cover
Contact Name
Yogi Widya Saka Warsaa
Contact Email
jeskovsia@asia.ac.id
Phone
+62581222505059
Journal Mail Official
jeskovsia@asia.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno Hatta, Rembuksari 1A, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia. Faximile: (62 341) 434 5225
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jeskovsia
ISSN : 25808753     EISSN : 25974300     DOI : 10.32815/jeskovsia
Core Subject : Art,
Strictly for the division of the scientific realm Visual Communication Design is divided into three important areas such as graphic design, advertising and multimedia, but it does not rule out the possibility of openness to relations or linkages from the point of view of science or other disciplines. The flexibility of the approach with multidisciplinary studies including economics, politics, culture, law becomes a new foothold in the development of research and scientific activities. Cooperation and the role of various parties foster a diversity of scientific methodologies such as scientists, researchers, designers, engineers, students, and others who are part of the community.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2020): Jeskovsia 4.1" : 5 Documents clear
Perancangan Komik Fiksi tentang Relaps sebagai Media Edukasi Pasien Rehabilitasi di Hayunanto Medical Center Malang Rudy Wahyudi; Faldi Hendrawan
Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia Vol 4 No 1 (2020): Jeskovsia 4.1
Publisher : Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat STMIK Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (654.572 KB) | DOI: 10.32815/jeskovsia.v4i1.522

Abstract

Relaps merupakan hal yang serius bagi para penyalahgunaan narkoba. 65% dari seluruh pasien yang telah menjalani rehabilitasi narkoba di Hayunanto Medical Center kembali menggunakan narkoba atau relaps. Walaupun relapse merupakan masalah yang serius, para pasien rehabilitasi narkoba di Hayunanto Medical Center tidak mendapat edukasi tentang relaps secara penuh karena porsi materi sudah diatur sedemikian rupa untuk tidak membebani para pasien. Solusi yang ditawarkan pada penelitian ini adalah komik Tegar yang diharapkan mampu mengedukasi serta memberikan suatu pembaharuan media yang selama ini hanya berupa buku yang berdominan teks. Metode penelitian yang digunakan berupa observasi pengamatan sesi konseling antara konselor dengan para pasien rehabilitasi narkoba, teknik wawancara dengan para konselor tentang materi edukasi dan pengalaman para pasien rehabilitasi, serta studi pustaka dari sumber buku dan jurnal. Proses perancangan komik Tegar dimulai dari konsep, pembuatan sinopsis, storyline, dan storyboard. Membuat sebuah acuan model, outline, shading serta lighting, dilanjutkan input balon kata, teks, dan efek suara. Hasil pengujian yang dilakukan pada tanggal 7 Januari – 29 Juni 2020, menunjukkan komik Tegar masuk kedalam kategori layak dengan penilaian 86,2% terhadap 45 responden para pasien rehabilitasi narkoba. Dengan demikian, komik Tegar ini dapat mengedukasi pasien rehabilitasi narkoba tentang relaps.
Perancangan Visual Identity Bedak Beras Rahayu Sebagai Media Promosi Di Pasar Tradisional Kota Malang Wilujeng Vika Fatmala; Handry Rochmad Dwi Happy
Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia Vol 4 No 1 (2020): Jeskovsia 4.1
Publisher : Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat STMIK Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (968.696 KB) | DOI: 10.32815/jeskovsia.v4i1.523

Abstract

Perkembangan masker tradisional di masa kini telah berubah menjadi trend dikalangan anak remaja. Bedak beras Rahayu adalah masker tradisional berbahan beras, bunga kenanga, dan air yang diolah secara manual. Bedak Beras sendiri adalah satu masker tradisional yang cukup diminati hanya saja identitas produk ini belum sepenuhnya memudahkan untuk dikenali, sehingga banyak pembeli kesulitan . Solusi yang ditawarkan pada penelitian ini adalah perancangan Visual Identity sebagai media promosi produk Bedak Beras Rahayu. Dimana visual identity adalah sistem komunikasi visual yang membentuk identitas / kepribadian dari suatu perusahaan, lembaga, maupun produk. Hasil pengujian dengan metode pengisian angket dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa dari tiga penjual dan sepuluh target pembeli setuju dengan perancangan Visual Identity mampu memberikan nilai kepercayaan serta menarik konsumen untuk membeli produk dengan adanya merek, logo, kemasan, dan media promosi seperti poster, flyer, x-banner dan media alternatif yaitu feed instagram.
Perancangan Media Interaktif Pengenalan Gamelan Selonding Berbasis Android I Nyoman Agus Suarya Putra
Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia Vol 4 No 1 (2020): Jeskovsia 4.1
Publisher : Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat STMIK Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (939.025 KB) | DOI: 10.32815/jeskovsia.v4i1.486

