cover
Contact Name
Muhammad Kris Yuan Hidayatulloh
Contact Email
krisyuan@unwaha.ac.id
Phone
+6285851233341
Journal Mail Official
lppm@unwaha.ac.id
Editorial Address
Jl. Garuda No. 9 Tambakberas Jombang, Jawa Timur
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : =     EISSN : 27746755     DOI : -
JUMAT EKONOMI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT adalah Jurnal ilmiah yang mewadahi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang ekonomi yang diterbitkan oleh Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA). Jurnal ini akan mempublikasikan kegiatan pengabdian pada masyarakat terbaru dan orisinil dari hasil-hasil penghiliran penelitian pada bidang Ekonomi dan Manajemen
Articles 50 Documents
Pelatihan Pembuatan Produk Olahan dari Kekayaan Alam Desa Gondangmanis Primaadi Airlangga; Mar’atus Sholihah; Vivi Haryani
Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desa gondangmanis yang asri banyak ditumbuhi pohon yang rindang. Tidak kalah dengan melimpahnya pohon jambu gondangmanis ternyata banyak sekali kekayaan alam yang dihasilkan. Jambu gondangmanis memiliki rasa yang lebih manis dari jambu biasanya karena di desa gondangmanis sendiri memiliki unsur hara yang lebih tinggi yang menjadikan buahnya lebih manis. Seiring dengan berjalannya waktu ada banyak kendala yang dihadapi dalam produk olahan tersebut diantaranya: mulai dari masa panen pohon jambu gondangmanis yang hanya dapat dipetik 3 kali dalam setahun, hasil olahan jambu yang memiliki masa simpan yang singkat (mudah basi) dan pembuatan olahan yang memakan waktu yang cukup lama. Untuk sektor buah-buahan merupakan hasil kekayaan alam yang banyak dihasilkan di desa gondangmanis. Buah-buahan yang dihasilkan antara lain yaitu: melon, pisang, pohon mengkudu, pisang, dll. Dengan banyaknya hasil kekayaan alam yang berasal dari desa gondangamanis sehingga menginspirasi kami untuk membuat olahan produk hasil kekayaan alam dan membuat pelatihan guna untuk menghasilkan produk dalam mendukung dalam pengembangan desa argowisata di desa Gondangmanis sehingga memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan serta kertampilan dan kekreatifan warga Desa Gondangmanis terkait pelaksanaan pelatihan pengolahan kekayaan alam desa Gondangmanis, menumbuhkan semangat baru buat warga desa Gondangmanis untuk meningkatkan variasi olahan dari kekayaan alam desa Gondangmanis, membantu masyarakat desa mengembangkan agrowisata serta meningkatkan ekonomi desa Gondangmanis.
Pengembangan Keterampilan dan Kreatifitas Limbah Plastik menjadi Kerajinan Bernilai Guna dan Ekonomis Mazidatul Faizah; Fadhilatus Syarifah; Maghfiroh Maghfiroh
Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan sampah yang terus menumpuk di Desa Karangdagangan perlunya pemanfaatan limbah plastik yang bisa didaur ulang menjadi kerajinan yang memiliki nilai guna dan nilai jual untuk mengurangi penumpukan sampah melalui suatu kegiatan. Metode yang digunakan yaitu metode pendekatan meliputi metode ceramah dan diskusi. Pelaksanaan program dilakukan bulan Oktober 2020 selama 3 Minggu. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di Balai Desa Karangdagangan Kecamatan Bandar Kedungmulyo Kabupaten Jombang. Kegiatan sosialisasi pengembangan keterampilan dan kreatifitas limbah plastik menjadi kerajinan yaitu ibu-ibu PKK di wilayah Desa Karangdagangan dan dilaksanakan di Balai Desa Karangdagangan yang juga melibatkan ibu Kepala Desa beserta Ketua Posbindu beserta anggota PKK wilayah desa Karangdagangan. Kemudian, dilakukan evaluasi dan penyusunan rancangan jangka panjang. Hasilnya koordinasi awal berjalan baik, penyusunan materi dan pelaksanaan program berjalan dengan lancar. Luaran yang didapatkan berupa produk dan video yang diunggah di media sosial.
