cover
Contact Name
Yanti Shantini
Contact Email
yanti.shantini@upi.edu
Phone
+6285692830937
Journal Mail Official
ijace@upi.edu
Editorial Address
Kantor Departemen Pendidikan Masyarakat Lt. 6 Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) B Universitas Pendidikan Indonesia Jln. Dr. Setiabudhi No.229 Kota Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE)
ISSN : 27764583     EISSN : 26866153     DOI : -
Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE) is an open access and peer-reviewed journal, published by Department Community Education, Faculty of Education Universitas Pendidikan Indonesia. This Journal collaborative with Indonesian Community Education Association (APENMASI) which is publishes research results and articles in the area of: 1. Adult Education 2. Lifelong Education 3. Management of education 4. Learning in community education settings.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2020)" : 8 Documents clear
ANALISIS PELAKSANAAN PELATIHAN BERBASIS TUJUAN “META SINTESIS PELAKSANAAN PELATIHAN” Fahmi, Rahmat; Kamil, Mustofa; Sardin, Sardin
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mensintesis proses pelaksanaan pelatihan berbasis tujuan yang dibatasi pada proses perumusan tujuan, proses pembelajaran, dan proses evaluasi. Penelitian dilakukan dengan metode meta sintesis pada hasil riset berbagai kasus kegiatan pelatihan yang menggunakan model pelatihan berbasis tujuan di beberapa negara. Hasil sintesis yakni 1) hasil identifikasi kebutuhan dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan. Identifikasi kebutuhan pelatihan dilakukan dengan observasi (mengamati permasalahan pegawai di lapangan) dan analisis terhadap laporan kinerja pegawai. 2) dalam merancang pembelajaran digunakan 2 cara pertama tidak melibatkan peserta akan tetapi dilakukan oleh perangcang pelatihan atau perusahaan. Kurikulum, jadwal, metode pelaksanaan mengikuti rancangan yang disusun oleh perancang pelatihan, yang kedua untuk menentukan materi pembelajaran bisa melibatkan peserta dengan cara melakukan tes evaluasi diri sebagai acuan dalam memberikan materi pelatihan kepada peserta. 3) proses evaluasi dilakukan dengan dua cara yakni tes dan pengamatan. Evaluasi dengan tes dilakukann dengan memberikan kuesioner kepada peserta sebelum pelatihan dan sesudah pelatihan (pre test dan post test). Sedangkan evaluasi dengan pengamatan dilakukan oleh perusahan dengan melihat perubahan pengetahuan/keterampilan dan peningkatan kinerja pegawai dalam melaksanakan pekerjaanya setelah mengikuti pelatihan.
PERAN PENDAMPING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN WIRAUSAHA MELALUI PEMANFAATAN PROGRAM DANA DESA Sugiana, Firman Suryana; Ardiwinata, Jajat S.; Pramudia, Joni Rahmat
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan yang harus dimiliki oleh pendamping desa dalam peranannya untuk melakukan pemberdayaan di masyarakat dengan memanfaatkan bantuan operasional dana desa sebagai penunjang dalam melaksanakan tugas memberdayakan masyarakat desa Cimeuhmal. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran dari pendamping desa dalam meningkatkan kemandirian berwirausaha masyarakat, langkah-langkah pendamping desa dalam meningkatkan kemandirian berwirausaha, dan kemandirian berwirausaha masyarakat sebagai hasil pendampingan melalui program dana desa. Landasan teori dalam penelitian ini yaitu konsep pemberdayaan masyarakat, konsep pendampingan, konsep dana desa, konsep pengelolaan program. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, studi dokumentasi. Subjek penelitian berjumlahh 5 orang yakni satu pendamping local desa, 2 orang warga binaan, 2 orang aparatur pemerintahan desa. Berdasarkan hasil temuan penelitian, berkaitan dengan peran utama dari pendamping desa dalam meningkatkan kemandirian berwirausaha dapat ditentukan bahwa: 1) Peran pendamping desa dalam meningkatkan kemandirian berwirausaha terdapat beberapa indikator dalam peran yakni fasilitator, motivator, supervisor, komunikator dan administrator. 2) Langkah-langkah pendamping desa dalam meningkatkan kemandirian berwirausaha masyarakat dapat di tentukan dalam pelaksanaan pendampingan yaitu antara lain perencanaan pendampingan dengan melakukan tahapan identifikasi kebutuhan, pelaksanaan sebagai penyelenggara program pendampingan, kemudian evaluasi sebagai bentuk mengetahui dan mengukur keberhasilan program. 3) kemandirian berwirausaha masyarakat sebagai hasil pendampingan melalui program dana desa sebagai bentuk pencapaian dari keberhasilan program pendampingan pada masyarakat yang dapat dilihat dari beberapa aspek yakni memiliki rasa tanggung jawab, tidak bergantung pada orang lain, mampu memenuhi kebutuhan pokok, memiliki etos kerja, disiplin, kemudian berani dalam mengambil sebuah resiko dalam menjalankan usaha.
LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Taofik, Ahmad
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari kontribusi lembaga pendidikan Islam yang memberikan andil besar untuk ikut serta dalam memajukan perkembangan dunia pendidikan. Berbagai jenis layanan pendidikan islam yang berkembang saat ini semakin menguatkan bahwa pendidikan dapat berjalan dengan baik manakala terdapat sistem yang holistik integratif di dalam impelementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan macam-macam lembaga pendidikan Islam di Indoensia dan peran pendidikan islam dalam mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia. Untuk menjawab tiga tujuan penelitian itu, peneliti menggunakan pendekatan literatur Riview yakni penelitian yang bersumber dari bahan kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam hal ini, peneliti melakukan eksplorasi terhadap sejumlah data baik itu data primer maupun data sekunder dengan langkah-langkah sebagai berikut: membaca serta menelaah secara mendalam data primer seperti buku, jurnal dan artikel yang terkait dengan pembahasan pendidikan Islam di Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) lembaga pendidikan islam di Indonesia terbagi atas tiga jaluar yaitu pendidikan formal, non formal dan informal, 2) Peran lembaga pendidikan islam di Indonesia saat ini memiliki fungsi yang lebih luas. Masjid dan pesantren menunjukan perkembangan yang cepat sebagai institusi pendidikan islam yang mampu berkolaboratif. 
PENYELENGGARAAN PROGRAM SEKOLAH IBU DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEREMPUAN DI KOTA BOGOR Khaerunisa, Diza S; Hatimah, Ihat; Shantini, Yanti
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyaknya masalah sosial yang sering terjadi seperti tingginya angka perceraian,maraknya tawuran pelajar,narkoba,kenalakan remaja,seks bebas, dan LGBT membuat perempuan khususnya seorang ibu merasa sangat resah tentang masalah tersebut yang bisa saja terjadi karena melemahnya peran dan fungsi keluarga terutama peran seorang ibu yang mempunyai peran yang cukup besar  di dalam keluarga.Oleh karena itu, PKK Kota Bogor membuat salah satu program sebagai pemberdayaan perempuan yaitu Program Sekolah ibu. Dalam membuat program ini,dibutuhkan partisipasi perempuan karena program ini ditujukan untuk perempuan sehingga harus sesuai dengan kebutuhan perempuan.Maka dari itu tujuan dari penelitian ini mengetahui bagaimana partisipasi perempuan dalam program sekolah ibu. Slamet mengatakan bahwa partisipasi berarti peran seseorang atau kelompok masyarakat secara aktif dari proses perumusan kebutuhan, perencanaan, sampai pada tahap pelaksanaan kegiatan baik melalui pikiran atau langsung dalam bentuk fisik (Slamet, 1994:7). Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan metode deksriptif, bertempat di Kota Bogor,dengan subjek penelitian adalah PKK, DPMPPA Kota Bogor, petugas harian sekolah ibu dan peserta didik. Alat pengumpul data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya bahwa dalam program sekolah ibu ini, partisipasi perempuan terlibat dalam segala aspek kegiatan program sekolah ibu. Jika dilihat dari bentuk partisipasi, partisipasi tersebut berupa tenaga,keterampilan,buah pikiran,sosial,dan pengambilan keputusan dengan begitu partisipasi perempuan pada sekolah ibu dalam bentuk nyata (wujud) dan dalam bentuk yang tidak nyata (abstrak). Dalam ukuran partisipasi pun sudah dilakukan semua, mulai dari sebagai pelaku,pengendali,pengambil keputusan, penasehat hingga menjadi penerima manfaat.  
IMPLEMENTASI METODE PENYADARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI PROGRAM TAMAN BACAAN MASYARAKAT Handian, Evan
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Minat baca masyarakat dipengaruhi oleh faktor internal dan ekstrenal, Faktor internal bersumber dari individu itu sendiri diantara kecenderungan malas dalam membaca, kesibukan dalam beraktivitas, yang selanjutnya dalah faktor eksternal yaitu tidak adanya sarana dan prasarana untuk menunjang layanan yang baik, adanya pengaruh luar lingkungan dan adanya masyarakat yang bergantung dengan alat media sebagai kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian, 1) Memperoleh gambaran berkaitan dengan profil lembaga, 2) Memperoleh gambaran implementasi penerapan penyadaran dalam meningkatkan minat baca masyarakat, 3) Memperoleh hasil dari dampak program yang diikuti oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, studi literatur, studi dokumentasi. Hasil penelitian 1) Profil dari pengelola lembaga TBM adalah berjumlah 19 diantara adalah ketua,sekertaris, bendahara dan relawan yang membantu program, 2) Implementasimetode penyadaran dalam meningkatkan minat baca dilakukan melalui sosialisasi kemampuan baca tulis dan sosialisasi pasca kemampuan baca tulis 3) hasil yang didapatkan masyarakat setelah mengikuti program adalah naiknya pengetahuan dan informasi masyarakat dari sebelumnya dengan kenaikan persentase yang dilihat dari ranah kognitif yang mencapai 2%, afektif yang mencapai 1,57 % dan psikomotor yang mencapai 0,88%. 
