cover
Contact Name
Andi Farid Hidayanto
Contact Email
kreatifjurnal@gmail.com
Phone
+6281346201488
Journal Mail Official
kreatifjurnal@gmail.com
Editorial Address
Jurusan Desain, Politeknik Negeri Samarinda Jl. Ciptomangunkusumo, Samarinda Seberang, Samarinda, Kalimantan Timur
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri dan Arsitektur
ISSN : 23031662     EISSN : 27472582     DOI : 10.46964
Core Subject : Art, Engineering,
Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri dan Arsitektur, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu desain produk industri, arsitektur dan ilmu ilmu umum yang mendukung disiplin tersebut. Diterbitkan secara berkala 6 bulanan, tiap bulan April dan Oktober
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 2 (2022): Vol. 10, No. 2, Oktober 2022" : 6 Documents clear
REDESAIN STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM MANDIRI Nathasya Watulingas; Hamdan Bahalwan
Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri dan Arsitektur Vol. 10 No. 2 (2022): Vol. 10, No. 2, Oktober 2022
Publisher : Indonesian Society of Applied Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46964/jkdpia.v10i2.213

Abstract

SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum) merupakan prasarana umum yang disediakan untuk masyarakat luas, guna memenuhi kebutuhan bahan bakar. Untuk meningkatkan efisiensi perusahan dan memperbaiki kualitas layanan, Pertamina menawarkan beberapa layanan di SPBU, salah satunya penerapan konsep self service atau pelayanan mandiri. Konsep ini menjadi persoalan ketika banyak pengendara yang tidak mengetahui cara mengoperasikan gagang selang bensin, sehingga antrian berjalan lambat. Kelemahan lainnya, dengan konsep self service yakni pengendara tidak dapat lagi mengisi bensin full tank, karena sebelum mengisi tangki pengendara terlebih dahulu menentukan berapa jumlah pembelian Perancangan ini bertujuan mengubah tampilan desain guna mempermudah pengguna stasiun pengisian bahan bakar tersebut. Perancangan ini menggunakan metode psikologi desain untuk mendapatkan sebuah solusi baru tentang permasalahan yang ada, dengan menganalisis kebiasaan pengguna dalam mengoperasikan dispenser dan melakukan analisis paper prototyping. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan desain interface yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan adanya permasalahan yang dihadapi tersebut maka, akan ditelaah lebih lanjut korelasi antara dispenser SPBU dengan cara orang menggunakannya. Sehingga dengan didapatkannya hasil tersebut diharapkan agar pengguna menjadi lebih mudah dalam melakukan pengisian bahan bakar di SPBU.
PENGEMBANGAN DESAIN RAK DISPLAY PAKAIAN DISTRIBUTION STORE Faza Wahmuda; Dio Gani Ramadhan
Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri dan Arsitektur Vol. 10 No. 2 (2022): Vol. 10, No. 2, Oktober 2022
Publisher : Indonesian Society of Applied Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46964/jkdpia.v10i2.216

Abstract

The fashion industry is very quick to follow trends that match the lifestyle of this modern era. The concept of distribution began in the mid-1990s in Bandung. At that time Bandung independent bands were trying to sell their merchandise such as CD cassettes, t-shirts, and stickers other than where they performed. The initial form of the distribution was a home-based business with storefronts and shelves to sell clothes. One of the distributions that has developed at this time in the city of Surabaya, namely CasualCultureco, is a distribution that carries the concept of football supporters. The design of the display rack to show fashion products that will be sold in the distribution also has an effect on increasing sales of CasualCultureco distribution products. The research method used to design this display rack uses descriptive qualitative methods by searching for data in the field related to display racks and conducting interviews with the leadership of CasualCultureco, the method used aims to facilitate researchers in making products which are then analyzed using analysis and design requirements. , analysis of display product types, shape analysis, product placement analysis, ergonomics analysis, product dimension analysis, design style analysis, color analysis, systems analysis, information media technology analysis, structural material analysis and finishing material analysis. The final result is a product with an informative and minimalist concept, this display rack can be disassembled, which makes it easier for users and can also be carried anywhere, besides that on this display rack there are digital displays as information media that informs about products and social media CasualCultureco to consumers.
DESAIN SARANA ANGKUT UNTUK PETANI GARAM Maulana Raihan Vegansyah Gautama; Mochamad Junaidi Hidayat
Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri dan Arsitektur Vol. 10 No. 2 (2022): Vol. 10, No. 2, Oktober 2022
Publisher : Indonesian Society of Applied Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46964/jkdpia.v10i2.227

