cover
Contact Name
Yanti Shantini
Contact Email
yanti.shantini@upi.edu
Phone
+6285692830937
Journal Mail Official
ijace@upi.edu
Editorial Address
Kantor Departemen Pendidikan Masyarakat Lt. 6 Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) B Universitas Pendidikan Indonesia Jln. Dr. Setiabudhi No.229 Kota Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE)
ISSN : 27764583     EISSN : 26866153     DOI : -
Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE) is an open access and peer-reviewed journal, published by Department Community Education, Faculty of Education Universitas Pendidikan Indonesia. This Journal collaborative with Indonesian Community Education Association (APENMASI) which is publishes research results and articles in the area of: 1. Adult Education 2. Lifelong Education 3. Management of education 4. Learning in community education settings.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2019)" : 8 Documents clear
KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN LEMBAGA KURSUS TERHADAP KOMPETENSI LULUSAN BERDASAR PADA STATUS AKREDITASI LEMBAGA Nurlaeli, Naeli; Kamil, Mustofa; Sardin, Sardin
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada lingkup pendidikan nonformal khususnya pada Lembaga Kursus dan Pelatihan di Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kualitas layanan dan kompetensi lulusan antara lembaga kursus yang terakreditasi dengan yang tidak terakreditasi? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan variable dependen yang dilambangkan dengan Y adalah kompetensi lulusan, dan variable independen yang dilambangkan dengan X adalah kualitas layanan pendidikan lembaga kursus. Data yang digunakan berupa data primer untuk kualitas layanan yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada peserta didik dari 50 LKP di Kota Bandung yang dipilih secara acak. Sedangkan kompetensi lulusan diperoleh dari data sekunder nilai hasil uji kompetensi lulusan lembaga kursus. Data diolah dan diuji menggunakan statistika inferensial menggunakan Uji t untuk mengetahui perbedaan kualitas layanan dan kompetensi lulusan pada lembaga dengan status akreditasi berbeda, dan dilakukan uji anakova untuk mengetahui perbedaan pengaruh kualitas layanan terhadap kompetensi lulusan pada lembaga dengan status akreditasi berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) terdapat perbedaan kualitas layanan dan kompetensi lulusan yang signifikan antara lembaga kursus yang terakreditasi dengan lembaga tidak terakreditasi, (2) kualitas layanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kualitas layanan. , dan (3) terdapat perbedaan pengaruh kualitas layanan terhadap kompetensi lulusan antara lembaga terakreditasi dengan lembaga tidak terakreditasi.
HUBUNGAN ANTARA PROGRAM MAGANG DENGAN MOTIVASI PENGEMBANGAN KARIR PESERTA DIDIK Gatot, Masitowati; Rahayu, Deritia
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara program magang dengan motivasi pengembangan karir peserta didik di PKBM ABHOME Bukit Cimanggu City Bogor Tahun 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif,  dengan alat pengumpul data berupa angket dan observasi, populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Hasil analisis menunjukkan nilai thitung ttabel, artinya ada hubungan antara program magang dengan motivasi pengembangan karir peserta didik di PKBM ABHOME Bukit Cimanggu City Bogor. Nilai r hitung yang diperoleh adalah sebesar 0,639 (rhitung rtabel,), artinya hubungan antara Program Magang dengan Motivasi Pengembangan Karir berada pada level Tinggi/Kuat, yaitu pada level (0,600-0,799). Nilai KD sebesar 40,8% menunjukan bahwa program magang berkontribusi terhadap motivasi pengembangan karir peserta didik di PKBM ABHOME sebesar 40,8%.
PEMBERDAYAAN PEREMPUAN KEPALA KELUARGA (PEKKA) MELALUI PELATIHAN BERWIRAUSAHA Fujiani, Erna Dede; Darusman, Yus; Oktiwanti, Lesi
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemberdayaan perempuan kepala rumah tangga (PEKKA) adalah program dari pemerintah yang dikoordinasikan oleh lembaga pemberdayaan perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses Pemberdayaan perempuan kepala keluarga melalui pelatihan kewirausahaan di Zahra Prima Group , Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Program Pendamping Lapangan PEKKA, Kelurahan Cipedes, Kota Tasikmalaya, manajemen, dan 3 anggota kelompok Zahra Prima dengan kriteria; aktif berpartisipasi dalam kegiatan kelompok, memiliki bisnis individu, dan rajin membayar kontribusi tabungan dan pinjaman dalam kelompok. Teknik pengumpulan data melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk lebih memperkuat hasil penelitian di lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara yang terdiri dari 3 pedoman untuk asisten, administrator, dan anggota PEKKA, serta menggunakan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan kepala rumah tangga perempuan melalui pelatihan kewirausahaan dengan proses (1) tahap kesadaran dimana PEKKA diberikan penjangkauan terlebih dahulu, (2) fase transformasi, yaitu memberikan pelatihan dan mendukung pendidikan ke dalam program kewirausahaan, (3) tahap pengembangan kapasitas menuju kemandirian, pemerintah menyediakan dana untuk bisnis yang diusulkan oleh kelompok PEKKA
PARTISIPASI ORANG DEWASA DALAM SEBUAH PELATIHAN Sintiawati, Nani; Fajarwati, Saktika Rohmah
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menjadi relawan PKH tentu tidak luput dari proses pembelajaran. Belajar yang dimaksud adalah proses di mana ia akan mendapatkan pengetahuan baru untuk kebutuhan karyanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Proses Pembelajaran terhadap Kompetensi Relawan PKH. Rumusan masalah adalah: (1) bagaimana proses pembelajaran andragogi mempengaruhi pelatihan Relawan PPH? Studi teoritis meliputi konsep Andragogi, pelatihan, proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif, dan menggunakan analisis korelasional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerimaan hipotesis bahwa proses pembelajaran secara signifikan mempengaruhi kompetensi Relawan.
