cover
Contact Name
Varia Humanika
Contact Email
variahumanika@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
variahumanika@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang Gedung B Kampus Sekaran Gunungpati Semarang Kode Pos: 50229
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Varia Humanika
ISSN : 2716361X     EISSN : 27455238     DOI : https://doi.org/10.15294/vh
Core Subject : Social,
Jurnal yang diusulkan pertama kali ini diberi nama Varia Humanika, merupakan jurnal online yang berisi kumpulan artikel dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen-dosen di lingkungan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Sebagai sebuahjurnal baru, diharapkan kehadirannya dapat digunakan sebagi media publikasi dan komunikasi bagi para dosen di lingkungan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang dalam rangka turut mewujudkan misi UNNES sebagai Universitas berwawasan konservasi dan berreputasi internasional, dan bagi pihak-pihak yang membutuhkannya, jurnal ini bisa diakses secara gratis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2021)" : 12 Documents clear
Peningkatan Kompetensi Penulis Buku Nonfiksi Profesional Bagi Komunitas Penulis Pemula “Omera Pustaka” Di Kabupaten Banyumas Febriani, Meina; Setyaningsih, Nas Haryati; Nugroho, Azis
Varia Humanika Vol 2 No 2 (2021): Publish
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/vh.v2i2.50158

Abstract

Sasaran kegiatan ini adalah penulis pemula di Kabupaten Banyumas (Omera Pustaka). Tujuan utama pengabdian kepada masyarakat ini antara lain: (1) memetakan tingkat kompetensi penulisan naskah nonfiksi bagi penulis pemula di Omera Pustaka, (2) meningkatkan kompetensi menulis naskah nonfiksi sebagai indikator penulis profesional, dan (3) menghasilkan luaran produk buku sebagai upaya penguatan kompetensi penulisan buku nonfiksi. Sebagai penerbit pemula, Omera Pustaka menghadapi beberapa tantangan, salah satunya adalah kualitas buku yang diterbitkan agar mampu bersaing di pasaran. Salah satu aspek yang menentukan kualitas buku adalah peran penulis. Penulis adalah setiap orang yang menulis naskah buku untuk diterbitkan dalam bentuk Buku (UU Nomor 3 Tahun 2017). Penulis memerlukan kaidah kerja yang baku untuk menghasilkan buku yang bermutu. Dengan demikian, penguatan kompetensi penulis profesional sangat penting dimiliki oleh para penulis. Penulis profesional dapat memastikan naskah yang dipublikasikan memiliki keterbacaan yang baik sehingga memiliki daya tarik dan daya saing di pasaran. Oleh sebab itu, melalui kegiatan ini diharapkan kompetensi penulis profesional dapat terwujud secara optimal. Program pengabdian kepada masyarakat ini telah selesai dilaksanakan 100%. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat menggunakan empat strategi yakni: (1) penyadaran, (2) pengkapasitasan, (3) pendampingan, dan (4) pelembagaan. Kegiatan ini memberikan hasil berupa peningkatan keterampilan menulis buku nonfiksi melalui kegiatan praktik menulis serta pengkapasitasan berupa jejaring komunitas belajar penyunting pemula
Peningkatan Mutu Siswa SD Di Desa Singa Melalui Pelatihan Literasi (Baca Tulis) BR SEMBIRING, Keren Luber; Soraya, Tengku Ratna
Varia Humanika Vol 2 No 2 (2021): Publish
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/vh.v2i2.51229