Abstract

Proses panen adalah proses dimana para petani mendapatkan hasil dari pengelolahan sumber daya alam yang kemudian dijual untuk kebutuhan rumahan hingga sektor industri. Garam merupakan sebuah kristal berwarna putih yang memiliki rasa asin dan dihasilkan dari mengelolah serta membudidayakan air laut oleh para petani tambak. Hasil panen garam dibawa menuju gudang penyimpanan oleh para petani garam dari tambak menuju gudang penyimpanan menggunakan kendaraan bermotor roda dua atau sepeda motor dengan berat muatan mencapai 180 Kg. Proses angkut hasil panen garam ini memiliki sebuah permasalahan dimana para petani menjadi terbebani dengan adanya muatan didepan dan menyebabkan kesulitan berbeblok hingga rasa sakit yang dirasakan oleh pengemudi karena harus menahan beban. Tujuan dari penelitian ini adalah dengan mendesain sebuah sarana angkut untuk petani garam dalam mengangkut hasil panen garam. Data penelitian yang diambil guna menunjang penelitian ini adalah dengan mengunakan metode mix method atau metode campuran yang data nya diambil dengan wawancara, kuisioner, literatur seperti buku, jurnal, dan sumber website, observasi lapangan pada kegiatan panen dan angkut hasil panen oleh petani garam, serta simulasi pada desain, data tersebut kemudian dilakukan analisis oleh peneliti menggunakan analisis kebutuhan untuk melihat bagaimana kebutuhan desain terhadap produk yang desain pada penelitian ini guna menyelesaikan permasalahan pada proses angkut hasil panen garam oleh petani garam, selain itu konsep perancangan desain yang digunakan menggunakan minimalis utility dimana pada desain yang dibuat mengedepankan sisi fungsi dan kesederhanaan bentuk dibandingkan dengan aspek lainnya. Hasil desain akhir yang dibuat oleh peneliti kemudian dilanjutkan pada tahap produksi hingga uji coba produk untuk melihat bagaimana produk saat digunakan dilapangan oleh petani garam dan dapat memuat 3 karung dengan berat 180 Kg, serta dilakukan pameran yang dilakukan di kampus Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya guna memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang hasil akhir dari penelitian ini.
ANALISIS KOMPARTEMEN DESAIN TAS PERLENGKAPAN KAMERA UNTUK VIDEO BLOGGER Syifa Madani; Yanuar Herlambang; Terbit Setya Pambudi
Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri dan Arsitektur Vol. 10 No. 2 (2022): Vol. 10, No. 2, Oktober 2022
Publisher : Indonesian Society of Applied Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46964/jkdpia.v10i2.273

Abstract

Increasing video content on social media has led to more people doing video blogging or referred as video bloggers (vloggers). It affects the number of vloggers in Indonesia, reaching half the total number in the world. Vloggers need a bag to carry equipment so that the equipment is stored correctly and undamaged when creating content outdoors. The specific bags for camera equipment on the market still do not fulfill their requirement. These conditions require vloggers to provide various bags, while vlogger activities and equipment always change according to content needs. This study aims to answer the problems experienced by vloggers by increasing the effectiveness of the bag through concepts, systems, access, and compartment layouts. The method used in developing the compartment starts from collecting data such as questionnaires and interviews to identify problems, observation of existing products and product references, activities studies, continued analysis data, design concepts to production, and product testing.
PENERAPAN STRUKTUR BENTANG LEBAR PADA REDESAIN SASANA LEMBU SWANA BOXING DI TENGGARONG Mafazah Noviana; Nur Husniah Thamrin; M. Adhitia Leores
Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri dan Arsitektur Vol. 10 No. 2 (2022): Vol. 10, No. 2, Oktober 2022
Publisher : Indonesian Society of Applied Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46964/jkdpia.v10i2.276

Abstract

Sport is an activity that is useful to strengthen and nourish our bodies. Boxing is a martial art that predominantly uses both hands as physical contact with the opponent. In this study, a redesign of Sasana Lembu Swana Boxing was carried out in Tenggarong by applying a wide span structure as well as natural ventilation and lighting. The redesign was carried out with the background that the existing condition of the building was no longer suitable for boxing athletes to practice comfortably. The purpose of this research is to redesign the Lembus Swana Boxing gym in Tenggarong by applying a wide span structure and natural ventilation and lighting. With the existence of Sasana Lembu Swana Boxing in Tenggarong, it is hoped that it will produce a comfortable training and competition facility for athletes with a more appropriate and aesthetic building structure, as well as providing natural ventilation and lighting. The method used in this research is the architectural design method starting with processing general data and information from various sources related to the needs and requirements of the redesign of Sasana Lembu Swana Boxing. This research produces a redesigned image of Sasana Lembu Swana Boxing by applying a wide span structure and natural lighting and ventilation.
REDESAIN PASAR SEPINGGAN BALIKPAPAN PENEKANAN PADA PENCAHAYAAN DAN PENGHAWAAN ALAMI Bhanu Rizfa Hakim; Cisyulia Octavia Hs; Felixsdinata Pangasih; Andi Alif Sadikin
Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri dan Arsitektur Vol. 10 No. 2 (2022): Vol. 10, No. 2, Oktober 2022
Publisher : Indonesian Society of Applied Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46964/jkdpia.v10i2.278

