cover
Contact Name
Muhamad Suhardi
Contact Email
jurnalp4i@gmail.com
Phone
+6285239967417
Journal Mail Official
jurnalp4i@gmail.com
Editorial Address
Lingkungan Handayanai, Kel. Leneng, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, NTB Email: jurnalp4i@gmail.com
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan
ISSN : 2775717X     EISSN : 27757188     DOI : 10.51878
Core Subject : Education,
Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan keguruan dan ilmu pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 142 Documents
DINAMIKA GEJALA KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA PROSES BELAJAR ONLINE FAKTOR FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI DAN IMPLIKASINYA PADA LAYANAN BIMBINGAN KELUARGA DEDEH KURNIA
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v1i1.70

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilakukan pada masa pandemic covid 19 sangat berbeda dengan proses belajar pada umumnya. Proses belajar yang dilakukan di rumah secara daring/online tidak menghadirkan sosok guru secara nyata sehingga dimungkinkan siswa hanya sekedar menerima infomasi pelajaran semata. Kegiatan menerima informasi pelajaran semata seringkali menimbulkan kejenuhan bagi siswa karena pembelajan cenderung satu arah saja, sehingga diperlukan bimbingan dari orang tua dan atau keluarga untuk dapat mengetahui lebih dalam gejala kejenuhan tersebut beserta faktor yang melatarbekanginya sehingga orang tua/ keluarga mampu mencari formula yang tepat sebagai sarana pendampingan terhadap siswa yang sedang melakukan proses belajae online/daring dari rumah dengan memberikan layanan bimbingan akademik terhadap siswa. Sehingga meskipun siswa belajar dari rumah para siswa tetap dapat merawat semangat belajar dengan baik dan dapat menghadirkan suasana belajar yang kondusif di rumah sehingga proses pembelajaran dapat terlaksana secara optimal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan metode survey. Data penelitian diperoleh secara online melalui google form. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Bandung Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 307 orang terdiri dari 150 siswa laki-laki dan 157 siswa perempuan. Hasil dari penelitiian menunjukkan bahwa kejenuhan belajar , faktor yang melatarbelakangi berada pada empat indikator yaitu :semangat belajar, emosi belajar dan menurunnya keyakinan akademik dengan prosentae yang amat tinggi pada kategori ya dan tidak. Tentu perlu solusi untuk mengatasi kejenuhan belajar ini supaya proses belajar online tetap dapat dilakukan dengan baik dan optimal.
USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT RECAP PADA PESERTA DIDIK PADA KELAS IXA MTs NEGERI 6 SLEMAN Hj. SUTARTI SUTARTI
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v1i1.71

Abstract

Artikel PTK ini membahas tentang efektivitas penerapan strategi pembelajaran Student Recap dalam meningkatan hasil belajar matematika peserta didik dengan bertujuan untuk mengetahui bagaimana (1) Hasil belajar matematika peserta didik yang diajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran student recap pada kelas IX MTs Negeri 6 Sleman Kab. Sleman, (2) Hasil belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan strategi pembelajaran student recap pada kelas IX MTs Negeri 6 Sleman Kab. Sleman, (3) Apakah penerapan strategi pembelajaran student recap efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IX MTs Negeri 6 Sleman Kab. Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX MTs Negeri 6 Sleman Kab. Sleman yang berjumlah 98 peserta didik terdiri atas kelas IX1 sampai dengan kelas IX3 . Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX3 sebagai kelas control kelas sedangkan IX1 sebagai kelas eksperimen.. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar peserta didik, berupa pretest dan posttest dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan statistik deskriptif pada kelas kontrol yakni nilai rata-rata pretest adalah 60,93 dan nilai rata-rata posttest adalah 65,60 sedangkan kelas eksperimen nilai rata-rata pretest adalah 57,59 dan nilai rata- rata posttest adalah 76,53 kelompok. Berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh niai thitung sebesar 3,96 yang lebih besar dari pada ttabel sebesar 2,00 (thitung > ttabel) dan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding rata-rata hasil belajar kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak karena thitung> ttabel atau 3,96 > 2,00. Dengan demikian penerapan strategi pembelajaran Student Recap efektif dalam meningkatan hasil belajar matematika peserta didik pada kelas IX MTs Negeri 6 Sleman Kab. Sleman.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDISKRIPSIKAN HAKEKAT BANGSA DAN NEGARA MELALUI PENDEKATAN CTL PADA PELAJARAN PPKn KELAS X TKJ.2 SMK NEGERI 1 PEMALANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DAERI DAERI
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v1i1.74