LIFELONG LEARNING DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK KEMANDIRIAN BERWIRAUSAHA Hoerniasih, Nia
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Masyarakat (Community education) atau pendidikan luar sekolah  sebagai salah satu jenis pendidikan nonformal keberadaannya timbul dari konsep pendidikan sepanjang hayat (lifelong education) yang pelaksanaannya lebih menekankan pada pemberian keahlian atau keterampilan tertentu dimasyarakat. Untuk mewujudkan hal itu diperlukan pembelajaran secara terus menerus atau pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning) yang mendasari profesi pendidikan masyarakat yang mengarah pada kegiatan membelajarkan masyarakat.  
PEMBINAAN NARAPIDANA MELALUI PENDIDIKAN KETERAMPILAN PEMBUATAN SANDAL UNTUK KEMANDIRIAN Dhiniyati, Neneng Whiny
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan keterampilan pembuatan sandal di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kota Tasikmalaya. (2) Untuk mengetahui bagaimana kemandirian narapidana setelah mengikuti pendidikan keterampilan pembuatan sandal di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kota Tasikmalaya. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, karena peneliti ingin menggambarkan keadaan atau fakta-fakta yang sebenarnya terjadi di lapangan khususnya dalam pembinaan keterampilan yang ada di lapas. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kota Tasikmalaya pada bulan Desember 2018. Teknik pengambilan data ini menggunakan teknik purpose sampling, merupakan salah satu teknik menentukan pengambilan sampel dengan sesuai tujuan peneliti , sehingga dengan adanya teknik ini mampu memberikan jawaban yang di harapkan peneliti. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah hasil analisa dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif penelitian ini menunjukan bahwa pembinaan narapiadana melalui pendidikan keterampilan sandal di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Kota Tasikmalaya telah mendekati kebenaran sesuai dengan teori pemasyarakatan yaitu menggunakan atau ada hubungannya dengan 3 pilar pemasyarakatan serta menemukan bahwa hasil dari pembinaan keterampilan pembuatan sandal ini adalah dimana narapidana bisa mendapatkan ilmu pendidikan keterampilan, menyadarkan narapidana serta menghasilkan sebuah barang yang bisa di jual, masyarakatpun mampu berpartisipasi dengan membelinya, dengan adanya pembinaan ini, maka narapidana lembaga pemasyarakatan Kota Tasikmalaya mampu mandiri.
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI DI TK MEKAR ARUM KOTA BANDUNG Yanuarsari, Revita; Muchtar, Hendi S.; Nurapriani, Reni
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Mekar Arum. Penelitian dilaksanakan di TK Mekar Arum Cileunyi Kabupaten Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, observasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa pola asuh orang tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan anak di TK Mekar Arum, pola asuh yang digunakan dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal/sosial  anak usia dini yang terbaik yaitu dengan menggunakan pola asuh demokratis. Faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal/sosial anak terdiri dari faktor internal yaitu belum tumbuhnya rasa kepercayaan diri dan perkembangan kepribadian anak yang belum optimal sedangkan faktor eksternal yaitu faktor yang datang dari luar diri anakyaitu datang dari lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga.
UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP KESEHATAN LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH Muttaqien, Kingking; Sugiarto, Sugiarto; Sarifudin, Sarip
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kesehatan dan kebersihan lingkungan menjadi salah satu faktor utama demi berlangsungnya hidup sehat, nyaman dan bersih. Kurangnya kepedulian masyarakat terhadap sampah yang menimbulkan permasalahan terhadap lingkungan seperti terganggunya kesehatan masyarakat, bencana banjir pencemaran air, udara dan lain-lain. Program bank sampah ini selain untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan lingkungan tetapi dari segi ekonomi dapat menghasilkan tambahan pendapatan keluarga, dengan kebiasaan menabung sampah masyarakat akan merasakan hasil tabungannya diakhir tahun, selain itu pemanfaatan sampah plastik yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan, baik untuk hiasan  maupun peralatan rumahtangga, dengan program bank sampah ini diharapkan bisa mengubah pola pikir masyarakat terhadap sampah, yang semula menganggap sepele terhadap sampah. Dengan upaya ketua RW dalam meningkatkan kebersihan dan kesehatan lingkungan melalui program bank sampah sekaligus membantu pemerintah dalam pencapaian penghargaan piala Adipura sebagai kota bersih ,sehat dan nyaman. Terciptanya lingkungan sehat , bersih, dan nyaman bukan merupakan tanggungjawab pemerintah semata melainkan tanggungjawab seluruh lapisan masyarakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 8