Abstract

Abstrak Program Kuliah Kerja Nyata ini ialah salah satu bentuk nyata dari kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam memberdayakan suatu potensi yang dimiliki oleh suatu desa. Desa Singa adalah desa yang memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, baik dari sumberr daya alamnya maupun dari segi sumber daya manusianya. Adapun tujuan dari dilaksanakannya KKN ini yaitu untuk meningkatkan potensi yang ada di desa dalam berbagai bentuk, khususnya dalam bentuk kesadaran pentingnya pendidikan dalam kehidupan. Adapun metode penelitian yang dilakukan yaitu PAR (Participatory Action Research). Melalui hasil penelitian selama melaksanakan kegiatan KKN khususnya dalam bidang pendidikan terdapat beberapa kendala dalam penguasaan ilmu pengetahuan kepada siswa, seperti contoh terdapat beberapa anak yang masih belum bisa membaca terlebih anak tersebut sudah kelas 3 sd. Kurangnya perhatian dari orang tua merupakan penyebab utama kurangnya motivasi siswa untuk memperoleh ilu pengetahuan. Terlebih lagi dikarenakan situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan untuk belajar secara bebas dan secara tatap muka disekolah untuk sekarang ini sehingga siswa/i cukup kesulitan belajar karna berkurangnya jam belajar tatap muka bersama guru. Selain itu dengan adanya kegiatan KKN, Masyarakat di Desa Singa dapat merasakan hasil dar terlaksananya program KKN baik tidak langsung maupun langsung. Mahasiswa KKN juga mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dari terlaksananya program tersebut. Abstrac Kuliah Kerja Nyata (KKN) is one of the tangible forms of community service activities in empowering a village's potential. Singa Village is a village that has a lot of potential that can be developed, both in terms of natural resources and in terms of human resources. The purpose of implementing this KKN is to increase the potential that exists in the village in various forms, especially in the form of awareness of the importance of education in life. The research method used is PAR (Participatory Action Research). Through the results of research during KKN activities, especially in the field of education, there are several obstacles in mastering science to students, for example there are some children who still cannot read, especially those children who are in grade 3 SD. Lack of attention from parents is the main cause of students' lack of motivation to acquire knowledge. Moreover, due to situations and conditions that do not allow for free and face-to-face learning at school for now so students have difficulty learning due to the reduced hours of face-to-face learning with the teacher. In addition, with the KKN activities, the community in Singa Village can feel the results of the implementation of the KKN program, both indirectly and directly. KKN students also gain valuable experience from the implementation of the program.
Pendampingan Bembo Craf dalam Pembuatan Desain Busana Tari Berbahan Enceng Gondok di Kabupaten Semarang Lestari, Wahyu; Lanjari, Restu; Iryanti, Veronica Eny; Sriyadi, Sriyadi; Nindrayani, Satitra
Varia Humanika Vol 2 No 2 (2021): Publish
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/vh.v2i2.51327

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri bagi dosen bekerja sama dengan Bembo Craf, Dusun Kesongo, Kabupaten Semarang. Tujuan pengabdian adalah memberikan pendampingan kepada Bembo Craf yang berkecimpung dibidang hand craf untuk produk kerajinan tangan seperti berbagai bentuk souvenir, tas, sandal, bahkan barang rumah tangga lainya seperti meja dan kursi, semua dibuat dengan menggunakan bahan dasar pengolahan enceng gondok. Pendampingan yang dilakukan yaitu pembuatan desain busana tari berbahan enceng gondok. Enceng gondok merupakan salah satu tumbuhan yang hidup subur di daerah rawa pening, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Metode pelaksanaan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri, dilaksanakan melalui berbagai tahapan, mulai dari tahap persiapan, tahap proses, tahap pelaksanaan sampai tahap produksi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan WAG. Hasil dari kegiatan pendampingan berupa sebuah produk, desain busana tari yang terdiri dari irah-irahan, sumping, kalung, kelat bahu, slempang, roncen, sabuk, uncal, boro, samir, binggel, celana dan baju. Busana tari inovatif, digunakan sebagai alternatif bagi para pelaku kesenian tradisional kerakyatan, dalam menggunakan busana tari, karena dengan bahan enceng gondok akan lebih terjangkau harganya. Desain Busana tari berbahan enceng gondok, diharapkan dapat direalisasi menjadi busana tari pada kegiatan PKM selanjutnya.
Workshop dan Pendampingan Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Mahasiswa terhadap Karya Tulis Ilmiah Arsiyana, Marliza; Purwani, Neli; Pudjitriherwanti, Anastasya
Varia Humanika Vol 2 No 2 (2021): Publish
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/vh.v2i2.51328