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mendiskripsikan hakekat bangsa dan Negara melalui pendekatan CTL. Jenis penelitian ini ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK)yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap silus dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalampenelitian ini adalah siwa kelas X TKJ.2 yang bejumlah sebanyak 36 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes da non tes (observasi dan dokumentasi). Hasil aktivitas yang diperoleh dari data siklus I pada pertemuan I (Siklus I rerata nilai 6,3) perolehan nilai tertinggi 73 dan nilai terendah 40, sedangkan pada pertemuan ke dua (Siklus II rerata nilai 8,4) dengan perolehan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 70.Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh nampak sekali bahwa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) telah membawa dampak yang positif untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran inspiratif, menyenangkan sehingga meningkat pula kemampuan berfikir kreatif siswa.
STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBANGUN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, KREATIF, KOLABORATIF, KOMUNIKATIF DI SMA NEGERI 1 ULUJAMI DI MASA PANDEMI COVID 19 SUSILA WIDODO
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v1i1.75

Abstract

Wabah pandemi Covid-19 telah berdampak tajam terhadap tatanan aspek kehidupan di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Sektor kesehatan, ekonomi, sosial, dan pendidikan adalah sektor yang paling nyata terdampak. Sektor pendidikan misalnya, akibat menyebarnya wabah pandemi maka seluruh aktivitas pembelajaran di sekolah dihentikan, dan dialihkan dengan kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) dengan Moda Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Di tengah kondisi ketidaksiapan dalam banyak hal, seluruh sekolah di Indonesia harus melaksanakan PJJ demi tetap memberikan layanan pendidikan kepada peserta didik. Meskipun dalam kondisi yang serba tidak siap dari sisi sarana prasarana untuk melaksanakan PJJ di awal masa darurat pandemi, seluruh elemen pendidikan -guru, tenaga kependidikan, dan kepala sekolah, bersama-sama pemerintah daerah berupaya menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh yang memperhatikan ketuntasan minimal pembelajaran sambil berupaya mengatasi tantangan dalam implementasi pembelajaran yang sangat beragam. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah best practice Demikian pula SMA Negeri 1 Ulujami dengan minimnya infrastruktur daring dan sebagian besar peserta didik dari keluarga yang tidak mampu namun demikian, Guru dan tenaga kependidikan SMA Negeri 1 Ulujami selalu berusaha melakukan inovasi pemanfaatan sumber pembelajaran sampai dengan bagaimana melaksanakan penilaian (assessment) selama PJJ. Agar mutu pembelajaran dan penilaian tetap terjamin walaupun dalam kondisi keterbatasan, maka Penulis selaku Kepala Sekolah mencoba memaparkan Strategi Pembelajaran Untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kritis, Kreatif, Kolaboratif, Komunikatif Di SMA Negeri 1 Ulujami Di Masa Pandemi Corona Virus Disease – 19 (Covid 19).
PEMBELAJARAN DARING BERVARIASI DI MASA COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK SMPN 4 MATARAM YUNIAR HAYATI
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v1i1.76

