cover
Contact Name
Yanti Shantini
Contact Email
yanti.shantini@upi.edu
Phone
+6285692830937
Journal Mail Official
ijace@upi.edu
Editorial Address
Kantor Departemen Pendidikan Masyarakat Lt. 6 Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) B Universitas Pendidikan Indonesia Jln. Dr. Setiabudhi No.229 Kota Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE)
ISSN : 27764583     EISSN : 26866153     DOI : -
Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE) is an open access and peer-reviewed journal, published by Department Community Education, Faculty of Education Universitas Pendidikan Indonesia. This Journal collaborative with Indonesian Community Education Association (APENMASI) which is publishes research results and articles in the area of: 1. Adult Education 2. Lifelong Education 3. Management of education 4. Learning in community education settings.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2019)" : 8 Documents clear
MLM (MULTI LEVEL MENGAJI) SEBAGAI METODE LITERACY ALQURAN BAGI ABH (ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM) Hayati, Ridha Husnul
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literacy Alquran di Indonesia, padahal Indonesia merupakan penduduk muslim terbesar di dunia. Hal tersebut berpengaruh pada kecerdasan spiritual seseorang, sehingga bermunculan berbagai permasalahan seperti kriminalitas dan kenakalan remaja. Oleh sebab itu, perlu adanya program literacy Alquran untuk kalangan remaja, khususnya kalangan remaja yang sedang berhadapan dengan hukum (narapidana). Hal ini dikarenakan mereka juga warga yang memiliki hak yang sama dan masih sebagai anak usia sekolah sehingga berhak untuk mendapatkan pelayanan pendidikan yang sama dengan anak-anak seusia mereka, termasuk pendidikan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual seperti literacy Alquran. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R D). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket atau kuisioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Prosesnya dilakukan dengan mengolah hasil pretest dan posttest. Setelah dilakukan analisis data maka akan dapat diketahui bahwa: (1) kemampuan anak didik sebelum diterapkan metode MLM (Multi Level Mengaji) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandung. 2) kemampuan anak didik setelah diterapkan metode MLM (Multi Level Mengaji) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandung, (3) manfaat dari literacy Alqur’an melalui metode MLM (Multi Level Mengaji) bagi anak didik di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandung.
PENGEMBANGAN STANDAR KOMPETENSI ORANG TUA PESERTA DIDIK HOMESCHOOLING Sardin, Sardin; Rosmia, Ade Romi; Mutamam, Mohamad Hadi Ali
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meningkatnya animo anak usia sekolah memilih belajar mandiri melalui homeshooling menuntut kesiapan keluarga (orang tua) untuk menjadi fasilitator belajar yang kompeten. Meskipun selama ini orang tua menjadi pendidik pertama dan utama akan tetapi dalam konteks pencapaian kompetensi sesuai dengan kurikulum nasional, dibutuhkan kompetensi tersendiri sehingga orang tua menjadi fasilitator belajar yang mampu mengantarkan anak mencapai kompensi yang ditetapkan. Atas dasar hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk merumuskan standar kompetensi orang tua untuk peserta didik homeschooling. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan utama kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang didukung dengan analisis verifikatif. Sumber data yang dalam penelitian adalah orang tua sebagai praktisi homeshooling, ahli pendidikan, dan ahli pengukuran. Penelitian diharapkan menghadilkan; profil kompetensi aktual orang tua untuk peserta didik homeschooling; 2) profil kompetensi ideal orang tua untuk peserta didik homeschooling; 3) instrumen pengukuran pencapaian kompetensi ideal orang tua untuk peserta didik homeschooling; dan 4) program belajar orang tua untuk peserta didik homeschooling.