Abstract

Kontribusi mahasiswa dalam menulis karya ilmiah di Indonesia masih sangat rendah. Padahal dengan menulis karya tulis, mahasiswa turut serta dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kemajuan bangsa Indonesia. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diluncurkan DIKTI, mahasiswa diajak untuk sensitif terhadap isu-isu yang ada di sekitar mereka dan mencarikan solusi yang kreatif dan inovatif. Program dapat mengasah daya nalar mahasiswa dan melatih keterampilan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah Tujuan kegiatan pengabdian ini ialah untuk menumbuhkan minat dan memberikan pelatihan kepada mahasiswa dalam menyususn proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Pada kegiatan workshop dan pendampingan mahasiswa akan diperkenalkan mengenai jenis-jenis PKM beserta persyaratan dan tat tulis secara umum. Selain itu pula, pada workshop juga akan dibahas bagaimana menggali ide sebuah PKM melalui permasalahan yang ada di dalam masyarakat dengan berpedoman 17 isu SDGS dan 6 isu nasional. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan) mahasiswa semakin terpacu dan termotivasi untuk ikut serta dalam mengajukan proposal PKM, (2) meingkatkan pemahaman mahasiswa mengenai berbagai jenis PKM, (3) memunculkan ide-ide kreatif mahasiswa, dan (4) keterampilan mahasiswa dalam menulis proposal PKM semakin meningkat.
Peningkatan Ketrampilan Menulis Artikel Ilmiah Hasil Penelitian bagi Dosen-Dosen Pendidikan Bahasa Inggris di Luar UNNES Fitriati, Sri Wuli; Mijiyanto, Januarius; Wahyuni, Rahmi Nur Baity; Susilowati, Nunung
Varia Humanika Vol 2 No 2 (2021): Publish
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/vh.v2i2.51390

Abstract

Artikel ini memaparkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pelatihan peningkatkan ketrampilan menulis artikel ilmiah hasil penelitian. Peserta pelatihan adalah dosen-dosen bahasa Inggris di luar UNNES dari beberapa universitas yang berjumlah 26 orang. Fokus pelatihan adalah peserta lebih memahami struktur artikel, cara mensitasi dan membuat referensi, serta membuat teks yang koheren. Selain itu, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dosen-dosen bahasa Inggris dalam mempublikasikan hasil-hasil penelitian berupa artikel penelitian yang berkualitas dan dipublikasikan pada jurnal terindeks Scopus. Kegiatan ini menggunkan metode training atau pelatihan dengan menerapkan model siklus belajar sains 4E (4-E science learning cycle) dengan tahapan-tahapan exploration(penyelidikan) phase, explanation phase (penjelasan), expansion (perluasan) evaluation phase (evaluasi). Dari hasil pengamatan tim pengabdi, kegiatan ini menambah pengalaman para dosen dalam hal meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah hasil penelitian. Terdapat beberapa hal utama yang menjadi fokus tim pengabdi berdasarkan hasil kegiatan yaitu (1) ketidaktahuan peserta dalam memformulasikan satu rumusan masalah dalam tesis atau disertasi merekea untuk dimanifestasikan ke dalam sebuah artikel penelitian; (2) minimnya pengetahuan peserta dalam menembus jurnal berindeks Scopus; (3) ketidaksadaran peserta dalam melakukan kesalahan umum pada penulisan artikel ilmiah hasil penelitian. Tim pengabdi merekomendasikan agar hasil kegiatan pengabdian dapat ditinjaklanjuti dengan kegiatan pengabdian berupa pendampingan pelatihan menulis artikel ilmiah hasil penelitian agar dapat diterima di jurnal terindeks Scopus, sehingga sehingga universitas dan mahasiswa dapat mengambil manfaat dari publikasi tersebut.
Konservasi Bahasa Jawa Melalui Pelatihan Ceramah dan Pembuatan YouTube pada Para Guru Milenial di Kabupaten Klaten Lestari, Prembayun Miji; Irawati, Retno Purnama; Marasti, Pinta
Varia Humanika Vol 2 No 2 (2021): Publish
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/vh.v2i2.51393

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan mengembangkan nilai-nilai agama dan konservasi bahasa Jawa melalui pelatihan ceramah pada para guru milenial di Kabupaten Klaten. Program pengabdian ini dipilih lantaran para guru di Kabupaten Klaten (khususnya di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Bangsa yang menjadi sasaran pengabdian) mengalami kesulitan dalam menyampaikan kajian keagamaan berbahasa Jawa. Padahal kebanyakan para guru ini sebagai pendakwah milenial yang berhadapan dengan audiens masyarakat Jawa yang menggunakan bahasa Jawa untuk komunikasi. Selain itu di jaman yang serba digital ini dibutuhkan keterampilan guna menyampaikan kebaikan melalui platform baik berupa video YouTube atau media sosial berbahasa Jawa lain yang disenangi generasi muda. Keterampilan mengenai hal ini sangat dibutuhkan para guru di sekolah tersebut. Tentu ini menjadi kebutuhan utama dalam pengembangan keterampilan ceramah-dakwah digital dan pelestarian bahasa Jawa ke depan. Berdasarkan analisis situasi dan analisis permasalahan mitra, pelatihan ini sangat penting dilakukan. Konservasi Bahasa Jawa melalui Pelatihan Ceramah dan Pembuatan YouTube pada Para Guru Milenial di Kabupaten Klaten ini terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan: (1) penyampaian materi dan diskusi terkait ceramah menggugah; pada kegiatan ini sekaligus diberikan contoh bagaimana menyampaikan ceramah berbahasa Jawa yang menarik dan terarah; (2) penyampaian materi dan diskusi terkait dakwah digital fenomenal; pada kegiatan ini disampaikan cara membuat konten YouTube; (3) praktik pelatihan ceramah berbahasa Jawa dan membuat konten Youtube; (4) evaluasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan. Hasil kegiatan tidak hanya dilatih berceramah berbahasa Jawa, namun juga menghasilkan konten YouTube serta kegiatan terpublikasi di media massa.
Peningkatan Kompetensi Penulis Buku Nonfiksi Profesional Bagi Komunitas Penulis Pemula “Omera Pustaka” Di Kabupaten Banyumas
Varia Humanika Vol 2 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/vh.v2i2.50158