Abstract

Best Practice disusun dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Daring Mapel Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPN 4 Mataram selama masa pandemi Covid-19. Praktik terbaik dilaksanakan pada semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 yaitu bulan Juli sampai Desember 2020. KTI ini menggambarkan tentang peningkatan keaktifan peserta didik selama mengikuti pembelajaran Daring yang bervariasi. Media pembelajaran yang digunakan antara lain; Zoom Meeting, Google Meet, Power Point, Video, Pixton dan lain sebagainya. Data menggunakan Dokumentasi yang terdiri dari Respon berupa pengumpulan tugas-tugas peserta didik, Absensi dan Cheklist Variabel kegiatan. Subyek penelitian kelas VIII.1-VIII.8, 177 orang. Kesimpulan: keaktifan peserta didik meningkat mulai pembelajaran Bab 1 sampai dengan Bab 7 sebesar 57,56 % yaitu 102 orang aktif dalam merespon tugas-tugas dan 58,40% yaitu 103 orang aktif mengabsen. Rata-rata 103 orang aktif, 74 orang tidak aktif.
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS IX A MTs NEGERI 1 KENDAL SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020 SLAMET AGUS BUDIYONO
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v1i1.78

Abstract

ABSTRAK Pendekatan pembelajaran dengan Metode Problem-Based Learning merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Strategi pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatkan Hasil belajar siswa pelajaran IPS dengan menerapkan Metode Problem-Based Learning . Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 61,94 % pada siklus I, dapat meningkat pada siklus VI menjadi 100 %. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan Metode Problem-Based Learning dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada pelajaran IPS dengan ketuntasan mencapai 100 %.
UPAYA PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI KONSELING KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII E MTs NEGERI BRANGSONG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018 SIROEL AMIN
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v1i1.80

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan rasa percaya diri peserta didik kelas VIII E MTs Negeri Brangsong. Dimana dalam proses kegiatan belajar mengajar, peserta didik kurang percaya ketika disuruh maju dalam mengekspresikan bakat dan minat ataupun dalam mempresentasikan pelajaran pada pelajaran tertentu terutama peserta didik kelas VIII E MTs N Brangsong yang kurang percaya diri. Sehingga dibutuhkan solusi pemecahannya terutama dalam bimbingan konseling (BK) dengan layanan Konseling Kelompok. Penelitan ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subyek penelitian peserta didik kelas VIII E MTs N Brangsong tahun pelajaran 2017 / 2018 dengan jumlah peserta 31 peserta didik yang terdiri 18 laki-laki dan 13 perempuan. Sasaran yang dikenai tindakan adalah didik kelas VIII E semester ganjil MTs N Brangsong tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observasi) dan refleksi (reflecting). Kemampuan rata-rata siswa dalam karakter siswa dalam kepercayaan dirinya implementasi tindakan berkategori kurang. Namun setelah implementasi tindakan selama dua siklus, kemampuan rata-rata peserta didik dalam menurunnya jumlah peserta didik yang rendahnya rasa percaya diri dalam belajarnya dari 30 peserta didik menjadi 15 peserta didik atau menurun 50%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa dari hasil pengamatan, penilaian segera dan penilaian jangka pendek melalui hasil ulangan harian dapat dilihat bahwa peserta didik yang berjumlah 9 anak tersebut sudah bisa menghilangkan perilaku mal adaptif dalam belajar dan mengganti dengan perilaku yang lebih adaptif, sehingga dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa konseling kelompok dapat meningkatkan percaya diri belajar peserta didik kelas VIII E semester ganjil MTs N Brangsong tahun pelajaran 2017/2018.
KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA DAN PENULISAN UNSUR SERAPAN PADA TEKS CERITA PENDEK KARYA SISWA KELAS IX DI MTS NEGERI 3 SRAGEN SUSILOWATI SUSILOWATI
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v1i1.84