Mudahnya Berwirausaha di Era Milenial dan Pengenalan Marketplace Mazidatul Faizah; Tri Lestari; Gian Diva Bayu K
Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masyarakat didesa Karangdaganganan bermatapencaharian sebagai petani buah, sayur dan kacang-kacangan, buruh tani dan sebagian adalah pedagang. Hasih pertanian didesa Karangdagangan yang menonjol adalah buah-buahan dan sayur mayur. Dalam kesehariannya orang-orang di desa Karangdagangan melakukan aktivitas bertani di sawah. Karena kurangnya pengetahuan bidang pemasaran para petani kurang memiliki keterampilan untuk meningkatkan daya jual, mereka masih mengunakan cara lama dalam memasarkan hasil panennya yaitu masih bergantung pada tengkulak yang datang untuk membeli hasil panennya. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini meliputi metode ceramah,diskusi, dan workshop (pelatihan). Metode ceramah dan diskusi dilaksanakan pada kegiatan sosialisasi berwirausaha diera milenial dan pengenalan marketplace.. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah menggunakan metode workshop melalui bentuk sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan secara intensif sampai dapat merancang dan memasarkan produk hasil pertanian menggunakan media marketplace. Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh pihak mitra. Hasil dari kegiatan ini dapat memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan serta keterampilan ibu-ibu PKK desa Karangdagangan mengenai memasarkan produk hasil pertanian melalui media marketplace, menumbuhkan gairah baru ibu-ibu PKK desa Karangdagangan dalam memasarkan produk hasil pertaniannya dengan cara lain yaitu melalui media marketplace, dan membantu ibu-ibu PKK desa Karangdagangan agar dapat merancang strategi dalam memasarkan produk hasil pertaniannya dengan mudah.
Pemanfaatan Jagung sebagai Potensi Ekonomi Lokal untuk Menguatkan Kemandirian Ekonomi Keluarga di Brodot Waslah Waslah; Lina Ainul Janah; Ninik Ismawati
Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan ekonomi lokal merupakan suatu proses yang mana peran dari pemerintah lokal dan organisasi masyarakat ikut terlibat guna merangsang, mendorong, dan memelihara aktivitas usaha untuk menciptakan sebuah lapangan pekerjaan. Pengembangan ekonomi lokal juga merupakan sebuah proses yang mengaitkan dengan perkembangan industri baru, pembentukan kelembagaan baru, serta pengembangan kapasitas pekerja menghasilkan produk yang lebih bermutu identifikasi pasar baru serta pendirian usaha-usaha baru. Sedangkan menurut Wold Bank pada tahun 2001 merupakan suatu proses yang para pelaku pembangunan, bekerja secara kolektif dengan mitra dari sektor publik, swasta dan non pemerintah, guna membuat kondisi lebih baik bagi pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja.
Marketing Digital bagi Pelaku UMKM Desa Gondangmanis Zulfikar Zulfikar; Akhmad Mahmudi; Moch. Adib Fannani
Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat pada skema PPM ini diharapkan dapat memberikan hasil yang terbaik untuk masyarakat sasaran yang dikenai program. Permasalahan pertama adalah kendala para pelaku UMKM Desa Gondangmanis untuk memasarkan produknya terutama pada pemasaran online. Solusi yang diberikan adalah melalui sosialisasi dan pelatihan Marketing. Hasil penilaian pelatihan digital marketing menunjukkan bahwa kemampuan peserta UMKM dalam memahami penyampaian informasi tentang Marketing Digital 100% paham, sedangkan kemampuan bermedia sosial 80% dan kemampuan memanfaatkan media sosial sebagai marketing digital hanya 40% dan dari quisioner tersebut para pelaku UMKM memberikan jawaban mengenai barang atau produk yang cocok untuk dijual yaitu kuliner 60%, fashion 20%, kosmetik 12% dan pertanian 8%.
