cover
Contact Name
Mashur Imam
Contact Email
Sajakimam@gmail.com
Phone
+6285326007778
Journal Mail Official
njisjurnal@gmail.com
Editorial Address
Sekolah Tinggi Agama Islam Cendekia Insani Jl.Raya Paowan No.25, Panarukan, Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68351
Location
Kab. situbondo,
Jawa timur
INDONESIA
Nusantara Journal of Islamic Studies
ISSN : 27459608     EISSN : 27222535     DOI : -
Core Subject : Education,
Nusantara Journal of Islamic Studies is Islam education scientific journal that contains articles on Islamic education, Islamic education thought and management of Islamic Education. Intended as a vehicle for critical thinking and open to all circles of academia, religion, intellectuals, students with the specifications of studies and research in the field of Islamic Education.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2020): Maret" : 8 Documents clear
Kepemimpinan Kepala Sekolah Perspektif Teori Kepemimpinan Perilaku: (studi kasus di sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Kabupaten Situbondo) Ahmad Musaddad
Nusantara Journal of Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2020): Maret
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.43 KB) | DOI: 10.54471/njis.2020.1.1.74-81

Abstract

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PERSPEKTIF TEORI KEPEMIMPINAN PERILAKU (Studi Kasus di sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Kabupaten Situbondo) 1 Ahmad Musaddad 1 STAI Cendekia Insani-Situbondo, Indonesia. Abstrak Pendidikan merupakan sub sistem sebuah negara yang kemajuannya menjadi indikasi kemajuan sebuah bangsa, maka Amerika dan Eropa menjadi pioner terdepan dalam pengembangan pendidikan baik di sektor metodologi, produk lulusan dan beberapa hasil riset tentang pendidikan. Indonesia sendiri masuk dalam ketegori negara berkembang yang terus mencari pola pendidikan yang ideal dan terus melakukan upaya pengembangan dari berbagai lini; bentuk Kurikulum, metodologi dan pengembangan Sumber Daya Manusia baik guru maupun kepala sekolah. Pengembangan Kepala sekolah pada khsusunya harus terus dikembangkan karena kepala sekolah merupakan pimpinan yang menjadi kunci kemajuan sekolah. Hal ini bisa dilihat dari berbagai definisi kepemimpinan yang unsurnya memberikan pengaruh serta penggerak kepada kelompok atau elemen sekolah yang lain. Dengan demikian, kepala harus terus memperkaya wawasan terutama konsep-konsep kepemimpinan. Riset ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Fokus yang ditetapkan adalah dua, yakni 1) bagaimana kepemimpinan kepala sekolah di sebuah SMK Swasta di situbondo perspektif kepemimpina perilaku? 2) bagaimana pola pengambilan keputusan kepala sekolah di sebuah SMK Swasta situbondo perspektif kepemimpinan perilaku?. Dengan riset ini diharapkan dapat memperoleh pengetahuan dan gambaran mendalam mengenai kepemimpinan dan pengambilan keputusan kepala sekolah di SMK Swasta situbondo perspektif pendekatan kepemimpinan perilaku. Pemilihan lokasi sekolah didasarkan pada keunikan tertentu yang dimiliki sekolah tersebut, adapun lokasinya adalah sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (swasta) di kabupaten situbondo. Kata kunci Kepala Sekolah, Kepemimpinan Perilaku.
MODEL Model IlhamQ (Model Menghafal AL Qur’an Berbasis Game) di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo Syaifudin Noer; Evi Fatimatur Rusydiyah; Fachrizal Hamzah
Nusantara Journal of Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2020): Maret
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (794.052 KB) | DOI: 10.54471/njis.2020.1.1.1-10

Abstract

Usaha pelestarian dan pemeliharaan al-Qur’an pada dasarnya telah dilakukan sejak al-Qur’an diturunkan, yaitu melalui membaca dan menghafal. Hingga dewasa ini, bukan hanya pesantren, banyak sekolah dasar maupun menengah Islam telah menerapkan sistem pembelajaran menghafal al-Quran. Seperti halnya di SMP Insan Cendikia Mandiri Sidoarjo yang menggunakan model ILHAMQ sebagai salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran tahfidzul quran. Banyak orang belum mengetahui model menghafal metode ILHAMQ, dan bagaimana implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dan data diambil dari observasi maupun wawancara dengan koordinator tahfidz, instruktur ILHAMQ, dan para siswa serta perangkat pembelajaran lainnya. Dari sumber data yang diambil, dihasilkan bahwa model pembelajaran ILHAMQ merupakan gabungan dari konsep pembelajaran joyfull learning, collaborative learning dan teori pemrosesan informasi Gagne.
Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Dan Resitasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Yang Memiliki Motivasi Belajar Yang Berbeda Di Sekolah Dasar Kecamatan Bugeman Situbondo hasiyati ningsih
Nusantara Journal of Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2020): Maret
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.758 KB) | DOI: 10.54471/njis.2020.1.1.11-21

