cover
Contact Name
Saifullah Hidayat
Contact Email
hidayatsaifullah@walisongo.ac.id
Phone
+6281223591990
Journal Mail Official
bioeduca@walisongo.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Jl. Prof. Dr. Hamka Km. 02 Semarang, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Bioeduca : Journal of Biology Education
ISSN : 27148009     EISSN : 27157490     DOI : 10.21580/bioeduca.xxxx.xxxx
Core Subject : Education,
Bioeduca: Journal of Biology Education is an open access journal published by Department of Biology Education Faculty of Science and Technology, UIN Walisongo Semarang. Bioeduca aims to accommodate all the writings of research, development, and application of biological education. Researchers and educational practitioners are welcome to disseminate their writings through this journal. This journal is published twice a year. Scope of writings published in this journal include: Research, Development, and Application of Biological Learning and Teaching Technology Application on Biological Education Research and Development of Biological Learning Based on Local Wisdom Study and research based on integrated science and islam of biological education Laboratory management in science
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education" : 7 Documents clear
Analisis Kualitas Soal UAS Biologi SMA Kelas X dan XI MIA Amelia Sapitri; Tuti Kurniati; Asri Yuliawati
Bioeduca : Journal of Biology Education Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v4i1.8433

Abstract

Analisis soal memiliki peranan penting dalam mendapatkan kualitas butir soal yang baik untuk dijadikan sebagai alat evaluasi. Namun, fenomena yang terjadi banyak guru yang belum menganalisis kualitas soal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas soal UAS Biologi kelas X dan XI MIA SMA Negeri 1 Terusan Nunyai berdasarkan analisis teoritis dan empiris. Metode yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasilnya kualitas soal kelas X berdasarkan analisis teoritis 32% baik, 20% sangat baik, 12% sedang, 28% kurang baik, dan 8% tidak baik. Sedangkan kelas XI 52% sangat baik, 36% baik, 4% kurang baik, dan 8% tidak baik. Kualitas butir soal kelas X berdasarkan analisis empiris 48% sedang, 20% kurang baik, 16% tidak baik, dan 16% baik. Pada kelas XI 32% baik, 24% kurang baik, 20% sedang,12% sangat baik, dan 12% tidak baik. Level kognitif yang digunakan kelas X C1 dan C2, serta kelas XI C1,C2,C3,dan C4. Mayoritas kualitas soal kelas X secara teoritis merupakan soal yang baik dan secara empiris sedang, serta mayoritas kualitas soal kelas XI secara teoritis sangat baik dan secara empiris baik.
Pengembangan Katalog Keanekaragaman Serangga pada Tanaman Cabai di Desa Sindetlami Sebagai Sumber Belajar Siti Maisyaroh; Rosita Fitrah Dewi
Bioeduca : Journal of Biology Education Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v4i1.10746

Abstract

Desa Sindetlami merupakan salah satu sentra penghasil cabai di Kabupaten Probolinggo. Kegagalan panen cabai beberapa waktu lalu diduga salah satunya karena adanya hama serangga. Keanekaragaman serangga ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar yang dapat memadukan antara pengetahuan faktual dan proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan katalog keanekaragaman serangga pada tanaman cabai di Desa Sindetlami sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model 4D (define, design, develop, dissemination). Hasil validasi media yaitu 89,5%, hasil validasi materi yaitu 89,95% dan hasil validasi oleh guru biologi yaitu 83%. Hasil validasi rata-rata yaitu sebesar 87,4% yang berarti bahwa produk yang dihasilkan bisa digunakan tanpa revisi.
Validitas Flash Card Spermatophyta Sebagai Penunjang Pembelajaran Botani Tumbuhan Tinggi Ita Ita; Agustina Ambar Pertiwi; Nurul Himmah; Gusti Hafifah
Bioeduca : Journal of Biology Education Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v4i1.10716

Abstract

Botani Tumbuhan Tinggi merupakan mata kuliah yang mengkaji tentang tumbuhan berbiji. Banyaknya konsep yang perlu dipelajari menjadikan mata kuliah ini sering dianggap sebagai mata kuliah hafalan. Oleh karena itu diperlukan media penunjang dalam prosesnya pembelajarannya. Flash card adalah salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat dikembangkan dalam rangka menghadirkan berbagai spesies tumbuhan di alam ke dalam sebuah kartu yang memudahkan mahasiswa prinsip pengelompokkan berbagai spesies tanpa harus menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas flash card spermatophyta sebagai penunjang pembelajaran Botani Tumbuhan Tinggi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development, uji validitas flash card menggunakan Evaluasi Formatif Tessmer yang dibatasi pada tahap uji pakar. Hasil uji validasi ahli media diperoleh skor rata-rata sebesar 79,5% dan hasil validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata sebesar 83,6%. Berdasarkan hasil skor rata-rata dapat disimpulkan bahwa flash card yang dikembangkan valid dan dapat digunakan sebagai media untuk menunjang pembelajaran Botani Tumbuhan Tinggi.
Validitas Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII di SMP Lailatul Mufidah; Mohammad Wildan Habibi
Bioeduca : Journal of Biology Education Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v4i1.10851

