hal ini memberi gambaran bahwa adanya kemampuan kepala sekolah dalam penyusunan program peningkatan mutu pembelajaran guru. (2) Dalam pelaksanaan program peningkatan mutu pembelajaran guru  kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan demokratis. Menghadapi guru-guru biasanya kepala sekolah kepala sekolah bertukar pikiran dengan guru-guru sehingga menemukan satu cara efektif  untuk meningkatkan kinerja guru guru dalam pengembangan proses pembelajaran. (3) Pengawasan dilakukan kepala sekolah dengan  intensif  terhadap   guru-guru agar muhtu pembelajaran dapat meningkat. (4) Hambatan yang ditemui kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran guru  antara lain kurangnya tersedianya dana untuk pelatihan guru di luar jam dinas, masih ada sebagian kecil guru tidak aktif dan hasil penataran belum mampu mengimbas kepada temannya. Sebagian kecil guru belum mampu dalam penguasaan landasan kependidikan, sehingga berdampak terhadap kinerjanya dalam melaksanakan pembelajaran.
MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PENGELOLAANZAKAT (STUDY KASUS DI BAITUL MAL KAB. PIDIE) Nelliyana, Safwan
Jurnal Real Riset Vol 2, No 3 (2020): Juni 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i3.245

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Media Sosial Sebagai Strategikomunikasi pengelolaan Zakat melalui media sosial di Baitul Mal Pidie, Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Media Sosial Sebagai Strategi komunikasi pengelolaan Zakat di  Baitul Mal Pidie cukup berhasil. Hal ini nampak pada grafik yang terus meningakat sampai dengan akhir September 2019, bahwa dana donasi online ke Baitul Mal Pidie terhimpun sebesar Rp. 8,44 Milyar
ANALISIS PENDAPATAN NELAYAN PERAHU PANCING DI GAMPONG MEUNASAH JURONG KECAMATAN MEURAH DUA KABUPATEN PIDIE JAYA Al-Asri Abubakar, Iman Saidil
Jurnal Real Riset Vol 2, No 3 (2020): Juni 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i3.255

Abstract

Tujuan Penelitian Untuk Mengetahui Pendapatan Nelayan Perahu Pancing di Gampong Meunasah Jurong Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya Lokasi dan Waktu Penelitian Lokasi penelitian dilaksanakan di Gampong Meunasah Jurong Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh. Penentuan lokasi di Kecamatan ini dengan pertimbangan bahwa salah asatu gampong yang banyak nelayan di Gampong Meunasah Jurong Pendekatan Penelitian Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode survey mengenai tingkat Pendapatan Nelayan Perahu Pancing Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik perahu pancing yang ada di Gampong Meunasah Jurong Kecamatan Meurah DuaKabupaten Pidie Jaya. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 44 orang Dari jumlah populasi Sampel yang diambil dalam penelitian adalah 50% dari populasi yang dijadikan sebagai responden yaitu sebanyak 22 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tangkapan/Bulan Nelayan di Gampong Meunasah Jurong di Gampong Meunasah Jurong Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya, tahun 2020 diketahui bahwa jumlah hasil tangkapan nelayan pancing di Gampong Meunasah Jurong sebesar 28.176 kg/bulan dengan rata-rata dalam sebulan adalah 1.281 kg. Rata-rata biaya produksi nelayan toke di Meunasah Jurong Kecamatan Meurah Dua sebesar Rp. Rp.10.383.000/bulan yang terdiri dari Rata-ratabiaya tetap sebesar Rp. Rp9.053.000/bulan dan biaya variable sebesar Rp. Rp1.330.000/bulan Pendapatan nelayan di Meunasah Jurong Kecamatan Meurah Dua adalah sebesar Rp. 22.219.834/bulan yang terdiri dari rata-rata pendapatan nelayan toke sebesar Rp. 8.887.934/bulan 40% dari bersih pendapatan dan rata-rata pendapatan Nelayan Pawang /pawang boat sebesar Rp. 13.331.901/bulan 60% dari pendapatan bersih. Nilai B/C Ratio 2,25 memberikan arti bahwa dengan modal Rp.1 menghasilkan pendapatan sebesar 2,25. hal ini menunjukan perbandingan menghasilkan nilai diatas nilai 1 (R/C Ratio> 1) artinya usahanelayan bot pancing layak untuk diusahakan. Dari perhitungan Retun Of Invesment Usaha nelayan di Gampong Meunasah Jurong Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya Layak untuk di jalan kan karena ROI > 1.
KONTRIBUSI PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 MUTIARA Bunyamin, Nur Masyitah
Jurnal Real Riset Vol 2, No 3 (2020): Juni 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i3.241

Abstract

Penelitian yang berjudul” Kontribusi Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Mutiara” Ini mengangkat masalah Bagaimana prestasi belajar siswa dan gambaran perhatian orang tua di SMA Negeri 1 Mutiara. Bagaimana kontribusi perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Mutiara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Mutiara, untuk mengetahui perhatian orang tua di SMA Negeri 1 Mutiara, serta untuk mengetahui seberapa besar kontribusi perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Mutiara. Jumlah Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMN Negeri 1 Mutiara yang berjumlah 710 siswa, Penentuan sampel dilakukan menggunakan teknik sample random sampling 10 % dari anggota populasi keseluruhan yang berjumlah 710 orang. Metode yangdigunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasional (hubungan). Pengumpulan data dilakukan secara observasi, dokumentasi pada objek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Perhitungan data peneliti akan menggunakan program SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan tingkat perhatian orang tua secara rata-rata berada pada kategori sangat tinggi. Tingkat prestasi belajar siswa secara rata-rata berada pada kategori tinggi Artinya, siswa memiliki kemampuan kognitif (pengetahuan),kemampuanafektif (sikap), dan kemampuan psikomotor (keterampilan). Kontribusi perhatian orang tua memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa. Kemudian, nilai R Square (R2) sebesar 0,754, berarti perhatian orang tua berkontribusi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 75,4%.
ANGKA KONSEPSI SAPI ACEH DAN SAPI BALI HASIL INSEMINASI BUATAN DI KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE Djoko Subagyo, Aidilof
Jurnal Real Riset Vol 2, No 3 (2020): Juni 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i3.250

