cover
Contact Name
Dendi Zainuddin Hamidi
Contact Email
dendi@stiepgri.ac.id
Phone
+628111169176
Journal Mail Official
jurnal@stiepgri.ac.id
Editorial Address
Jl. Pramuka II No. 10, Kota Sukabumi, 43143.
Location
Kota sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
DEMAnD
ISSN : -     EISSN : 27211223     DOI : https://doi.org/10.46757/demand.v2i2
Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development (DEMAnD) is a scientific journal in the fields of Economics, Management and Accounting. Published every 6 months or 2 times a year, to be precise in June and December. DEMAnD is an open access journal, but it is in its policy not to charge writers and readers publishing fees as its purpose is purely for the development of science. However, DEMAnD still carries out a rigorous review process involving prominent reviewers.
Articles 49 Documents
Preperensi Konsumen dalam Pembelian Sayuran Penelitian di Wilayah (BKPP) Cirebon Iqbal Arraniri; Yoyo Sunaryo
Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development (DEMAnD) Vol 1 No 1 (2019): June 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46757/demand.v1i1.57

Abstract

Kebutuhan kecukupan gizi masyarakat, dapat dilihat dari besarnya jumlah konsumsi sayuran per hari. Sumber vitamin dan mineral serta unsur mikro, pembentuk tubuh tersedia dalam produk sayuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preperensi konsumen pembelian sayuran, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian sayuran. Di satu sisi para pelaku usahatani sayuran menanam komoditas yang dibutuhkan masyarakat, dijual atas permintaan pasar. Di sisi lain sebagai informasi bagi para produsen sayuran untuk menghindari terjadinya keruahan produksi, supley yang berlebihan dan mengurangi terjadinya resiko harga pasar yang rendah. Penelitian dilaksanakan Wilayah Kerja Badan Koordinasi Penyelengaraan Pembangunan (BKPP) Cirebon, meliputi Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Metoda penelitian survey, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penentuan sampel daerah berdasarkan stratifaid random sampling, yaitu menetapkan keterwakilan wilayah dengan kataristik masyarakat yang berbeda. Masyarakat yang bermukim di kawasan pegunungan ditetapkan di Kuningan dan masyarakat yang bermukim di kawasan pantai ditetapkan Kota Cirebon. Teknik penetapan sampel non peluang dengan metode accidental sampling (teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan). Objek penelitian adalah konsumen yang sedang membeli atau telah membeli sayuran di Pasar Kepuh Kuningan dan di Pasar Jagasatru Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Faktor lingkungan berpengaruh terhadap pembelian sauran di Kota Kuningan katagori tinggi dengan factor loading 0,80 dan di Kota Cirebon katagori sedang (0,70). Faktor psikologist yang berpengaruh terhadap pembelian sayuran di Kota Kuningan dan di Kota Cirebon sama-sama dalam kategori sedang dengan factor loading (0,70). Faktor atribut yang berpengaruh terhadap pembelian sayuran di Kota Kuningan katagori sedang dengan factor loading 0,73 dan di Kota Cirebon katagori tinggi dengan factor loading (0,81)
Kajian Penerapan Manajemen Talenta dalam Rangka Mengoptimalkan Kinerja Sumber Daya Manusia pada Bank Bri Kantor Cabang Sukabumi Kantor Wilayah Bandung Ce Mulya Rizki Anugrah
Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development (DEMAnD) Vol 1 No 1 (2019): June 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46757/demand.v1i1.61

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui faktor – faktor penghambat program manajemen talenta yang dijalankan di Bank BRI Kantor Cabang Sukabumi Kantor Wilayah Bandung sebagai bagian dari aktivitas sumber daya manusia. Subjek dalam penelitian ini adalah Supervisor Operasional sebagai Kepala SDM dan Asisten Manajer Bisnis Mikro yang membina pegawai di BRI Unit (segmentasi mikro). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja sumber daya manusia di perusahaan sudah cukup baik namun belum dijalankan dengan optimal, baik pekerja maupun manajemen belum memahami secara mendalam mengenai definisi manajemen talenta di perusahaan. Selain itu perusahaan juga belum memiliki roadmap yang jelas mengenai penerapan manajemen talenta. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti membuat sebuah roadmap penerapan manajemen talenta yang diharapkan mampu memecahkan permasalahan yang selama ini terjadi sehingga penerapan manajemen talenta dapat berjalan dengan optimal.
Pengaruh Likuiditas dan Growth Terhadap Dividend Payout Ratio Tuti Setiatin
Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development (DEMAnD) Vol 1 No 1 (2019): June 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46757/demand.v1i1.85

