cover
Contact Name
Sutamaji
Contact Email
sutamaji@iaipd-nganjuk.ac.id
Phone
+6285731584781
Journal Mail Official
j-kis@iaipd-nganjuk.ac.id
Editorial Address
Jalan Wilis, Kramat, Nganjuk, Jawa timur
Location
Kab. nganjuk,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Komunikasi Islam (J-KIs)
ISSN : 27234703     EISSN : 27971619     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Komunikasi Islam (J-KIs) merupakan jurnal unggulan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAI Pangeran diponegoro Nganjuk. J-KIs berisi artikel hasil penelitian empiris & analisis-reflektif bagi para praktisi dan akademisi baik di bidang komunikasi penyiaran Islam dalam perspektif yang luas; Retorika & Homiletika Islam, Jurnalistik Islam, Media Dakwah, Film Religi, dan Komunikasi Dakwah. Jurnal Komunikasi Islam (J-KIs) terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember serta diharapkan mampu berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ini di dedikasikan kepada akademisi, peneliti, pemerhati lintas ilmu.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): J-Kis: Jurnal Komunikasi Islam Juni 2023" : 9 Documents clear
Komunikasi Simbolik: Implikasi Penggunaan Chatbot Sebagai Upaya Peningkatan Efektivitas Pelayanan Customer Service Mubarok Ahmadi
Bahasa Indonesia Vol 4 No 1 (2023): J-Kis: Jurnal Komunikasi Islam Juni 2023
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53429/j-kis.v4i1.594

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan implikasi chatbot untuk meningkatkan efektivitas pelayanan customer service, bagi persuhaan customer sevice merupakan ujung tombak sebab berkomunikasi langsung dengan konsumen. Seringnya pertanyaan yang diajukan oleh konsumen sehingga pertanyaan tersebut bisa ditandai kedalam simbol. Komunikasi simbolik yang terdapat pada chatbot mampu meningkatkatkan efektivitas customer service. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan mengambil sumber data dari perusahaan yang telah menerapkan chatbot sebagai media komunikasi antara customer service dengan konsumen. Hasil yang diperoleh dari Implikasi penggunaan chatbot pada penelitian ini diantaranya adalah meningkatkan efisiensi, menyediakan dukungan pelanggan yang konsisten, meningkatkan kepuasan konsumen dan mengurangi biaya bagi perusahaan
Analisis Semiotik Dalam Film Layangan Putus Kartini; Fifi Hasmawati; Muhammad Randicha Hamandia
Bahasa Indonesia Vol 4 No 1 (2023): J-Kis: Jurnal Komunikasi Islam Juni 2023
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53429/j-kis.v4i1.632

Abstract

Film Layangan Putus adalah film seri web indonesia produksi MD Entertainment yang di sutradarai oleh Benni Setiawan di Tayangkan Perdana pada tanggal 26 November 2021 Di We-tv dan Inflix. Tujuan peneliti untuk mengetahui dan memahami apa saja makna yang terkandung dalam film Layangan Putus,Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan cara menganalisis, menggambarkan dan mencatat makna yang terdapat dalam film dengan menggunakan Teori analisis semiotik Roland Barthes yaitu menganalisis Makna Denotasi,Konotasi dan Mitos, Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan Data yaitu dengan Dokumentasi dan menonton film Layangan putus. Hasil Penelitian menunjukan Bahwa makna semiotik dari Roland Barthes memiliki makna yang sangat jelas pada setiap Gambar yaitu makna denotasi,konotasi dan mitos, Makna denotasi di dalam analisis mencakup tentang suatu Konflik dalam rumah tangga dan Makna Konotasi Mengandung unsur perasaan dan pendapat sendiri tentang tanda yang mempengaruhi perasaan dan emosi. Setiap hubungan antar individu sering dipandang sebagai pertengkaran yang tidak bersahabat dan tidak berhasil, Sehingga diperlukan komunikasi yang baik antara keluarga. Makna mitos pada gambar menjelaskan bahwa analisis selalu terikat dengan budaya dan tradisi dalam masyarakat yang ada di adat jawa yaitu tradisi mitoni.
Youtube Sebagai Strategi Dakwah Milenial Hikmah Fitriyani; Nur Sholekhati; Nailatun Nafisah; Nur Hanifah; Vyki Mazaya
Bahasa Indonesia Vol 4 No 1 (2023): J-Kis: Jurnal Komunikasi Islam Juni 2023
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53429/j-kis.v4i1.651

