cover
Contact Name
Gatot Kusjono
Contact Email
disrupsi@unpam.ac.id
Phone
+6281386165113
Journal Mail Official
disrupsi@unpam.ac.id
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten Tel / fax : (021) 741 2566 / (021) 741 2566
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Disrupsi Bisnis
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 2621797X     EISSN : 27466841     DOI : https://doi.org/10.32493/
Core Subject : Economy,
Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal ilmiah yang diterbitkan 6 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September dan November oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Juli tahun 2018. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian pada bidang ekonomi dan bisnis. Lingkup jurnal Disrupsi Bisnis meliputi penelitian Manajemen, Akuntansi, Kewirausahaan, dan Bisnis
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 4 (2023): [Juli-Agustus] Jurnal Disrupsi Bisnis" : 11 Documents clear
Perancangan Compensable Factor dan Job Grading pada Sistem Kompensasi UKM Kuliner (Studi Kasus UKM XYZ) Salsabila Maulana; Meydiana Triwidha Aryani; Eka Wulandari; Ahmil Ajriya; Ambar Lestari; Indra Refipal Sembiring
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 6, No 4 (2023): [Juli-Agustus] Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v6i4.30245

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berkontribusi pada PDB sebesar 61,97% atau sekitar Rp 8,5 triliun dan menyediakan banyak lapangan pekerjaan. Sektor kuliner memiliki kontribusi sebesar 30% dari pendapatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. UKM XYZ merupakan salah satu UKM kuliner yang mengalami pertumbuhan yang pesat namun belum mengimplementasikan sistem kompensasi yang dapat menarik dan mempertahankan SDM yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis compensable factors yang sesuai dengan UKM XYZ dan menyusun sistem kompensasi berbasis job grading. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif melalui pendekatan Hay Method. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa ada 10 compensable factor yang diterapkan UKM XYZ, job grading dengan metode given membuat UKM XYZ memiliki lima grade jabatan. Grade I terdiri terdiri dari jabatan kasir dan waitress. Grade II terdiri dari outlet leader, staff central kitchen, dan staff admin. Kemudian untuk grade III terdiri dari jabatan staff tax, dan staf finance. Grade IV terdiri dari jabatan area manager. Terakhir, grade V terdapat jabatan general manager finance, general manager central kitchen, dan general manager operational.
Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Two Way Cake Pixy Novi Femiyati Saputri; Suhardi Suhardi
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 6, No 4 (2023): [Juli-Agustus] Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v6i4.30133

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan dapat memberikan tujuan untuk menganalisis bagaimana kualitas produk, citra merek dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk two way cake Pixy. Populasi yang digunakan merupakan pengguna yang pernah membeli produk two way cake Pixy yang tidak dapat diketahui jumlah pastinya. Teknik pengambilan sampel menggunak rumus lameshow dengan jumlah perhitungan sebesar 100 peserta dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Jenis penelitian dengan jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dipandukan menggunakan metode pengumpulan data kuesioner dan studi Pustaka. Analisis data dapat terdiri dari uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis. Temuan regresi linier berganda menemukan bahwa kualitas produk berpengaruh sebesar 20,1%, citra merek berpengaruh sebesar 39,8% dan word of mouth berpengaruh sebesar 27,1%. Untuk temuan analisis koefisien determinasi (R2) menghasilkan bahwa keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas produk, citra merek dan word of mouth sebesar 73,4%. Selain itu, temuan uji hipotesis menghasilkan pada kualitas produk, citra merek, dan word of mouth dengan suatu cara parsial serta dengan cara simultan dapat memberikan suatu pengaruh positif dengan signifikan terhadap keputusan pembelian produk two way cake Pixy.
Analisis Peran Electronic Word Of Mouth, Brand Ambassador, Brand Image pada Minat Beli Produk Somethinc di Palembang Maria Fransisca Sri Sulistyawati; Agustinus Widyartono; Novita Sari
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 6, No 4 (2023): [Juli-Agustus] Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v6i4.30736