Abstract

Metode pembelajaran yang bervariasi sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pusat pembelajaran bukan lagi terletak pada guru melainkan pada siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah Adakah perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang diajar dengan metode demonstrasi dengan kelompok siswa yang diajar menggunakan metode resitasi, Adakah perbedaan hasil belajar IPA kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, Adakah pengaruh interaksi antara penggunaan metode demonstrasi, resitasi dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 2 Bugeman dan SDN 1 Bugeman. Metode analisis datanya menggunakan uji Anova Two Way, dengan rancangan penelitian Quasi experiment design, namun sebelumnya perlu dilakukan uji kenormalan dan juga kesamaan ragam. Pengujian kenormalan menggunakan Kolmogorov-Smirnov. Uji kesamaan ragam menggunakan Levene Test.
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Qur’an Hadist Di Madrasah Aliyah Ma’arif Bangil Pasuruan Mujiono mujiono
Nusantara Journal of Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2020): Maret
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.747 KB) | DOI: 10.54471/njis.2020.1.1.22-33

Abstract

Pendidikan islam sangat dibutukan oleh setiap individu, dan pendidikan dikatakan berhasil jika tujuan utama dan pendidikan yakni adanya suatu perilaku yang lebih baik dari peserta didik setelah adanya proses pembelajaran .Sedangkan keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran sangat tergantung pada usaha guru sebagai pendidik untuk menciptakan suatu pembelajaran yang efektifyang pada akhirnya dapat memberikan suatu pencapaian keberhasilan dalam belajar siswa. Sebagian besar pesantren tradisional sangat mementingkan mata pelajaran Qur’an hadist sebagaimana dalam MA Ma’arif Bangil, karena Qur’an hadist adalah salah satu materi pembelajaran di Madrasah tersebut Qur’an hadist merupakan suatu ilmu yang sangat penting untuk di pelajari dipahami , dimengerti dan diamalkan dalam kehidupan baik di sekolah maupun di masyarakat . Kebanyakan metode yang digunakan dalam pembelajran Qur’an Hadistdi Madrasah Aliyah Ma’arif Bangil cenderung monotonyang mengakibatkan pembelajaran Qur’an Hadist kurang diminati. Hal ini dapat terlihat dengan banyaknya penggunaan cara atau metode-metode pembelajaran tradisional. Keberhasilan suatu metode ditunjang dengan adanya susasana atau lingkungan pembelajaran yang kondusif dan juga didukung dengan adanya kemampuan guru dalam memilih,mengolah,serta menerapkan suatu metode pembelajaran.Penulis menggunakan teori metode penelitian oleh Nasution,Meleong,Mantja dan Nasution bahder. Dan adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: a)tentang profil madrasah MA Ma’arif bangil,b)Strategi kepemimpinan , c)motto pembelajaran qur’an Hadist,d)faktor-faktor penghambat dan pendukung.
Kemampuan Manajerial Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memberdayakan Masjid Sebagai Sarana Mengembangkan Budaya Agama Di MTS Raudatul Jannah Wonokusumo Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020 Novida Putri Intan Sholehatiin; Halimatus Sa'diyah
Nusantara Journal of Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2020): Maret
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (656.752 KB) | DOI: 10.54471/njis.2020.1.1.34-42

Abstract

MTs Raudatul Jannah Wonokusumo Bondowoso adalah salah satu madrasah yang kental akan agamanya. Penelitian ini menggunakan Data Kualitatif. Penelitian ini digunakan berbagai macam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif terdiri dari empat tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Merencanakan dan mengaplikasikan dalam madrasah dengan memberdayakan masjid dalam maksud semua kegiatan dilakukan di masjid, budaya keagamaan yang dibentuk diantaranya adalah budaya salim, MP3 Al-Qur’an, bel pergantian jam pelajaran menggunakan shalawat, membaca Asma’ul Husna dan mengaji Al-Qur’an sebelum memulai pelajaran, jum’at shadaqah, shalat dhuha dan dhuhur berjama’ah, mengaji dengan metode usmani, dan Ta’ziah. Upaya guru PAI dalam memberdayakan masjid dengan cara membiasakan peserta didik praktek langsung dalam kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh madrasah.
Analisis Yuridis Tentang Izin Kawin Terhadap Anak Laki-Laki Di Bawah Umur Anisatul Badriyah
Nusantara Journal of Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2020): Maret
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.815 KB) | DOI: 10.54471/njis.2020.1.1.43-50