ANALISIS LITERASI DIGITAL TERHADAP PEMBELAJARAN MANDIRI DI MASA PANDEMI COVID-19 Banyu Biru, Rembulan Catra; Saepudin, Asep; Sardin, Sardin
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dunia sedang mengalami krisis kesehatan karena adanya pandemi COVID-19. Akibat pandemi COVID-19, pemerintah membuat aturan bahwa pelajar harus mentransfer dari pengajaran tatap muka ke lingkungan belajar online. Pembelajaran online harus didukung dengan teknologi yang memadai. Diperlukan keterampilan dan kemampuan yang terkait dengan penggunaan alat-alat teknologi, serta pengetahuan mengenai norma-norma dan praktik-praktik penggunaan yang tepat, yang dikenal dengan literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui keterampilan literasi digital mahasiswa dalam melakukan pembelajaran mandiri di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan yaitu dengan menyebarkan survei dengan berbagai  latar belakang. Hasil temuan yang didapatkan bahwa keterampilan literasi digital mahasiswa dapat dikategorikan baik. Kesimpulannya bahwa untuk melakukan pembelajaran secara mandiri yang optimal dibutuhkan keterampilan menggunakan teknologi yang baik atau dikenal dengan istilah literasi digital.
EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN PERKAWINAN PRANIKAH CALON PENGANTIN DALAM MENINGKATKAN KESIAPAN MENIKAH Azhari, Novi Hadianti; Sardin, Sardin; Hasanah, Viena R.
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tingkat perceraian, kekerasan dalam rumah tangga, dan perselisihan merupakan masalah yang selama ini menjadi perhatian Kementerian Agama. Salah satu upaya pencegahan yang sudah dilakukan oleh Kementerian Agama adalah melakukan bimbingan perkawinan pranikah, yang diselenggarakan di kantor-kantor kementerian agama kabupaten/kota ataupun di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan bimbingan perkawinan pranikah calon pengantin di Kementerian Agama Bandung dalam meningkatkan kesiapan menikah. Efektivitas pelaksanaan bimbingan perkawinan pranikah dilihat dari: 1) ketepatan perumusan tujuan bimbingan, 2) kualitas proses bimbingan, 3) kesiapan menikah setelah mengikuti bimbingan. Subjek pada penelitian, dari 60 calon pengantin diambil sampel penelitian sebanyak 40 calon pengantin yang telah mengikuti bimbingan perkawinan pranikah  Angkatan I Tahun 2020 di Kemenag Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan angket/kuesioner. Hasil penelitian ini menemukan: 1) bimbingan calon pengantin memiliki tingkat ketepatan tujuan sebesar 19,23%. Hal ini memberikan arti bahwa tujuan bimbingan pranikah memiliki tingkat kesesuaian yang kurang memiliki relevansi yang baik dibandingkan dengan kebutuhan informasi aktual calon pengantin; 2) proses bimbingan pranikah memiliki nilai tingkat kualitas sebesar 70%. Hal ini menandakan bahwa kualitas proses bimbingan memiliki arah yang baik dalam mencapai tujuan bimbingan pranikah; 3) calon pengantin yang mengikuti bimbingan pranikah memiliki kesiapan sebesar 68%, yang berarti bahwa lebih dari setengahnya calon pengantin telah memiliki informasi yang baik dari hasil pelatihan sehingga memiliki tingkat kesiapan untuk menikah setelah mengikuti bimbingan perkawinan pranikah; 4) ketepatan perumusan tujuan bimbingan dan kualitas proses bimbingan memiliki hubungan yang positif dengan kesiapan calon pengantin meskipun hubungan tersebut tidak terjadi secara signifikan. 
PARTISIPASI ORANG TUA DALAM LAYANAN PENDIDIKAN JARAK JAUH DI MASA COVID-19 Bastian, Rina; Ardiwinata, Jajat S.; Kamarubiani, Nike
Indonesian Journal of Adult and Community Education Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : UPI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya partisipasi orang tua di lembaga pendidikan anak usia dini tepatnya di kober imanda kelurahan dungus cariang, kecamatan andir, kota bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi orang tua pada masa pelaksanaan pendidikan jarak jauh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif .Populasi dalam penelitian ini yaitu orang tua dari peserta didik dikober imanda I dan II yang berjumlah 104 orang. Sampel penelitian ini adalah 35 orang tua, yang diambil dengan mengunakan teknik kluster sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket berupa google form secara online.. Hasil dari pengolahan dan analisis data menunjukkan bahwa tingginya partisipasi yang di lakukan oleh orang tua pada masa layanan pendidikan jarak jauh selama Corona Virus Disease (Covid-19) tepatnya di kober imanda kelurahan dungus cariang, kecamatan andir, kota bandung. 

Page 1 of 1 | Total Record : 8