cover
Contact Name
Andhika Ayu Wulandari
Contact Email
dhikamath.univet@gmail.com
Phone
+6285647387497
Journal Mail Official
absis.univetbantara@gmail.com
Editorial Address
Pendidikan Matematika Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Jl. Letjend S. Humardani No. 1 Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
ABSIS : Mathematics Education Journal
ISSN : 26860104     EISSN : 26860090     DOI : http://dx.doi.org/10.32585/absis.v1i2.433
Core Subject : Education,
ABSIS adalah jurnal pendidikan matematika berskala nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. ABSIS terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Mei dan November. ABSIS mewadahi hasil riset maupun kajian ilmiah di bidang pendidikan matematika dari para peneliti, akademisi, praktisi, pelajar dan pemerhati pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan ke jurnal atau konferensi lainnya. Focus dan scope dari ABSIS (Mathematics Education Journal meliputi Realistic) Mathematics, Ethnomathematics, Lesson Study, Design/Development Research in Mathematics Education.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2019): Mei 2019" : 6 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Sili Wijak Styawan; Dewi Susilowati; Andhika Ayu Wulandari
Absis: Mathematics Education Journal Vol 1, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/absis.v1i1.308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo semester genap dengan jumlah 93 siswa. Dari teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Analisis uji t,dari hasil penelitian diperoleh         = 3,0409 >        = 2,0170 dengan taraf signifikan α = 0,05, maka ada perbedaan rata-rata nilai akhir kelompok eksperimen dengan kontrol. Maka dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019.
HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN INTENSITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARANGANOM Rahayu Fitriyani
Absis: Mathematics Education Journal Vol 1, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/absis.v1i1.309

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi yang signifikan antara (1) minat belajar dengan prestasi belajar matematika, (2) intensitas belajar dengan prestasi belajar matematika dan (3) minat belajar dan intensitas belajar dengan prestasi belajar matematika. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karanganom sejumlah 224 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Adapun uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linieritas dan keberartian regresi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar       = 0,640, dengan persamaan garis regresi sederhana                    (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas belajar dengan prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar       = 0,544, dengan persamaan garis regresi sederhana                   (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan intensitas belajar dengan prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar          = 0,669, dengan persamaan garis regresi ganda                           .
PENGARUH GROUP INVESTIGATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA Indah Eka Afifah; Dewi Susilowati; Annisa Prima Exacta
Absis: Mathematics Education Journal Vol 1, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/absis.v1i1.310

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, pembelajaran dengan model pembelajaran GI atau dengan model pembelajaran konvensional, (2) Manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan kemampuan awal tinggi, sedang atau rendah, dan (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu. Teknik pengambilan sampel penelitian ini  menggunakan Cluster Random Sampling, yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis dengan ANAVA dua jalan sel tak sama, menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran GI dan model pembelajaran langsung pada materi bangun ruang sisi datar (Fa = 11, 7464 > 4,001 = F0,05;1;60). (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa pada siswa dengan kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah pada materi bangun ruang sisi datar (Fb = 39,4458 > 3,150 = F0,05;2;60). (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar (Fab = 0,4116 < 3,150 = F0,05;2;60).
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 1 KARANGANOM Eka Kurniasari
Absis: Mathematics Education Journal Vol 1, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/absis.v1i1.306

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2017/2018. Dari Populasi 272 siswa, diambil sampel sebanyak 34 siswa yang menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Uj prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, linieritas dan keberartian regresi. Setelah data penelitian diolah disimpulkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua siswa dengan hasil belajar matematika siswa dimana diperoleh harga  dan    ; 2)Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa dimana diperoleh harga  dan  ; 3)Terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua siswa dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa dimana harga R=0,540 dan                                         .
UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE MIND MAP PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TRUCUK Linda Kurnia Saputri; Joko Sungkono
Absis: Mathematics Education Journal Vol 1, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/absis.v1i1.311

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan metode pembelajaran mind map pada siswa, (2) meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan metode pembelajaran mind map. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Trucuk Kelas VII B yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data yang dianalisis berupa data hasil observasi keaktifan dan data tes hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan metode pembelajaran mind map pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Keaktifan belajar siswa yang meningkat adalah peningkatan siswa memperhatikan penjelasan dari guru, peningkatan siswa aktif mencatat poin-poin penting penjelasan guru, peningkatan siswa membuat pokok bahasan bangun datar segitiga pada tengah kertas, peningkatan menyusun cabang- cabang pendukung dari pokok bahasan, dapat membuat hubungan antara pokok bahasan dengan cabang pendukung dengan menggunakan simbol, membuat kata kunci pada setiap simbol, dan menggunakan bolpoin warna-warni untuk mensimbolisasi sesuatu, (2) penerapan metode pembelajaran mind map pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata dari tes pada setiap akhir siklus. Pada siklus I dan II selalu mengalami kenaikan dengan skor terendah 62 (siklus I), menjadi 67 (siklus II). Pada siklus I dan II skor tertinggi 100. Rata-rata kelas dari 75,73 (siklus I) menjadi 83,33 (siklus II). Persentase ketuntasan 66,67% (siklus I) menjadi 83,33% (siklus II).
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ADVISOR GROUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 POLANHARJ Septiyana Rosita Dewi; Joko Sungkono
Absis: Mathematics Education Journal Vol 1, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/absis.v1i1.307

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran advisor group, (2) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran advisor group. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Polanharjo tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 24 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Setelah pelaksanaan tindakan kelas peneliti memperoleh data aktivitas belajar melalui observasi dan data hasil belajar melalui teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian melalui penerapan strategi pembelajaran advisor group dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan dilihat dari rata-rata persentase aktivitas pada siklus I sebesar 63,69% meningkat menjadi 75% pada siklus II. Selain aktivitas belajar siswa yang meningkat, melalui penerapan strategi pembelajaran advisor group juga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Diperoleh data hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dilihat dari persentase ketuntasan klasikal pada pra siklus sebesar 33,33% meningkat pada siklus I sebesar 66,67%, meningkat lagi menjadi 83,33% pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah melalui penerapan strategi pembelajaran advisor group dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Polanharjo tahun pelajaran 2017/2018.

Page 1 of 1 | Total Record : 6