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh likuiditas dan growth terhadap dividend payout ratio (DPR) serta menguji pengaruh likuiditas dan growth secara bersama-sama terhadap dividend payout ratio (DPR). Variabel likuiditas diukur dengan menggunakan Loan to Deposit Ratio (LDR), growth diukur dengan menggunakan Asset Growth, dan Dividend Payout Ratio menggunakan (DPR). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 55 perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan 8 perusahaan sektor perbankan yang memenuhi kriteria. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan α (5%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas berpengaruh positif terhadap dividend payout ratio. Sedangkan Growth berpengaruh negatif terhadap dividend payout ratio. Serta likuiditas dan growth berpengaruh secara bersama-sama terhadap dividend payout ratio. Koefisien determinasi dari penelitian ini adalah bahwa 26,9% variasi dari variabel dependen dividend payout ratio dapat diprediksi dari kombinasi variabel likuiditas dan profitabilitas, sedangkan sisanya sebesar 73,1% tidak dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian.
Dampak Perputaran Modal Kerja terhadap Laba Operasi pada PT. Holcim Indonesia, Tbk Endang Naryono
Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development (DEMAnD) Vol 1 No 2 (2019): December 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46757/demand.v1i2.86

Abstract

Penelitian ini mengenai Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Laba Operasi pada PT. Holcim Indonesia, Tbk selama periode 6 tahun, sehingga diambil sampel berupa data laporan keuangan dari tahun 2014 – 2019 menggunakan data laporan keuangan Perputaran Modal Kerja dan Laba Operasi perusahaan. Metode yang digunakan yaitu ex post facto dengan mengambil data sekunder dari laporan keuangan PT. Holcim Indonesia Tbk periode 2014 – 2019. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis regresi dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan 29,48% laba operasi pada PT. Holcim Indonesia, Tbk dipengaruhi oleh perputaran modal kerja.
Peran Promosi terhadap Tingkat Penjualan Produk Roko Clasmild pada PT. Niaga Nusa Abadi Depo Sukabumi Rosanna Wulandari; agus Lesmana
Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development (DEMAnD) Vol 1 No 2 (2019): December 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46757/demand.v1i2.87

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada dugaan bahwa terdapat peran promosi terhadap tingkat penjualan produk rokok clasmild, dimana penelitian dilaksankan pada PT. Niaga Nusa Abadi Depo Sukabumi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data primer berupa biaya promosi serta omset di PT. Niaga Nusa Abadi Depo Sukabumi periode tahun 2019. Hasil analisa terhadap data-data yang terkumpul menunjukan bahwa promosi pada PT. Niaga Nusa Abadi Depo Sukabumi memiliki peranan signifikan terhadap tingkat penjualan. Tingkat penjualan dalam kondisi normal/tetap adalah sebesar 78.581,399 dan apabila biaya promosi meningkat Rp.1.000.000,- maka volume penjualan meningkat sebanyak 107 dus.
Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Stie Bisnis Indonesia Susanto
Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development (DEMAnD) Vol 1 No 1 (2019): June 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46757/demand.v1i1.88

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan. Teknik sampling menggunakan teknik sensus dan sampel sebanyak 40 orang karyawan STIE Bisnis Indonesia. Teknik analisis menggunakan analisis korelasi regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan variabel kepemimpinan, motivasi kerja, dan budaya organisasi berpengaruh siginifkan terhadap kinerja karyawan. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,826 yang berarti menunjukkan adanya korelasi/hubungan yang sangat kuat antara variabel kepemimpinan, motivasi kerja, dan budaya organisasi dengan variabel kinerja karyawan. Besarnya adjusted coeficient of determination (Adjusted R2) adalah 0,675 atau 67,5% yang berarti variabel-variabel bebas dapat menerangkan perubahan pada variabel kinerja karyawan sebesar 67,5% sedangkan sisanya diterangkan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.
Pengaruh Kurs, Suku Bunga Bank Indonesia, dan Inflasi terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (Ihsg) Periode 2012-2017 Muhadi
Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development (DEMAnD) Vol 1 No 1 (2019): June 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46757/demand.v1i1.89