Abstract

Sasaran kegiatan ini adalah penulis pemula di Kabupaten Banyumas (Omera Pustaka). Tujuan utama pengabdian kepada masyarakat ini antara lain: (1) memetakan tingkat kompetensi penulisan naskah nonfiksi bagi penulis pemula di Omera Pustaka, (2) meningkatkan kompetensi menulis naskah nonfiksi sebagai indikator penulis profesional, dan (3) menghasilkan luaran produk buku sebagai upaya penguatan kompetensi penulisan buku nonfiksi. Sebagai penerbit pemula, Omera Pustaka menghadapi beberapa tantangan, salah satunya adalah kualitas buku yang diterbitkan agar mampu bersaing di pasaran. Salah satu aspek yang menentukan kualitas buku adalah peran penulis. Penulis adalah setiap orang yang menulis naskah buku untuk diterbitkan dalam bentuk Buku (UU Nomor 3 Tahun 2017). Penulis memerlukan kaidah kerja yang baku untuk menghasilkan buku yang bermutu. Dengan demikian, penguatan kompetensi penulis profesional sangat penting dimiliki oleh para penulis. Penulis profesional dapat memastikan naskah yang dipublikasikan memiliki keterbacaan yang baik sehingga memiliki daya tarik dan daya saing di pasaran. Oleh sebab itu, melalui kegiatan ini diharapkan kompetensi penulis profesional dapat terwujud secara optimal. Program pengabdian kepada masyarakat ini telah selesai dilaksanakan 100%. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat menggunakan empat strategi yakni: (1) penyadaran, (2) pengkapasitasan, (3) pendampingan, dan (4) pelembagaan. Kegiatan ini memberikan hasil berupa peningkatan keterampilan menulis buku nonfiksi melalui kegiatan praktik menulis serta pengkapasitasan berupa jejaring komunitas belajar penyunting pemula
Peningkatan Mutu Siswa SD Di Desa Singa Melalui Pelatihan Literasi (Baca Tulis)
Varia Humanika Vol 2 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/vh.v2i2.51229