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di wilayah IB Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten  Pidie, mulai    tanggal  1 Desember  sampai  30 Desember 2019. Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengtahui perbedaan  angka konsepsi hasil  inseminasi buatan pada sapi  aceh dan sapi bali. Dengan diketahui perbedaan hasil IB tersebut diharapkan  dapat  memberikan informasi tentang angka konsepsi sapi Aceh dan sapi Bali hasil inseminasi buatan.Materi yang digunakan  adalah sapi aceh dan sapi bali yang  mempunyai  kartu  catatan  IB. Metode  yang   digunakan  adalah  studi kasus  dan  disertai  dengan  peninjauan  secara  langsung  pada lokasi penelitian  dengan melihat catatan reproduksi pada kartu IB.Dari  hasil   penelitian ini menunjukkan bahwa  Conception  Rate sapi aceh  40,26 %  dan   sapi  bali 43,18 %.  Hasil uji  t’  menunjukkan bahwa CR pada  sapi  Bali  dan  sapi Persilangan tidak berbeda nyata (P
PERBANDINGAN STUDI PROFESIONALISME TERHADAP KINERJA GURU YANG BELUM SERTIFIKASI DAN GURU YANG SUDAH SERTIFIKASI Rozaili Rozaili; Anwar Anwar; Zahara Fonna
Jurnal Real Riset Vol 2, No 3 (2020): Juni 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i3.246

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaanpembelajaran oleh guru yang sudah mengikuti program sertifikasi dan yang belum di SMA N 1 Geumpang? Bagaimana perbedaan kinerja guru yang sudah sertifikasi guru yang belum bersertifikasi di SMA N 1 Geumpang? Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bahwa kinerja guru yang sudah sertifikasi lebih baik daripada kinerja guru yang belum bersertifikasi. Jenis Penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian Kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA N.1 Geumpang. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional stratified random sampling menghasilkan 40 respoden, yaitu 20 responden adalah guru yang sudah sertifikasi dan 20 respoden adalah guru yang belumserifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observsi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian terdiri atas penyajian data dan reduksi data antara guru yang sudah sertifikasi dengan guru yang belum sertifikasi untuk menguji hipotesis yang diajukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kinerja guru sertifikasi dan yang belum sertifikasi, dankinerja guru yang sudah sertifikasi lebih baik daripada kinerja guru yang belum sertifikasi. Berdasarkan simpulan di atas, maka disarankan yang pertama agar guru yang sudah sertifikais dan guru yang belum sertifikasi agar terus mengembangkan kompetensinya, baik, pedagogik, sosial, kepribadian, dan professional, yang kedua agar guru bersertifikat pendidik terus memperbaiki kompetensinya, yang ketiga agar dinas pendidikan untuk lebih melaksanakan pelatihan-pelatihan bagi guru-guru terutama dalam aspek pedagogik maupun bidang studi, dan yang terakhir adalah peneliti lain diharapkan dapat menindaklanjuti dan mengembangkan hasil penelitian yang telah dicapai, sehingga wawasan dan ilmu pengetahuan semakin berkembang luas.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Husna Putri Raisa
Jurnal Real Riset Vol 2, No 3 (2020): Juni 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i3.242

Abstract

Kegiatan belajar siswa dalam pembelajaran matematika sebahagian besar dilakukan secara mandiri dengan bimbingan terbatas dari guru. Hal ini memunculkan konsekuensi adanya tuntutan kemandirian siswa dalam belajar. Kemandirian belajar siswa dalam proses belajar akan mempengaruhi hasil belajar siswa, siswa yang mandiri dalam pembelajaran akan senang mengerjakan soal secara mandiri. Pada kenyataannya tidak semua siswa memiliki rasa kesadaran untuk mandiri dalam belajar, bahkan kadang saat proses belajar berlangsung, siswa sering merasa bosan dan malas. Hal ini mungkin di sebabkan karena minimnya pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Dengan demikian diharapkan dengan adanya model pembelajaan Missouri Mathematics project (MMP) dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatanhasil belajar siswa dan kemandirian siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sakti dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas eksperimen VIII- 1 yang berjumlah 20 siswa dan siswa kelas kontrol VIII-3 yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes awal (pretest) dan tes akhir (postest), serta angket kemandirian belajar siswa. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 menggunakan statistik uji-t yaitu independent sampel T-test pada taraf signifikan 0,05. Dari hasil pengolahan data maka diperoleh bahwa p-value=0,001, karena p-value < 0.05 makaH0 ditolak H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics project (MMP) dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THREE STAGE FISHBOWL DECISION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA Hery Saputra, Mirunnisa
Jurnal Real Riset Vol 2, No 3 (2020): Juni 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i3.280

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan menganalisis pengaruh penerapan strategi pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Masalah yang diteliti adalah apakah terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Glumpang Tiga, sedangkan yang menjadi sampel penelitian diambil dua kelas yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 23 siswa secara purposive sampling. Perolehan data dilakukan dalam bentuk tes dan diolah dengan menggunakan uji-t yaitu Independent Sample T-Test pada taraf signifikan ? = 0,05. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Three Stage Fishbowl Desicion dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional.

Page 1 of 2 | Total Record : 17