cover
Contact Name
Jack Suman Rulis Manurung
Contact Email
jack.surru@gmail.com
Phone
+6281256988072
Journal Mail Official
jurnaljosepha@gmail.com
Editorial Address
Jl. Afandi Rani, Jalur 2, Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat 79357
Location
Kab. landak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Journal of Sport Science And Physical Education
ISSN : 27224384     EISSN : 27224376     DOI : https://doi.org/10.38114/josepha.v4i2
Core Subject : Education,
This journal focuses on the research of a study on Sport and phisycal education. We facilitate the lecturers, researchers and teachers and welcome articles resulted from research or theoretical review. It is hoped that all of those articles can be beneficial for all of the readers. It is published twice a year on April and October.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2020)" : 5 Documents clear
PENGEMBANGAN MODEL PEMANASAN BERBASIS PERMAINAN PRAMUKA PADA SISWA SMP Maharani Fatima Gandasari
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v1i1.34

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg & Gall dengan menyederhanakan menjadi 2 tahapan sebagai berikut (1) tahap pra-pengembangan, tahapan ini meliputi (a) kajian literatur dan penelitian relevan dan (b) studi lapangan, (2) tahap pengembangan, tahapan ini meliputi (a) penyusunan draf, (b) validasi ahli, (c) uji coba model skala kecil, (d) uji coba model skala besar, dan (e) produk akhir. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 30 siswa di SMPN 1 Ngabang. Uji coba skala besar dilakukan terhadap 130 siswa dari SMP Negeri 2 Ngabang, SMP Maniamas, MtsN Ngabang, Kabupaten Landak Kalimantan Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yakni pengembangan pemanasan berupa permainan pramuka. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan kuisioner dengan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kemudian di konversikan ke data kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Kabupaten Landak. Hasil secara keseluruhan dari uji skala terbatas dan uji skala luas dari ketertarikan produk dari peserta didik rata-rata 85,59 (Baik), keterterimaan produk dari guru rata-rata 85,55 (Baik), keterlaksanaan dari permainan pramuka 82,75 (Baik). Keterterimaan produk yang dihasilkan diperoleh nilai rata-rata 85,57 (Baik) dan keterlaksanaan permainan rata-rata 82,81 (Baik). Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu bahwa model pemanasan berbasis permainan pramuka yang dikembangkan dapat diterima dengan Baik  dan dapat terlaksana dengan Baik. Disarankan bagi guru penjaskes untuk dapat menggunakan model pemanasan berupa permainan yang dihasilkan sebagai gambaran dan acuan guru penjaskes untuk mengembangkan berbagai bentuk pemanasan yang lebih variatif dan inovatif.Kata kunci : Model, Pemanasan, Permainan Pramuka
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA BOLA BESAR DI STKIP PAMANE TALINO TAHUN 2019/2020 Jack Suman Rulis Manurung; Erna Yantiningsih
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v1i1.53

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sarana dan prasarana olahraga di STKIP Pamane Talino sudah terpenuhi dan layak digunakan dalam proses perkuliahan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian ini penelitian survey, yang menggunakan angket dalam mengumpulkan data-data maupun informasi yang diperlukan dalam tercapainya tujuan penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil poin rata-rata jumlah keseluruhan pernyataan responden mengenai sarana dan prasarana sepak bola adalah  52.2%, dapat disimpulkan sarana dan prasarana pada mata kuliah sepak bola di STKIP Pamane Talino masuk dalam katagori layak, untuk  poin rata-rata jumlah keseluruhan pernyataan responden mengenai sarana dan prasarana bola basket didapatkan hasil persentase  61.5%, dapat disimpulkan sarana dan prasarana pada mata kuliah bola basket di STKIP Pamane Talino masuk dalam katagori layak dan poin rata-rata jumlah keseluruhan pernyataan responden mengenai sarana dan prasarana bola voli adalah  52.6%, dapat disimpulkan sarana dan prasarana pada mata kuliah bola voli di STKIP Pamane Talino masuk dalam katagori layak. Kata Kunci : Persepsi mahasiswa, Kelayakan Sarana Prasarana Olahraga
EFEKTIFITAS GAYA MENGAJAR KOMANDO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FOREHAND PUSH PERMAINAN TENIS MEJA PADA SISWA KELAS V SD SWASTA AMAL BAKTI TAHUN AJARAN 2018/2019 Devi Catur Winata
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v1i1.72