Abstract

Riset ini mempunyai tujuan untuk mengetahui analisis pengaruh electronic word of mouth, brand ambassador, brand image pada minat beli produk perawatan Somethinc. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang yang mengikuti akun media sosial online khusus produk Somethinc. Kriteria pengambilan sampel terdapat 93 sampel yang memenuhi kriteria dan menggunakan teknik convenience, yaitu setiap orang yang berkenan menjadi responden dan telah memakai produk Somethinc. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth, brand ambassador, brand image mempunyai pengaruh pada minat beli produk perawatan Somethinc.
Pengaruh Transformational Leadership Terhadap Employee Creativity Pada Karyawan Perusahaan Jasa Transportasi di Jakarta Tiara Safitri; Netania Emilisa; Noni Febriastri Wahyuningtiyas
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 6, No 4 (2023): [Juli-Agustus] Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v6i4.26650

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Transformational Leadership, Perceived Organizational Support, Organizational Citizhenship Behavior, dan Employee Creativity pada karyawan perusahaan jasa transportasi di Jakarta. Menurut badan pusat statistik perekonomian Indonesia selama masa pandemi Covid-19 mengalami penurunan. Selama masa pandemi, dan era new normal atau endemi nanti, setiap perusahaan harus terus berinovasi dan berkreasi untuk bisa bertahan dan berkompetisi dengan semaksimal mungkin. Employee creativity diperlukan dalam persaingan di tengah pandemi, maka dari itu transformational leadership, perceived organizational support, dan organizational citizenship behavior perlu diterapkan untuk mendukung terciptanya employee creativity. Metode yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan software AMOS versi 23 dengan jumlah 140 responden. Hasil penelitian ini, transformational leadership berpengaruh postif tidak signifikan terhadap employee creativity sehingga hipotesis tidak didukung/ditolak, transformational leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived organizational support, transformational leadership bepengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior, perceived organizational support berpengaruh positif tidak signifikan terhadap employee creativity, sehingga hipotesis tidak didukung/ditolak dan organizational citizenship behivior berpengaruh positif dan signifikan terhadap employee creativity. 
Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya pada Loyalitas Pelanggan Dede Solihin; Ahyani Ahyani
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 6, No 4 (2023): [Juli-Agustus] Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v6i4.32063

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya Pada Loyalitas Pelanggan Pengguna Mobil Wuling di Kota Tangerang Selatan. Metode Penelitian ini menggunakan metode kasualitas. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna mobil Wuling di Tangerang Selatan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu sampel diambil sebanyak 95. Pegumpulan data menggunakan kuesioner dan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik dengan metode SEM (Structural Equation Modelling) dengan menggunakan software PLS 3.0. Hasil penelitian ini sebagai berikut: Kualitas Produk dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Wuling. Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas Produk, Harga, dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan belum mampu memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan mampu memediasi pengaruh Harga terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan belum mampu memediasi pengaruh promosi terhadap loyalitas pelanggan.
Pengaruh Capital Adequancy Ratio dan Loan To Deposit Ratio terhadap Harga Saham PT. Bank Mandiri,Tbk Riskiatun Zakiah; Nurul Huda
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 6, No 4 (2023): [Juli-Agustus] Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v6i4.29970

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Capital Adequancy Ratio (CAR) dan Loan To Deposit Ratio (LDR) terhadap Harga Saham PT. Bank Mandiri,Tbk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian assositif dari sumber data sekunder. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu daftar tabel yang berisi data total modal, ATMR, total kredit yang diberikan, total dana pihak ketiga dan harga saham Pada PT. Bank Mandiri, Tbk. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan yang berupa laporan neraca PT.Bank Mandiri, Tbk sejak terdaftar di BEI dari tahun 2003 sampai tahun 2021 yaitu selama 18  tahun. Sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan neraca PT. Bank Mandiri,Tbk selama 10 tahun yaitu dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2021. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, koefisien korelasi berganda, uji determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukan bahwa Capital Adequancy Ratio (CAR) tidak berpengaruh secara parsial terhadap harga saham pada PT. Bank Mandiri, Tbk. Sementara Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh secara parsial terhadap harga saham pada PT. Bank Mandiri, Tbk. Sedangkan secara simultan Capital Adequancy Ratio (CAR) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada PT. Bank Mandiri, Tbk.
Analisis Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan pada PT. Cerahati Indonesia Kota Depok Fathan Arif; Zaenabia Yusritiara
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 6, No 4 (2023): [Juli-Agustus] Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v6i4.28801