PEMBERDAYAAN ALUMNI DALAM KERANGKA OTONOMI NONAKADEMIK PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI BADAN HUKUM Sahroni, Sahroni
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis mengikuti pertemuan-pertemuan PTN bh sejak tahun 2016 sampai dengan 2019 yang membahas berbagai masalah otonomi akademik dan nonakademik. Tujuannya melihat lebih dalam fenomena sosial tentang bentuk dan tingkat  partisipasi alumni dalam kerangka otonomi nonakademik pada PTN bh. Data keterlibatan alumni dalam pengelolaan di bidang nonakademik yang dikumpulkan dari 11 PTN bh dikaji berdasarkan teori ketergantungan dan konsep pemberdayaan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tingkat otonomi di bidang pengelolaan nonakademik pada PTN bh masih rendah yang kecenderunagnnya disebabkan oleh masih adanya peraturan perundang-undangan yang bersinggungan dan tumpang tindih. Kesimpulannya Pemberdayaan alumni dalam kerangka otonomi PTN bh yang bertujuan untuk keberhasilan pengelolaan di bidang nonakademik dalam mewujudkan Perguruan Tinggi yang bermutu Dilaksanakan dengan cara membuka ruang bagi alumni untuk aktif dalam organisasi dan kepemimpinan,  akatif dalam ketenagaan, aktif memberikan dana/fasilitas secara sukarela, memfasilitasi kegiatan, mengembangkan jejaring, alumni yang merespon survey dan mengunjungi website, dan datang menghadiri kegiatan Perguruan Tinggi
PENERAPAN E-LEARNING KELAS JODOH SEBAGAI ALTERNATIF PENDIDIKAN PRANIKAH Kholid, Setia Furqon Kholid
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi (TI) yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis TI menjadi tak terelakkan lagi. Oleh karena itu muncullah salah satu bentuk teknologi informasi yaitu fasilitas untuk sistem pembelajaran yang disebut dengan istilah e-learning, begitu juga dalam pendidikan pranikah kelasjodoh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah e-learning kelasjodoh berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu belajar member kelasjodoh, bagaimana pemanfaatan aplikasi mobile kelasjodoh dan tujuan digunakannya e-learning dalam sistem pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa e-learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu belajar member kelasjodoh. Pengaruh tersebut berada dalam kategori yang kuat. Semakin intensif e-learning dimanfaatkan, maka mutu belajar member akan semakin meningkat pula. Pemanfaatan mobile aplikasi akan meningkatkan hasil belajar secara tidak langsung. Tujuan digunakannya e-learning dalam sistem pembelajaran adalah untuk memperluas akses pendidikan pranikah ke masyarakat luas, serta dalam rangka meningkatkan kesadaran menikah secara Islami.
DAMPAK PROGRAM KURSUS KETERAMPILAN HOME INSUDTRY DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PERAJIN Hilmi, Muhammad Irfan; Kamil, Mustofa; Ardiwinata, Jajat Sudrajat
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap penyelenggaraan program kursus keterampilan kerajinan patung tanimar di Desa Pamulihan Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang.Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana penyelenggaraan program kursus keterampilan ditinjau dari hasil penyelenggara serta dampak penyelenggaraan program tersebut terhadap kreativitas warga belajar (perajin). Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Subjek penelitian yang dijadikan sumber data berjumlah tiga orang subjek primer yaitu tiga orang warga belajar lulusan program. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Temuan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Hasil pembelajaran yang dicapai, yaitu 10 orang warga belajar mengalami peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan ke arah yang progresif tentang finishing kerajinan patung tanimar. (2) Dampak pembelajaran atau pengaruh adalah manfaat yang  diperoleh lulusan warga belajar berupa peningkatan hasil karya yang dibuat, peningkatan pendapat, tercipta kondisi saling membelajarkan di dalam kelompok, pemasaran barang secara mandiri. Saran, upaya tindak lanjut dari penyelenggaraan program kursus keterampilan berfungsi untuk memfasilitasi, memotivasi perlu dilaksanakan untuk memperoleh akses pelayanan lebih lanjut pasca penyelenggaraan seperti pemberian akses materi tentang kewirausahaan dan marketing serta akses permodalan sebagai pengembangan program dan untuk mencukupi kebutuhan hidup warga belajar. 