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kurs, suku bunga, dan inflasi terhadap indeks harga saham gabungan. Teknik analisis menggunakan analisis korelasi regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan variabel kurs, suku bunga, dan inflasi berpengaruh siginifkan terhadap indeks harga saham gabungan. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,858 yang berarti menunjukkan adanya korelasi/hubungan yang sangat kuat antara variabel kurs, suku bunga, dan inflasi dengan variabel indeks harga saham gabungan. Besarnya adjusted coeficient of determination (Adjusted R2) adalah 0,724 atau 72,4% yang berarti variabel-variabel bebas dapat menerangkan perubahan pada variabel indeks harga saham gabungan sebesar 72,4% sedangkan sisanya diterangkan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.
Pengaruh Piutang terhadap Likuiditas pada Perusahaan Dagang Pangan Sejahtera Kota Sukabumi Reka Ardian Purnama
Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development (DEMAnD) Vol 1 No 2 (2019): December 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46757/demand.v1i2.90

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh piutang terhadap likuiditas pada PD. Pangan Sejahtera Kota Sukabumi selama 5 tahun, dengan Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampel berupa data laporan keuangan dari tahun 2008 sampai dengan 2012 menggunakan tabel piutang dan likuiditas koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan dan pengaruh antara piutang dan likuiditas pada PD. Pangan Sejahtera Kota Sukabumi. Rancangan penelitian menggunakan metode expose the facto, metode pengumpulan data bertujuan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan analisis korelasi, determinasi, regresi dan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan pengaruh piutang terhadap likuiditas diperlihatkan oleh nilai r = 0.888, artinya piutang memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap likuiditas. Sifat hubungannya positif, artinya jika nilai piutang koperasi semakin tinggi maka likuiditas akan semakin tinggi. Sebaliknya jika nilai piutang semakin menurun maka likuiditas akan semakin menurun. Besarnya pengaruh piutang terhadap likuiditas ditunjukan oleh nilai R Square / Koefisien Determinasi 0.789 atau 78.9% dengan demikian maka piutang memiliki pengaruh sebesar 78.9% terhadap likuiditas koperasi. Uji hipotesis menggunakan uji t, bahwa t hitung = 3.347 sedangkan t tabel = 3.182 artinya t hitung > t tabel. Berarti Ho ditolak dan Ha diterima, Terdapat pengaruh antara piutang terhadap likuiditas pada PD. Pangan Sejahtera Kota Sukabumi.
Pengaruh Reputasi Penjual dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Konsumen yang Berdampak pada Keputusan Pembelian Riki Riswandi
Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development (DEMAnD) Vol 1 No 2 (2019): December 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46757/demand.v1i2.92

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pengauh langsung maupun tidak langsung Antara Reputasi Penjual dan Kulaitas Pelayan terhadap Kepercayaan yang berdampak terhadap Keputusan Pembelian dengan studi pada Personal Shopper (Jasa Titip) berbasis Online Shop. Metode penelitian ini bersifat kuantitaf dengan model Analisa Jalur (Path Analisys) melalui penyebaran kuesioner dengan sampel 100 Konsumen yang belanja melalui Personal Shopper (Jasa Titip). Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh langsung Antara Reputasi Penjual dan Kualitas Pelayanan dengan Kepercayaan dan Keputusan Pembelian memiliki pengaruh positif dan signifikan, dan pengaruh tidak langsung Reputasi dan Kulaitas Pelayanan terhadap keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan. Kesimpulan Penelitian bahwa Kepercayaan Konsumen dapat menjadi variabel mediasi antara Reputasi Penjual dan kualitas pelayanan dengan Keputusan Pembelian, artinya bahwa Reputasi penjual, kualitas pelayanan dan Kepercayaan Konsumen menjadi faktor utama dalam menentukan keputusan pembelian konsumen Saran dari hasil penelitian Personal Shopper (Jasa Titip) harus menjaga reputasi sebagai penjual dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan kemampuan emosional, dan kualitas layanan.
Dynamic Marketing Capabilities in Reviewing Previous Research Concepts and Future Research Opportunities Ari Riswanto
Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development (DEMAnD) Vol 1 No 2 (2019): December 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46757/demand.v1i2.93

Abstract

The purpose of this study is to find out things related to dynamic marketing capabilities seen from the aspect of concepts supported by all theories and also foregoing studies have been published in reputable international journals, besides this study is completed to bring up research opportunities can be done by future researchers. The method used in researchers is to conduct an in-depth study related to the variable dynamic marketing capabilities in existing literature, both books and journals that have been published internationally and online versions. As for what is interesting and being the novelty from the results of this study are in this article revealed opportunities can be done more distant by doing further research that has not been done by previous researchers.