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin pesat berdampak pada munculnya beragam inovasi media teknologi komunikasi dan informasi yang mempermudah kehidupan manusia dalam berbagai aspek kehidupan tak terkecuali bidang dakwah. Saat ini dakwah dengan media digital sedang menjadi tren di kalangan pendakwah yang banyak disukai oleh kaum milenial. Media digital yang digunakan diantaranya adalah media sosial seperti Youtube. Salah satu pendakwah yang giat berdakwah dengan media youtube adalah Habib Husein Jafar Al-Hadar melalui channel Youtube Jeda Nulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dakwah melalui Youtube bagi kaum milenial pada channel Youtube Jeda Nulis milik Habib Husein Jafar. Tulisan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis data yang diperoleh melalui observasi channel Youtube Jeda Nulis. Hasil penelitian menyimpulkan: Youtube merupakan hasil dari perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin pesat serta banyak diminati kaum milenial. Habib Jafar juga salah satu pendakwah yang memanfaatkan Youtube sebagai media dakwahnya. Strategi yang dilakukan Habib Jafar dalam berdakwah menggunakan Youtube diantaranya dengan membuat konten yang sesuai dengan generasi milenial, menggunakan slang bahasa gaul, kualitas video yang menarik dan berpenampilan layaknya anak muda. Selain itu Habib Jafar juga mengoptimalkan algoritma Youtube agar konten yang dibuat dapat direkomendasikan.
Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Yudhistira Ghalia Indonesia Cabang Palembang Dalam Meningkatkan Penjualan Buku Pelajaran Adam Abdurrahman; Muhammad Randicha Hamandia
Bahasa Indonesia Vol 4 No 1 (2023): J-Kis: Jurnal Komunikasi Islam Juni 2023
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53429/j-kis.v4i1.669

Abstract

Strategi Pemasaran 4P seperti Kristal murni yang menjadi inti dari pengembangan model pemasaran dan merupakan fondasi pemasaran bentuk apapun, dan menjadi faktor penting dalam pemasaran produk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data,wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini akan berfokus pada bagaimana strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan perkembangan usaha yang meliputi jumlah konsumen dan pendapatan dalam PT. Ghalia Yudistira Cabang Palembang. Penulis menganalisis data dengan cara mengimplementasikan semua data berupa gambaran dan penjelasan keseluruhan objek yang diteliti mengenai segala aspek yang ada dalam PT.Ghalia Yudistira Cabang Palembang dengan cara menguraikan pokok bahasan yang diteliti yaitu strategi bauran pemasaran. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa PT.Ghalia Yudistira Cabang Palembang membaurkan elemen-elemen dalam pemasaran yang ditekankan pada 4P sebagai strategi dalam menghadapi persaingan. Product (Produk) di PT. Ghalia Yudistira Cabang Palembang berupa buku plajaran dari tingkat SD hingga SMA. Price (harga) yang ditawarkan terjangkau bagi konsumen. Place (tempat) memiliki lokasi yang sangat strataegis yaitu ditengah kota. Promotion (promosi) yang dilakukan cukup tepat dengan brosur, promosi langsung dan melalui media sosial. Strategi tersebut telah berhasil meningkatkan jumlah konsumen.
Pemanfaatan Seni Hadrah Sebagai Media Komunikasi Dakwah Islam Nur Salamah; Hamidah; Manalullaili
Bahasa Indonesia Vol 4 No 1 (2023): J-Kis: Jurnal Komunikasi Islam Juni 2023
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53429/j-kis.v4i1.670