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam adalah sebuah ilmu yang menghubungkan antara alam bahkan manusia yang sangat luas serta terbentuk secara ilmiah. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi di era globalisasi proses belajar mengajar menjadi modern. Perlunya menggunakan media web yang praktis dan efektif mendukung keberhasian pembelajaran IPA dan menambah pengetahuan teknologi yang ada di sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas dan respon siswa mengenai media pembelajaran berbasis web. penelitian ini menggunakan model tahapan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Akan tetapi peneliti hanya sampai tahapan implementasi karena adanya keterbatasan waktu. Subjek penelitian ini terdiri dari dua dosen, dua guru, 10 siswa  dalam uji skala kecil, serta 30 siswa untuk uji skala besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran web pada materi sistem pernapasan manusia dikategorikan valid dengan persentase ahli materi 95%, ahli media 88%, guru TIK 84% serta  guru IPA 92% sehingga persentase keseluruhan yaitu 90%  layak digunakan sebagai alat bantu siswa mengenai materi sistem pernapasan manusia. Berdasarkan penelitian yang telah diterapkan oleh peneliti bahwa media ini harus lebih dimodifikasi dari segi konten agar kedepannya semakin berkembang serta pendidik harus lebih memahami dan mempelajari teknologi yang lebih lanjut.
Pengaruh Penggunaan Media Pengajaran Visual Pada Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Rahmatul Asri Enrekang. Mursalim Nawawi; Sitti Jumriani
Bioeduca : Journal of Biology Education Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v4i1.10796

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan media pengajaran visual model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Data aktivitas belajar menggunakan tabel pengamatan aktivitas kooperatif awal, menengah, dan tingkat mahir. Sedangkan data hasil belajar berupa pengetahuan, diperoleh dengan tes hasil belajar dalam bentuk  instrumen soal ujian yang hasilnya dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas eksprimen, aktivitas belajar terjadi peningkatan yang cukup baik dan bersemangat belajar  pada tiap pertemuan, sedangkan kelas kontrol aktivitasnya terlihat fluktuatif, kadang  terjadi peningkatan, kadang pula terjadi penurunan aktivitas belajar. Begitupun dari segi hasil belajar, siswa dikelas eksprimen, hasil belajarnya lebih baik  daripada hasil belajar siswa di kelas kontrol. Penggunaan media pengajaran visual pada setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar yang terjadi secara terus menerus akan meningkatkan hasil belajar dengan sendirinya.
Pengaruh Strategi Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Lailatul Husna; Indayana Febriani Tanjung; Eka Khairani Hasibuan
Bioeduca : Journal of Biology Education Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v4i1.9956

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan berbentuk non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pretest-posttest dan lembar observasi. Dalam penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh strategi Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap aktivitas yang dibuktikan dengan rata-rata nilai persentase aktivitas belajar siswa dalam kategori baik. Sedangkan dikelas kontrol rata-rata nilai persentase aktivitas belajar siswa dalam kategori cukup. Adapun hasil belajar yang diperoleh sebesar 55.95 (pretest) dan 90.00 (posttest) untuk kelas eksperimen dan rata-rata hasil belajar dikelas kontrol yaitu 53.33 (pretest) dan 84.76 (posttest). Untuk hasil uji-t diperoleh bahwa thitung 3.20 sedangkan ttabel 2.09. Hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat dibuktikan bahwa strategi Rotating Trio Exchange (RTE) berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.
Pengembangan E-Book Interaktif Tumbuhan Berbiji dengan Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Rizka Okta Oktafiani; Amin Retnoningsih; Thalita Widiatiningrum
Bioeduca : Journal of Biology Education Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v4i1.10858

Abstract

Pengembangan e-book interaktif merupakan solusi karena menjadi sumber belajar buku yang berbasis digital. Pengembangan e-book dirancang menggunakan pendekatan saintifik dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif dengan pendekatan saintifik dan kontekstual serta mengukur tingkat kelayakan dan keterbacaan e-book. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan desain pengembangan model 4-D (Four D models) oleh S. Thiagarajan, Dorothy dan Melvyn I. Semmel. Hasil pengembangan e-book diuji kelayakan dan  keterbacaan. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 84.1 % dengan kriteria layak sedangkan hasil validasi ahli media memperoleh  rata-rata 95,2 %.  Hasil dari kelayakan e-book selanjutnya diujicobakan keterbacaan dan kepraktisan kepada guru dengan hasil 95 % dan 20 siswa dengan skala kecil memperoleh hasil 96% dengan kriteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa e-book memiliki kriteria sangat baik karena memenuhi indikator yang ditentukan sebagai dasar penilaian sebagai sumber belajar untuk SMA/MA yang layak, praktis, dan efektif.

Page 1 of 1 | Total Record : 7