Inovasi dan Strategi Pemasaran Produk Industri Kecil di Era New Normal Mustamim Mustamim; Laila Fatikhatul Ula; Luky Widyastutik
Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada pemasaran produk industri kecil di era new normal ini kami mengajak masyarakat untuk menginovasi dalam pemanfaatan sayuran yang masih bisa diolah kembali menjadi produk yang layak jual, serta melakukan strategi pemasaran dan inovasi pengemasan produk dalam penjualannya, memberikan informasi mengenai proses pembuatan izin usaha resmi dari pemerintah. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di Dusun Sidodadi Desa Brangkal. Melakukan kerjasama dengan 20 pedagang didaerah tersebut untuk melakukan sosialisasi. Kegiatan dilakukan bulan Oktober dengan 2 kali pertemuan mengenai pelatihan dan diskusi. Menggunakan metode pendekatan, diskusi, pelatihan, sosialisasi dan sarasehan. Hasilnya masyarakat mampu membuat sebuah produk inovasi dan mampu menambah wawasan mengenai inovasi pengemasan produk. Serta masyarakat mampu mengetahui proses perizinan usaha secara resmi.
Pendampingan Kewirausahaan Home Industry Ibu-Ibu PKK Desa Mojokambang Kabupaten Jombang Iin Baroroh Maarif; Yuyun Bahtiar; Elsa Dwi Aprilia
Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Palaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan oleh timpelaksana di desa Mojokambang kecamatan Bandarkedungmulyo kabupaten Jombang. kegiatan pengabdian ini berupa seminar kewirausahaan untuk membantu para pelaku wirausaha (home industry) agar lebih bersemangat dalam menjalankan usaha rumahannya. Tujuan dari kegiatan ini membantu para wirausaha home industry mulai dari bagaimana cara pembuatan produk yang higienis, cara membuat label agar menarik minat pembeli serta cara pengemasan (packaging) produk tersebut.Metode yang digunakan dalam adalah workshop serta pelatihan dan pendampingan.Hasil dari kegiatan pengabdian ini sangat membantu para wirausaha di desa Mojokambang ini.
Membangun Jiwa Entrepreneur Pada Santri Melalui Kelas Kewirausahaan Kholis Firmansyah; Khotim Fadhli; Aulia Rosyidah
Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sesuai tuntutan zaman, pesantren harus mampu mencetak lulusan dengan berbagai keterampilan karena tidak semua output atau alumni menjadi seorang ulama atau kyai. Salah satu pendidikan yang menjadi bekal bagi santri Pondok Pesantren Al- Lathifiyyah 2 adalah berwirausaha. Pengalaman berwirausaha yang diperoleh ketika di pesantren akan menjadi salah satu jembatan bagi lulusan untuk mendapatkan prospek pekerjaan yang nantinya dapat menghasilkan pundi pundi uang. Dalam era serba tekhnologi ini, ekonomi kreatif sangat diperlukan dalam meningkatkan jiwa entrepreneurship untuk mengembangkan ide maupun gagasan yang nantinya akan menciptakan suatu inovasi. Jiwa entrepreneurship santri pondok pesantren Al- Lathifiyyah 2akan berkembang disertai pemikiran yang kritis, tanggap keadaan dan kreatif jika ada pendampingan dari orang-orang yang lebih berkompeten. Permasalahan terkait limbah-limbah dari setiap bidang usaha yang ada akan menjadi nilai tambahan setelah dilakukan pengolahan dengan tepat. Setelah dilaksanakan pendampingan usaha ekonomi kreatif, santri-santri pengelola setiap bidang usaha mampu mengolah limbah-limbah setiap sektor usaha dan menambah pendapatan.