Abstract

Hadrah merupakan sebaris penabuh, para pemokol, yang terdiri dari 4-5 penerbang bahkan lebih yang terdiri dari beberapa alat hadroh yang ditabuh sehingga dapat menghasilkan bunyi yang dapat mengiringi syair yang di nyanyikan. Dari sisi audien, sebagai contoh, seorang muslim dapat mengambil banyak dengan maraknya program agama Islam di radio dengan mendengarkan seni musk hadrah di radio dengan menghayati syair yang terkandung didalamnya serta dapat menikmati musik dari alat pembantu nya. Penelitian ini akan mengkaji 2 rumusan masalah, pertama, Bagaimana pelaksanaan seni hadrah di pondok pesantren Al Amalul Khair kota Palembang dan bagaimana tanggapan masyarakat di sekitar terhadap seni hadrah sebagai media komunikasi dakwah islam ?. kedua, apa saja faktor hambatan yang di alami santri dalam menjalankan tugasnya ?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sehingga dapat diambil kesimpulan Pelaksanaan seni hadrah di pondok pesantren Al Amalul Khair kota Palembang sering dipakai untuk acara-acara di pondok seperti maulid nabi Muhammad SAW, haul pondok, milad Fatimah r.a dan acara resmi yang lainnya yang melibatkan seluruh jajaran yang ada di pondok baik ustadz ataupun ustadzah dan ulama-ulama yang ada di kota Palembang dan seluruh santri dan juga kepengurusan di pondok pesantren. Faktor hambatan yang di alami jamaah hadrah dalam menjalankan tugasnya sering terhambat karena alat hadroh yang sedikit. Jadi apabila pondok ada acara lain.
Optimalisasi Akun Youtube Sanggar Difabel Solo Sebagai Media Komunikasi Massa Untuk Mewujudkan Masyarakat Inklusif Indonesia Tutut Nur Trias Wijayanti; Nadhiroh
Bahasa Indonesia Vol 4 No 1 (2023): J-Kis: Jurnal Komunikasi Islam Juni 2023
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53429/j-kis.v4i1.674

Abstract

Artikel ini berupaya membuktikan optimalisasi akun Youtube Sanggar Difabel Solo sebagai media komunikasi massa untuk mewujudkan masyarakat inklusi Indonesia. Kehadiran penyandang disabilitas belum sepenuhnya mendapatkan tempat setara di masyarakat. Sebagian orang masih mengucilkan kehadiran penyandang disabilitas. Bahkan, termasuk keluarga terdekat. Akun Youtube Sanggar Difabel Solo menjadi media komunikasi massa Sanggar Difabel Solo yang menjadi tempat pemberdayaan untuk anak difabel, di mana anak-anak difabel dilatih untuk dapat hidup mandiri sejak dini dengan pendekatan budaya dan olahraga. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi akun Youtube yang bisa digunakan sebagai media komunikasi bagi penyandang disabilitas. Penelitian ini menggunakan medote kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data-data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi akun Youtube Sanggar Difabel Solo. Kajian ini menghasilkan data bahwa Akun Youtube Sanggar Difabel Solo terus dioptimalkan sebagai media komunikasi massa untuk mewujudkan masyarakat inklusif Indonesia. Di dalam akun youtube itu berisi tentang kegiatan-kegiatan di Sanggar Difabel Solo, kafe, penampungan sekolah dan sebagainya. Hasil riset ini membuktikan bahwa optimalisasi akun youtube Sanggar Difabel Solo dapat menjadi media komunikasi massa untuk mewujudkan masyarakat inklusi Indonesia. Tulisan ini menyimpulkan bahwa perlu upaya terus menerus dan konsisten untuk mengoptimalkan akun Youtube Sanggar Difabel Solo. Akun ini menjadi media komunikasi massa untuk literasi sosial guna menunjukkan eksistensi penyandang disabilitas. Selain itu, ke depan perlu upaya terus menerus untuk mengkomunikasikan keberadaan akun youtube itu dan pengembangan media-media komunikasi untuk mendukung terwujudnya masyarakat inklusi Indonesia.
News Value Analysis in Educational News on Kompas.com Afniar Risma Nurhidayah; Wahyunengsih
Bahasa Indonesia Vol 4 No 1 (2023): J-Kis: Jurnal Komunikasi Islam Juni 2023
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53429/j-kis.v4i1.683