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Motivasi Kerja dalam meningkatkan Kinerja Karyawan pada PT. Cerahati Indonesia secara signifikan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk proses pengumpulan data. Terdapat 6 orang responden dari karyawan PT. Cerahati Indonesia. Metode triangulasi data, dan reduksi wawancara digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi kerja yang diberikan perusahaan tidak dialami oleh semua karyawan. Hal ini dikarenakan perusahaan hanya memberikan kepercayaan pada beberapa karyawan untuk mengerjakan double job. Motivasi beberapa karyawan hanya berkisar pada jobdesc masing-masing, sehingga tidak ada pengembangan skill. Akibatnya, beberapa kesalahan yang sama, masih sering dilakukan oleh karyawan pada setiap pekerjaannya.
Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Gofood di Kota Batam Reza Sultan Bajora Lubis; David Humala Sitorus
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 6, No 4 (2023): [Juli-Agustus] Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v6i4.30441

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, promosi dan kemudahan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Gofood di Kota Batam. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang terdapat penelitian ini merupakan pengguna yang telah membeli makanan atau minuman melalui aplikasi Gofood di Kota Batam yang tidak dapat diketahui jumlah pastinya. Teknik penentuan besar sampel digunakan rumus lameshow dengan hasil perhitungan sebanyak 100 responden dengan mempergunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian analisis regresi linier berganda dengan dapat dianalisis melalui uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Hasil pada analisis regresi linier berganda menemukan bahwa kualitas produk menghasilkan peningkatan keputusan pembelian sebesar 29,5%. Promosi menghasilkan peningkatan keputusan pembelian sebesar 15,6%. Kemudahan menghasilkan peningkatan keputusan pembelian sebesar 23,5%. Sementara itu, analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa keputusan pembelian pada aplikasi GoFood di Kota Batam dapat dijelaskan sebesar 64,8% oleh kualitas produk, promosi dan kemudahan. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, promosi dan kemudahan dengan cara parsial ataupun simultan memiliki pengaruh yang positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Gofood.
Pengaruh Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen Dan Komite Audit Terhadap Kondisi Financial Distress Perusahaan Syahraini Harefa; Feronica Simanjorang
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 6, No 4 (2023): [Juli-Agustus] Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v6i4.30719

Abstract

Financial distress merupakan tahap penurunan kondisi keuangan perusahaan sebelum terjadinya kebangkrutan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi financial distress adalah menerapakan good corporate governance (GCG). Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah good corporate governance memiliki pengaruh terhadap financial distress. Struktur good corporate governance yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, dan Komite Audit. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh melalui website resmi Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2018 hingga tahun 2021. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemilikan Institusional memiliki pengaruh yang signifikan dengan arah hubungan negatif terhadap Financial Distress. Komisaris Independen dan Komite Audit memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Financial Distress. Hasil lainnya yaitu Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, dan Komite Audit memiliki pengaruh simultan terhadap Financial Distress.
Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Serpong Tangerang Selatan Putri Noviana; Diana Azwina
Jurnal Disrupsi Bisnis Vol 6, No 4 (2023): [Juli-Agustus] Jurnal Disrupsi Bisnis
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/drb.v6i4.31814

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan Kuantitatif. Populasi penelitian adalah pegawai Kantor Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan dan berjumlah 51 pegawai. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dan diperoleh sampel dalam penelitian ini berjumlah 51 responden.Hasil uji hipotesis untuk Lingkungan Kerja (X1) dan Disiplin Kerja (X2) secara parsial nilai thitung masing-masing sebesar 6.417 (X1) dan 8.689 (X2) artinya semua nilai thitung>ttabel. Untuk pengaruh simultan variabel Kinerja Pegawai (Y) diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 41.354>3.190. Taraf signifikansi a = 0,05. Maka dapat disimpulkan Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja secara parsial maupun simutan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Dengan persamaan regresi linier Y = 0.995+0.088X1+0522X2 artinya Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai. Nilai Koefisien determinasi 0.633 menjelaskan bahwa Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja berpengaruh terhadap Kinera Pegawai sebesar 0.633.

Page 1 of 2 | Total Record : 11