MEMBANGUN KARAKTER PEMUDA MELALUI PARTISIPASI DALAM PROGRAM PEMBANGUNAN DESA Ali Mutamam, Mohamad Hadi; Shantini, Yanti
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh terbitnya Permendes Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa. Dimana, pemuda merupakan salah satu prioritas utama pembangunan yang mempunyai hak untuk berpartisipasi aktif di dalam pemanfaatan dana tersebut. Pemanfaatan dana desa digunakan untuk membangun karakter pemuda agar mampu berpartisipasi aktif di dalam pembangunan yang berkelanjutan. Beberapa literatur menjadi bahan kajian dalam penulisan artikel ini. Dari hasil kajian tersebut ditemukan bahwa bentuk partisipasi pemuda dalam pembangunan desa diantaranya partisipasi buah pikiran, tenaga, harta benda, keterampilan dan sosial. kemudian karakter yang dibangun dalam partisipasi tersebut yaitu karakter hubungannya dengan tuhan, diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa.
PENGELOLAAN PAUD TERPADU DALAM KESINAMBUNGAN STIMULASI ANAK USIA DINI Fajarwati, Saktika Rohmah
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan pada masa usia dini sangat penting dalam menstimulasi perkembangan anak. Salah satu solusi agar anak dapat menerima stimulasi yang diberikan dengan optimal yaitu dengan cara mengupayakan proses pemberian stimulasi tersebut secara bertahap dan berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan PAUD Terpadu dalam mendukung kesinambungan stimulasi anak usia dini. Studi teoritis meliputi konsep pengelolaan dan PAUD Terpadu dalam kesinambungan stimulasi anak usia dini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Alat pengumpulan data utama yang digunakan adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan studi dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian adalah pengelolaan  PAUD Terpadu yang berada di PAUD Mumtaz sudah berjalan cukup baik dengan adanya dukungan dari orang tua peserta didik, masyarakat setempat dan dari mitra lain yang mendukung proses adanya proses pemberian stimulasi pada anak usia dini di PAUD Terpadu, meskipun masih terdapat beberapa kekurangan mengenai pemahaman pengelolaan yang dimiliki pengelola masih terbatas serta fasilitas yang masih terbatas tetapi PAUD Terpadu tersebut sudah dapat melayani kebutuhan stimulasi peserta didik yang ada.
AKREDITASI SEBAGAI PENJAMINAN MUTU LEMBAGA Riyantini, Riyantini
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan nonformal memiliki peran yang penting dalam memenuhi masyarakat dalam bidang pendidikan, terutama dalam meningkatkan sumber daya manusia dalam menghadapi persaingan global yang makin nyata dan dirasakan oleh masyarakat. Untuk menghadapi tantangan tersebut tentunya dapat kita pahami bersama, bahwa satuan pendidikan nonformal memiliki peran yang besar dalam melayani masyarakat yang tidak berkesempatan memperoleh layanan pendidikan di jalur formal. Agar layanan pendidikan kepada masyarakat  dapat terjamin maka salah satu upaya pemerintah melaksnakan program meningkatakan mutu pendidikan  nongormal. Diantaranya adalah penjaminan mutu lembaga dalam bentukpemenuhan 8 (delapan ) standar nasional pendidikan yang terdiri dari Standar Kompetemsi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Pengelolaan, Standar Sarana Prasarana,  Standar Pembiayaan dan Standar Penilaian Pendidikan. Jenis penelitian yang dilakaukan adalah Studi komparatif dalam pemenuhan 8 (delapan) standar tersebut,  peneliti lakukan terhadap PKBM Pelita Pratama yang sydah bersatus  Akreditasi “B” dan PKBM Siliwangi 2 yang sedag memenuhi dan melengkapi dokumentasi yang berkaitan dengan akreditasi. Adapun dari perbandingan terhadap 2 (dua) lembaga tersebut, bahwa PKBM Siliwangi 2, masih perlu kerja keras. Baik untuk pimpinan dan pengelola untuk  pencapaian standar minimal PKBM. Adanya perbedaan yang cukup prinsip pada pemenuhan 8 (delapan) SNP di PKBM Pelita Pratama dan PKBM Siliwagi. Sehingga untuk PKBM Siliwangi 2

Page 1 of 1 | Total Record : 8