Abstract

Perkawinan merupakan bahwa calon mempelai telah baligh untuk dapat melangsungkan perkawinan, untuk mewujudkan tujuan perkawinan secara baik tanpa adanya perceraian dan mendapatkan keturunan yang baik pula. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian hukum normatif, yaitu penelitian terhadap asas-asas hukum, penelitian ini menggunakan metode pendekatan masalah secara konseptual (Conceptual Approach) dan Undang-undang (Statute Approach). Pasal 7 ayat (1) Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 yang menyatakan bahwa “Perkawinan hanya diizinkan jika pihak pria sudah mencapai umur 19 (sembilan belas) tahun dan pihak wanita mencapai umur 16 (enam belas) tahun”, Maksudnya adalah untuk menjaga kesehatan suami-isteri dan keturunan, Sedangkan Pasal 7 ayat (2) Undang-undang Perkawinan menyatakan bahwa, “Dalam hal penyimpangan dalam ayat pasal ini dapat minta dispensasi kepada Pengadilan atau pejabat lain yang diminta oleh kedua orang tua pihak pria atau pihak wanita”. Maksudnya, apabila seorang atau kedua calon pengantin tidak memenuhi ketentuan Pasal 7 ayat (1) untuk melakukan suatu perkawinan, maka walinya harus mengajukan permohonan dispensasi perkawinan ke Pengadilan Agama.
Pengembangan Bahan Ajar Mata Palajaran Pendidikan Agama Islam Berbentuk Modul Dengan Model Borg Dan Gall Terhadap Siswa Kelas Xi Semester Ganjil Di SMA Negeri 2 Situbondo Tahun Pelajaran 2015/2016 Lukman Nul Hakim
Nusantara Journal of Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2020): Maret
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.249 KB) | DOI: 10.54471/njis.2020.1.1.51-65

Abstract

Abstrak Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar mata pelajaran PAI berupa model borg and gall. Dalam bentuk modul baik untuk siswa atau pegangan guru sekaligus untuk mengetahui sejauh mana efektifitas dari modul tersebut. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan langkah-langkah pengembangan model pengembangan dengan desain R & D dari Borg dan Gall memiliki tujuan untuk mengembangkan sekaligus memvalidasi produk. Adapun beberapa tahapan pengembangan model tersebut adalah sebagai berikut : (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji lapangan awal, (5) revisi produk utama, (6) uji lapangan lanjut, (7) revisi produk operasional, (8) uji lapangan operasional, (9) uji lapangan akhir dan (10) diseminasi dan implementasi. Namun dalam penelitian tesis dan desertasi Borg and Gall menyarankan untuk membatasi penelitian dalam skala kecil. Data yang akan diuraikan berikut ini meliputi, (1) data uji coba ahli materi, (2) data uji coba ahli media, (3) data uji coba ahli bahasa, (4) data uji coba perorangan, (5) data uji coba kelompok kecil, (6) data uji coba lapangan yang diperoleh dari satu guru mata pelajaran pendidikan agama islam dan 34 siswa (7) hasil belajar siswa dengan menggunakan produk pengembangan bahan ajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berupa modul dengan model borg and gall, untuk mengetahui tingkat keefektifan terhadap bahan ajar berupa modul yang diterapkan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar berupa modul yang baru. Kata kunci Bahan Ajar, PAI, Modul Model Borg and Gall.
Implikasi Ekstra Kurikuler Terhadap Pendidikan Agama Islam Saeful Kurniawan; Hosaini hosa
Nusantara Journal of Islamic Studies Vol. 1 No. 1 (2020): Maret
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.246 KB) | DOI: 10.54471/njis.2020.1.1.66-73

Abstract

Kegiatan ekstra kurikuler adalah kegiatan yang dilaksanakan diluar jam sekolah yang telah ditentukan berdasarkan kurikulum yang berlaku. Ekstra kurikuler bisa dilakukan dengan metode ceramah, metode tanya-jawab, metode pemberian tugas, dan metode demonstrasi. Ekstra kurikuler tersebut bisa dilakukan dengan metode pendekatan emosional, rasional, dan fungsional. Eksra kurikuler tersebut bisa memberikan implikasi positif jika dilakukan dengan baik terhadap pengetahuan Pendidikan Agama Islam peserta didik yang mempunyai peranan penting dalam menumbuhkembangkan sumber daya manusia (SDM), sehingga peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Page 1 of 1 | Total Record : 8