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan penggunaan tanda baca dan unsur serapan pada teks cerpen karya siswa kelas IX MTs Negeri 3 Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, data yang diamati yaitu berupa teks cerita pendek karya siswa kelas IX di MTs Negeri 3 Sragen. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) Mendeskripsikan kesalahan penggunaan tanda baca pada teks cerita pendek karya siswa kelas IX di MTs Negeri 3 Sragen, (2) Mendeskripsikan kesalahan penulisan unsur serapan pada teks cerita pendek karya siswa kelas IX di MTs Negeri 3 Sragen. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kesalahan penggunaan tanda baca dan penulisan unsur serapan yang diambil dari teks cerpen karya siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode simak dan catat. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan metode agih, ganti, dan baca markah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan masih terdapat beberapa kesalahan di antaranya: kesalahan penggunaan tanda koma, tanda titik, tanda petik, tanda seru, tanda tanya, tanda hubung, tanda kurung, tanda elipsis, tanda titik dua, kesalahan penulisan unsur serapan berbahasa Inggris, dan unsur serapan berbahasa Arab.
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PENGEMBANGAN SEBAGAI SARANA PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN IPA DI SMP EVY ALDIYAH
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v1i1.85

Abstract

Untuk membangkitkan minat belajar dan peningkatan keterampilan proses peserta didik salah satunya dengan memanfaatkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan atau dirancang sendiri oleh guru. Pengembangan atau perancangan LKPD tersebut dapat dibuat berdasarkan kondisi sekolah dan lingkungan. Literature review ini bertujuan untuk menganalisa beberapa artikel terhadap peningkatan keterampilan proses peserta didik dengan menggunakan LKPD yang dikembangkan atau dirancang sendiri oleh guru dan memberikan kontribusi keilmuan di masa mendatang tentang teknik pengembangan LKPD. Desain yang digunakan adalah literature review, dengan langkah awal formulasi masalah dilanjutkan dengan pencarian literatur, evaluasi data dan menganalisis literatur. Sehingga didapatkan 8 artikel sampel yang terbit pada rentang waktu bulan Januari 2019 sampai dengan Desember 2020. Dari 8 artikel yang direview tampak persamaan pada tujuan penelitian dan hasil yang dicapai. Perbedaan hanya tampak pada metode dan teknik yang digunakan serta keragaman metode pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajarannya. Pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), dan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) banyak digunakan dalam penelitian pengembangan LKPD. Pemilihan metode pembelajaran dalam kegiatan pembelajarannya juga sangat mendukung hasil yang dicapai, LKPD yang dikembangkan benar-benar membangkitkan minat belajar peserta didik serta meningkatkan keterampilan proses peserta didiknya. Secara umum semua artikel penelitian pengembangan LKPD yang direview adalah dalam katagori sangat baik, tergolong layak dan valid serta dapat menjadi bahan acuan bagi guru yang ingin melakukan pengembangan LKPD guna meningkatkan aktifitas dan keterampilan proses peserta didik.
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MASA PANDEMI DI KELAS XI IPA3 SMA NEGERI 7 PONTIANAK SAPRI SAPRI
TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/teaching.v1i1.86

Abstract

Tujuan penelitian dengan menggunakan Media Video dalam proses mengajar di masa pandemi adalah untuk mengetahui keberhasilan kegiatan belajar dan hasil penilaian di masa Pandemi dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu siklus I dan Siklus II data yang diambil dalam penelitian berupa hasil observasi belajar siswa, yang dilakukan dengan bertahap-tahap mengalami peningkatan yang signifikan daripada siklus I pertemuan 1, 2 dan 3. Sedangkan pada penerapan siklus II pertemuan keempat rata-rata hasil belajar siswa terdapat 90% yang memperolah nilai yang tuntas sesuai KKM yang ada. Meningkatnya efektivitas siswa dalam proses pembelajaran juga berdampak pada meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar yang diberikan pada setiap akhir pembelajaran daring pada siswa yang mempu memperoleh nilai sesuai KKM.

Page 1 of 15 | Total Record : 142