Potensi Herbarium untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Peluang Bisnis Melalui Digital Marketing Mohammad Saat Ibnu Waqfin`; Mochamad Rizal Fanani; Layyinatul Luyunah
Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fakta-fakta tentang dunia cyber yang terus bergerak di bawah bilangan sepersekian detik memang mencengangkan. Sebuah kajian dari (Index, 2017) menyebutkan bahwa ada 132 juta pengguna internet di Indonesia, sementara hampir setengahnya adalah penggila media sosial, atau berkisar di angka 40%. (Index, 2017) juga mengungkap bahwa tercatat ada lebih dari 106 juta orang Indonesia menggunakan media sosial tiap bulannya. Di mana 85% di antaranya mengakses sosial media melalui perangkat seluler. "Pengguna internet di Indonesia didominasi oleh generasi millennial dan generasi Z; generasi yang lahir di era digital, dimana smartphone dan belanja online sudah menjadi bagian dari keseharian mereka. Brand yang ingin terlibat dengan konsumen yang serba terhubung ini perlu memahami hal apa yang mendorong mereka, dan bagaimana menciptakan pengalaman menarik bagi brand, yang bisa dirasakan baik secara online dan offline," ujar Gabrielle Angriani, Communications Manager Tetra Pak Indonesia. "Sosial media memiliki pengaruh besar dalam pertumbuhan bisnis, khususnya bisnis berbasis online di Indonesia. Konten buatan pengguna (user generated content) menjadi semakin penting pada era digital sekarang, yang menyumbang 65% waktu penggunaan media untuk rata-rata konsumen secara global. Selain itu, ulasan konsumen independen menjadi hal kedua terpenting yang dapat mempengaruhi proses pemasaran suatu produk.. Mitra kegiatan pengabdian pada masyarakat pada skema KKN-PPM adalah Karang Taruna dusun Kedung Gabus desa Bandarkedungmulyo. Perkembangan yang cukup pesat akhir-akhir ini serta lokasi yang cukup dekat dengan perbatasan antara kota Kediri, Jombang, Nganjuk. Pemahaman tentang Digital Marketing di desa Bandarkedungmulyo dirasa sangat kurang. Berdasarkan hasil pengamatan di desa Bandarkedungmulyo Jombang menunjukkan bahwa banyak pemuda pemudi yang masih belum paham tentang pemanfaatan media sosial yang benar. Beberapa hal yang dijumpai di desa bandarkedungmulyo jombang.
Pengenalan Media Sosial dan E-Commerce sebagai Media Pemasaran serta Pengemasan Frozen Food Kholis Firmansyah; Khotim Fadhli; Ichwanda Ahmad Noviandy; Silviana Rini
Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Desember
Publisher : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada zaman modern saat ini, peran teknologi informasi memiliki peran yang penting. Teknologi informasi sendiri mempunyai banyak manfaat jika kita bisa menggunakannya dengan baik. Pada bidang pemasaran kita bisa memanfaatkan teknologi informasi berupa media social dan e-commerce untuk membantu memasarkan produk. Dengan memanfaatkan media social dan e-commerce untuk pemasaran maka produk yang kita pasarkan bisa lebih diketahui atau dikenal oleh banyak orang. Hal ini akan sangat menguntungkan pada hasil penjualan yang akan dicapai. Maka dari itu, dalam pengabdian masyarakat di desa Barongsawahan ini mahasiswa mengadakan program mengenai pengenalan media social dan e-commerce serta pengemasan frozen food untuk memasarkan produk dagangan. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini yaitu untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pemasaran yang bisa dilakukan melalui media social dan e-commerce serta pengemasan makanan dengan metode frozen food. Metode yang dilakukan yaitu dengan diskusi secara langsung dengan pedagang. Hasil yang bisa dicapai dari kegiatan ini yaitu pedagang menjadi lebih paham mengenai pemasaran produk yang bisa dilakukan melalui media social dan e-commerce serta lebih mengenal pengemasan produk dengan metode frozen food.