Abstract

Abstrak Program Kuliah Kerja Nyata ini ialah salah satu bentuk nyata dari kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam memberdayakan suatu potensi yang dimiliki oleh suatu desa. Desa Singa adalah desa yang memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, baik dari sumberr daya alamnya maupun dari segi sumber daya manusianya. Adapun tujuan dari dilaksanakannya KKN ini yaitu untuk meningkatkan potensi yang ada di desa dalam berbagai bentuk, khususnya dalam bentuk kesadaran pentingnya pendidikan dalam kehidupan. Adapun metode penelitian yang dilakukan yaitu PAR (Participatory Action Research). Melalui hasil penelitian selama melaksanakan kegiatan KKN khususnya dalam bidang pendidikan terdapat beberapa kendala dalam penguasaan ilmu pengetahuan kepada siswa, seperti contoh terdapat beberapa anak yang masih belum bisa membaca terlebih anak tersebut sudah kelas 3 sd. Kurangnya perhatian dari orang tua merupakan penyebab utama kurangnya motivasi siswa untuk memperoleh ilu pengetahuan. Terlebih lagi dikarenakan situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan untuk belajar secara bebas dan secara tatap muka disekolah untuk sekarang ini sehingga siswa/i cukup kesulitan belajar karna berkurangnya jam belajar tatap muka bersama guru. Selain itu dengan adanya kegiatan KKN, Masyarakat di Desa Singa dapat merasakan hasil dar terlaksananya program KKN baik tidak langsung maupun langsung. Mahasiswa KKN juga mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dari terlaksananya program tersebut. Abstrac Kuliah Kerja Nyata (KKN) is one of the tangible forms of community service activities in empowering a village's potential. Singa Village is a village that has a lot of potential that can be developed, both in terms of natural resources and in terms of human resources. The purpose of implementing this KKN is to increase the potential that exists in the village in various forms, especially in the form of awareness of the importance of education in life. The research method used is PAR (Participatory Action Research). Through the results of research during KKN activities, especially in the field of education, there are several obstacles in mastering science to students, for example there are some children who still cannot read, especially those children who are in grade 3 SD. Lack of attention from parents is the main cause of students' lack of motivation to acquire knowledge. Moreover, due to situations and conditions that do not allow for free and face-to-face learning at school for now so students have difficulty learning due to the reduced hours of face-to-face learning with the teacher. In addition, with the KKN activities, the community in Singa Village can feel the results of the implementation of the KKN program, both indirectly and directly. KKN students also gain valuable experience from the implementation of the program.
Pendampingan Bembo Craf dalam Pembuatan Desain Busana Tari Berbahan Enceng Gondok di Kabupaten Semarang
Varia Humanika Vol 2 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/vh.v2i2.51327

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri bagi dosen bekerja sama dengan Bembo Craf, Dusun Kesongo, Kabupaten Semarang. Tujuan pengabdian adalah memberikan pendampingan kepada Bembo Craf yang berkecimpung dibidang hand craf untuk produk kerajinan tangan seperti berbagai bentuk souvenir, tas, sandal, bahkan barang rumah tangga lainya seperti meja dan kursi, semua dibuat dengan menggunakan bahan dasar pengolahan enceng gondok. Pendampingan yang dilakukan yaitu pembuatan desain busana tari berbahan enceng gondok. Enceng gondok merupakan salah satu tumbuhan yang hidup subur di daerah rawa pening, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Metode pelaksanaan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri, dilaksanakan melalui berbagai tahapan, mulai dari tahap persiapan, tahap proses, tahap pelaksanaan sampai tahap produksi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan WAG. Hasil dari kegiatan pendampingan berupa sebuah produk, desain busana tari yang terdiri dari irah-irahan, sumping, kalung, kelat bahu, slempang, roncen, sabuk, uncal, boro, samir, binggel, celana dan baju. Busana tari inovatif, digunakan sebagai alternatif bagi para pelaku kesenian tradisional kerakyatan, dalam menggunakan busana tari, karena dengan bahan enceng gondok akan lebih terjangkau harganya. Desain Busana tari berbahan enceng gondok, diharapkan dapat direalisasi menjadi busana tari pada kegiatan PKM selanjutnya.
Workshop dan Pendampingan Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Mahasiswa terhadap Karya Tulis Ilmiah
Varia Humanika Vol 2 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/vh.v2i2.51328

Abstract

Kontribusi mahasiswa dalam menulis karya ilmiah di Indonesia masih sangat rendah. Padahal dengan menulis karya tulis, mahasiswa turut serta dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kemajuan bangsa Indonesia. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diluncurkan DIKTI, mahasiswa diajak untuk sensitif terhadap isu-isu yang ada di sekitar mereka dan mencarikan solusi yang kreatif dan inovatif. Program dapat mengasah daya nalar mahasiswa dan melatih keterampilan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah Tujuan kegiatan pengabdian ini ialah untuk menumbuhkan minat dan memberikan pelatihan kepada mahasiswa dalam menyususn proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Pada kegiatan workshop dan pendampingan mahasiswa akan diperkenalkan mengenai jenis-jenis PKM beserta persyaratan dan tat tulis secara umum. Selain itu pula, pada workshop juga akan dibahas bagaimana menggali ide sebuah PKM melalui permasalahan yang ada di dalam masyarakat dengan berpedoman 17 isu SDGS dan 6 isu nasional. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan) mahasiswa semakin terpacu dan termotivasi untuk ikut serta dalam mengajukan proposal PKM, (2) meingkatkan pemahaman mahasiswa mengenai berbagai jenis PKM, (3) memunculkan ide-ide kreatif mahasiswa, dan (4) keterampilan mahasiswa dalam menulis proposal PKM semakin meningkat.

Page 1 of 2 | Total Record : 12