Abstract

Technology has an important role in human life. Humans are given the ease to do and complete activities to be more effective and efficient. In the next life, there was a shift in social activities to further introduce the community to support cultural preservation. The design of an information media about the local culture in technology can be used as a form of effort in the background of the nation's cultural assets so that it can be recognized by the wider community. Interactive media design for introduction of the selonding gamelan as one of the Hindu cultural heritage in Bali. By introducing the culture of megamelan selonding, it is hoped that it can make the community more familiar with preserving culture based on local wisdom. So an Android-based media design is very important to be designed and directly proportional to the development of science and technology in society. One of them utilizes Android-based smartphone technology as a medium to introduce selonding gamelan to the public. In this study the design and manufacture of interactive media is based on the existing instruments in the selonding gamelan. Making an interactive media introduction to Android-based gamelan selonding is expected to be a medium for preserving Balinese culture and to attract the interest of young people in learning selonding gamelan. After the implementation of interactive media, the Likert scale method is tested, the testing is carried out with the play process and the functions that exist on the interactive media. The results of the test are in line with expectations and on their respective functions.
Perancangan Video Company Profile Universitas Nurul Jadid dengan Teknik Motion Graphic Sebagai Media Promosi Nicholaus Wayong Kabelen; Saifullah Al Maslul
Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia Vol 4 No 1 (2020): Jeskovsia 4.1
Publisher : Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat STMIK Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (687.296 KB) | DOI: 10.32815/jeskovsia.v4i1.357

Abstract

Universitas Nurul Jadid (UNUJA) merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang berada di naungan Yayasan Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton. UNUJA merupakan Perguruan Tinggi yang mengampu lima Fakultas, yaitu Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknik, Fakultas Kesehatan, Fakultas Sosial dan Humaniora dan Program Pasca Parjana. Namun, masyarakat Paiton - Probolinggo dan wilayah tapal kuda pada umumnya masih banyak yang belum mengetahui seputar UNUJA, akibat kurangnya informasi seputar UNUJA. Untuk dapat memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat UNUJA perlu memiliki media promosi yang lebih Inovatif dari media promosi sebelumnya. Media promosi yang digunakan saat ini oleh UNUJA yaitu berupa brosur, Website, serta kunjungan ke sekolah-sekolah oleh tim marketing UNUJA dalam mempromosikannya. Solusi dari masalah di atas penulis berinisiatif membuat video company profile UNUJA dengan teknik motion graphic, sebagai media promosi yang baru di UNUJA, Tujuannya untuk meningkatkan kualitas media promosi yang sebelumnya. Isi dari video company profile disesuaikan dengan hasil data penelitian, yaitu dari gedung kampus, program studi, prestasi, beasiswa, unit kegiatan mahasiswa, kerja sama Internaional dan fasilitas. Hasil dari video tersebut dijadikan sebagai media promosi UNUJA, Video ini diharapkan dapat membantu tim marketing UNUJA dalam mensosialisasikan kampus UNUJA kepada masyarakat umum dan hasil dari kuisioner yang telah penulis buat (30 responden dengan 7 pertanyaan) adalah 78 persen menilai (baik), sehingga video tersebut layak dijadikan media promosi UNUJA.
Teknik Menggunakan Elemen Desain Pada Mata Kuliah Menggambar Bentuk Dwiki Setya Prayoga
Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia Vol 4 No 1 (2020): Jeskovsia 4.1
Publisher : Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat STMIK Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.604 KB) | DOI: 10.32815/jeskovsia.v4i1.520

Abstract

Fenomena yang terjadi pada mahasiswa dalam menciptakan gambar, tidak lepas dari stigma negatif yang muncul. Maka seharusnya stigma positif yang harus dibangun sebelum menciptakan sebuah gambar atau karya seni. Pada sebuah karya, teknik arsiran akan berpengaruh pada hasil sebuah gambar. Begitu juga dengan elemen desain dapat digunakan sebagai tujuan membantu dan mempermudah dalam menggambar. Teknik arsir terdiri dari enam yaitu, teknik arsir searah (hatching), teknik arsir silang (cross hatching), teknik arsir lingkaran (circulism), teknik arsir bebas (random line), teknik arsir kontur (contour line), dan teknik arsir titik (stippling). Kemudian ada beberapa elemen desain yang diaplikasikan pada mata kuliah menggambar bentuk yaitu garis, bidang dan bentuk, meski berbeda namun ketiga elemen ini mempunyai peran yang sama yakni sebagai bentuk dasar menggambar bentuk objek yang diinginkan. Elemen desain sebagai dasar konsep yang berpengaruh dalam menggambar bentuk. Karena menggambar bentuk bertujuan meniru objek yang ada disekitar misalnya manusia, hewan, transportasi dan sebagainya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5