Abstract

This study is entitled News Value Analysis in Educational News on Kompas.com. News value becomes a reference to determine whether a news story will be selected, prioritized, and reported by journalists. This research was conducted with the aim of knowing what news values are contained in educational news on Kompas.com, the dominant news values in educational news on Kompas.com, and the purpose of using news values in educational news. This research is a descriptive qualitative research. The data in this study are all words, phrases, and sentences contained in the Kompas website which is a type of educational news. The data source in this research is obtained by document study by analyzing the news value and entering the data into the analysis table. Based on the results of this study, it can be concluded that in Kompas.com educational news, 7 news values are obtained from 10 news values. The 7 news values, namely importance, actuality, impact, proximity, human interest, prominence and currentity have been applied well. News values that are news values are impact, proximity, and currentity. The use of news values in educational news is useful to increase the educational value of information.
Accuracy Analysis OF Viral Criticism OF Damaged Roads In Lampung Province Through Social Media @liputan6 Marissa Zefrina; Wahyunengsih
Bahasa Indonesia Vol 4 No 1 (2023): J-Kis: Jurnal Komunikasi Islam Juni 2023
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53429/j-kis.v4i1.685

Abstract

Accuracy is the core of journalistic activities, which is an important standard to determine the quality of news. Objectives, this study aims to describe the accuracy of reporting criticism of damaged roads in Lampung province which is disseminated through the @Liputan6 social media account. Method, this research applies descriptive quantitative with a document analysis approach. The object of this research is 20 news samples collected regarding the reporting of viral criticism of damaged roads in Lampung Province through @liputan6 social media with the vulnerable time of April 7, 2023, to May 8, 2023, which is measured using the four-category guidelines resulting from the combination and reduction of variable operationalization from Mitchell V. Charnley and Christiany Judith. Charnley and Christiany Juditha, namely the suitability of news sources, typograms, suitability of photos with news content, and suitability of titles, spelling, grammar, and meaning in news content. Results: The study showed that the level of accuracy of the news coverage of viral criticism of damaged roads in Lampung Province through @liputan6 social media fell into the highly accurate category with a percentage of 99.09%. Categories that experienced inaccuracies were the category that had scattered errors, namely in the suitability of photos indicated in one news with a percentage (98.5%), then spelling indicated in five news with a percentage (25%), and errors in grammar indicated in one news with a percentage (5%).
Analisis Komparasi Strategi Dakwah Melalui Media Sosial TikTok Moh Amiruddin
Bahasa Indonesia Vol 4 No 1 (2023): J-Kis: Jurnal Komunikasi Islam Juni 2023
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53429/j-kis.v4i1.696

Abstract

Saat ini, Media Sosial TikTok merupakan media sosial hits yang digemari oleh banyak kalangan. Baik kalangan anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Hal ini dikarenakan konten-konten yang ada pada tiktok mampu menghibur banyak penggunanya. Selain menghibur, saat ini tiktok juga menjadi media yang digunakan untuk menyebarkan banyak informasi-informasi penting yang dikemas dalam video pendek. Isi konten juga sangat beragam, mulai dari life's hack, tips dan trik, humor, edukasi, dan bahkan bisa dijadikan pula sebagai media dakwah. Pada penelitian ini, penulis ingin meneliti strategi dakwah yang digunakan oleh dua akun dengan jumlah followers terbanyak dalam kategori dakwah. Akun tersebut adalah @basyasman00 dengan jumlah followers 5,2 juta dan akun @syam_elmarusyi dengan jumlah 3,7 juta followers. Selain itu, penulis juga ingin menganalisis perbedaan strategi dakwah yang digunakan oleh dua akun tersebut dalam mengemas dan menyampaikan pesan dakwah kepada para pengikutnya serta kepada masyarakat luas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode komparatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh Husain Basyaiban dan Syamsuddin Nur Makka adalah strategi dakwah bijaksana yang diterapkan dengan menggunakan strategi dakwah bi al-hikmah, strategi sentimentil atau al-manhaj al-‘athifi, dan strategi tilawah.

Page 1 of 1 | Total Record : 9