Abstract

Di kota Balikpapan terdapat banyak pasar tradisional, salah satunya adalah Pasar Sepinggan Balikpapan.Meredesain Pasar Sepinggan Balikpapan agar mampu mewadahi aktifitas jual-beli dengan penerapan Pencahayaan dan Penghawaan alami.Metode yang digunakan dalam Redesain Pasar Sepinggan, lebih menekankan pada penerapan Pencahayaan dan Penghawaan Alami serta sistem utilitas pada pasar. Selain itu terdapat beberapa literatur yang dapat digunakan dan menjadi standar dalam proses redesain Pasar Sepinggan Balikpapan. Pasar Sepinggan Balikpapan merupakan salah satu pasar tradisional yang ramai pengunjung di Kota Balikpapan , karena terkenal dengan harga yang lebih murah dari pasar lain , namun penataan para pedagang masih belum dilakukan dan pola parkir yang tidak beraturan menimbulkan kemacetan pada pagi dan sore harikonsep penataan kembali baik dari segi bangunan , zonasi dan layout ruang pada pasar tersebut ,pertimbangan arsitektur yang diberikan akan menghasilkan sebuah desain yang membentuk sebuah suasana yang berbeda dari sebelumnya untuk mengikat minat pengunjung dan memberikan kenyamana pada aktifitas jual-beli yang terjadi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 2 (2023): Vol.11, No. 2, Oktober 2023 Vol. 11 No. 1 (2023): Vol.11, No. 1, April 2023 Vol. 10 No. 2 (2022): Vol. 10, No. 2, Oktober 2022 Vol. 10 No. 1 (2022): Vol.10, No. 1, April 2022 Vol. 9 No. 2 (2021): Vol. 9, No. 2, Oktober 2021 Vol. 9 No. 1 (2021): Vol. 9, No. 1, April 2021 Vol 8 No 1 (2020): Volume 8, No. 1, Oktober 2020 Vol. 8 No. 1 (2020): Volume 8, No. 1, Oktober 2020 Vol. 7 No. 2 (2020): Vol. 7, No. 2, April 2020 Vol 7 No 2 (2020) Vol. 7 No. 1 (2019): Volume 7, No. 1, Oktober 2019 Vol 7 No 1 (2019): Volume 7, No. 1, Oktober 2019 Vol 6 No 2 (2019): Volume 6, No. 2, April 2019 Vol. 6 No. 2 (2019): Volume 6, No. 2, April 2019 Vol 6 No 1 (2018): Volume 6, No. 1, Oktober 2018 Vol. 6 No. 1 (2018): Volume 6, No. 1, Oktober 2018 Vol. 5 No. 2 (2018): Volume 5, No. 2, April 2018 Vol 5 No 2 (2018): Volume 5, No. 2, April 2018 Vol 5 No No. 1 (2017): Vol. 5, No. 1, Oktober 2017 Vol. 5 No. No. 1 (2017): Vol. 5, No. 1, Oktober 2017 Vol 4 No 2 (2017): Volume 4, No. 2, April 2017 Vol. 4 No. 2 (2017): Volume 4, No. 2, April 2017 Vol. 4 No. 1 (2016): Volume 4, No.1, Oktober 2016 Vol 4 No 1 (2016): Volume 4, No.1, Oktober 2016 Vol 3 No 2 (2016): Volume 3, No.2, April 2016 Vol. 3 No. 2 (2016): Volume 3, No.2, April 2016 Vol 3 No 1 (2015): Volume 3, No.1, Oktober 2015 Vol. 3 No. 1 (2015): Volume 3, No.1, Oktober 2015 Vol. 2 No. 2 (2015): Volume 2, No.2, April 2015 Vol 2 No 2 (2015): Volume 2, No.2, April 2015 Vol 2 No 1 (2014): Volume 2, No.1, Oktober 2014 Vol. 2 No. 1 (2014): Volume 2, No.1, Oktober 2014 Vol 1 No 2 (2014): Volume 1, No.2, April 2014 Vol. 1 No. 2 (2014): Volume 1, No.2, April 2014 Vol. 1 No. 1 (2013): Volume 1, No.1, Oktober 2013 Vol 1 No 1 (2013): Volume 1, No.1, Oktober 2013 More Issue