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Forehand Push permainan Tenis Meja melalui gaya mengajar Komando  pada siswa kelas V SD Swasta Amal Bakti 2018/2019. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2018. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan yang akan diberikan tindakan berupa gaya mengajar Komando  terhadap hasil belajar Forehand Push.Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I dilakukan tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Forehand Push  masih rendah. Dari 25 orang siswa terdapat 15 orang (60%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 10 orang (40%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 76,3. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 25 orang siswa terdapat 20 orang (80%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 5 orang (20%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,7, sehingga terdapat kenaikan 25% hasil belajar dari siklus I ke siklus II.Berdasarkan hal itu maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran melalui gaya mengajar Komando dapat meningkatkan hasil belajar forhand push pada siswa kelas V SD Swasta Amal Bakti Tahun Ajaran 2018/2019. KATA KUNCI : Hasil belajar Forhand Push, gaya mengajar Komando
PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI UNTUK HIDUP SEHAT DI SEKOLAH DASAR Taryatman Taryatman; Siti Irene Astuti
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v1i1.58

Abstract

Manusia memiliki perasaan, akal budi, karakter atau watak yang beragam, yang semuanya itu sebenarnya adalah berbagai macam bentuk kecerdasan. Berdasarkan teori perkembangan peserta didik, diyakini bahwa setiap peserta didik lahir dengan lebih dari satu bakat. Setiap peserta didik mempunyai bakat yaitu kemampuan yang menonjol dalam salah satu aspek kepribadian, yang diperoleh sebagai pembawaan. Oleh karena itu, sejak lahir setiap peserta didik tidak ada yang bodoh, yang ada anak yang cerdas dalam aspek yang berbeda-beda. Kajian literatur ini terfokus pada pendekatan kecerdasan majemuk pada pembelajaran pendidikan jasmani untuk hidup sehat bagi peserta didik sekolah dasar. Pembahasan dalam kajian telaah ini supaya memberikan gambaran sejumlah strategi bagi guru pendidik jasmani untuk kegaitan belajar mengajar (1) teknik gerak dasar; (2) hubungan antara hidup sehat yang aktif, teori multiple intelligence, dan pembelajaran gerak dasar lokomotor, non lokomotor dan manipulatif, dan (3) pendekatan multiple intelligence untuk mengajar dan belajar. Teori multiple intelligence menyatukan sumber daya intelektual dan bervariasi yang diberikan kepada peserta didik dan masyarakat dilingkungan sekolah maupun masyarakat umum. Mengintegrasikan teori multiple intelligence dengan prinsip-prinsip hidup sehat secara aktif yang dipelajari sebagai cara untuk perencanaan program, penyampaian program, pembelajaran peserta didik, dan untuk memfasilitasi evaluasi pembelajaran yang sesuai dalam program hidup sehat bagi peserta didik di sekolah dasar.  Kata kunci:multiple intelligence, pendidikanjasmani, hidupsehat
MENINGKATKAN KESEGARAN JASMANI DENGAN METODE PENUGASAN SENAM INDONESIA BERSATU Erna Yantiningsih
JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pamane Talino

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38114/josepha.v1i1.33

Abstract

Abstrak Olah raga merupakan salah satu sarana untuk memperoleh kesehatan dan meningkatkan Kesegaran jasmani. Pada dasarnya semua olahraga baik untuk dilakukan oleh semua usia dan jenis kelamin. Upaya membangun kebiasaan anak untuk dapat memiliki kesadaran berolahraga sejak dini membutuhkan usaha yang cukup keras. Oleh sebab itu, olahraga sebaiknya diberikan sejak anak-anak sehingga kemadirian anak untuk sadar akan berolahraga dapat tertanam sejak dini. Kemandirian berolahragan adalah suatu sikap seseorang yang penuh ketekunan untuk melakukan aktifitas fisik atas dorongan diri sendiri untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dan Kesegaran jasmani, mengejar prestasi olaharaga serta berkeinginan untuk melakukan aktifitas fisik tanpa bantuan orang lain. Senam  Indonesia Bersatu merupakan gabungan gerak tubuh yang diiringi dengan musik. Iringan musik ini diharapkan dapat menambah motivasi siswa dalam melakukan gerak tubuhnya. metode penugasan dan penggunaan media audiovisual berupa instruksional video ini bertujuan agar anak dapat mempelajari dan melakukan gerakan senam  Indonesia Bersatu tidak hanya di sekolah saja, tetapi dapat dilakukan juga diluar sekolah seperti di rumah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research) dengan desain Kemmis dan Taggart melalui empat tahapan planning, acting, observasi, refleksi. Penelitian tindakan adalah penelitian tentang hal-hal yang terjadi dimasyarakat atau kelompok sasaran, dan hasilnya langsung dapat dikenakan pada masyarakat yang bersangkutan. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus pertama tingkat kesegaran jasmani siswa mencapai nilai rata-rata 13,66 dan pada siklus ke dua tingkat kesegaran jasmaninya meningkat mencapai nilai rata-rata 15,91. Terjadinya peningkatan kesegaran jasmani siswa tiapsiklusnya, maka dengan demikian kesegaran jasmani siswa dapat ditingkatkan melalui metode penugasan senam  Indonesia Bersatu. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5